Back-Up Data Penting Anda dengan Cloud Computing

Discussion in 'Iptek' started by raihankhalidah, Apr 17, 2017.

  1. raihankhalidah

    raihankhalidah New Member

    Walau sudah banyak perusahaan yang menggunakan cloud computing untuk meminimalisir pengeluaran terutama untuk membangun infrastruktur IT juga memudahkan kolaborasi antar pegawai juga karena berbagai alasan lainnya, belum banyak perusahaan yang memfaatkan cloud computing sebagai penyimpangan cadangan atau back-up storage. Dewasa ini bisnis bergantung pada ketersediaan dan pengolahan data. Tanpa data tidk ada bisnis yang dapat dijalankan. Oleh karena itu sangat penting bagi perusahaan untuk memiliki ruang penyimpanan yang tidak hanya mengikuti perkembangan jaman tetapi juga dapat dipercaya untuk menyimpan seluruh data penting perusahaan.

    Cloud computing merupakan solusi terbaik bagi perusahaan yang ingin menyimpan cadangan data atau back-up storage serta Cloud Server Indonesia secara aman dan dapat diakses dari mana dan kapan saja. Selain itu menyimpan cadangan data di cloud computing juga menawarkan beberapa keuntungan lain bagi bisnis dan perusahaan:

    [​IMG]

    Meningkatkan kehandalan dan kecepatan pemulihan. Memiliki penyimpanan data cadangan tidak ada artinya jika tidak didukung dengan kemampuan untuk pemulihan dan penyimpanan ulang data tersebut secara cepat dan handal. Cloud computing tidak hanya menyediakan ruang penyimpanan tanpa batas tetapi juga memastikan kalau seluruh data cadangan yang tersimpan di cloud computing dan dipulihkan dengan cepat sehingga tidak akan mengganggu kelancaran bisnis perusahaan.

    Lebih aman dari transfer data. Banyak yang mengatakan bahwa menyimpan data di cloud computing lebih riskan dari menyimpan data di server in premis. Tetapi dugaan itu tidak sepenuhnya benar. Seluruh data yang tersimpan di cloud computing ketika dibutuhkan akan dienkripsi sebelum di tranmisikan dan tetap terenkripsi bahkan ketika data cadangan sudah sampai di tujuan. Data yang dipulihkan hanya dapat didekripsi dengan menggunakan kunci yang hanya dimiliki oleh pelanggan.

    Biaya yang lebih rendah. Jika data cadangan disimpan di cloud computing maka perusahaan tidak perlu membeli atau meng-install perlengkapan mahal. Software atau pelangkat lunak yang dibutuhkan untuk menentukan prioritas data yang akan di-back up sudah terintegrasi. Selain itu perusahaan juga tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk memperbesar infrastruktur untuk menampung seluruh data perusahaan yang dibutuhkan untuk memastikan bisnis dan perusahaan tetap berjalan lancar bahkan seandainya terjadi sesuatu yang buruk seperti bencana alam atau lainnya.

    Sumber
     

Share This Page