4 Fakta Sangarnya Lapas Nusakambangan

Discussion in 'Misteri' started by semifinal, Mar 17, 2017.

  1. semifinal

    semifinal Member

    [​IMG]
    Lembaga Pemasyarakatan atau yang lebih kita kenal penjara adalah tempat para pembuat kriminal yang didirikan dengan tujuan, agar semua pelaku kriminal mendapatkan pembinaan agar bisa kembali ke masyarakat. Karena tujuannya untuk pembinaan maka lapas pun sengaja dibuat sedemikian rupa agar para pelaku tidak hanya menyesali perbuatannya tapi juga sadar supaya tidak mengulanginya lagi.

    Tapi dari sekian banyak lapas yang ada di tanah air, lapas Nusakambangan merupakan penjara yang paling ditakuti oleh para pelaku kriminal. Kenapa? Karena meski hampir sama dengan lapas pada umumnya, lapas yang sudah dibangun sejak awal 1900-an ini memang punya hal yang spesial. Bukan hanya karena faktor kemanannya tapi karena banyak alasan lain. Seperti apa? ini 4 fakta nusakambangan yang ampuh bikin tahanan ampun-ampunan.

    Tempat yang Angker
    Sudah bukan rahasia lagi kalau pulau Nusakambangan adalah salah satu pulau angker di Indonesia. Disini ada banyak spot yang sangat melekat dengan hal-hal gaib. Mulai dari kawasan hutannya yang mengerikan, bukit Nirwana yang menjadi salah satu tempat eksekusi sampai sel-sel tahanan yang konon tidak kalah angkernya.

    Salah satu kisah yang cukup melegenda adalah saat seorang petugas nusakambangan yang justru terjebak di dalam hutan, kisah-kisah penampakan hantu orang-orang yang sudah dieksekusi mati di bukit nirwana sampai sel-sel penjara yang konon sering terjadi penampakan hantu.

    Lapas Besi
    Menurut sejarah, dulu ada 9 lapas yang digunakan di Nusakambangan. Namun kini tinggal 4 salah satunya adalah lapas besi. Lapas yang sudah dibangun sejak 1929 ini kabarnya semua terbuat dari besi. Mulai dari atam sampai dinding sel pun terbuat dari besi. Hal ini tentu membuktikan kalau lapas Nusakambangan memang pantas mendapat predikat sebagai penjara dengan keamanan maksimal. Namun bagi para tahanan hal tersebut ibarat hidup di neraka. Bayangkan saja kalau Anda setiap hari hanya akan bertemu dengan orang yang sama dan berada di tempat yang sama selama beberapa tahun bahkan sampai ajal menjemput.

    Tahanan yang Menunggu Eksekusi
    Pernahkah Anda membayangkan hidup bersama atau bahkan Anda sendiri akan meninggal dalam beberapa waktu kedepan? Kalau mungkin Anda hidup bebas, tentu Anda akan berbuat baik pada semua orang, menumpuk amal soleh atau mungkin melakukan hal apapun yang belum pernah Anda lakukan. Tapi bayangkan kalau Anda tahu “waktu” Anda tinggal sebentar dan Anda berada di tempat yang sangat terbatas? Seperti itulah yang dialami oleh para tahanan di lapas Nusakambangan.

    Makanan yang Kurang Layak
    Kalau di film-film kita mungkin melihat para tahanan di penjara sebenarnya bisa makan enak. Ya itu kalau di film, faktanya tentu tidak seperti itu apalagi di lapas nusakambangan. Meski para tahanan tetap mendapat jatah makanan tapi menu yang disediakan tidak layak. Menurut pengakuan beberapa tahanan, mereka akan mendapat makanan yang ditimbang lebih dulu. Jika porsinya terlalu berat makanannya akan dikurangi. Namun yang paling membuat mereka ampun-ampunan adalah menunya. Bagaimana tidak, mereka setiap hari mendapatkan nasi dan sayur yang rasanya seperti comberan.


    Sumber: Segiempat
     
  2. limara

    limara New Member

Share This Page