VIVAnews Forums
Welcome to VIVAforum!
If this is your first visit, be sure to check out the FAQ by clicking the link above. You may have to register before you can post: click the register link above to proceed. To start viewing messages, select the forum that you want to visit from the selection below.


Reply
 
LinkBack Thread Tools Display Modes
  #1  
Old 7 September 2010, 22:53
sora's Avatar
Senior Member
 
Join Date: Sep 2010
Posts: 527
Thanks: 0
Thanked 102 Times in 65 Posts
sora super top membersora super top membersora super top membersora super top membersora super top membersora super top membersora super top membersora super top membersora super top membersora super top membersora super top member
Thumbs up 5 Penjelajah Dunia Asal Indonesia

5 Penjelajah Dunia Asal Indonesia



Inilah kisah petualangan yang bisa membuat orang berdecak kagum, hampir tak percaya dan penasaran. Kok bisa, bagaimana caranya dan buat apa? Bambang Hertadi Mas, Herman Wenas, Fazham Fadlil dan Jeffrey Polnaja adalah para penjelajah bumi dengan caranya masing-masing.


1. Bambang Hertadi Mas (Sang penjelajah dunia dengan sepeda)


Sosok yang lebih suka dipanggil Paimo ini, adalah pesepeda jarak jauh Indonesia. Hingga saat ini, Paimo sudah menjelajahi hampir seluruh kota di Indonesia dan negara-negara di lima benua.
Berawal sejak SMP, Paimo bersepeda antar kota, kemudian antar kota antar provinsi, hingga antar kota antar pulau. Rute perjalanan bersepeda jauhnya sudah mirip seperti trayek bis malam saja.
Sukses menaklukkan jalanan dan gunung di setiap sudut Indonesia, Paimo merambah ke luar negeri. Sendirian, dijelajahinya negara-negara di benua Asia, Eropa, Afrika, Australia hingga Amerika.

Kini, gurun-gurun dan dataran tinggi hingga pegunungan terkenal di seluruh dunia telah didatanginya dengan sepeda kesayangannya. Bahkan 56 gunung di seluruh dunia telah didakinya. Dan 11 gunung di antaranya, dengan bersepeda atau menenteng sepeda.
Belum cukup bersepeda dan mendaki gunung, jelajah gua juga dilakukannya. Rekornya adalah melintasi 3 negara di Amerika Latin sejauh lebih dari 5.400 km, mencapai puncak gunung tertinggi di Afrika dengan ketinggian 5.896 di atas permukaan laut dan menuruni gua sedalam 284 m. Dan masih ada sejumlah obsesi bersepeda Paimo berikutnya.

2. Herman Wenas (Sang penjelajah dunia dengan jalan kaki)

Lain lagi yang dilakukan Herman Wenas. Memenuhi hobi berjalan sejak kecil, ia melakukan perjalanan keliling dunia dengan berjalan kaki. Awalnya untuk latihan saja, jarak sejauh 7.500 km ditempuhnya berjalan kaki di Singapura, Malaysia, Cina, Hongkong hingga Amerika Serikat. Kemudian jarak 1000 km ditempuhnya di Indonesia selama 33 hari, yang membuat namanya tercatat di Museum Rekor Indonesia-MURI.

Setelah itu, dalam rangka penggalangan dana pendidikan untuk anak-anak tak mampu di Indonesia, Herman Wenas kembali berjalan kaki sejauh 3.000 km di Korea Selatan dan Amerika Serikat.

Busan ke Seoul sejauh 700 km disambanginya. Kemudian pantai barat Amerika, dari Portland di negara bagian Oregon, dilintasinya hingga ke Los Angeles sejauh 2.300 km. Pengalaman dilempari batu dan dicurigai sebagai teroris pernah dialaminya.

Namun Herman tak surut semangat. Targetnya? Memecahkan rekor dunia berjalan kaki sejauh 29.000 km!

3. Fazham Fadlil (Sang penjelajah dunia dengan kapal layar seorang diri)

Sementara bagi Fazham Fadlil, laut adalah istri pertamanya. Bagi Sam, panggilan akrab Fazham, laut selalu menarik hatinya. Hal inilah yang mendorong Sam akhirnya selalu bekerja di kapal pesiar. Saat usia 20 tahun, Sam nekat menggelandang secara ilegal di New York, Amerika Serikat.
Ia kabur dari kapal saat kapal pesiar tempatnya bekerja bersandar di pelabuhan kota itu. Dan New York membuainya dengan berbagai pengalaman hidup hingga 20 tahun lamanya.

Hingga akhirnya, jiwa baharinya memanggil kembali. Ditinggalkannya segala kenikmatan hidup di New York, demi keinginan berlayar jauh. Tak tanggung-tanggung, Indonesia ingin didatanginya dengan kapal layar kecil sepanjang 12 meter

Dan akhirnya, pelayaran dari pelabuhan New York, melintasi samudera Atlantik, Lautan Karibia, melewati terusan Panama, membelah samudera Pasifik hingga menyusuri selat-selat dan laut di Indonesia bagian timur, Sam berlabuh di Tanjung Priok Jakarta. Hampir separuh wilayah air di bumi diarunginya. Selesai? Tidak. Sam masih ingin berlayar lagi.

4. Jeffry Polnaja (Sang penjelajah dunia dengan sepeda motor)

Sedangkan bagi JJ, sapaan akrab Jeffrey Polnaja, berkeliling dunia dengan sepeda motor adalah lentera jiwanya. Pehobi otomotif asal Bandung ini, sukses melintasi 3 benua, Asia, Afrika dan Eropa dengan motor BMW R1150GS Adventure. 72 negara telah disinggahinya selama 2 tahun 8 bulan. Perjalanan ini dilakukannya dengan tema Ride For Peace. Menyebarkan pesan perdamaian dari Indonesia ke seluruh dunia.
Berbagai pengalaman unik, lucu hingga menegangkan telah dialaminya. Mulai dari selalu menjadi selebriti dadakan di setiap negara yang disinggahinya hingga makan minum dan menginap hotel secara gratis.

Berkendara di wilayah bersuhu minus 15 derajat celsius, hingga melintasi padang pasir bersuhu di atas 40 derajat celsius pun pernah dijalaninya. Juga saat harus bermanuver liar menghindari berondongan senapan mesin di daerah konflik. Termasuk saat harus tersesat dengan tangan retak, karena motor dan penunjuk arahnya rusak ditabrak pengendara mobil mabuk di sebuah gurun pasir.

Total sekitar 120.000 km telah ditempuh JJ bersama motornya. Itu sama artinya sejauh tiga kali keliling bumi. Bulan Mei mendatang, JJ akan berangkat lagi. Benua Australia dan Amerika adalah ladang penjelajahan JJ selanjutnya.

5. Alm. Norman Edwin (Mendaki 7 Puncak Tertinggi di Dunia)

Ia diketemukan tewas tertelungkup di bawah timbunan salju pada 2 April 1992 oleh tim pendaki dari negara lain yang kebetulan melewati jalur itu.

Tangannya menggenggam erat kapak es dan seakan sedang menancapkan kapak es itu guna menahan tubuhnya yang ditutupi salju di ketinggian 6.700 meter, hanya sekitar 200 meter dari puncak Aconcagua, perbatasan Argentina - Chile.
Norman Edwin, anak lelaki yang berdarah Palembang-Cirebon. Sejak kecil dia sudah menyukai kegiatan yang berbau petualangan. Ketika SMA, dia sudah beberapa kali melakukan pendakian gunung. Hingga kegiatan pendakiannya makin menggila ketika ia bergabung dengan Mapala UI. Bisa dikatakan, Norman hampir menguasai seluruh bidang petualangan di alam bebas.

Pada waktu itu dunia petualangan berupa kegiatan mendaki gunung (hiking), panjat tebing (rock climbing), telusur goa (caving), berlayar (sailing), arung jeram (rafting), menyelam (diving) atau terjun payung. Dari semua dunia itu, hanya diving dan terjun payunglah kiprah Norman tidak begitu santer terdengar. Norman Edwin, si Beruang Gunung, petualang sejati yang paling handal dan diandalkan juga paling kharismatis.
Ia juga bukan petualang karbitan yang heboh waktu berhasil mendaki sebuah gunung setelah itu hilang lenyap, tak ada lagi berita aktivitas kelanjutannya. Karena Norman itu orang yang konsisten dan disiplin.

Ia juga sosok yang humoris, sekaligus `guru' yang rendah hati dan jadi idola sekian banyak pecinta alam. Tak jarang ia diundang oleh perkumpulan-perkumpulan pecinta alam untuk menjadi instruktur mereka, membagi cerita dan pengalaman petualangannya. Atau kiprah nyata dia dalam memimpin proses evakuasi, operasi SAR korban hilang di gunung.
Ia menjadi orang pertama yang mempopulerkan arung jeram serta telusur goa di Indonesia. Ia juga menjadi satu-satunya orang Indonesia yang memiliki sertifikat lisensi teknik penyelamatan goa dari Amerika Serikat. Ia petualang Indonesia (pada masa itu) yang sudah merambahi benua Amerika, Afrika, Asia, Eropa, Australia, hingga daerah Alaska.
__________________
-----------------------------------------------
JANGAN LUPA THANKS NYA GAN




SAVE OUR EARTH
[SIGPIC][/SIGPIC]
Reply With Quote
The Following User Says Thank You to sora For This Useful Post:
chakar (11 December 2010)
  #2  
Old 8 September 2010, 19:52
crow's Avatar
Silver Member
 
Join Date: Aug 2009
Location: surabaya
Posts: 0
Thanks: 6
Thanked 17 Times in 7 Posts
crow super top membercrow super top membercrow super top membercrow super top membercrow super top membercrow super top membercrow super top membercrow super top membercrow super top membercrow super top membercrow super top member
Default

SALUT BGT BUAT MEREKA SEMUA, PARA PAHLAWAN NASIONALIS...

pengen bgt tu kek kang JEJE, keliling dunia pake moge

ntar ah, nunggu kaya dulu
Reply With Quote
  #3  
Old 8 September 2010, 20:33
chilok's Avatar
Gold Member
 
Join Date: Jul 2010
Location: sebatang lidi
Posts: 0
Thanks: 111
Thanked 30 Times in 19 Posts
chilok super top memberchilok super top memberchilok super top memberchilok super top memberchilok super top memberchilok super top memberchilok super top memberchilok super top memberchilok super top memberchilok super top memberchilok super top member
Default

wew.. bener2 penjelajah
Quote:
Originally Posted by crow View Post
SALUT BGT BUAT MEREKA SEMUA, PARA PAHLAWAN NASIONALIS...

pengen bgt tu kek kang JEJE, keliling dunia pake moge

ntar ah, nunggu kaya dulu
kaya sapa???
taun brapa tuh kayanya???
Reply With Quote
  #4  
Old 8 September 2010, 20:48
sora's Avatar
Senior Member
 
Join Date: Sep 2010
Posts: 527
Thanks: 0
Thanked 102 Times in 65 Posts
sora super top membersora super top membersora super top membersora super top membersora super top membersora super top membersora super top membersora super top membersora super top membersora super top membersora super top member
Default

Quote:
Originally Posted by crow View Post
SALUT BGT BUAT MEREKA SEMUA, PARA PAHLAWAN NASIONALIS...

pengen bgt tu kek kang JEJE, keliling dunia pake moge

ntar ah, nunggu kaya dulu
wew, nice crow tapi kalo mau kek kang jeje mah emang harus punya banyak duit
__________________
-----------------------------------------------
JANGAN LUPA THANKS NYA GAN




SAVE OUR EARTH
[SIGPIC][/SIGPIC]
Reply With Quote
  #5  
Old 8 September 2010, 21:39
Black_RiPpEr's Avatar
Silver Member
 
Join Date: May 2010
Location: Venice from the east
Posts: 1,591
Thanks: 33
Thanked 256 Times in 87 Posts
Black_RiPpEr super top memberBlack_RiPpEr super top memberBlack_RiPpEr super top memberBlack_RiPpEr super top memberBlack_RiPpEr super top memberBlack_RiPpEr super top memberBlack_RiPpEr super top memberBlack_RiPpEr super top memberBlack_RiPpEr super top memberBlack_RiPpEr super top memberBlack_RiPpEr super top member
Default

wah...sayang 'g d angkat d tipi y..
biar semua orng tau,,
nais inpo
Reply With Quote
  #6  
Old 8 September 2010, 21:42
sora's Avatar
Senior Member
 
Join Date: Sep 2010
Posts: 527
Thanks: 0
Thanked 102 Times in 65 Posts
sora super top membersora super top membersora super top membersora super top membersora super top membersora super top membersora super top membersora super top membersora super top membersora super top membersora super top member
Default

Quote:
Originally Posted by Black_RiPpEr View Post
wah...sayang 'g d angkat d tipi y..
biar semua orng tau,,
nais inpo
lho, di media2 cetak juga banyak kok bro infonya, setau gw sich kang jeje masih di perjalanan keliling dunia sekarang
__________________
-----------------------------------------------
JANGAN LUPA THANKS NYA GAN




SAVE OUR EARTH
[SIGPIC][/SIGPIC]
Reply With Quote
  #7  
Old 8 September 2010, 21:43
chilok's Avatar
Gold Member
 
Join Date: Jul 2010
Location: sebatang lidi
Posts: 0
Thanks: 111
Thanked 30 Times in 19 Posts
chilok super top memberchilok super top memberchilok super top memberchilok super top memberchilok super top memberchilok super top memberchilok super top memberchilok super top memberchilok super top memberchilok super top memberchilok super top member
Default

Quote:
Originally Posted by sora View Post
lho, di media2 cetak juga banyak kok bro infonya, setau gw sich kang jeje masih di perjalanan keliling dunia sekarang
iya mang bener ada koq
ada yg masuk berita jg koq yg naek sepeda klo ga salah..
Reply With Quote
  #8  
Old 8 September 2010, 21:46
nunu_nunu's Avatar
Gold Member
 
Join Date: Jul 2010
Location: Ranger city
Posts: 0
Thanks: 97
Thanked 2 Times in 2 Posts
nunu_nunu super top membernunu_nunu super top membernunu_nunu super top membernunu_nunu super top membernunu_nunu super top membernunu_nunu super top membernunu_nunu super top membernunu_nunu super top membernunu_nunu super top membernunu_nunu super top membernunu_nunu super top member
Default

bangga deh sama mereka...ayo sapa yang nyusul...
Reply With Quote
  #9  
Old 8 September 2010, 21:48
sora's Avatar
Senior Member
 
Join Date: Sep 2010
Posts: 527
Thanks: 0
Thanked 102 Times in 65 Posts
sora super top membersora super top membersora super top membersora super top membersora super top membersora super top membersora super top membersora super top membersora super top membersora super top membersora super top member
Default

Quote:
Originally Posted by chilok View Post
iya mang bener ada koq
ada yg masuk berita jg koq yg naek sepeda klo ga salah..
yg naek sepeda sm jalan kaki tu orangnya kuat2 yak

saluuut bgt dah buat idealisme mereka
__________________
-----------------------------------------------
JANGAN LUPA THANKS NYA GAN




SAVE OUR EARTH
[SIGPIC][/SIGPIC]
Reply With Quote
  #10  
Old 8 September 2010, 21:49
sora's Avatar
Senior Member
 
Join Date: Sep 2010
Posts: 527
Thanks: 0
Thanked 102 Times in 65 Posts
sora super top membersora super top membersora super top membersora super top membersora super top membersora super top membersora super top membersora super top membersora super top membersora super top membersora super top member
Default

Quote:
Originally Posted by nunu_nunu View Post
bangga deh sama mereka...ayo sapa yang nyusul...
lo ajah nu gmn

sambil ngesot, kan belon ada tuch

ntar gw saluut jg dech sm lo
__________________
-----------------------------------------------
JANGAN LUPA THANKS NYA GAN




SAVE OUR EARTH
[SIGPIC][/SIGPIC]
Reply With Quote
Reply

Bookmarks

Thread Tools
Display Modes

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off
Trackbacks are On
Pingbacks are On
Refbacks are On



All times are GMT +7. The time now is 11:27.