VIVAnews Forums
Welcome to VIVAforum!
If this is your first visit, be sure to check out the FAQ by clicking the link above. You may have to register before you can post: click the register link above to proceed. To start viewing messages, select the forum that you want to visit from the selection below.


Reply
 
LinkBack Thread Tools Display Modes
  #1  
Old 13 December 2010, 18:46
Rie~'s Avatar
Moderator
 
Join Date: Dec 2010
Location: Nowhere
Posts: 3,804
Thanks: 1
Thanked 10 Times in 6 Posts
Rie~ super top memberRie~ super top memberRie~ super top memberRie~ super top memberRie~ super top memberRie~ super top memberRie~ super top memberRie~ super top memberRie~ super top memberRie~ super top memberRie~ super top member
Default Jenis-jenis Aliran Dalam Seni Lukis (+ contoh lukisannya)

Seni Lukis
Adalah salah satu cabang dari seni rupa. Dengan dasar pengertian yang sama, seni lukis adalah sebuah pengembangan yang lebih utuh dari menggambar.

Adapun beberapa aliran seni lukis yang dianut oleh beberapa seniman lukis antara lain:

Surrealisme
Lukisan dengan aliran ini kebanyakan menyerupai bentuk-bentuk yang sering ditemui di dalam mimpi. Pelukis berusaha untuk mengabaikan bentuk secara keseluruhan kemudian mengolah setiap bagian tertentu dari objek untuk menghasilkan sensasi tertentu yang bisa dirasakan manusia tanpa harus mengerti bentuk aslinya.


Kubisme
Adalah aliran yang cenderung melakukan usaha abstraksi terhadap objek ke dalam bentuk-bentuk geometri untuk mendapatkan sensasi tertentu. Salah satu tokoh terkenal dari aliran ini adalah Pablo Picasso.


Romantisme
Merupakan aliran tertua di dalam sejarah seni lukis modern Indonesia. Lukisan dengan aliran ini berusaha membangkitkan kenangan romantis dan keindahan di setiap objeknya. Pemandangan alam adalah objek yang sering diambil sebagai latar belakang lukisan.

Romantisme dirintis oleh pelukis-pelukis pada zaman penjajahan Belanda dan ditularkan kepada pelukis pribumi untuk tujuan koleksi dan galeri di zaman kolonial. Salah satu tokoh terkenal dari aliran ini adalah Raden Saleh.


Ekspressionisme
Adalah kecenderungan seorang seniman untuk mendistorsi kenyataan dengan efek-efek emosional. Ekspresionisme bisa ditemukan di dalam karya lukisan, sastra, film, arsitektur, dan musik. Istilah emosi ini biasanya lebih menuju kepada jenis emosi kemarahan dan depresi daripada emosi bahagia.
Pelukis Matthias Grünewald dan El Greco bisa disebut ekspresionis.


Fauvisme
Adalah suatu aliran dalam seni lukis yang berumur cukup pendek menjelang dimulainya era seni rupa modern. Nama fauvisme berasal dari kata sindiran "fauve" (binatang liar) oleh Louis Vauxcelles saat mengomentari pameran Salon d'Automne dalam artikelnya untuk suplemen Gil Blas edisi 17 Oktober 1905, halaman 2.
Kepopuleran aliran ini dimulai dari Le Havre, Paris, hingga Bordeaux. Kematangan konsepnya dicapai pada tahun 1906.


Realisme
Di dalam seni rupa berarti usaha menampilkan subjek dalam suatu karya sebagaimana tampil dalam kehidupan sehari-hari tanpa tambahan embel-embel atau interpretasi tertentu. Maknanya bisa pula mengacu kepada usaha dalam seni rupa unruk memperlihatkan kebenaran, bahkan tanpa menyembunyikan hal yang buruk sekalipun.

Pembahasan realisme dalam seni rupa bisa pula mengacu kepada gerakan kebudayaan yang bermula di Perancis pada pertengahan abad 19. Namun karya dengan ide realisme sebenarnya sudah ada pada 2400 SM yang ditemukan di kota Lothal, yang sekarang lebih dikenal dengan nama India.


Naturalisme
Di dalam seni rupa adalah usaha menampilkan objek realistis dengan penekanan setting alam. Hal ini merupakan pendalaman labih lanjut dari gerakan realisme pada abad 19 sebagai reaksi atas kemapanan romantisme.
Salah satu perupa naturalisme di Amerika adalah William Bliss Baker, yang lukisan pemandangannya dianggap lukisan realis terbaik dari gerakan ini. Salah satu bagian penting dari gerakan naturalis adalah pandangan Darwinisme mengenai hidup dan kerusakan yang telah ditimbulkan manusia terhadap alam.


Itulah beberapa aliran yang dikenal dalam dunia seni lukis. Semoga ada salah satu yang bikin agan tertarik, n sapa tau mencoba belajar melukis.

Last edited by Rie~; 13 December 2010 at 19:35. Reason: Tambah gambar
Reply With Quote
The Following User Says Thank You to Rie~ For This Useful Post:
dest (13 December 2010)
  #2  
Old 13 December 2010, 18:48
dest's Avatar
administrator
 
Join Date: Apr 2010
Location: -Lampu Merah Pertama
Posts: 11,225
Thanks: 430
Thanked 408 Times in 137 Posts
dest has disabled reputation
Default

kek nya lebih baik sekalian pic nya deh..
jadi bisa bedain tiap jenisnya..
__________________
.
Quote:
-yeah-
I'm not a brilliant man
I'm just a lucky man

follow me: @ddeesst


REGISTRASI VIVAFORUM
(silahkan click disini)

Reply With Quote
  #3  
Old 13 December 2010, 18:51
Rie~'s Avatar
Moderator
 
Join Date: Dec 2010
Location: Nowhere
Posts: 3,804
Thanks: 1
Thanked 10 Times in 6 Posts
Rie~ super top memberRie~ super top memberRie~ super top memberRie~ super top memberRie~ super top memberRie~ super top memberRie~ super top memberRie~ super top memberRie~ super top memberRie~ super top memberRie~ super top member
Default

Quote:
Originally Posted by dest View Post
kek nya lebih baik sekalian pic nya deh..
jadi bisa bedain tiap jenisnya..
ohh bgitu ya om dest... maaf ga kpikiran..
ntar deh ane coba cari contohnya biar lebih bisa dipahami...
Reply With Quote
  #4  
Old 13 December 2010, 19:08
dest's Avatar
administrator
 
Join Date: Apr 2010
Location: -Lampu Merah Pertama
Posts: 11,225
Thanks: 430
Thanked 408 Times in 137 Posts
dest has disabled reputation
Default

Quote:
Originally Posted by Rie~ View Post
ohh bgitu ya om dest... maaf ga kpikiran..
ntar deh ane coba cari contohnya biar lebih bisa dipahami...

kalo surreal photo (manipulation) sih pernah dibikin, cuma berbentuk photo.. bukan lukisan..

---> surreal foto manipullation
__________________
.
Quote:
-yeah-
I'm not a brilliant man
I'm just a lucky man

follow me: @ddeesst


REGISTRASI VIVAFORUM
(silahkan click disini)

Reply With Quote
  #5  
Old 13 December 2010, 19:18
Rie~'s Avatar
Moderator
 
Join Date: Dec 2010
Location: Nowhere
Posts: 3,804
Thanks: 1
Thanked 10 Times in 6 Posts
Rie~ super top memberRie~ super top memberRie~ super top memberRie~ super top memberRie~ super top memberRie~ super top memberRie~ super top memberRie~ super top memberRie~ super top memberRie~ super top memberRie~ super top member
Default

udah direvisi om dest... tuh keluar contohnya kan... hehe
Reply With Quote
  #6  
Old 14 December 2010, 07:28
giulie's Avatar
Moderator In Training
 
Join Date: Jul 2010
Location: Somewhere I belong
Posts: 34,388
Thanks: 140
Thanked 131 Times in 48 Posts
giulie super top membergiulie super top membergiulie super top membergiulie super top membergiulie super top membergiulie super top membergiulie super top membergiulie super top membergiulie super top membergiulie super top membergiulie super top member
Default

Giu aliran mana yah..?
yg jelas aliran putih
Reply With Quote
  #7  
Old 14 December 2010, 10:44
RatakPiker's Avatar
Silver Member
 
Join Date: Sep 2010
Location: www.karirlampung.com
Posts: 1,358
Thanks: 19
Thanked 46 Times in 37 Posts
RatakPiker super top memberRatakPiker super top memberRatakPiker super top memberRatakPiker super top memberRatakPiker super top memberRatakPiker super top memberRatakPiker super top memberRatakPiker super top memberRatakPiker super top memberRatakPiker super top memberRatakPiker super top member
Default

Ane jadi teringat pelajaran seni rupa jaman es em a dulu.... Siip... biar jadi segar kembali ingatanku...
Reply With Quote
  #8  
Old 14 December 2010, 10:54
chumie_3986's Avatar
Platinum Member
 
Join Date: Oct 2010
Location: Bandung - Jakarta
Posts: 8,971
Thanks: 57
Thanked 5 Times in 3 Posts
chumie_3986 super top memberchumie_3986 super top memberchumie_3986 super top memberchumie_3986 super top memberchumie_3986 super top memberchumie_3986 super top memberchumie_3986 super top memberchumie_3986 super top memberchumie_3986 super top memberchumie_3986 super top memberchumie_3986 super top member
Default

nyerah kalo soal lukisan
Reply With Quote
  #9  
Old 14 December 2010, 22:07
Rie~'s Avatar
Moderator
 
Join Date: Dec 2010
Location: Nowhere
Posts: 3,804
Thanks: 1
Thanked 10 Times in 6 Posts
Rie~ super top memberRie~ super top memberRie~ super top memberRie~ super top memberRie~ super top memberRie~ super top memberRie~ super top memberRie~ super top memberRie~ super top memberRie~ super top memberRie~ super top member
Default

Quote:
Originally Posted by giulie View Post
Giu aliran mana yah..?
yg jelas aliran putih
aliran putih apaan non?? putih yg mengalir...?
Reply With Quote
  #10  
Old 14 December 2010, 22:08
Rie~'s Avatar
Moderator
 
Join Date: Dec 2010
Location: Nowhere
Posts: 3,804
Thanks: 1
Thanked 10 Times in 6 Posts
Rie~ super top memberRie~ super top memberRie~ super top memberRie~ super top memberRie~ super top memberRie~ super top memberRie~ super top memberRie~ super top memberRie~ super top memberRie~ super top memberRie~ super top member
Default

Quote:
Originally Posted by RatakPiker View Post
Ane jadi teringat pelajaran seni rupa jaman es em a dulu.... Siip... biar jadi segar kembali ingatanku...
siip deh, sama2 klo gitu hehe, ga ding...
Reply With Quote
Reply

Bookmarks

Thread Tools
Display Modes

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off
Trackbacks are On
Pingbacks are On
Refbacks are On



All times are GMT +7. The time now is 08:05.