VIVAnews Forums
Welcome to VIVAforum!
If this is your first visit, be sure to check out the FAQ by clicking the link above. You may have to register before you can post: click the register link above to proceed. To start viewing messages, select the forum that you want to visit from the selection below.


Reply
 
LinkBack Thread Tools Display Modes
  #1  
Old 13 July 2010, 15:15
astroder's Avatar
Silver Member
 
Join Date: Mar 2010
Location: vivaforum aja
Posts: 1,243
Thanks: 3
Thanked 240 Times in 130 Posts
astroder super top memberastroder super top memberastroder super top memberastroder super top memberastroder super top memberastroder super top memberastroder super top memberastroder super top memberastroder super top memberastroder super top memberastroder super top member
Default ular cabe, kecil tapi mematikan

Ini ular yg sebenernya ada disekitar kita, bahkan di kota2 besar jg banyak terdapat ular cabe ini.Cuma karena ukurannya yg liliput & tinggal dibawah tanah,jadi jarang yg liat


Family : ELAPIDAE
Nama ilmiah : Maticora intestinalis
Ciri-ciri : Punggung hitam, sepanjang badan berpita kuning/jingga dan bercabang dua di kepala, perut berwarna belang putih hitam, ekor merah,panjang maksimum 50 cm
tipe taring : Proteroglypha, terletak pada bagian depan rahang atas. Permanen dan relatif pendek
tipe bisa : Neurotoxin, merusak sel-sel saraf pernapasan sehingga individu yang terserang bisa ular tersebut tidak dapat mengambil oksigen untuk metabolisme sel.
sebutan :ular cabe,ulo kisi,ula kawek,ulo besi,ular tanah,worm snake,blind snake
penyebaran habitat : Jawa,Sumatra,Kalimantan,Thailand selatan,semenanjung Malaya,Singapura dan Filipina.


efek yg diakibatkan gigitan ular ini :
o Pening
o Muntah
o Perasaan tidak enak
o Luka bengkak (1-2 jam)
o Sangat mengantuk
o Kesadaran turun
o Nafas tersengal-senal
o Anggota badan sulit diggerakkan
o Sulit menelan
o Bicara kurang jelas
o Mata membesar
o Kelopak mata tertutup


kasus fatal gigitan ular cabe :
- seorang anak kecil setelah bermain mandi bola lsg mengalami demam ktika pulang ke rumah.Ibunya tdk lsg membawa anak ini ke RS,karena mengira demam biasa.akibatnya anak ini mengalami sesak nafas & tubuh membiru,dan ketika dibawa ke RS keesokan paginya,nyawanya tidak tertolong.Dokter yg memeriksa menyatakan anak ini terkena racun ular kisi.dan ketika kolam bola tempat anak itu bermain semalam,dikuras,ternyata dibawahnya terdapat sarang ular kisi


- orang dewasa yg pernah digigit ular ini,tapi langsung dpt perawatan medis & dirawat slama 5 hari.


spesies kecil ini memiliki racun type neurotoksin yg sangat kuat dan harus diwaspadai meski sifat alamiah ular ini tidak agresif.Habitatnya di hutan-hutan,dan terkadang berkembang biak di area pertamanan dan perkebunan.Hidupnya di bawah tanah,dan makanan pokoknya adalah telur cacing, kodok kecil dan hewan2 kecil lainnya.
Ketika merasa terancam,ular ini membalikkan bagian bawah tubuh,yg secara dramastis memperlihatkan warna hitam dan putih.


Penampakan ular cabe (Maticora intestinalis)
habitat : daerah genangan air dan berlumpur
makanan pokok : ular kecil & kodok
Spoiler:


Reply With Quote
The Following 2 Users Say Thank You to astroder For This Useful Post:
Ajengmaniez (13 July 2010), zurest (25 July 2010)
  #2  
Old 13 July 2010, 19:10
Ajengmaniez's Avatar
Gold Member
 
Join Date: Apr 2010
Posts: 5,184
Thanks: 15
Thanked 17 Times in 7 Posts
Ajengmaniez super top memberAjengmaniez super top memberAjengmaniez super top memberAjengmaniez super top memberAjengmaniez super top memberAjengmaniez super top memberAjengmaniez super top memberAjengmaniez super top memberAjengmaniez super top memberAjengmaniez super top memberAjengmaniez super top member
Default

waduh.... serem euy.....

terima kasih buat ts atas inpoh yang sangat berguna ini....
Reply With Quote
  #3  
Old 13 July 2010, 19:50
Kenji's Avatar
Platinum Member
 
Join Date: Apr 2010
Location: Manado
Posts: 11,196
Thanks: 2
Thanked 50 Times in 10 Posts
Kenji super top memberKenji super top memberKenji super top memberKenji super top memberKenji super top memberKenji super top memberKenji super top memberKenji super top memberKenji super top memberKenji super top memberKenji super top member
Default

Quote:
Originally Posted by astroder View Post

Penampakan ular cabe (Maticora intestinalis)
habitat : daerah genangan air dan berlumpur
makanan pokok : ular kecil & kodok
Quote:
Originally Posted by Ajengmaniez View Post
waduh.... serem euy.....

terima kasih buat ts atas inpoh yang sangat berguna ini....
Ya pasti serem lah karena makan kodok.
Reply With Quote
  #4  
Old 13 July 2010, 20:02
yankiijo's Avatar
Platinum Member
 
Join Date: Jun 2010
Location: Sleman
Posts: 9,567
Thanks: 246
Thanked 233 Times in 71 Posts
yankiijo super top memberyankiijo super top memberyankiijo super top memberyankiijo super top memberyankiijo super top memberyankiijo super top memberyankiijo super top memberyankiijo super top memberyankiijo super top memberyankiijo super top memberyankiijo super top member
Default

istilah "kecil2 cabe rawit" mgk pas bgt untuk ular kecil ini..
Reply With Quote
  #5  
Old 15 July 2010, 14:51
Umi_Nabila's Avatar
Silver Member
 
Join Date: Mar 2010
Location: ..Beside You..
Posts: 1,582
Thanks: 15
Thanked 74 Times in 30 Posts
Umi_Nabila super top memberUmi_Nabila super top memberUmi_Nabila super top memberUmi_Nabila super top memberUmi_Nabila super top memberUmi_Nabila super top memberUmi_Nabila super top memberUmi_Nabila super top memberUmi_Nabila super top memberUmi_Nabila super top memberUmi_Nabila super top member
Default

serem banget.......kok bisa sampe playland gitu sih...gw sering banget ngajak nabila mandi bola...jd parno
Reply With Quote
  #6  
Old 17 July 2010, 10:08
Ajengmaniez's Avatar
Gold Member
 
Join Date: Apr 2010
Posts: 5,184
Thanks: 15
Thanked 17 Times in 7 Posts
Ajengmaniez super top memberAjengmaniez super top memberAjengmaniez super top memberAjengmaniez super top memberAjengmaniez super top memberAjengmaniez super top memberAjengmaniez super top memberAjengmaniez super top memberAjengmaniez super top memberAjengmaniez super top memberAjengmaniez super top member
Default

Quote:
Originally Posted by Kenji View Post
Ya pasti serem lah karena makan kodok.
ntar gw taro di celana dalem lo lah... biar beranten sama uler cabe punya lo (sama kecilnya soalnya)
Reply With Quote
  #7  
Old 17 July 2010, 10:15
Kenji's Avatar
Platinum Member
 
Join Date: Apr 2010
Location: Manado
Posts: 11,196
Thanks: 2
Thanked 50 Times in 10 Posts
Kenji super top memberKenji super top memberKenji super top memberKenji super top memberKenji super top memberKenji super top memberKenji super top memberKenji super top memberKenji super top memberKenji super top memberKenji super top member
Default

Quote:
Originally Posted by Ajengmaniez View Post
ntar gw taro di celana dalem lo lah... biar beranten sama uler cabe punya lo (sama kecilnya soalnya)
Hehe.. Kalo sepanjang uler cabe itu apa loe tahan?
Reply With Quote
  #8  
Old 17 July 2010, 10:16
Ajengmaniez's Avatar
Gold Member
 
Join Date: Apr 2010
Posts: 5,184
Thanks: 15
Thanked 17 Times in 7 Posts
Ajengmaniez super top memberAjengmaniez super top memberAjengmaniez super top memberAjengmaniez super top memberAjengmaniez super top memberAjengmaniez super top memberAjengmaniez super top memberAjengmaniez super top memberAjengmaniez super top memberAjengmaniez super top memberAjengmaniez super top member
Default

Quote:
Originally Posted by Kenji View Post
Hehe.. Kalo sepanjang uler cabe itu apa loe tahan?
panjang tapi kecil mah cuma buat kilik2
Reply With Quote
  #9  
Old 17 July 2010, 10:23
Kenji's Avatar
Platinum Member
 
Join Date: Apr 2010
Location: Manado
Posts: 11,196
Thanks: 2
Thanked 50 Times in 10 Posts
Kenji super top memberKenji super top memberKenji super top memberKenji super top memberKenji super top memberKenji super top memberKenji super top memberKenji super top memberKenji super top memberKenji super top memberKenji super top member
Default

Quote:
Originally Posted by Ajengmaniez View Post
panjang tapi kecil mah cuma buat kilik2
Hehe.. biar kecil tapi kalo panjang dan keras seperti tongkat dijamin loenya me-rintih2.
Reply With Quote
  #10  
Old 17 July 2010, 10:25
BangAji's Avatar
Silver Member
 
Join Date: Jun 2010
Location: " gentayangan di dunia lain "
Posts: 2,616
Thanks: 84
Thanked 36 Times in 13 Posts
BangAji super top memberBangAji super top memberBangAji super top memberBangAji super top memberBangAji super top memberBangAji super top memberBangAji super top memberBangAji super top memberBangAji super top memberBangAji super top memberBangAji super top member
Default

Quote:
Originally Posted by Kenji View Post
Hehe.. biar kecil tapi kalo panjang dan keras seperti tongkat dijamin loenya me-rintih2.
udah mulai perang lagi nich......
Reply With Quote
Reply

Bookmarks

Thread Tools
Display Modes

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off
Trackbacks are On
Pingbacks are On
Refbacks are On



All times are GMT +7. The time now is 06:53.