VIVAnews Forums
Welcome to VIVAforum!
If this is your first visit, be sure to check out the FAQ by clicking the link above. You may have to register before you can post: click the register link above to proceed. To start viewing messages, select the forum that you want to visit from the selection below.


Reply
 
LinkBack Thread Tools Display Modes
  #1  
Old 8 October 2012, 19:26
Banned
 
Join Date: Apr 2012
Location: 20
Posts: 80
Thanks: 0
Thanked 3 Times in 3 Posts
wibowokenichi is an unknown quantity at this point
Default Danau Ranu Kumbolo di Gunung Semeru


Suasana udara dingin ditambah dengan warna alam sekitar yang hijau bisa ditemukan di Danau Ranu Kumbolo yang lokasinya ada di Gunung Semeru. Untuk para pendaki gunung, danau ini adalah tempat yang sempurna buat mendirikan kemah, sebabnya adalah keindahan dan ketenangan danau Ranu Kumbolo yang sangat menakjubkan.

Danau ini bisa dijumpai ketika mendaki Gunung Semeru, yang letaknya ada di perbatasan Malang dan Lumajang, Jawa Timur. Sejak dulu Ranu Kumbolo sudah menjadi primadona dari Gunung Semeru. Danau yang berada di ketinggian 2.400 mdpl sering menjadi tempat berkemah dan beristirahat bagi para pendaki Gunung Semeru.

Untuk mencapai ke danau ini para pendaki harus melalui jalan yang terjal. Para pendaki biasanya membutuhkan waktu sekitar 4-5 jam disebabkan medan perjalanan yang cukup menantang. Selain itu, stamina sudah pasti akan terkuras selama menempuh perjalanan.

Tapi semua itu akan terbayar dengan lunas ketika sampai di Ranu Kumbolo. Pesona danau Ranu Kumbolo terlihat sangat menakjubkan, membuat rasa lelah akan terasa impas. Pohon cemara yang rindang, semak-semak hijau, dan langit biru yang menghiasi sekitar danau, adalah pemandangan yang mampu menyegarkan mata.

Pendakian menuju Ranu Kumbolo dimulai dari jalur pos Ranu Pani. Namun, untuk mencapai Ranu Pani pendaki tidak bisa lagi menggunakan bus, kebanyakan dari mereka sekarang naik mobil jeep 4?4 yang terbukti mampu mengatasi tanjakan dan jalur yang terjal serta jalananan yang terkadang ditutupi awan. Kawasan ini biasanya ramai dikunjungi oleh para pendaki pada saat liburan, khususnya liburan perguruan tinggi karena sebagian besar para pendaki adalah mahasiswa.

Panorama matahari terbit yang mempesona dan sangat cantik bisa dilihat langsung di danau ini. Warna matahari terbit yang keemasan dipantulkan oleh permukaan danau, membuatnya terlihat sangat indah dan menakjubkan. Karena keindahannya inilah, tempat ini sering dijadikan objek fotografi.

sumber
Reply With Quote
  #2  
Old 11 October 2012, 14:44
tiwira's Avatar
New Member
 
Join Date: Oct 2012
Location: 20
Posts: 11
Thanks: 0
Thanked 0 Times in 0 Posts
tiwira is an unknown quantity at this point
Default

RANUKUMBOLO: SETETES EMBUN YANG JATUH DARI SURGA di kaki Gunung Semeru (18-19 mei 2012)

[Pengalaman mendaki saya bersama teman-teman ke Ranukumbolo, Danau diketinggian kurang lebih 2400 meter dari permukaan laut di kaki gunung Semeru]


Perjalanan ke Ranukumbolo kalau di musim kemarau anda bisa menggunakan kendaraan Pribadi seperti sepeda motor atao mobil, lebih hemat dari pada menyewa Jeep yang mencapai 75 rb/org, harga saat itu. Peringatan bahwa di Musim hujan sebaiknya naik Jeep aja jangan nekad bawa kendaraan sendiri, kalo pingin Offroad si ga apa2.


(atas) Berhenti Sholat Subuh Plus istirahat karena semaleman belum tidur, jadi istirahat kurang lebih 2 jam sampai jam 5:30

Ranukumbolo terletak di Kaki Gunung Semeru dan termasuk Dalam Kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Dibawah ini kami sempat berhenti di satu - satunya warung dari perjalanan Tumpang menuju Ranupani :

Dijamin selama perjalanan anda disuguhi pemandangan indah



(atas) Warung di pertigaan menuju Bromo dan menuju Ranupani, Pos Pemeriksaan untuk mendaki ke arah Ranukumbolo dan Semeru


(atas)Mobil Avansa yang kami gunakan, 6 org pendaki, kalau di musim hujan sebaiknya naik hartop/jeep 75 rb/org

Perjalanan Dari Surabaya karena malam hari ke arah malang 1,5 jam (supirnya mantan supir Bus sumber kencono), namun belum sampai malang belok kiri ke arah Tumpang, dari Tumpang inilah perjalanan di lanjutkan kira-kira dua jam untuk sampai di POS pemeriksaan Ranupani.


(atas) Tiba Di Ranupani setelah mengurus ijin pendakian di Pos pemeriksaan, isi perut dulu diwarung2 disekitar Pos Pemeriksaan Ranupani

Jangan lupa untuk membawa ID Card KTP/SIM yang telah di Foto Kopi, Plus surat keterangan sehat dari Klinik, puskemas atau rumah sakit yang sebaiknya di urus di kota asal. Jika tidak membawa surat keterangan sehat, maka anda bisa mengurus di Puskesmas terdekat di ranupani. Jika tidak membawa ID CARD, SIM atau KTP, kemungkinan besar anda tidak diijinkan melakukan pendakian.

Dari Ranupani Perjalanan atau pendakian di Mulai dan memakan waktu 6 jam, lama karena kami pemula, bayangkan sebelum naik gunung semalaman kami begadang main PB, jangan ditiru yach ! Akhirnya perjalanan jadi lambat dech ...!

Paling jauh perjalanannya dari Pos Ranupani ke Pos 1

(atas) teman saya Mas Dimas minta berhenti sebentar karena kecapaian

Di Pos 2

(Atas) Tampak Pos Dua disebelah Kiri, karena sudah ada yg istirahat di sana, terpaksa kita istirahat diluar Pos beralaskan Bumi alias tanah.

Pos 3, Karena udah roboh terpaksa pada tidur di tanah. lagi-lagi ditanah melulu....huft !

Pos Tiga rusak berat belum diperbaiki, terpaksa istirahat ditanah lagi ....keliatankan bawaannya, yang merah2 itu sleeping bag.

Dari Pos Tiga ke Pos empat kita ditemani si putih alias Kabut

(Atas) kabut mulai Turun


(atas) Dari Pos 3 langsung disambut tanjakan yang cukup curam, tampak dua anggota kami mas Tito dan Mas fajar kelelahan dan istirahat ditengah kabut pekat. Ralat bukan cuman dua yg kelelahan Plus yang Foto alias Saya penulis artikel ini, jadi bertiga.... hehehehehe..

Tiba Di Pos 4 alias tiba di Ranukumbolo, karena sore hari pemandangan dipenuhi kabut. Semua kekesalan akibat kecapaian, kelelahan mencair saat memandang keindahan danau di ketinggian 2400 Meter dari permukaan Laut ini.


(atas) Danau Ranukumbolo, Gambar di ambil dari dalam Pos 4, dan penampakkan itu (mahluk memakai topi) adalah teman saya Mas Tito


Ranukumbolo di sore hari


Karena suhu 14 Derajat Celcius di siang hari dan 3 derajat dimalam hari, bahkan dimalam hari bisa lebih drop lagi. Bawa Kaos kaki minimal tiga plus di bungkus kakinya dengan kantong kresek sebelum kaos kaki dikenakan, dua celana panjang Training aja jgn jins malah tambah dingin dan satu baju plus dua jaket serta kerpus.

Malam hari ditepi danau Ranukumbolo, karena suhu langsung Drop semua langsung ngumpet dibalik tenda.


Pagi hari di Tepi danau Ranukumbolo, bangun langsung buat api untuk mengusir dingin dari tubuh


Pagi hari di Tepi danau Ranukumbolo, atasan kuning dari tenda dilepas dan dijemur menguapkan embun biar tidak berat saat dibawa, jadi tenda ganti warna kuning jadi putih.


(atas) Pagi hari di Tepi danau Ranukumbolo, yang berdiri mas tito dan yg duduk adalah Sopir andalan kita spesialis advanture jebolan supir Bus Sumber bencana eh.... salah sumber Kencono


Indah dan menawan hati pemandangan di Saat SUNRISE ditepi danau RANUKUMBOLO

Ranukumbolo, Ranu Berarti danau sedangkan Kumbolo berarti Tempat berkumpul, Jadi ranukumbolo berarti danau tempat berkumpul. Menurut Mitos masyarakat setempat, Ranukumbolo adalah tempat pemandian para bidadari, mmhhh…. Mungkin Cuman mitos, namun bagi saya Ranukumbolo adalah setetes embun yang jatuh dari surga.





Ranukumbolo aku berjanji akan kembali untuk memandangi dan menikmati pesona kecantikan yang kau pancarkan ...........END

sumber: dari postingan ane di forum tetangga

Last edited by tiwira; 11 October 2012 at 14:48.
Reply With Quote
Reply

Bookmarks

Thread Tools
Display Modes

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off
Trackbacks are On
Pingbacks are On
Refbacks are On



All times are GMT +7. The time now is 01:51.