Berikut gempa terdahsyat di Duniaa

Discussion in 'Sejarah' started by kotakemejasoy, May 2, 2016.

  1. kotakemejasoy

    kotakemejasoy Member

    Tak ada seorang pun yang tahu kapan bencana itu akan tiba. Secanggih apa pun teknologi tak akan mampu mengalahkan kenyataan yang telah direncanakan oleh Tuhan. Pun begitu dengan terjadinya berbagai bencana besar seperti gempa berikut ini. Seyogyanya sebagai manusia, kita harus bisa mengambil hikmah dari terjadinya bencana-bencana seperti yang terjadi berikut ini. Sejarh mencatat, pada beberapa tahun silam telah terjadi sebuah gempa besar yang melanda beberapa negara di dunia. Di negara-negara mana sajakah gempa terdahsyat pernah terjadi? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

    1. Gempa Assam, Tibet
    Salah satu gempa terdahsyat yang pernah terjadi adalah gempa Assam, Tibet. Gempa yang terjadi pada tanggal 15 Agustus 1950 silam ini memiliki guncangan sebesar 8,6 SR. Beberapa daerah seperti Yunnan, China, Calcutta bahkan India hancur akibat guncangan besar ini. Pasca terjadinya gempa, muncul pula berbagai bencana lain seperti banjir besar dan bergesernya letak beberapa daerah.


    2. Gempa Sumatera Utara, Indonesia
    Indonesia pernah mengalami duka yang teramat dalam akibat terjadinya gempa di daerah Sumatera Utara pada tanggal 28 Maret 2005. Saat itu, gempa berkekuatan 8,6 SR dan tsunami telah merenggut nyawa 1300 manusia. Tsunami sempat terbentuk pasca gempa berlangsung selama 2 menit. Namun untungnya kerusakan yang ditimbulkan tidaklah separah gempa di Aceh yang terjadi pada tahun 2004 silam.

    3. Gempa Pulau Tikus, Alaska
    Lain halnya dengan gempa yang terjadi di Pulau Tikus, Alaska, pada tahun 1965 silam. Gempa berkekuatan 8,7 SR telah menimbulkan gelombang tsunami setinggi 10 meter. Tak tanggung-tanggung, gempa tsunami tersebut menyebar hingga ke Jepang. Dua bulan pasca terjadinya gempa tsunami, tiba-tiba datanglah gempa susulan yang lagi-lagi menimbulkan tsunami berkekuatan kecil. Untungnya, bencana tersebut tak memakan korban meninggal.

    4. Gempa Lepas Pantai Maule, Chili
    Chili juga pernah dilanda gempa berkekuatan 8,8 SR yang menewaskan 400 orang. Bukan hanya gempa, bencana tersebut juga semakin diperparah dengan adanya tsunami yang menyapu bersih rumah-rumah penduduk dan bangunan-bangunan lainnya. Bencana tersebut terjadi tepat sebulan setelah terjadinya gempa di Haiti yang telah menewaskan sedikitnya 200.000 orang. Akibat bencana gempa yang terjadi di Lepas Pantai Maula, Chili, tersebut, sebanyak 800.000 orang terpaksa harus diungsikan sedangkan lebih dari 1,8 jiwa mengalami kerugian yang cukup besar.

    5. Gempa Pantai Timur Pulau Honshu, Jepang
    Jepang memang dikenal sebagai negara yang kerap menjadi sasaran terjadinya gempa. Sama halnya dengan gempa terbesar yang pernah menyerang Jepang pada tanggal 11 Maret 2011 silam. Sangat jelas teringat, saat itu Jepang tengah dilanda gempa berkekuatan 9 SR yang mengguncang Jepang selama 6 menit. Bencana tersebut membuat 29.000 orang meninggal dunia serta menyebabkan kerusakan di Fukushima dan membuat reaktor nuklir meledak.

    6. Gempa Lepas Pantai Sumatera Utara, Indonesia
    Inilah salah satu gempa terdahsyat yang pernah terjadi sepanjang sejarah. Masih teringat dengan sangat jelas bagaimana dahsyatnya gempa berkekuatan 9,1 SR yang terjadi pada tanggal 24 Desember 2004 silam mengguncang beberapa negara di dunia seperti di Aceh, Indonesia, di beberapa negara di Asia Selatan hingga ke Afrika Timur. Bencana ini menelan korban jiwa sebanyak 227.000 orang serta membuat 1,7 juta orang terpaksa diungsikan.
     
  2. dombadu

    dombadu Member

    Baca juga berita menarik lainnya :
     

Share This Page