VIVAforum

VIVAforum (http://forum.viva.co.id/index2.php)
-   Aneh dan Lucu (http://forum.viva.co.id/aneh-dan-lucu/)
-   -   Narwhal : Hewan bertanduk di laut (http://forum.viva.co.id/aneh-dan-lucu/47998-narwhal-hewan-bertanduk-di-laut.html)

DayBeat 29 October 2010 21:03

Narwhal : Hewan bertanduk di laut
 
http://upload.wikimedia.org/wikipedi...als_breach.jpg

Quote:

Narwhal (Monodon monoceros) adalah nama salah satu paus yg paling tidak diketahui manusia. Nama “narwhal” berasal dari bahasa Norse Kuno yg berarti “paus mayat”. Nama itu diberikan karena kebiasaannya yg kadang-kadang berenang tak bergerak di permukaan laut dengan posisi perut menghadap ke atas & warna tubuhnya yg bertotol-totol kelabu seperti pelaut yg tenggelam. Mereka diketahui hanya hidup di seluruh perairan Kutub Utara, tepatnya di Samudera Arktik. Narwhal adalah paus bergigi & termasuk karnivora yg memakan hewan-hewan laut seperti ikan, udang, atau cumi-cumi

Tanduk spiral narwhal yang misterius ternyata berfungsi sebagai sensor raksasa yang membantunya mengetahui kualitas air dan untuk “mencium” narwhal lainnya.

http://oceanexplorer.noaa.gov/explor...ia/pod_600.jpg

Tanduk paus narwhal yang panjangnya bisa mencapai 2,4 meter itu telah sejak lama menjadi teka-teki para ahli alam dan pemburu. Penjelasan mengenai fungsinya pun seringkali menimbulkan perdebatan, begitu kata Dr. Martin Nweeia, seorang peneliti Harvard School of Dental Medicine.

Menurut Nweeia, tanduk tersebut sepertinya memiliki kemampuan penginderaan hidrodinamik. Ia mengungkapkan hal ini dalam prsentasi di Konferensi mengenai Biologi Mamalia Laut di San Diego.

http://upload.wikimedia.org/wikipedi...alschaedel.jpg

Narwhal (Monodon monoceros) adalah sejenis paus yang termasuk sangat langka. Panjang tubuhnya mencapai 4 hingga 4,5 meter, dan kebanyakan dijumpai di perairan lautan Artik sekitar Kanada, tapi kadang juga terlihat jauh ke timur hingga Rusia.

http://www.sfu.ca/geog351fall02/gp2/...es/narwhal.JPG

Tim Nweeia menemukan bahwa tanduk narwhal serupa dengan membran dengan permukaan yang amat sensitif. Ada sekitar 10 juta saraf yang terhubung ke permukaan tanduknya, guna mendeteksi perubahan suhu, tekanan, dan kadar garam air.

“Tidak ada sesuatu yang sebanding dengannya di alam dan tak ada yang lebih unik dari tanduk narwhal dalam hal bentuk, kenampakan, dan fungsinya.

http://3.bp.blogspot.com/_dPz8IzTW_E...en%2BNatgeo%2B

Setiap paus narwhal (Monodon monoceros) juga menggunakan suara untuk berkomunikasi satu sama lain seperti halnya lumba-lumba atau ikan paus lainnya. Bahkan, masing-masing kemungkinan memiliki suara unik yang juga menunjukkan identitasnya.

Para ilmuwan telah lama mengetahui bahwa mamalia laut menggunakan sinyal suara untuk berkomunikasi satu sama lain di dalam air. Penelitian terakhir bahkan menunjukkan bahwa paus punya dialek.

http://www.news.harvard.edu/gazette/...rwhal2-450.jpg

Namun, belum banyak penelitian yang mempelajari identitas suara seperti yang diguankan paus narwhal. Para penelitinya yakin paus narwhal menggunakan suara untuk mengenali sesamanya dan membedakan satu individu dengan individu lainnya.

Hal tersebut disimpulkan para ilmuwan setelah mempelajari suara tiga ekor narwhal di Teluk Admiralty di Pulau Baffin, Kanada. Mereka menggunakan perekam elektronik yang ditempel di badan mamalia raksasa tersebut.

http://library.thinkquest.org/2605/narwhal.jpg

princess_sasha 29 October 2010 21:10

yang bikin unik tuh tanduknya :D

kayak tombak, jangan 2 di bwah laut sana mereka bertarung pake itu lagi http://www.laymark.com/i/m/m021.gif

cybogr 29 October 2010 21:31

Quote:

Originally Posted by sasha (Post 982344)
yang bikin unik tuh tanduknya :D

kayak tombak, jangan 2 di bwah laut sana mereka bertarung pake itu lagi http://www.laymark.com/i/m/m021.gif

iya, ada olimpiadenya juga buat maen anggar disana.



:kurakura:


btw, nambahin gambar aja :D

Quote:

Narwhal (Monodon monoceros)

Adalah paus bergigi berukuran sedang yang hidup sepanjang tahun di Kutub Utara. Sedangkan nama ilmiah dari Monodon monoceros berasal dari bahasa Yunani, memiliki arti satu gigi-satu tanduk.

http://cdn1.arkive.org/media/60/60FA...at-surface.jpg

http://cdn1.arkive.org/media/39/3997...at-surface.jpg

http://cdn2.arkive.org/media/85/8517...at-surface.jpg

http://cdn2.arkive.org/media/8F/8F08...-migrating.jpg

Makanan mereka adalah cumi-cumi Gonatus, ikan Cod kutub dan Artic, Shrimp, dan Greenland Halibut.

Mereka biasa berenang berkelompok. Mereka berenang terutama di daerah Rusia Artik dan Atlantik. Sedangkan pada individu ditemukan didaerah Teluk Hudson, Selat Hudson, dan Teluk Baffin.

Saat ini diperkirakan ada sekitar 75.000 Narwhal dan biasanya mereka terkosentrasi di Utara Kanada dan Greenland bagian barat.1

http://cdn1.arkive.org/media/5F/5F23...ht-narwhal.jpg

http://cdn2.arkive.org/media/BA/BA04...at-surface.jpg2

zulkarnain 29 October 2010 21:36

Tanduknya serem... kayak bor... :ampun::ampun:

29 October 2010 21:42

hewan - hewan di laut banyak yang belum kia ketahui ya...ada ga yang bentuknya kucing tapi kepalanya gajah?

rp_rp_rp87 30 October 2010 13:07

keliatannya tajam amat ya....

0k13 31 October 2010 08:09

banyak yang belum kita tahu juga yah ? Thanks infonya

Ajengmaniez 31 October 2010 12:36

ga kebayang deh kalo ampe ketusuk ... apalagi dipantat.... hiiiyyyyy

btw @ts : nice info

cybogr 31 October 2010 14:13

Quote:

Originally Posted by Ajengmaniez (Post 983578)
ga kebayang deh kalo ampe ketusuk ... apalagi dipantat.... hiiiyyyyy

btw @ts : nice info

makasih jeng :o :o

de_martinz 2 November 2010 17:15

Quote:

Originally Posted by cybogr (Post 983632)
makasih jeng :o :o

ini mah tritnya dia sendiri :getokk:

kasian tuh orang yang belom pernah ketemu sama elo lo kibulin mulu... :gebukk:


All times are GMT +7. The time now is 20:41.

Powered by vBulletin® Version 3.8.0
Copyright ©2000 - 2014, Jelsoft Enterprises Ltd.