VIVAnews Forums
Welcome to VIVAforum!
If this is your first visit, be sure to check out the FAQ by clicking the link above. You may have to register before you can post: click the register link above to proceed. To start viewing messages, select the forum that you want to visit from the selection below.


Reply
 
LinkBack Thread Tools Display Modes
  #1  
Old 10 May 2011, 09:14
gleee's Avatar
Gold Member
 
Join Date: Feb 2011
Posts: 4,378
Thanks: 9
Thanked 242 Times in 194 Posts
gleee super top membergleee super top membergleee super top membergleee super top membergleee super top membergleee super top membergleee super top membergleee super top membergleee super top membergleee super top membergleee super top member
:cintabgt: Legenda : "Buaya Putih dari maluku"

Pernahkah anda datang ke Danau Wisata Tolire, Ternate, Maluku?? tahukah anda danau tersebut bukan hanya indah tetapi juga menyimpan kemisteriusan. Salah satunya adalah jika kita melempar apapun, sekeras apapun kedalam danau maka benda tersebut tidak akan pernah mengenai permukaan air danau tersebut. Dipercaya juga Buaya Putih hidup didanau tersebut. Aneh? Misterius? Tidak logis? sudah jelas. Menurut penduduk setempat kejadian tersebut tidak lepas dari legenda danau tersebut secara turun temurun.

Biasanya saya lebih suka menulis artikel2 luar yang berbau misteri. Kali ini saya berinisiatif untuk mengangkat salah satu kekayaan Indonesia yaitu "legenda". Sangat banyak legenda dan kebudayaan Indonesia yang mengandung misteri yang hingga sekarang dapat dirasakan secara nyata namun tidak bisa dijelaskan secara ilmiah. Legenda buaya putih dari Maluku ini adalah salah satunya.

Sebelum menuju ke cerita legenda, saya akan menjelaskan lokasi terjadinya kejadian tersebut.

Danau Tolire

Maluku memang masih sangat terasa kental keindahan alamnya, salah satunya yang dikenal adalah danau Tolire. Danau wisata yang terletak sekitar 10 km dari pusat kota Ternate ini selain mengandung keindahan juga menyimpan misteri.



Danau Tolire berada di bawah kaki Gunung Gamalama, gunung api tertingi di Maluku Utara. Di sisi kanan hamparan tanaman jati emas dan pepohonan Jambulang (buah khas Ternate, Disisi barat, atau di belakang saat menghadap danau, deretan pohon kelapa dan luasnya laut dan sunset sore hari merupakan pemandangan spesial khas Tolire.

Danau Tolire terdiri dari dua buah danau, yaitu Danau Tolire Besar dan Danau Tolire Kecil. Jarak antara keduanya hanya sekitar 200 meter. Uniknya danau Tolire besar sekilas terlihat seperti kuali besar karena dikelilingi tebing2 tinggi dari gunung Gamalama. Danau air tawar ini juga dihuni oleh banyak ikan2 air tawar.

Berdasarkan sejarah geologi, terbentuknya Danau Tolire adalah akibat dari letusan freatik yang pernah terjadi daerah ini.

Legenda

Dahulu kala dilokasi tersebut merupakan sebuah desa/perkampungan. Warga desa tersebut hidup sejahtera dan mempunyai tali persaudaraan yang kuat, sehingga tidaklah aneh jika semua warga didesa tersebut saling mengenal pribadi satu sama lain. Sampai suatu ketika terjadi kejadian yang diluar dugaan.

Seorang bapak menghamili anaknya sendiri. Kejadian tersebut akhirnya diketahui masyarakat sekitar dan membuat seluruh warga marah. Mereka mengutuk sang ayah dan anak tersebut dan mengusir mereka dari desa. Karena terpaksa dan merasa malu maka ayah dan anak tersebut pergi meninggalkan desa. Ketika mereka melangkahkan kaki pergi dari desa suatu kejadian aneh terjadi.

Konon katanya seketika tempat mereka (ayah dan anak itu) berpijak terbelah akibat gempa dahsyat secara tiba-tiba. Sang penguasa murka dan menghukum ayah, anak, beserta desa tersebut menjadi dua buah danau. Satu danau besar yang kemudian disebut tolire besar (lamo) yang menggambarkan sang ayah. Satu lagi danau yang lebih kecil yang disebut tolire kecil (ici) yang mencerminkan sang anak.

Sampai sekarang kedua danau tersebut masih ada sampai sekarang. Menurut masyarakat kedalaman danau Tolire tidak terukur

Konon katanya para warga desa tersebut sekarang berubah menjadi buaya putih yang melindungi danau sampai sekarang. Penduduk setempat meyakini danau tersebut dihuni oleh ratusan buaya putih berukuran sekitar 10 meter yang kerap kali menampakkan dirinya. Itu sebabnya mengapa pengunjung dilarang berendam, berenang, bahkan memancing di danau Tolire, karena mereka percaya barang siapa yang mengganggu danau akan menjadi mangsa buaya putih.



Buaya putih hanya bisa dilihat oleh orang2 tertentu yang memiliki hati yang bersih, jadi tidak semua orang bisa melihatnya. Tapi memang ada beberapa wisatawan yang bisa melihat Buaya Putih tersebut.

Pernah suatu ketika seorang perantau dari luar negeri tidak percaya akan adanya legenda tersebut. Dia memaksa untuk berenang di danau tersebut untuk membuktikan kebenaran legenda itu walaupun sudah dilarang warga. Diapun akhirnya berenang di danau dan hilang begitu saja. Warga percaya kalau perantau itu telah dimangsa oleh buaya putih.

Danau ini juga menyimpan keanehan lainnya. Katanya jika kita melempar benda ke danau tersebut sekeras apapun benda tersebut tidak akan pernah menyentuh permukaan danau. Kebanyakan wisatawan yang datang ke danau ini tidak hanya menikmati pemandangan tetapi juga ingin mencoba kebenaran legenda setempat.

Akibatnya disekeliling danau dijual batu kerikil khusus untuk dilempar kedalam danau. Benar saja, tidak ada satu orang pun yang berhasil menyentuh permukaan danau. Batu yang dilempar seperti ditahan oleh kekuatan gravitasi tertentu. Menurut penduduk setempat kekuatan Buaya Putihlah yang menahan batu2 tersebut agar tidak mengenai permukaan danau.

Apakah yang menyebabkan batu2 itu bisa tertahan? apakah mungkin ada kekuatan gaib yang menahannya???

Menurut pendapat saya mungkin didasar kedalaman danau tersebut terdapat suatu gas atau zat tertentu yang dapat mengurangi kekuatan gravitasi sehingga terasa seperti melayang (apalagi batu kerikil). Kalau mengenai Buaya Putih selama saya belum pernah melihat sendiri jadi saya tidak percaya, tapi memang Indonesia kaya akan hal2 gaib seperti ini, ada yang nyata ada juga yang tidak, jadi mungkin keberadaan buaya putih itu memang ada.

Yang harus diperhatikan adalah semua legenda pasti berasal dari kisah/kejadian nyata yang mungkin salah diinterpretasikan.

Namun itu hanya pendapat saya, mungkin benar mungkin juga tidak. Satu hal yang pasti, karena kemisteriusannya itu danau Tolire sampai sekarang belum pernah diteliti secara serius. Kedalaman danaunya saja belum diketahui, apalagi yang terkandung didalamnya.

Yang Lain Juga Lihat,,,,
__________________
Editing Photo Photo Editor Online KHUSUS DEWASA 18+
Reply With Quote
  #2  
Old 10 May 2011, 09:15
briptunorman's Avatar
Silver Member
 
Join Date: Apr 2011
Posts: 3,961
Thanks: 2
Thanked 36 Times in 26 Posts
briptunorman super top memberbriptunorman super top memberbriptunorman super top memberbriptunorman super top memberbriptunorman super top memberbriptunorman super top memberbriptunorman super top memberbriptunorman super top memberbriptunorman super top memberbriptunorman super top memberbriptunorman super top member
Default

Pertama liat nih, buaya berwarna putih,,
Reply With Quote
  #3  
Old 10 May 2011, 09:15
blogger's Avatar
Platinum Member
 
Join Date: Mar 2011
Posts: 13,863
Thanks: 6
Thanked 73 Times in 57 Posts
blogger super top memberblogger super top memberblogger super top memberblogger super top memberblogger super top memberblogger super top memberblogger super top memberblogger super top memberblogger super top memberblogger super top memberblogger super top member
Default

nyimak and baca dulu ahhh
Reply With Quote
  #4  
Old 10 May 2011, 09:16
samudra27's Avatar
Gold Member
 
Join Date: Dec 2010
Location: samudrabirucinta
Posts: 5,770
Thanks: 17
Thanked 141 Times in 121 Posts
samudra27 super top membersamudra27 super top membersamudra27 super top membersamudra27 super top membersamudra27 super top membersamudra27 super top membersamudra27 super top membersamudra27 super top membersamudra27 super top membersamudra27 super top membersamudra27 super top member
Default

BRIPTUUU EG SALAH MENGERIKAH JUGA INI
Reply With Quote
  #5  
Old 10 May 2011, 09:18
chika90's Avatar
Silver Member
 
Join Date: Apr 2011
Posts: 1,111
Thanks: 0
Thanked 22 Times in 21 Posts
chika90 super top memberchika90 super top memberchika90 super top memberchika90 super top memberchika90 super top memberchika90 super top memberchika90 super top memberchika90 super top memberchika90 super top memberchika90 super top memberchika90 super top member
Default

Quote:
Originally Posted by samudra27 View Post
BRIPTUUU EG SALAH MENGERIKAH JUGA INI
emang briptu mengerikan gan
__________________
Red Lobster | Red Lobster Locations
Reply With Quote
  #6  
Old 10 May 2011, 09:19
Parking's Avatar
Silver Member
 
Join Date: May 2011
Location: Mau tau ja dech...
Posts: 977
Thanks: 12
Thanked 7 Times in 4 Posts
Parking super top memberParking super top memberParking super top memberParking super top memberParking super top memberParking super top memberParking super top memberParking super top memberParking super top memberParking super top memberParking super top member
Default

Wow...Buaya Putih...kalo nggak salah di Sumatera Selatan juga pernah ada Legenda Buaya putih juga..
Reply With Quote
  #7  
Old 10 May 2011, 09:21
Pertamax's Avatar
Gold Member
 
Join Date: Jan 2011
Location: In my desolation row
Posts: 671
Thanks: 100
Thanked 62 Times in 41 Posts
Pertamax super top memberPertamax super top memberPertamax super top memberPertamax super top memberPertamax super top memberPertamax super top memberPertamax super top memberPertamax super top memberPertamax super top memberPertamax super top memberPertamax super top member
Default

ga ada yang warna pelangi apa...
kalo ada gw nawar 5M...
__________________
------09-12------
Reply With Quote
  #8  
Old 10 May 2011, 09:43
bayu ninja's Avatar
Super Member
 
Join Date: Feb 2011
Posts: 38,341
Thanks: 30
Thanked 47 Times in 39 Posts
bayu ninja super top memberbayu ninja super top memberbayu ninja super top memberbayu ninja super top memberbayu ninja super top memberbayu ninja super top memberbayu ninja super top memberbayu ninja super top memberbayu ninja super top memberbayu ninja super top memberbayu ninja super top member
Default

ngikut unduh yak ...
Reply With Quote
  #9  
Old 10 May 2011, 10:29
Kampret 505's Avatar
Banned
 
Join Date: Mar 2011
Posts: 12,347
Thanks: 1
Thanked 149 Times in 124 Posts
Kampret 505 super top memberKampret 505 super top memberKampret 505 super top memberKampret 505 super top memberKampret 505 super top memberKampret 505 super top memberKampret 505 super top memberKampret 505 super top memberKampret 505 super top memberKampret 505 super top memberKampret 505 super top member
Default

wah .... buaya putihnya keren
Reply With Quote
  #10  
Old 10 May 2011, 11:50
gleee's Avatar
Gold Member
 
Join Date: Feb 2011
Posts: 4,378
Thanks: 9
Thanked 242 Times in 194 Posts
gleee super top membergleee super top membergleee super top membergleee super top membergleee super top membergleee super top membergleee super top membergleee super top membergleee super top membergleee super top membergleee super top member
Default

Quote:
Originally Posted by Parking View Post
Wow...Buaya Putih...kalo nggak salah di Sumatera Selatan juga pernah ada Legenda Buaya putih juga..
Iya bener banget, gue juga pernah denger
__________________
Editing Photo Photo Editor Online KHUSUS DEWASA 18+
Reply With Quote
Reply

Bookmarks

Thread Tools
Display Modes

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off
Trackbacks are On
Pingbacks are On
Refbacks are On



All times are GMT +7. The time now is 17:14.