Cara Paling Jitu Membersihkan Oven Di Rumah

Discussion in 'Kuliner' started by ardelle, Aug 18, 2016.

  1. ardelle

    ardelle Member

    Bagaimana cara membersihkan oven kue ? Membersihkan dengan air saja tentu tidak akan mempan dan membuat noda yang menempel hilang. Pasti setiap selesai memanggang akan terdapat noda makanan ataupun gosong yang tertinggal di dalam oven. Menggunakan air sabun juga biasanya masih belum maksimal, lalu apa yang harus digunakan? Menggunakan pembersih oven? Belum tentu aman, ada bahan alami yang bisa anda gunakan sebagai pembersih oven, yakni cuka dan air.

    [​IMG]

    Kebanyakan pembersih oven mengandung natrium hidroksida atau kalium hidroksida, yang dapat menimbulkan korosi kulit, mata atau organ internal. Tidak hanya berbahaya jika terkena kulit, bahan kimia pembersih oven dapat berakibat fatal jika tertelan. Kebanyakan orang akan mencari alternative pembersih yang lebih aman dan efektif sebagai pengganti bahan kimia pembersih oven. Cuka adalah pembersih serba guna yang cukup sering digunakan pada oven karena harganya murah, efektif dan tidak beracun. Mencampur cuka dengan air dan baking soda dijamin bisa membersihkan kotoran apapun yang ada di oven.

    Alat dan Bahan yang Dibutuhkan:
    • 2 botol semprot kosong
    • air
    • Bubuk soda kue
    • cuka putih
    • Spons atau kain
    Cara Membersihkan oven kue :
    • Pertama besihkan botol semprot lalu isi dengan air bersih. Basahi oven dengan menyemprotkan air pada semua permukaan bagian dalam oven.
    • Taburi oven dengan baking soda tebal – tebal, lapisi seluruh permukaan oven yang basah dengan baking soda, lalu biarkan baking soda di dalam oven selama sekitar tiga jam. Baking soda adalah natrium bikarbonat, yang menetralkan asam dan basa di permukaan.
    • Isi botol semprot kosong lainnya dengan cuka putih, lalu semprot ke bagian oven yang sudah diberi baking soda. Akan terjadi reaksi seperti timbul buih yang berarti kotoran dan debu yang ada di oven sudah lepas.
    • Basahi spons atau kain dengan air, lalu bersihkan permukaan oven yang tadi sudah diberi cuka secara perlahan, kotoran pasti akan dengan mudah lepas dari oven dan mudah untuk dibersihkan.
     

    Attached Files:

  2. TikaTikaTika

    TikaTikaTika New Member

    Aku baca artikel ini beberapa hari yang lalu, trus langsung aku coba di oven, dan berhasil. Tapi ternyata cara ini bisa buat bersihin peralatan dapur aku yang lain juga, hehe. karena ada sisa aku iseng nyoba bersihin rak troli dapur, dan ternyata bisa. Jadi cara ini berguna banget buat bersih-bersih dan gak cuma oven aja, terima kasih sis tips simplenyaa ^^v
     
  3. Dita Urdita

    Dita Urdita New Member

    mirip juga ya kaya cara bersihin microwave...
     

Share This Page