VIVAnews Forums
Welcome to VIVAforum!
If this is your first visit, be sure to check out the FAQ by clicking the link above. You may have to register before you can post: click the register link above to proceed. To start viewing messages, select the forum that you want to visit from the selection below.


Reply
 
LinkBack Thread Tools Display Modes
  #1  
Old 8 April 2013, 23:55
tukangonlen's Avatar
Silver Member
 
Join Date: Jan 2013
Location: 20
Posts: 1,802
Thanks: 0
Thanked 16 Times in 15 Posts
tukangonlen super top membertukangonlen super top membertukangonlen super top membertukangonlen super top membertukangonlen super top membertukangonlen super top membertukangonlen super top membertukangonlen super top membertukangonlen super top membertukangonlen super top membertukangonlen super top member
Default Kisah Penjaga Mayat yang Memandikan Nurdin M Top

Kisah Penjaga Mayat yang Memandikan Nurdin M Top

Gerimis masih menitik sore itu. Mashudi tampak asyik menghisap rokok di rumahnya yang cuma selebar setengah lapangan bulu tangkis. Tepat di samping jendela ia duduk, menghadap ke halaman yang terdapat jemuran warna-warni. "Maaf rumahnya sumpek dan gelap," kata pria berusia 67 tahun itu, Ahad, 31 Maret 2013, lalu, kepada Tempo, sembari menyeruput kopi.

Mashudi sedang libur. Dirinya belum mendapat panggilan dari Rumah Sakit Bhayangkara TK. I. R. Said Sukanto sejak pagi. Ia adalah penjaga kamar mayat. Pekerjaan itu sudah menjadi bagian hidupya selama 30 tahun. Meski pensiun sebagai pegawai rumah sakit pada 2002, ia tetap diperbantukan hingga sekarang, karena pengalamannya.

Sebelum menjadi penjaga kamar mayat, pria kelahiran Yogyakarta ini merupakan pegawai serabutan sejak 1968. Mulai dari jadi tukang sapu sampai tukang parkir rumah sakit ia jabani. Beberapa tahun kemudian, barulah ia dekat dengan bau formalin dan kapur barus.

Selama menjadi penjaga kamar mayat, segudang pengalaman dialaminya. Yang paling berkesan, ia mengatakan, ketika dirinya memandikan jenazah dua teroris ternama: Dr Azhari dan Nurdin M top beberapa tahun lalu. Awalnya, ia tidak percaya akan menangani jenazah mereka, yang selama ini cuma ia bisa lihat di layar kaca. "Jenazahnya sudah membusuk, karena sudah berbulan-bulan," ujarnya dengan mimik datar.

Waktu memandikan, tanpa sengaja, pergelangan tangannya terciprat air jenazah Nurdin M Top. Alhasil, ia mengalami gatal-gatal seminggu, meski sudah memakai sarung tangan. Tapi ia tidak berpikir itu sebuah pertanda jelek atau baik. "Di RS Polri itu penjaganya tidak pernah pakai masker, saya nafas lewat mulut biar tidak mual," katanya.

Baginya, memandikan dengan tubuh hancur tak berbentuk, sudah bukan hal aneh. Yang paling diingatnya adalah ketika memandikan jenazah korban jatuhnya pesawat Sukhoi Superjet 100 di Gunung Salak, Bogor, Jawa Barat, tahun lalu. Saat itu dirinya terkejut. Bukan karena aromanya menyengat hidung. Melainkan "keder" menyusun bagian tubuh korban yang terpisah. Seperti main "puzzle", ia pun menyusun kaki, tangan dan leher agar sesuai letaknya sebelum dimandikan.

Mayat yang datang di RS Polri, kata dia, tidak pernah mengenal waktu. Meski sudah lelap tertidur di tengah malam, kadang ada saja petugas datang membawa mayat anonim. Kebanyakan, yang matinya karena kecelakaan, seperti dilindas truk atau kereta api.

Sore itu, Tempo diajaknya mengunjungi kamar jenazah tempatnya bekerja. Uniknya, Mashudi memiliki "jalan tikus" sendiri menuju kamar mayat. Setiap berangkat kerja, ia selalu melompat pagar tembok samping rumah sakit, yang terletak tidak jauh dari rumahnya. Cukup tinggi, sekitar dia meter. Tetapi, meski sudah tua, dia masih kuat melompat. Tidak sampai lima menit, kami pun langsung tiba di belakang kamar jenazah. "Sudah puluhan tahun saya bekerja dengan melompat pagar itu," kata Mashudi yang memakai kaos dan peci putih tertawa.

Di dalam kamar mayat itu ada kereta dorong mayat dan peti mati yang tersusun rapi di pojokkan. Kamar jenazah itu dibagi dua. Satu untuk tempat memandikan, dan yang satunya lagi untuk bagian forensik. Di bagian forensik itu ada tempat penyimpanan mayat dan ruangan terbuka berukuran 4x4 meter. Menurutnya, ruangan itu juga bisa dijadikan tempat pemandian."Tidak seram kan?," katanya tersenyum.

SUMBER
Reply With Quote
The Following User Says Thank You to tukangonlen For This Useful Post:
nanabali (9 April 2013)
  #2  
Old 9 April 2013, 07:36
nanabali's Avatar
Moderator In Training
 
Join Date: Apr 2011
Location: Kuta-Bali-Indonesia
Posts: 3,038
Thanks: 5
Thanked 3 Times in 2 Posts
nanabali super top membernanabali super top membernanabali super top membernanabali super top membernanabali super top membernanabali super top membernanabali super top membernanabali super top membernanabali super top membernanabali super top membernanabali super top member
Default

Ga serem klo mnurut dia...mahh...tp ga kebayang kloo gw diposisi si bapak...:salut:
Reply With Quote
  #3  
Old 9 April 2013, 21:17
hktoyshop's Avatar
Super Member
 
Join Date: Feb 2009
Location: http://hk-toys.com
Posts: 35,485
Thanks: 13
Thanked 567 Times in 358 Posts
hktoyshop super top memberhktoyshop super top memberhktoyshop super top memberhktoyshop super top memberhktoyshop super top memberhktoyshop super top memberhktoyshop super top memberhktoyshop super top memberhktoyshop super top memberhktoyshop super top memberhktoyshop super top member
Default

serem juga ya..
ane sich cuma 1 hari aja kerja disitu langsung keluar,dia ampe 20 tahun kuat banget ..
__________________
mampir gan di mari blog ane yang pingin ketawa
http://gambar.humor-jorok.com
Reply With Quote
  #4  
Old 10 April 2013, 09:38
bayu ninja's Avatar
Super Member
 
Join Date: Feb 2011
Posts: 43,672
Thanks: 32
Thanked 48 Times in 40 Posts
bayu ninja super top memberbayu ninja super top memberbayu ninja super top memberbayu ninja super top memberbayu ninja super top memberbayu ninja super top memberbayu ninja super top memberbayu ninja super top memberbayu ninja super top memberbayu ninja super top memberbayu ninja super top member
Default

Bapak Mashudi udah terbiasa sama kondisi nmayat yg seeperti itu ..
kalo ane mgkn dah lari kalang kabut
Reply With Quote
  #5  
Old 10 April 2013, 22:30
tukangonlen's Avatar
Silver Member
 
Join Date: Jan 2013
Location: 20
Posts: 1,802
Thanks: 0
Thanked 16 Times in 15 Posts
tukangonlen super top membertukangonlen super top membertukangonlen super top membertukangonlen super top membertukangonlen super top membertukangonlen super top membertukangonlen super top membertukangonlen super top membertukangonlen super top membertukangonlen super top membertukangonlen super top member
Default

itulah kenapa ane share info ini, ane bener2 salut soalnya sama si bapak. mandiin mayat normal aja ane ga berani apa lagi yg korban kecelakaan gitu..
Reply With Quote
  #6  
Old 10 April 2013, 22:39
salahsapa's Avatar
Platinum Member
 
Join Date: Apr 2011
Location: di belakangmu
Posts: 13,659
Thanks: 13
Thanked 268 Times in 218 Posts
salahsapa super top membersalahsapa super top membersalahsapa super top membersalahsapa super top membersalahsapa super top membersalahsapa super top membersalahsapa super top membersalahsapa super top membersalahsapa super top membersalahsapa super top membersalahsapa super top member
Default

pengalamannya biasa-biasa saja sesuai dengan pekerjaannya..........
Reply With Quote
  #7  
Old 10 April 2013, 23:13
roti_bakar's Avatar
Moderator
 
Join Date: Mar 2010
Location: dimana mana aja.
Posts: 1,696
Thanks: 1,025
Thanked 7 Times in 3 Posts
roti_bakar super top memberroti_bakar super top memberroti_bakar super top memberroti_bakar super top memberroti_bakar super top memberroti_bakar super top memberroti_bakar super top memberroti_bakar super top memberroti_bakar super top memberroti_bakar super top memberroti_bakar super top member
Default

Salut saya sama orang ini...
Saya aja melihat disturbing pic dah langsung tepar...
Gimana kalau lihat aslinya...
__________________
FORUM.VIVA CREW---------> ---------> --------->
Reply With Quote
  #8  
Old 16 April 2013, 22:21
vanilacreamy's Avatar
Senior Member
 
Join Date: Jan 2013
Location: superIndo
Posts: 525
Thanks: 17
Thanked 0 Times in 0 Posts
vanilacreamy super top membervanilacreamy super top membervanilacreamy super top membervanilacreamy super top membervanilacreamy super top membervanilacreamy super top membervanilacreamy super top membervanilacreamy super top membervanilacreamy super top membervanilacreamy super top membervanilacreamy super top member
Default

berdedikasi banget si bapak , salut
Reply With Quote
Reply

Bookmarks

Thread Tools
Display Modes

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off
Trackbacks are On
Pingbacks are On
Refbacks are On



All times are GMT +7. The time now is 10:18.