VIVAnews Forums
Welcome to VIVAforum!
If this is your first visit, be sure to check out the FAQ by clicking the link above. You may have to register before you can post: click the register link above to proceed. To start viewing messages, select the forum that you want to visit from the selection below.


Reply
 
LinkBack Thread Tools Display Modes
  #1  
Old 3 April 2013, 14:34
samfrodo's Avatar
Junior Member
 
Join Date: Apr 2011
Location: Malang
Posts: 487
Thanks: 7
Thanked 2 Times in 2 Posts
samfrodo super top membersamfrodo super top membersamfrodo super top membersamfrodo super top membersamfrodo super top membersamfrodo super top membersamfrodo super top membersamfrodo super top membersamfrodo super top membersamfrodo super top membersamfrodo super top member
:peluk: X-Factor Indonesia: Siapa yang layak menang?

Mengingat keterbatasan karakter yang bisa tersaji di forum ini, maka tulisan yang di sini adalah potongan terakhir saja, untuk tulisan lengkapnya silahkan kunjungi sumber aslinya..
.....

NUDI (Mentor Ahmad Dhani)


Dibandingkan mentor yang lain, Ahmad Dhani mungkin menempati urutan teratas dalam tingkat kesulitan mentoring. Kenapa? Karena yang dia mentorin adalah group. Dan menciptakan harmoni yang baik dalam group dengan karakteristik vokal yang berbeda-beda, tentu lebih tidak gampang dibandingkan dengan mementori penyanyi solo. Karena itu, seandainya NUDI jadi juara ajang ini, kredibilitas Ahmad Dhani harusnya menjadi tambah tidak dipertanyakan. Sejauh ini, NUDI berhasil tampil sebagai group berkelas. Ahmad Dhani berhasil menyajikan musik-musik yang baik di setiap penampilan. Kemampuan vokal masing-masing personelnya yang memang bagus, serta kombinasi perpaduan wajah mereka yang seperti multi-ras, tampak berbeda dan unik dibandingkan boyband kebanyakan. Dan saya prediksi mereka memiliki diferensiasi yang layak muncul di industri musik, bahkan setelah ajang X-Factor selesai.

GEDE BAGUS & MIKHA (Mentor Anggun Cipta Sasmi)

Secara pribadi, meskipun saya penggemar Anggun, saya tidak melihat peningkatan yang signifikan dari penampilan Gede bagus & Mikha dibandingkan ketika pertamakali saya melihatnya di babak audisi. Saat audisi, saya memprediksikan Mikha akan melaju ke babak-babak akhir karena menganggap dia masih bisa dieksplorasi secara lebih jauh. Dan sampai saat ini pun, saya masih percaya itu. Hanya saja, saya juga tidak bisa menutup mata bahwa perkembangan itu tidak signifikan. Gede dan Mikha mungkin berhasil menjajal lagu-lagu di luar mainstream-nya mereka, namun secara umum grafik peningkatan mereka masih landai. Dinamika mereka ketika membawakan sebuah lagu masih sangat tidak baik. Jika tidak ada sesuatu yang sangat luar biasa, ditampilkan Gede minggu ini, maka saya berani memprediksi dia akan keluar. Sementara Mikha, saya masih memprediksi dia akan melaju ke babak-babak teratas mengingat penggemarnya kebanyakan cewek-cewek yang masih labil. Dan jika Mikha berhasil meningkatkan kemampuannya, terutama dalam mengatasi kekakuannya di atas panggung dan menginjeksi dinamika lagu, maka masih terbuka kemungkinan dia akan mendapatkan tempat yang layak di Industru musik Indonesia. Sejajar dengan Afghan, seperti kata Ahmad Dhani. Tapi jika Mikha masih begitu-begitu saja, maka perlu diingat bahwa cewek-cewek penggemarnya itu akan bertumbuh dewasa dengan segera. Dan mungkin dengan cepat mereka akan menyadari bahwa ada penyanyi lain yang lebih pantas untuk mereka idolakan.

FATIN & SHENA (Mentor Rossa)

Hampir sama dengan Mikha, Fatin juga tidak menunjukkan peningkatan kemampuan yang signifikan dalam bernyanyi dibandingkan dengan saat pertamakali menyanyi di babak audisi. Hanya saja, Fatin terlihat mengalami peningkatan dalam mengatasi ketidakpercayaan diri dan penguasaan panggung. Namun meskipun kemampuan bernyanyinya tidak begitu meningkat tajam, Fatin memiliki kemampuan lain yang kadang susah dijelaskan. Dia bisa membuat lagu apapun terdengar enak didengar, meskipun tidak sangat istimewa. Penggemarnya menyebar dari orang tua sampai anak-anak. Dan sepertinya, sifat penggemarnya akan bersifat lebih awet dibandingkan Mikha. Dan prediksi saya dia akan tetap melaju ke babak-babak akhir, bahkan meskipun dia tidak akan tampil terlalu baik pada minggu-minggu kemudian. Fatin cukup beruntung, karena kesan pertama orang pada Grenade mungkin akan sedikit sulit dihapuskan. Ketika X-factor usai nanti, Fatin juga tampaknya akan mendapatkan tempat layak di Industri musik Indonesia. Lihat saja bagaimana lagu-lagu yang dibawakannya menjadi hits di iTunes Indonesia. Berbeda dengan Fatin, Shena lebih meningkat secara tajam dalam kemampuan bernnyanyi dan penguasaan panggung. Suaranya juga khas dan unik. Namun saya tidak memprediksi Shena ke babak-babak teratas. And I have no idea what the reason is. Saya hanya merasa, bahwa cuma kalangan-kalangan terbatas lah yang bisa menikmati suara semacam Shena. Karena itu, setelah X-Factor usai, saya juga tidak sangat yakin bahwa Shena akan berhasil memposisikan dirinya dengan baik di industri musik Indonesia. Meskipun kemungkinan itu tentu masih terbuka.

NOVITA & ISA (Mentor Bebi Romeo)

Penyanyi-penyanyi di kubunya Bebi Romeo mungkin yang paling matang dibandingkan penyanyi-penyanyi lainnya di kubu sebelah. Mungkin karena faktor usia yang lebih sehingga pengalaman menyanyi mereka lebih matang dan terasah dibandingkan penyanyi-penyai lain di kubu sebelah. Bahkan sebelum masuk X-Factor, konon Novita sudah pernah mengeluarkan album. Jika X-Factor hanya mementingkan kualitas vocal, maka boleh dikatakan Novita & Isa adalah yang paling pantas untuk ikut maju ke babak-babak teratas. Tapi jika faktor lain ikut dipertimbangkan, maka kelayakan itu akan menjadi berbeda. Novita, misalnya, dia adalah penyanyi yang sangat bagus. Suaranya punya warna sudah pasti. Namun kita juga tidak bisa menafikan bahwa penyanyi lain yang lebih bagus dibandingkan Novita sudah banyak di Indonesia. Sebut saja, Reza Artamevia, Krisdayanti, dan tentu saja Rossa. Namun masyarakat sepertinya tidak selalu butuh penyanyi bagus. Dan itulah faktanya, kita tidak bisa menutup mata dengan itu. Karena itu, saya masih sulit menemukan positioning dan diferensiasi yang tepat untuk Novita Dewi di Industri musik Indonesia itu seperti apa. Atas dasar itu, meskipun Novita bagus, saya tidak memprediksi dia akan melaju ke babak-babak teratas. Sementara Isa Raja, dia sama dengan novita. Suaranya juga bagus. Punya karakter dan warna vokal tersendiri. Bedanya, tidak banyak penyanyi di Indonesia yang bisa seperti dia. Karena itu, dia sebenarnya masih punya diferensiasi dan posistioning yang baik di industri musik Indonesia. Hanya masalahnya, seperti halnya Anggun dan Rossa, masyarakat Indonesia tidak banyak yang menggemari funk ala Isa Raja. Sehingga jatuhnya pun seperti Shena, peminat Isa Raja mungkin hanya terbatas pada kalangan tertentu saja. Kecuali jika dia bergabung dengan band tertentu, mungkin ceritanya akan sedikit berbeda. So, saya juga tidak memprediksi Isa Raja ke babak-babak teratas. Seandainya dia maju ke babak teratas pun, kesempatan berkarirnya setelah X-Factor mungkin akan sedikit mengalami kendala.

AKHIRNYA, yang saya prediksi untuk masuk ke 3 besar itu adalah NUDI, MIKHA, DAN FATIN. Siapa yang pantas jadi juaranya, mungkin kita bisa menganalisisnya kemudian. Hanya saja, sulit untuk tidak mengatakan bahwa Fatin Shidqia Lubis memiliki kesempatan lebih besar dibandingkan yang lain, setidaknya sampai saat ini. Dalam kompetisi semacam X-Factor, yang paling banyak belajar dan yang paling banyak digemari masyarakta lah yang akan keluar sebagai juara. Yang paling banyak belajar, tapi tidak terlalu digemari masyarakat, dia akan mendapatkan apresiasi yang pada gilirannya akan menambah awareness masyarakat terhadapnya. Sebaliknya, yang digemari masyarakat tapi tidak banyak belajar, akan ditinggalkan masyarakat secara perlahan. Karena itu, siapapun yang ingin menang, rubahlah sendiri rumusnya. Cuma satu hal yang tak akan pernah berubah, bahwa penyanyi bagus tidak akan ada artinya di industri jika masyarakat tidak menggemarinya.

Juara = Banyak belajar x Digemari masyarakat

Dan seperti kutipan Ahmad Dhani menanggapi cercaan terhadapnya setelah lebih memilih Gede Bagus dibandingkan Alex pekan lalu, “Hidup adalah senda gurau dan permainan belaka”. So people, don’t too be serious with X-Factor. …

Sumber
Reply With Quote
Reply

Bookmarks

Tags
fatin, mikha, pemenang x-factor, x-factor

Thread Tools
Display Modes

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off
Trackbacks are On
Pingbacks are On
Refbacks are On



All times are GMT +7. The time now is 07:23.