Bangunan dengan Tampilan dan Arsitektur Terunik di Indonesia

Discussion in 'Domestik' started by desainerajadah, Feb 16, 2017.

  1. desainerajadah

    desainerajadah New Member

    Bangunan yang baik dan memiliki ciri khas serta berkualitas tinggi pastinya membutuhkan seseorang yang kreatif dan inovatif. Berikut ini adalah hasil karya berupa bangunan ataupun tempat wisata di berbagai wilayah yang ada di Indonesia.

    Gunongan, Aceh
    [​IMG]

    Nama Taj Mahal yang berasal dari India pastinya sudah sering didengar dan terbayang bentuknya. Bangunan yang merupakan salah satu keajaiban dunia tersebut memang memiliki desain yang unik dan menarik, termasuk desain interior-nya. Namun tidak hanya di India saja, Indonesia juga memiliki bangunan yang serupa atau hamper mirip dengan Taj Mahal. Bangunan yang bernama Gunongan ini merupakan warisan sejarah yang dibuat oleh Sultan Iskandar Muda di masa abad ke-17.


    Rumah Dome
    [​IMG]
    Arsitektur terunik di Indonesia selanjutnya adalah rumah Dome, yang adalah perumahan kompleks dengan bentuk bangunan seperti Dome yang berukuran kecil. Bangunan itu sendiri dibuat dari kerjasama antara Domes for the World Foundation dengan Lembaga Masyarakat Non-Pemerintah sebagai bantuan untuk para penduduk di kawasan Ngelepen, Yogyakarta. Kawasan tersebut merupakan daerah yang pernah menjadi korban gempa bumi yang sempat terjadi disana.

    Masjid An-Nurumi (Yogyakarta)
    [​IMG]
    Masjid yang satu ini termasuk bangunan dengan arsitektur terunik di Indonesia. Bangunan tersebut memiliki konsep atau gaya kremlin dan megah, sekilas terlihat mirip dengan kastil-kastil yang ada di tumor tengah atau kastil yang ada di negeri dongeng. Bentuk masjid tersebut terutama dibagian kubah menyerupai kubah dari St.Basil Cathedral yang ada di Moskow.

    Rumah Botol (Bandung)
    [​IMG]
    Seperti namanya, rumah hasil karya dari Walikota Bandung, Ridwan Kamil ini menggunakan bahan botol sebagai dinding bangunan. Penggunaan bahan botol tidak hanya digunakan sebagai bahan konstruksi bangunan rumah, namun juga sebagai sumber dari cahaya terutama pada siang hari. Tentunya lebih hemat karena tidak perlu menyalakan lampu. Selain itu, tentunya penggunaan botol bekas ini juga dapat mengurangi sampah dan sebagai salah satu penanggulangan yang bermanfaat.


    Sumber



     

Share This Page