Arkeolog Temukan Perhiasan Kuno Berusia 30.000 Tahun dari Indonesia

Discussion in 'Sejarah' started by semifinal, Apr 5, 2017.

  1. semifinal

    semifinal Member

    [​IMG]
    Indonesia memang kaya dengan sumber alam dan jejak sejarah. Banyak peninggalan dari zaman peradaban kuno ditemukan di sini termasuk peninggalan jaman pra sejarah. Peninggalan terakhir yang berhasil ditemukan adalah sebuah perhiasan kuno berusia 30.000 tahun.

    Adalah Adam Brumm dan timnya yang berhasil mengungkap misteri sejarah itu di Pulau Sulawesi. Mereka menerbitkannya dalam sebuah jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences.

    Perhiasan kuno itu ditemukan dalam sebuah gua bernama Leang Bullu Bettue. Pada kedalaman yang cukup, tim asal Griffith University, Australia itu menemukan sejenis kalung yang dulu dibuat dari gigi dan tulang binatang purba.

    [​IMG]

    Selain perhiasan ini, di dalam gua juga ditemukan rangkaian gambar yang mirip pada temuan arkeolog sebelumnya, tak jauh dari lokasi penemuan ini. Menurut Brumm, semua peninggalan itu berasal dari zaman es terakhir.

    Lalu apa perbedaan perhiasan kuno dari sulawesi dengan peninggalan yang banyak ditemukan di Eropa? Brumm sendiri kesulitan mengidentifikasinya karena jumlah temuan di Sulawesi yang terlalu sedikit.


    Sumber
     
  2. dangbat

    dangbat New Member

    kuno banget ya
    Baca juga berita menarik lainnya :
     
    Last edited: Apr 5, 2017
  3. Indah75

    Indah75 Active Member

    kekayaan jaman dulu ...yang tidak ternilai harganya.....
     

Share This Page