Apa itu Domain? Inilah Pengertian dan Kegunaan Domain

Discussion in 'Iptek' started by Non Na, Jul 17, 2017.

  1. Non Na

    Non Na Active Member

    Pengertian Domain menurut wikipedia :
    Nama domain (bahasa Inggris: domain name) adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet. Nama domain berfungsi untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, selain juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai alamat IP. Nama domain ini juga dikenal sebagai sebuah kesatuan dari sebuah situs web seperti contohnya "wikipedia.org". Nama domain kadang-kadang disebut pula dengan istilah URL, atau alamat website.

    Pengertian Domain Menurut Webhostingterbaik.org
    Apa itu domain? Domain adalah sebuah nama yang akan digunakan oleh para pengguna internet untuk mengakses informasi tertentu pada sebuah server komputer dengan menggunakan jaringan internet.

    Ketika Anda akan mengakses sebuah informasi di internet maka Anda akan diminta untuk mengakses alamat IP atau IP Address, alamat ini berupa sederetan angka yang cukup panjang. Karena tidak semua orang dapat mengingat angka dengan baik, maka itu dibuatlah sebuah domain untuk mempermudah para pengguna internet untuk mengakses informasi yang diinginkan. Sebagai contoh adalah www.google.com, adalah mana sebuah domain, sedangkan IP Address adalah 66.97.145.109. Jadi ketika Anda hendak mengakses sebuah informasi maka Anda tidak perlu berkutit dengan IP address, karena hanya dengan mengetikkan nama domain, maka informasi yang diinginkan akan muncul.

    Domain Name sistem Server ada 3 type yakni :
    1. Cache, jenis ini tidak memiliki data nama nama host dari domain tertentu. Hanya mencari jawaban dari beberapa domain name system server dan menyimpan hasil di dalam cache-nya untuk keperluan mendatang
    2. Primary (master) adalah dns server yang menyimpan list lengkap dari sebuah domain yang dikelola. Contohnya server blogger.com mempunyai otoritas penuh atas domain http://www.namadomain.com/
    3. Secondary (slave) adalah cadangan dari primary server apabila server utama crash atau untuk mempermudah pendelegasiannya. Server sekunder juga menampung list lengkap dari sebuah domain, sama seperti primary domain server.

    Kesimpulan
    Jadi bisa diambil kesimpulan dengan abal abal kalau domain name merupakan satu system penamaan alamat internet yang berbentuk manusiawi. Hal semacam ini karna alamat IP berbentuk angka angka yang susah dihapal seperti 212. 53. 64. 01. Ada domain name membuat penamaan alamat internet protokol jadi gampang serta mudah diingat. Umpamanya www. Kompas. com atau www. yahoo. com. Domain name bisa disebutkan jadi alamat tempat tinggal virtual seorang di internet.
     

Share This Page