Ise Jingu, Tempat Keramat yang Hanya Bisa Dimasuki Oleh Kaum Elit

Discussion in 'Sosial dan Budaya' started by tukangrujak, Oct 27, 2016.

  1. tukangrujak

    tukangrujak Active Member

    [​IMG]
    Di Jepang, kuil yang paling penting di seluruh negeri adalah kompleks candi dari Ise Jingu. Candi utama dari Ise Jingu dikelilingi oleh pagar kayu tinggi dimana hanya mereka yang berpangkat tinggi imam dan anggota keluarga Kekaisaran diperbolehkan masuk.

    Hingga tahun 1945, Ise adalah tempat yang bahkan lebih sulit untuk diakses. Kuil terpisah dari dunia luar oleh Sungai Miyagawa yang melambangkan perbatasan dengan tanah biasa dan tanah suci. Para biarawan dilarang keras untuk menyeberangi sungai karena dianggap sebagai pelanggaran kesucian tempat suci dan akan menyebabkan kesulitan untuk seluruh Jepang.


    Di Jepang, ada banyak kuil-kuil yang dijadikan objek wisata religi, salah satunya Kuil Ise Jingu. Ada yang unik dari kuil ini, Kuil paling dihormati di Jepang ini ternyata pernah dibangun ulang hingga 62 kali!

    [​IMG]

    Dilansir dari CNN, Kuil Ise Jingu ini sudah berdiri sejak abad kelima di Mie, Jepang. Kuil ini dibangun sebagai tempat penghormatan untuk Amaterasu-Omikami, Dewi Matahari yang menurut legenda turun ke keluarga kekaisaran Jepang.


    Ada sekitar 120 kuil di komplek tersebut. Kuil utamanya adalah kuil Naiku yang terletak di bagian dalam serta Geku di bagian luar. Selain kuil utama, Naiku juga merupakan kuil yang paling dihormati.

    Uniknya, walaupun tanah tempat kuil Ise Jingu ini berdiri tergolong kuno, umur kuil ini sebenarnya tidak lebih dari beberapa dekade. Hal ini terjadi karena semua kuil yang ada dibangun kembali dari nol setiap 20 tahun. Proses ini dinamakan ‘shikinen sengu’ yang berarti ritus pembangunan kembali dengan menggunakan material dan perabot baru.
     
  2. kopipat

    kopipat New Member

    kok gitu ya
    Baca juga berita menarik lainnya :
     
  3. Indah75

    Indah75 Well-Known Member

    Tempatnya keren banget sejuk...dan sangat rindang ya.... Sayangnya hanya kaum elit yang bolehmasuk.
     

Share This Page