VIVAnews Forums
Welcome to VIVAforum!
If this is your first visit, be sure to check out the FAQ by clicking the link above. You may have to register before you can post: click the register link above to proceed. To start viewing messages, select the forum that you want to visit from the selection below.


Reply
 
LinkBack Thread Tools Display Modes
  #1  
Old 29 October 2010, 21:03
DayBeat's Avatar
Junior Member
 
Join Date: Sep 2010
Posts: 307
Thanks: 11
Thanked 152 Times in 65 Posts
DayBeat super top memberDayBeat super top memberDayBeat super top memberDayBeat super top memberDayBeat super top memberDayBeat super top memberDayBeat super top memberDayBeat super top memberDayBeat super top memberDayBeat super top memberDayBeat super top member
Lightbulb Narwhal : Hewan bertanduk di laut



Quote:
Narwhal (Monodon monoceros) adalah nama salah satu paus yg paling tidak diketahui manusia. Nama “narwhal” berasal dari bahasa Norse Kuno yg berarti “paus mayat”. Nama itu diberikan karena kebiasaannya yg kadang-kadang berenang tak bergerak di permukaan laut dengan posisi perut menghadap ke atas & warna tubuhnya yg bertotol-totol kelabu seperti pelaut yg tenggelam. Mereka diketahui hanya hidup di seluruh perairan Kutub Utara, tepatnya di Samudera Arktik. Narwhal adalah paus bergigi & termasuk karnivora yg memakan hewan-hewan laut seperti ikan, udang, atau cumi-cumi

Tanduk spiral narwhal yang misterius ternyata berfungsi sebagai sensor raksasa yang membantunya mengetahui kualitas air dan untuk “mencium” narwhal lainnya.



Tanduk paus narwhal yang panjangnya bisa mencapai 2,4 meter itu telah sejak lama menjadi teka-teki para ahli alam dan pemburu. Penjelasan mengenai fungsinya pun seringkali menimbulkan perdebatan, begitu kata Dr. Martin Nweeia, seorang peneliti Harvard School of Dental Medicine.

Menurut Nweeia, tanduk tersebut sepertinya memiliki kemampuan penginderaan hidrodinamik. Ia mengungkapkan hal ini dalam prsentasi di Konferensi mengenai Biologi Mamalia Laut di San Diego.



Narwhal (Monodon monoceros) adalah sejenis paus yang termasuk sangat langka. Panjang tubuhnya mencapai 4 hingga 4,5 meter, dan kebanyakan dijumpai di perairan lautan Artik sekitar Kanada, tapi kadang juga terlihat jauh ke timur hingga Rusia.



Tim Nweeia menemukan bahwa tanduk narwhal serupa dengan membran dengan permukaan yang amat sensitif. Ada sekitar 10 juta saraf yang terhubung ke permukaan tanduknya, guna mendeteksi perubahan suhu, tekanan, dan kadar garam air.

“Tidak ada sesuatu yang sebanding dengannya di alam dan tak ada yang lebih unik dari tanduk narwhal dalam hal bentuk, kenampakan, dan fungsinya.



Setiap paus narwhal (Monodon monoceros) juga menggunakan suara untuk berkomunikasi satu sama lain seperti halnya lumba-lumba atau ikan paus lainnya. Bahkan, masing-masing kemungkinan memiliki suara unik yang juga menunjukkan identitasnya.

Para ilmuwan telah lama mengetahui bahwa mamalia laut menggunakan sinyal suara untuk berkomunikasi satu sama lain di dalam air. Penelitian terakhir bahkan menunjukkan bahwa paus punya dialek.



Namun, belum banyak penelitian yang mempelajari identitas suara seperti yang diguankan paus narwhal. Para penelitinya yakin paus narwhal menggunakan suara untuk mengenali sesamanya dan membedakan satu individu dengan individu lainnya.

Hal tersebut disimpulkan para ilmuwan setelah mempelajari suara tiga ekor narwhal di Teluk Admiralty di Pulau Baffin, Kanada. Mereka menggunakan perekam elektronik yang ditempel di badan mamalia raksasa tersebut.


Last edited by DayBeat; 29 October 2010 at 21:14.
Reply With Quote
  #2  
Old 29 October 2010, 21:10
princess_sasha's Avatar
Silver Member
 
Join Date: Jun 2010
Location: hommy town
Posts: 4,188
Thanks: 138
Thanked 143 Times in 52 Posts
princess_sasha super top memberprincess_sasha super top memberprincess_sasha super top memberprincess_sasha super top memberprincess_sasha super top memberprincess_sasha super top memberprincess_sasha super top memberprincess_sasha super top memberprincess_sasha super top memberprincess_sasha super top memberprincess_sasha super top member
Default

yang bikin unik tuh tanduknya

kayak tombak, jangan 2 di bwah laut sana mereka bertarung pake itu lagi
Reply With Quote
  #3  
Old 29 October 2010, 21:31
cybogr's Avatar
Super Moderator
 
Join Date: Aug 2010
Location: bandung
Posts: 5,873
Thanks: 5
Thanked 127 Times in 43 Posts
cybogr super top membercybogr super top membercybogr super top membercybogr super top membercybogr super top membercybogr super top membercybogr super top membercybogr super top membercybogr super top membercybogr super top membercybogr super top member
Default

Quote:
Originally Posted by sasha View Post
yang bikin unik tuh tanduknya

kayak tombak, jangan 2 di bwah laut sana mereka bertarung pake itu lagi
iya, ada olimpiadenya juga buat maen anggar disana.






btw, nambahin gambar aja

Quote:
Narwhal (Monodon monoceros)

Adalah paus bergigi berukuran sedang yang hidup sepanjang tahun di Kutub Utara. Sedangkan nama ilmiah dari Monodon monoceros berasal dari bahasa Yunani, memiliki arti satu gigi-satu tanduk.









Makanan mereka adalah cumi-cumi Gonatus, ikan Cod kutub dan Artic, Shrimp, dan Greenland Halibut.

Mereka biasa berenang berkelompok. Mereka berenang terutama di daerah Rusia Artik dan Atlantik. Sedangkan pada individu ditemukan didaerah Teluk Hudson, Selat Hudson, dan Teluk Baffin.

Saat ini diperkirakan ada sekitar 75.000 Narwhal dan biasanya mereka terkosentrasi di Utara Kanada dan Greenland bagian barat.1



2
__________________
A
AA
AAA
d(-_-)b
#--||||--/
| |

@pengamenkeren

Reply With Quote
  #4  
Old 29 October 2010, 21:36
zulkarnain's Avatar
Junior Member
 
Join Date: May 2009
Location: Malang
Posts: 140
Thanks: 4
Thanked 3 Times in 2 Posts
zulkarnain is an unknown quantity at this point
Default

Tanduknya serem... kayak bor...
Reply With Quote
  #5  
Old 29 October 2010, 21:42
nunuk
Guest
 
Posts: n/a
Default

hewan - hewan di laut banyak yang belum kia ketahui ya...ada ga yang bentuknya kucing tapi kepalanya gajah?
Reply With Quote
  #6  
Old 30 October 2010, 13:07
rp_rp_rp87's Avatar
New Member
 
Join Date: Sep 2010
Posts: 26
Thanks: 0
Thanked 0 Times in 0 Posts
rp_rp_rp87 is an unknown quantity at this point
Default

keliatannya tajam amat ya....
Reply With Quote
  #7  
Old 31 October 2010, 08:09
0k13's Avatar
New Member
 
Join Date: Oct 2010
Posts: 5
Thanks: 0
Thanked 0 Times in 0 Posts
0k13 is an unknown quantity at this point
Default

banyak yang belum kita tahu juga yah ? Thanks infonya
Reply With Quote
  #8  
Old 31 October 2010, 12:36
Ajengmaniez's Avatar
Gold Member
 
Join Date: Apr 2010
Posts: 3,195
Thanks: 15
Thanked 17 Times in 7 Posts
Ajengmaniez super top memberAjengmaniez super top memberAjengmaniez super top memberAjengmaniez super top memberAjengmaniez super top memberAjengmaniez super top memberAjengmaniez super top memberAjengmaniez super top memberAjengmaniez super top memberAjengmaniez super top memberAjengmaniez super top member
Default

ga kebayang deh kalo ampe ketusuk ... apalagi dipantat.... hiiiyyyyy

btw @ts : nice info
__________________
*positive,persistence,pray*
Reply With Quote
  #9  
Old 31 October 2010, 14:13
cybogr's Avatar
Super Moderator
 
Join Date: Aug 2010
Location: bandung
Posts: 5,873
Thanks: 5
Thanked 127 Times in 43 Posts
cybogr super top membercybogr super top membercybogr super top membercybogr super top membercybogr super top membercybogr super top membercybogr super top membercybogr super top membercybogr super top membercybogr super top membercybogr super top member
Default

Quote:
Originally Posted by Ajengmaniez View Post
ga kebayang deh kalo ampe ketusuk ... apalagi dipantat.... hiiiyyyyy

btw @ts : nice info
makasih jeng
__________________
A
AA
AAA
d(-_-)b
#--||||--/
| |

@pengamenkeren

Reply With Quote
  #10  
Old 2 November 2010, 17:15
de_martinz's Avatar
Silver Member
 
Join Date: May 2010
Location: BelanDa [ Belakang Dapur ]
Posts: 0
Thanks: 177
Thanked 58 Times in 28 Posts
de_martinz super top memberde_martinz super top memberde_martinz super top memberde_martinz super top memberde_martinz super top memberde_martinz super top memberde_martinz super top memberde_martinz super top memberde_martinz super top memberde_martinz super top memberde_martinz super top member
Default

Quote:
Originally Posted by cybogr View Post
makasih jeng
ini mah tritnya dia sendiri

kasian tuh orang yang belom pernah ketemu sama elo lo kibulin mulu...
Reply With Quote
Reply

Bookmarks

Tags
narwhal, paus bercula

Thread Tools
Display Modes

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off
Trackbacks are On
Pingbacks are On
Refbacks are On



All times are GMT +7. The time now is 04:05.