VIVAnews Forums
Welcome to VIVAforum!
If this is your first visit, be sure to check out the FAQ by clicking the link above. You may have to register before you can post: click the register link above to proceed. To start viewing messages, select the forum that you want to visit from the selection below.


Reply
 
LinkBack Thread Tools Display Modes
  #1  
Old 8 August 2012, 12:45
dianti's Avatar
New Member
 
Join Date: Jul 2012
Location: 20
Posts: 9
Thanks: 0
Thanked 0 Times in 0 Posts
dianti is an unknown quantity at this point
:ngumpul: 3 Grup/Duo Pelawak Indonesia Jadul Paling Ternama



Kalau kamu masih sering nonton TV lokal, pasti memperhatikan fenomena dimana semua aktor kita mendadak jadi pelawak. Bahkan mungkin teman-teman di sekitar kamu tiba-tiba masuk TV untuk ikutan jadi komedian berdiri. Oh wow. Tapi masih ingat gak sama para pelawak ini, yang terkenal di era 80-90an? Pelawak yang beneran pelawak gitu, yang konsisten dari awal emang jadi pelawak. Warkop DKI sama Benyamin Sueb udah gak kita masukin lagi ya, kan udah ada artikelnya sendiri.


Srimulat

Grup lawak ini sungguh legendaris. Bisa dibilang gaya lawakan Indonesia banyak mencontoh dari gaya lawakan Srimulat. Pertama didirikan tahun 1950 oleh R.A Srimulat dan suaminya Teguh Slamet Rahardjo. Sebelum masuk TV, Srimulat adalah rombongan kesenian tradisional Jawa yang menggabungkan lawakan dan kesenian keroncong Jawa. Mereka berkeliling dari satu pasar malam ke pasar malam lain di kota-kota di Jawa. Sampai akhirnya mereka membuat pertunjukan tetap di Surabaya dan menjadi terkenal. Masih ingat kan siapa aja personilnya? Basuki, Asmuni, Gepeng, Paul, Nunung, Nurbuat, Tarzan, Tessy, Gogon, Kadir, Bendot, Nurbuat, Pete, Polo, Jujuk, Mamiek, dsb dsb. Banyak deh.


Jayakarta Grup

“Apaaaaa siiiih Joooooon?” itu mungkin kalimat yang paling sering dilontarkan Cahyono kepada Jojon. Kalau masih ingat, Jojon dulu tidak sendiri, ia bersama-sama dengan Cahyono, Prapto (yang lebih sering menjadi cewek bernama Esther) dan Uuk. Sama seperti Srimulat mereka sudah merambah dunia lawak jauh lebih lama daripada umur TV swasta lokal Indonesia. Jaman dulu orang masih jarang punya TV, jadi akses lawak ya kalau gak datang ke pertunjukan (kayak Srimulat) atau beli kaset lawak. Ngelawak via suara doang itu lebih susah lho daripada visual, karena pastinya gak bisa slapstik atau pake mimik dan gestur lucu sebagai pendukung. Kalau kamu mau iseng dengerin kaset lawak, coba dengerin punyanya si Jayakarta Grup ini yang judulnya Main Botol. Masih lucu banget dan bikin sesek napas ketawa lho dibandingkan dengan lawakan didorong jatoh ke styrofoam.


Kwartet Jaya

Ah kalau yang ini benar-benar sudah tinggal nama, Eddy Sud, Ateng, Iskak, dan Bing Slamet. Mereka semua sudah berpulang. Mereka sangat ternama sepanjang era 70-80an. Kaset-kaset lawak yang mereka banyak yang sudah diadaptasi menjadi film layar lebar. Kalau kamu memperhatikan dulu sih masih sering diputer di tipi. Ada yang masih inget film Ateng Minta kimpoi? Adegan Ateng ngosek-ngosek tanah nangis minta dikimpoiin sama Vivi itu masih teringat jelas sampe sekarang. Antara kocak dan creepy gitu. Biasanya Ateng emang jadi objek penderita, Iskak jadi pelempar banyolan, dan gongnya adalah Bing Slamet. Eddy Sud sih biasanya yang jadi penengah dan pengaturan lemparan lawakan dari ketiganya. Kadang-kadang ada yang cewek juga Vivi Sumanti buat pemanis.

Nah udah, sisanya tambahin sendiri deh...



Sumber
Reply With Quote
  #2  
Old 8 August 2012, 13:08
hktoyshop's Avatar
Super Member
 
Join Date: Feb 2009
Location: http://hk-toys.com
Posts: 35,473
Thanks: 13
Thanked 568 Times in 359 Posts
hktoyshop super top memberhktoyshop super top memberhktoyshop super top memberhktoyshop super top memberhktoyshop super top memberhktoyshop super top memberhktoyshop super top memberhktoyshop super top memberhktoyshop super top memberhktoyshop super top memberhktoyshop super top member
Default

wah.. group yang jadul ya, dan para pelawaknya juga sudah banyak yang tiada..
__________________
mampir gan di mari blog ane yang pingin ketawa
http://gambar.humor-jorok.com
Reply With Quote
  #3  
Old 8 August 2012, 13:32
grobakz's Avatar
Platinum Member
 
Join Date: Mar 2011
Location: purwokerto
Posts: 14,128
Thanks: 5
Thanked 170 Times in 147 Posts
grobakz super top membergrobakz super top membergrobakz super top membergrobakz super top membergrobakz super top membergrobakz super top membergrobakz super top membergrobakz super top membergrobakz super top membergrobakz super top membergrobakz super top member
Default

Quote:
Originally Posted by hktoyshop View Post
wah.. group yang jadul ya, dan para pelawaknya juga sudah banyak yang tiada..
IYAA.,. gann skrang mah udah banyaakkk
Reply With Quote
  #4  
Old 8 August 2012, 13:40
kasurrusak's Avatar
Senior Member
 
Join Date: Mar 2012
Location: negri antah berantah
Posts: 953
Thanks: 3
Thanked 7 Times in 7 Posts
kasurrusak super top memberkasurrusak super top memberkasurrusak super top memberkasurrusak super top memberkasurrusak super top memberkasurrusak super top memberkasurrusak super top memberkasurrusak super top memberkasurrusak super top memberkasurrusak super top memberkasurrusak super top member
Default

Tambah gan.....
Ane kagak tau nama grupnya apa.... tapi lebih terkenal dg julukan "Depot Jamu KIRUN"/"Depot Seni Kirun".... Anggota nya Kirun, Kholik, Bagio....... Coba deh liat d yutub "Dukun Calak"....
ASLI NGAKAK........
Reply With Quote
  #5  
Old 8 August 2012, 15:22
dianti's Avatar
New Member
 
Join Date: Jul 2012
Location: 20
Posts: 9
Thanks: 0
Thanked 0 Times in 0 Posts
dianti is an unknown quantity at this point
Default

Quote:
Originally Posted by kasurrusak View Post
Tambah gan.....
Ane kagak tau nama grupnya apa.... tapi lebih terkenal dg julukan "Depot Jamu KIRUN"/"Depot Seni Kirun".... Anggota nya Kirun, Kholik, Bagio....... Coba deh liat d yutub "Dukun Calak"....
ASLI NGAKAK........


makasih infonya, Gan!
Reply With Quote
  #6  
Old 8 August 2012, 15:25
Sadur's Avatar
New Member
 
Join Date: Jul 2012
Location: 20
Posts: 13
Thanks: 0
Thanked 2 Times in 2 Posts
Sadur is an unknown quantity at this point
Default

Jaman yang dulu Lika-Liku Laki-Laki itu siapa ya?

Reply With Quote
Reply

Bookmarks

Tags
ateng, jadul, jojon, pelawak, srimulat

Thread Tools
Display Modes

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off
Trackbacks are On
Pingbacks are On
Refbacks are On



All times are GMT +7. The time now is 17:44.