Identifikasi Zealandia, Legenda Benua MU dan Mitologi Garuda?

Discussion in 'Iptek' started by kabelmerah, Feb 21, 2017.

  1. kabelmerah

    kabelmerah Member

    Para ilmuwan telah mengidentifikasi sebuah benua baru yang letaknya di barat daya Samudera Pasifik, dan menamakannya Zealandia. Dari perspektif geoscience, keberadaan benua ini di-identifikasikan sebagian besar di bawah air.

    Sebuah laporan yang baru dipublikasikan oleh Geological Society of America menyatakan bahwa beberapa pulau, terutama Selandia Baru dan Kaledonia Baru, dihubungkan oleh kerak benua yang terendam, dimana secara geologis terpisah, dari Benua Australia dan Antartika (sumber : watchers.news).

    Legenda Burung Roc (Anqa)

    Kisah Benua yang terendam tercatat dalam “Kitab Kematian” dari Bangsa Mesir Kuno. Di dalam kitab tersebut diceritakan tentang Benua MU yang tenggelam, yang berakibat kepada kehancuran peradaban umat manusia.

    Berdasarkan pendapat peneliti Shershord, Benua MU diperkirakan berada di Lautan Pasifik, menurutnya keberadaan Benua MU, terkait dengan mitos burung roc, yang banyak dijadikan simbol kebangsaan di beberapa negara.

    Di dalam epos Shalmameh, tulisan al-Firdausi, terdapat kisah burung roc yang menjadi pengasuh dan memelihara manusia asing yang tenggelam. Dan berdasarkan penelitian Christine Salinger mengungkapkan, burung roc telah ada pada ukiran-ukiran kuno di masa lalu (sumber : makhluk-makhluk yang kembali ke langit, tulisan Anir Mansour).

    Burung roc memiliki kemiripan dengan burung-burung bersayap bundar yang terdapat di Mesir, Babilonia, Asyuria, Guetemala dan Meksiko. Burung ini di dalam sastra Arab Kuno, dikenal sebagai Burung Anqa. Burung ini juga dikenal dengan nama Simurgh dan Phoenix.

    Berdasarkan catatan Wittkower di dalam “The bird and serpent myth”, yang mengidentifikasikan Burung Roc merupakan Burung Garuda, yang pada masa sekarang ini merupakan lambang kebangsaan rakyat Indonesia (sumber : Roc (mythology), roc (physiology)).
     
  2. famama

    famama New Member

    Baca juga berita menarik lainnya :
     

Share This Page