VIVAnews Forums
Welcome to VIVAforum!
If this is your first visit, be sure to check out the FAQ by clicking the link above. You may have to register before you can post: click the register link above to proceed. To start viewing messages, select the forum that you want to visit from the selection below.


Reply
 
LinkBack Thread Tools Display Modes
  #1  
Old 22 November 2011, 07:38
safarimac's Avatar
Banned
 
Join Date: Oct 2011
Posts: 68
Thanks: 1
Thanked 1 Time in 1 Post
safarimac is an unknown quantity at this point
Default Sindikat Proposal Tipu Kades se-Indonesia

berita2.com (Situbondo, Jawa Timur): Tergiur dengan iming-iming mendapat proyek bernilai milyaran, ratusan Kepala Desa menjadi korban penipuan sindikat proposal. Dengan modus pengajuan proposal program infrastruktur pedesaan, para pelaku mengaku sebagai staf Kementrian Dalam Negeri dan Kementerian Keuangan. Kerugian yang dialami para korban diperkirakan mencapai miliaran rupiah.

Para Kades tersebut diminta biaya pengajuan proposal sebesar Rp. 2,6 juta hingga Rp. 10 juta. Melalui jaringan meraka yang berada di tingkat kabupaten, para pelaku mengawali aksinya merekrut kades yang bersedia mengajukan proposal program infrastruktur desa tertinggal dengan landing sector Kementerian Dalam negeri dan Kementerian Keuangan.

Adalah Edy Santoso, warga desa Sumber Malang kecamatan Sumber Malang Situbondo bertindak sebagai pencari calon korban. Pria yang juga anggota LSM Fikri tersebut merekrut para calon korbannya dan meyakinkan mereka akan mendapat bantuan dana berupa program infrastruktur pedesaan.

Untuk meyakinkan para korban, komplotan penipu megaku sebagai staf kedua kementerian tersebut, bahkan mereka mencatut nama Ibu Negara Ani Yudhoyono yang diakui sebagai pemrakarsa program yang dimaksud.

Kemudian mereka membuat daftar para Kades yang disetujui pengajuan proposalnya. Anehnya daftar itu tidak berkop Departemen Dalam Negeri, hanya dicap dengan stempel Departemen Dalam Negeri yang diduga palsu. Dalam keterangan daftar tersebut disebutkan bahwa realisasi anggaran akan dilaksanakan pada awal bulan November 2011.

Pada saat yang dijanjikan sebanyak 180 Kades dari berbagai daerah diundang ke Wisma Hijau kota Depok dengan membawa salinan proposal, stempel Kades dan buku rekening kas desa sebagai persyaratan administrasi pencairan dana. Kejanggalan kembali dirasakan oleh para korban, karena dalam kegiatan tersebut tidak ada acara seremonial seperti layaknya sebuah kegiatan resmi dari Kementerian.

Kecurigaan para korban semakin kuat setelah salah satu korban Solehudin, Kades Mlandingan Kulon kecamatan Situbondo Jawa Timur mempertanyakan kepastian realisasi program yang dimaksud. Dua anggota komplotan penipu tersebut yakni Dendy dan Edy Jansen gelagapan setelah didesak Soleh untuk membuktikan kalau program tersebut memang ada.

Para Kades tersadar kalau mereka telah menjadi korban penipuan sindikat pengajuan proposal proyek. Solehudin meminta tanggung jawab Dendy dan kelompoknya atas perbuatan mereka.

Setelah mereka melaporkan perbuatan para pelaku ke Polres setempat. Para pelaku digiring ke Mapolres Depok untuk mempertangung jawabkan perbuatannya.

Dalam penyidikan terungkap bahwa Dendy dan Edy Jansen merupakan anggota sindikat penipuan pengajuan proposal bersama dua orang lainnya yang kini masih buron yakni Yanto yang mengaku sebagai staff Kementerian Dalam Negeri dan Johan yang mengaku Satgas Mafia Hukum .

Ternyata program infrastruktur pedesaan yang dijanjikan hanyalah program fiktif. Dari rumah pelaku ditemukan ratusan proposal program infrastruktur pedesaan yang diajukan ratusan kepala desa di seluruh Indonesia.

Aksi para pelaku terbilang sangat rapi, karena mereka memasang jaringan di setiap daerah untuk menjerat para korbannya. Hingga saat ini para pelaku masih dalam pemeriksaan penyidik. Sementara itu dua pelaku lainnya berstatus DPO. Kasus penipuan tersebut masih dalam pengembangan penyidikan polisi.

foto di TKP Sindikat Proposal Tipu Kades se-Indonesia
Reply With Quote
  #2  
Old 22 November 2011, 07:58
safarimac's Avatar
Banned
 
Join Date: Oct 2011
Posts: 68
Thanks: 1
Thanked 1 Time in 1 Post
safarimac is an unknown quantity at this point
Default

gile neh, sindikat ini pasti sudah merajalela
Reply With Quote
Reply

Bookmarks

Thread Tools
Display Modes

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off
Trackbacks are On
Pingbacks are On
Refbacks are On



All times are GMT +7. The time now is 17:08.