Jual Bambu Murah Area Solo Sragen

Discussion in 'Properti' started by rolyshs, Feb 25, 2016.

  1. rolyshs

    rolyshs Member

    Salam Hormat,
    Kami adalah usaha perseorangan/ keluarga yang khusus Menebang-Memotong-Mengirim-Menjual berbagai jenis bambu murah sragen berkualitas tinggi untuk keperluan bangunan, interior, furniture dll.
    Bila Anda membutuhkan Supplai bambu sragen murah dengan spesifikasi tua, lurus, tidak mengkerut ketika kering serta dipanen secara selektif, kami bisa menyediakannya.
    Kami hanya menjual bambu murah sragen dengan kualitas super. Kami menyediakan bambu sragen bermutu baik dengan harga yang setimpal ( fair price) :
    Jenis-jenis yang saat ini kami supply adalah:
    Pembelian dalam jumlah banyak, minimal 1 truk tronton kapasitas. 30 ton. Pembelian Partai kecil Minimal 1 Truck Pasir Kapasitas 200 Batang bambu Apus
    Bambu Sragen langsung dikirim setelah ditebang dalam kondisi basah dan segar, sehingga dapat langsung diawetkan oleh pembeli.

    1. Bambu Petung Biasa: Bambu jenis ini banyak digunakan untuk konstruksi bangunan seperti rumah, saung, cafe, pondok bambu, gazebo dan lain-lain. Aplikasi bambu dalam bentuk bulat biasanya digunakan untuk tiang. Sedangkan jika dibelah biasanya dipakai untuk reng-rangan atap. Diameter rata-rata bambu petung/ betung yang kami jual adalah antara 12-18 cm dengan panjang bambu 6 meter.
    2. Petung Hitam: Jenis sama dengan bambu petung biasa tapi warnanya hitam, bisa dipakai untuk konstruksi terutama tiang-tiang rumah, dimeter 12-15 cm, panjang 6 meter.
    3. Bambu Apus/ Tali: Bambu jenis ini dapat dipakai untuk reng/ usuk bangunan, juga dapat digunakan untuk membuat mebel bambu dan anyaman bambu seperti keranjang. Diameter rata-rata bambu apus berkisar antara 5-9 cm, namun yang paling umum adalah 7 cm, dengan panjang bambu 7-8 meter.
    4. Bambu Hitam/ Wulung. Bambu wulung banyak dipakai untuk furniture, anyaman bilik dan juga untuk konstruksi rumah. Diemater yang tersedia antara 6-12 cm dengan panjang 6 meter.
    5. Bambu Ori ( Gigantochloa verticillata) : Biasa dipakai untuk konstruksi, terutama untuk tiang dan kolom.

    Harga Bambu Sragen

    Kami tidak menjual bambu kualitas perancah/ scaffolding, bambu yang kami jual rata-rata berumur 2-3 tahun dengan kualitas super, lurus. Sehingga harga yang kami tawarkan juga berbeda dengan harga bambu perancah yang dapat anda beli dengan mudah di pengepul bambu pinggir jalan.
    Berikut adalah bambu berdasarkan jenisnya, panjang bambu rata-rata adalah 7-8 meter.
    -. Bambu Apus/ Tali ( Gigantochloa apus) : Diameter rata-rata 5-9 cm, , 1.000 batang/ truk fuso atau 200 batang/truk pasir @ Rp 12, 000/ batang
    -. Bambu Hitam/ Wulung ( Gigantochloa atroviolecea) : Diamater rata-rata 7-10 cm, 800 batang truk fuso / 150 batang truk pasir @ Rp 14, 000/ batang
    -. Bambu Ori ( Gigantochloa verticillata) : Diameter rata-rata 10-14 cm, , muat 400 batang / truk fuso atau 40 batang truk pasir @ Rp 20, 000/ batang
    Pembelian
    Pemesanan:
    Pesanan minimal adalah 1 truck tronton FUSO/ Truck Pasir untuk pemesanan skala kecil. Waktu pengiriman adalah 1-3 minggu sejak kesepakatan sesuai dengan jumlah pemesanan.
    Perkiraan jumlah muatan dan harga per truck fuso bambu adalah sebagai berikut:
    -Bambu Apus : Diameter rata-rata 5-9 cm, muat 1000 batang, untuk truk pasir muat 200 batang
    -Bambu Petung : Diameter rata-rata 12-18 cm, muat 250 batang, untuk Truk pasir muat 40 batang
    -Petung Hitam: Diameter rata-rata 12-15 cm, muat 300 batang, untuk truk pasir muat 50 batang
    -Bambu Gombong/Ori : Diameter rata-rata 10-14 cm, muat 400 batang, untuk Truk pasir muat 40 batang

    Harga Diatas SUDAH TERMASUK ONGKOS KERJA ( Tebang dan Potong). Belum Termasuk Ongkos Kirim ke Lokasi pemesan, KAMI BISA mengirimkan Untuk Area Solo raya
    Bambu ditebang berdasarkan pesanan,Kami menyediakan stock dalam jumlah Terbatas, karena bambu yang ditebang sebaiknya segera diproses dan tidak dibiarkan menumpuk untuk menghindari rayap, jamur dan kerusakan yang tidak perlu.
    Supplier Bambu Partai Besar Terpercaya di Indonesia
    Contact Persons: Mohon sms terlebih dahulu dengan details permintaan atau silahkan call ke
    0852 2591 5396 Heru
    Alamat: Jl Raya Sragen Balong Km7 Ds Banjarsari , Ngarum, Ngrampal, Sragen 57252
    E-MAIL: dagangku.com@gmail.com
    Harga: TERGANTUNG UKURAN DAN JENIS
    Cara Pembayaran: Cash/COD
    Jumlah: SUPPLY 1000 BATANG/BULAN
    Kemas & Pengiriman: CURAH
    Negara Asal: Indonesia
     
    Last edited: Feb 25, 2016
  2. rolyshs

    rolyshs Member

    mantap dan ready untuk mengirim bambu area solo raya
     
  3. rolyshs

    rolyshs Member

    Ada beberapa Jenis2 bambu yang ada di indonesia
    Pohon Bambu ini termasuk bagian dari famili Poaceae yang terdiri dari 70 genus. Berikut 12 jenis bambu yang dapat ditanam di Indonesia :

    1. Arundinaria japonica Sieb & Zuc ex Stend ditemukan di Jawa.
    2. Bambusa arundinacea (Retz.) Wild. (Pring Ori) di Jawa dan Sulawesi.
    3. Bambusa tulda Munro. Di Jawa.
    4. Gigantochloa achmadii Widjaja. (buluh Apus) di Sumatera.
    5. Gigantochloa hasskarliana (Bambu Lengka Tali) di Sumatera, Jawa, dan Bali.
    6. Gigantochloa ridleyi Holtum. (Tiyang Kaas) di Bali. 30. Gigantochloa robusta Kurz. (Bambu Mayan; Temen Serit) di Sumatera, Jawa, dan Bali.
    7. Melocanna bacifera (Roxb) Kurz. Di Jawa.
    8. Nastus elegantissimus (Hassk) Holt. (Bambu Eul-eul) di Jawa.
    9. Phyllostachys aurea A&Ch. Riviera (Bambu Uncea; Bambu Buluh Kecil) di Jawa.
    10. Schizotachyum blunei Ness. (Bambu Wuluh; Bambu Tamiang) di Jawa, Nusa Tenggara Timur, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, dan Maluku.
    11. Schizotachyum brachycladum Kuez. (Bambu Buluh Besar; Buluh Nehe; Awi Buluh; Ute Watat; Tomula) di Sumatera, Jawa, Sulawesi, dan Maluku.
    12. Schizotachyum candatum Backer ex Heyne (buluh Bungkok) di Sumatera.
     
  4. rolyshs

    rolyshs Member

    Berikut manfaat dari tanaman pohon bambu Sragen
    Banyak sekali manfaat dari Tanaman pohon bambu Sragen

    salah satunya yaitu:
    1. Untuk Pakan Ternak
      Dikarenakan tunas pohon bambu yang empuk, ranting dan dedaunan dari pohon bambu disini menjadi sumber makanan utama dari panda di Cina, panda Merah di Nepal , dan lemur bambu di Madagascar. Tikus pun memakan buah bambu. Golirra gunung Afrika juga memakan bambu, serta Simpanse dan Gajah juga memakan bagian dari batang bambu
    1. Untuk Kuliner
    Tunas dari tanaman bambu dalam keadaan terfermentasi adalah bahan utama dalam berbagai kuliner di Himalaya. Di India disebut Khorisa. Di Nepal, tunas bambu di fermentasikan dengan kunyit dan minyak sayut, lalu dimasak dengan kentang menjadi masakan yang dimakan bersama nasi. Sedangkan di Indonesia sendiri, tunas pohon bambu di potong tipis-tipis dan direbus bersama santan dan rempah-rempah untuk membuat gulai rebung.
     
  5. rolyshs

    rolyshs Member

    1. Pohon Bambu Sragen dapat digunakan Sebagai Alat memasak
    Bagian dalam batang pohon bambu tua biasanya digunakan sebagai alat memasak di banyak budaya Asia. Sup dan Beras yang dimasak di dalam batang pohon bambu dipaparkan ke api hingga matang. Memasak di dalam batang bambu dapat dipercaya menghasilkan rasa yang berbeda.

    - Pohon Bambu dapat digunakan Sebagai bahan membuat alat memasak
    Bambu juga digunakan untuk membuat sumpit dan alat memasak lain seperti spatula. Bambu disini memang menjadi bahan baku dari berbagai peralatan rumah tangga, seperti bakul nasi, tampah, perangkap ikan, topi bambu (caping).

    - Pohon bambu untuk kontruksi bangunan/rumah
    Di sebuah pedesaan, masih ada di daerah Jawa dan Sunda yang dindingnya masih berasal dari dinding bambu. Dinding seperti ini berasal dari pohon bambu yang tebal terutama di bagian pangkal sebagai kaso. Bambu disini juga merupakan sebagai sumber bahan bangunan yang banyak terdapat di Indonesia dan dapat diperbarui. Dari sekitar 1.250 jenis bambu di Dunia, 140 jenis atau 11% diantaranya berasal dari Indonesia. Bangunan berbahan bambu memiliki ketahanan terhadap guncangan gempa. Namun, hal ini kurang diterapkan oleh masyarakat yang secara ruang lingkup di daerah yang rawan bencana. bagi anda wilayah sragen solo raya kami siap menyuplai bambu untuk kebutuhan kontruksi rumah anda, call >> bambu Sragen

    -Sebagai Konstruksi jembatan
    Batang pohon bambu juga masih sering dipakai sebagai jembatan darurat, di pedesaaan yang ada di sekitar kita.Pohon Bambu yang mempunyai ukuran yang cukup besar dan kuat, mampu digunakan sebagai bahan untuk membangun jembatan, kami jual bambu murah untuk kebutuhan kontruksi call >> Bambu Sragen

    -Batang Bambu Sebagai alat musik
    Di Indonesia sendiri, diketahui bahwa bambu sering dijadikan sebagai alat musik tradisional. Salah satunya adalah alat musik “Angklung” . Tak hanya angklung, ada “Seruling” dari bambu yang berasal dari Sunda yang juga berbahan dari pohon bambu.

    -Sebagai Bahan Kerajinan & Dekorasi
    Pohon bambu disini bisa dijadikan sebagai kipas, hiasan dinding, bilik, krey , dipan , pagar , dan ada pula bisa digunakan sebagai lantai. Bambu disini menjadi alternatif untuk djadikan lantai karena kesamaan fisik untuk kayu keras. Selain itu dikarenakan daya tahan serta resistensi terhadap serangga dan kelembapan sementara memiliki manfaat tambahan yang ramah lingkungan disini lantai bambu sangat menjadi pilihan.

    - Sebagai Senjata
    Pada zaman/masa perperangan bambu disini juga dimanfaatkan oleh pejuang arek-arek surboyo sebagai senjata, yang disebut dengan Bambu Runcing. Namun, jika kita ketahui bahwa di beberapa di daerah Asia Timur dan Asia Tenggara Bambu digunakan sebagai alat bela diri. Contohnya adalah Bela diri Silambam pada Zaman Tamil Kuno, pada bela diri para petarung akan saling berpukulan menggunakan dengan tongkat bambu masing-masing.
     
  6. rolyshs

    rolyshs Member

    MANFAAT dan Khasiat dari Pohon Bambu Tali/APUS

    Bambu Apus merupakan jenis bambu yang warna kulitnya hijau tua dan kurang mengkilap. Disebut bambu/pring tali/apus karena salah satu manfaat bambu jenis ini adalah bisa dijadikan bahan pembuat tali/pengikat ( misalnya untuk mengikat bungkus tempe, yang mana pada umumnya dulu tempe dibungkus dengan daun pisang dan jati kemudian diikat menggunkan tali yang terbuat dari bambu tali yang masih muda ).
    Bambu Apus pada umumnya memiliki diameter 3-7 cm, besar atau kecilnya tergantung kesuburan tanahnya. Untuk ketinggian/panjangnya pun bervariasi yakni antara sekitar 4-12 meter.Pada umumnya bambu Apus dapat tumbuh subur di tepi sungai.
    Manfaat Bambu Apus
    Batang Bambu Apus :



      • sebagai senjata tradisional. Bambu tali dapat dibuat senjata, misalnya dibuat bambu runcing
      • bahan pembuat tali
      • tiang bendera
      • alat/tempat menjemur pakaian
      • bahan bangunan, misalnya dibuat sebagai rangka atap rumah, alat bantu/tangga ketika para tukang bangunan membuat rumah yakni sebagai tempat berpijak ketika dalam ketinggian tertentu
      • sebagai bahan pembuat jembatan bambu/powotan
      • alat komunikasi tradisional ( misalnya dibuat kentong )
      • bahan pembuat peralatan dapur ( misalnya dibuat tampah,ceting, besek/piti, kipas nasi/ilir, centong, dan sebagainya )
      • bahan pembuat kandang ternak
      • alat pemikul/mbatan
      • sebagai kayu bakar
      • membuat pagar jalan/pekarangan
      • sebagai tempat merambatnya tanaman ( misalnya sebagai tempat rambatan kacang panjang, mentimun, kecipir, dan lain-lain )
      • dan manfaat lainnya
    Manfaat/Khasiat Air Bambu Apus :
    Air bambu adalah air yang terkandung dalam batang bambu. Air ini bisa didapatkan dengan cara memotong pucuk tumbuhan bambu yang masih muda maupun tua ( pilihlah tumbuhan bambu yang pucuknya mudah dijangkau atau yang melengkung ), kemudian di bekas potongan tersebut bungkuslah dengan plastik ( kegiatan ini sebaiknya dilakukan pada sore hari ), misalkan pada sore hari kita memotong dan membungkus pucuk bambu, maka keesokan harinya ambil lah air bambu yang sudah memenuhi kantong plastik. Ya benar, dari pucuk bambu yang kita potong tersebut dapat mengeluarkan/mengalir air bambu yang sangat berkhasiat menyembuhkan segala jenis penyakit batuk. Cara pengobatannya hanya dengan meminumnya 3 kali sehar, 1 kali minum 1 gelas.

    Semoga bermanfaat, bagi yang membutuhkan pohon bambu apus untuk bangunan, ngecor atau usuk bangunan kami siap kirim untuk wilayah Solo Raya
    [​IMG]
     
  7. rolyshs

    rolyshs Member

    Berikut Ciri-Ciri Tanaman Bambu
    Secara umum semua jenis bambu memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
    Berakar serabut, Berkembang biak dengan tunas/rebung/bung ( ada juga jenis bambu yang bisa dengan mudah dikembangbiakan dengan cara stek batang yakni bambu ampel ), Memiliki rongga di batangnya, Memiliki ruas batang, Daun bambu bertulang daun sejajar
     
  8. rolyshs

    rolyshs Member

    Semua jenis tanaman bambu memiliki ciri khusus yaitu pada batangnya/pelepah batangnya terdapat lugut. Lugut adalah bulu-bulu halus berwarna hitam yang menempel pada pelepah batang bambu. Pelepah batang bambu oleh orang Jawa disebut kelotokan. Lugut juga menempel pada batang bambu. Fungsi ciri khusus bambu memiliki lugut adalah untuk melindungi dirinya atau mengusir musuhnya. Jika badan kita terkena lugut, maka akan terasa gatal seperti gatalnya kulit kita ketika terkena bulu ulat.
     
  9. rolyshs

    rolyshs Member

    Ada berbagai jenis bambu, akan tetapi di halaman ini hanya saya tuliskan 6 jenis bambu karena saya sesuaikan dengan jenis bambu yang sering saya lihat/temui khususnya di Kabupaten Kebumen. Adapun tentang manfaat bambu, saya tuliskan sesuai jenis bambunya. Sebenarnya manfaat tumbuhan bambu itu sangat banyak, bahkan bisa dikatakan sama dengan atau melebihi manfaat pohon yang selama ini kita kenal serba manfaat dari akar sampai daunnya yakni pohon kelapa. Namun untuk manfaat tumbuhan bambu yang akan saya sebutkan di bawah nanti hanya lah sebagian dari begitu banyaknya manfaatnya. Ini karena pengetahuan saya yang masih sebatas itu, jadi apabila para pembaca berkenan, silakan tambahkan tentang manfaat bambu di kolom komentar.
     
  10. rolyshs

    rolyshs Member

    Bambu Tali/Gigantochloa Apus
    Bambu tali adalah jenis bambu yang warna kulitnya hijau tua dan kurang mengkilap. Disebut bambu/pring tali karena salah satu manfaat bambu jenis ini adalah bisa dijadikan bahan pembuat tali/pengikat ( misalnya untuk mengikat bungkus tempe, yang mana pada umumnya dulu tempe dibungkus dengan daun pisang dan jati kemudian diikat menggunkan tali yang terbuat dari bambu tali yang masih muda ).
    Bambu tali pada umumnya memiliki diameter 3-7 cm, besar atau kecilnya tergantung kesuburan tanahnya. Untuk ketinggian/panjangnya pun bervariasi yakni antara sekitar 4-12 meter.Pada umumnya bambu tali dapat tumbuh subur di tepi sungai.
    Manfaat Bambu Tali
    Batang Bambu :
    • sebagai senjata tradisional. Bambu tali dapat dibuat senjata, misalnya dibuat bambu runcing
    • bahan pembuat tali
    • tiang bendera
    • alat/tempat menjemur pakaian
    • bahan bangunan, misalnya dibuat sebagai rangka atap rumah, alat bantu/tangga ketika para tukang bangunan membuat rumah yakni sebagai tempat berpijak ketika dalam ketinggian tertentu
    • sebagai bahan pembuat jembatan bambu/powotan
    • alat komunikasi tradisional ( misalnya dibuat kentong )
    • bahan pembuat peralatan dapur ( misalnya dibuat tampah,ceting, besek/piti, kipas nasi/ilir, centong, dan sebagainya )
    • bahan pembuat kandang ternak
    • alat pemikul/mbatan
    • sebagai kayu bakar
    • membuat pagar jalan/pekarangan
    • sebagai tempat merambatnya tanaman ( misalnya sebagai tempat rambatan kacang panjang, mentimun, kecipir, dan lain-lain )
    • dan manfaat lainnya
    Manfaat/Khasiat Air Bambu Tali :
    Air bambu adalah air yang terkandung dalam batang bambu. Air ini bisa didapatkan dengan cara memotong pucuk tumbuhan bambu yang masih muda maupun tua ( pilihlah tumbuhan bambu yang pucuknya mudah dijangkau atau yang melengkung ), kemudian di bekas potongan tersebut bungkuslah dengan plastik ( kegiatan ini sebaiknya dilakukan pada sore hari ), misalkan pada sore hari kita memotong dan membungkus pucuk bambu, maka keesokan harinya ambil lah air bambu yang sudah memenuhi kantong plastik. Ya benar, dari pucuk bambu yang kita potong tersebut dapat mengeluarkan/mengalir air bambu yang sangat berkhasiat menyembuhkan segala jenis penyakit batuk. Cara pengobatannya hanya dengan meminumnya 3 kali sehar, 1 kali minum 1 gelas.
     
  11. rolyshs

    rolyshs Member

    Bambu Wulung /Gigantochloa Atroviolacea
    Bambu wulung adalah bambu yang warna kulitnya wulung/hitam/hijau kehitaman/ungu tua dan ada garis berwarna kuning di sepanjang batang maupun rantingnya. Diameter bambu wulung mayoritas antara 5-12 cm dengan panjang/tinggi antara 7-18 meter.
    Manfaat Tumbuhan/Tanaman Bambu Wulung
    Manfaat Tunas/Rebung/Bung Bambu Wulung:

    Tunas bambu wulung yang masih muda atau baru muncul dengan ketinggian sekitar maksimal 20 cm dari permukaan tanah, dapat dimanfaatkan sebagai sayur. Rebung dapat dimasak dengan cara dibikin tongseng/tumis/oseng-oseng maupun dimasak dengan dicampur air santan kelapa. Oh ya untuk rebung bambu tali rasanya sangat pahit sehingga jarang ada yang mau memanfaatkannya sebagai sayur.
     
  12. rolyshs

    rolyshs Member

    Manfaat Batang Bambu Wulung antara lain:
    • membuat bambu runcing
    • sebagai bahan bangunan misalnya untuk membuat rangka atap
    • tiang bendera
    • kerajinan seperti hiasan dinding yang berupa potongan bambu yang diukir menjadi gambar pemandangan alam, hewan, dan sebagainya
    • pagar
    • tiang antena televisi
    • membuat kursi dan meja bambu
    • alat kesenian seperti kentongan dan angklung/calung
    • anyaman
    • dan lain-lain
     
  13. rolyshs

    rolyshs Member

    Bambu Petung/Betung ( dendrocalamus asper )
    Bambu petung/betung atau dendrocalamus asper adalah salah satu jenis bambu yang memiliki ukuran lingkar batang yang cukup besar dan termasuk ke dalam suku rumput-rumputan.Bambu betung memiliki nama lokal yang berbeda di setiap wilayah di Indonesia seperti sebutan awi bitung (Sunda), pring petung (Jawa), awo petung (Bugis), dan bambu swanggi (Papua).
    Tumbuhan bambu betung yang masih muda ditutupi oleh lapisan berwarna coklat dan bertekstur seperti kain beludru.Tinggi bambu betung dapat mencapai 10 kaki sedangkan lingkar batangnya dapat mencapai 8 inchi.Bambu betung memiliki batang berkayu dan bernding tepal yaitu antara 11 sampai 20 mm.Bagian batang bambu betung bagian bawah terdapat node dan terdapat akar udara.Batang bambu betung terdiri dari ruas-ruas, panjang setiap ruas bambu antara 20 hingga 45 cm serta berwarna hijau pucat dan tertutup rambut coklat pendek.Daun tumbuhan ini berbentuk tombak dengan panjang sekitar 15 cm hingga 30 cm dan lebarnya antara 10 mm hingga 25 mm.( Sumber : Wikipedia )
     
  14. rolyshs

    rolyshs Member

    Manfaat Bambu Petung antara lain :
    • rebungnya sebagai sayur
    • sebagai tiang penyangga rumah
    • penyangga rangka atap
    • tempat sajeng/alat nderes
    • alat kesenian
    • dan lain-lain
     
  15. rolyshs

    rolyshs Member

    5. Bambu/Pring Kuning
    [​IMG]
     
  16. rolyshs

    rolyshs Member

    Bambu kuningadalah salah satu tanaman dari kelompok bambu.Bambu jenis ini memiliki ciri batang yang beruas-ruas, tinggi, dan batangnya berwarna kuning.Biasanya, bambu jenis ini hidup di lingkungan tropis. Di kawasan Asia Tenggara, bambu jenis ini banyak dibudidayakan. Ia sering dijumpai di desa-desa, di pinggir-pinggir sungai, dan sebagai tanaman hiasan di perkotaan.
    Bambu kuning dapat diperbanyak dengan cara rhizoma, stek rumpun atau cabang, cangkok, dan kultur jaringan. Namun, cara termudah dan sering dilakukan adalah stek rumpun atau cabang.Umumnya, rumpun yang akan di stek adalah rumpun yang tidak terlalu muda atau tidak terlalu tua.Rebusan pada bambu ini mengandung saponin dan iavonoida.Tidak hanya itu, bambu kuning ini mengandung sumber potassium yang rendah kalori, serta memiliki rasa manis yang terkenal sebagai sumber protein dan nutrisi yang baik bagi tubuh.Bambu ini memiliki khasiat mengobati bermacam jenis infeksi dan pencegah hepatitis. ( Sumber : Wikipedia )
     
  17. rolyshs

    rolyshs Member

    Bambu/Pring Tulup
    Bambu tulup adalah bambu yang sangat mirip warnanya dengan bambu tali, perbedaannya terletak pada diameternya yang jauh lebih kecil dan tingginya yang pada umunya maksimal 5 meter. Jarak antara ruas yang satu denga yang lain cukup panjang.

    [​IMG]
     
  18. rolyshs

    rolyshs Member

    Manfaat Bambu Tulup
    • membuat tulup. Tulup adalah alat permainan tradisional, bambu tulup dibuat tulup dengan cara memotong ruasnya. Cara memainkan tulup yakni dengan meniup lubang bambu dengan kencang sehingga peluru yang biasanya berupa butiran tanah liat/kacang hijau bisa keluar karena tekanan udara dari tiupan tersebut.
    • membuat suling bambu
    • membuat peluit/sempritan yang dimasukkan pada balon atau yang sering disebut dengan toet-toet
    • kerajinan
    • dan lain-lain
     
  19. rolyshs

    rolyshs Member

    Prospek Perkebunan Bambu

    Tanaman bambu memiliki prospek yang sangat menjanjikan di masa depan, ditengah perhatian dunia yang lebih, terhadap perubahan iklim dan perlindungan hutan.

    Bambu adalah tanaman sumber penghasil kayu yang dapat tumbuh dengan cepat di bumi. Dan merupakan tanaman pengganti kayu dari hutan tropis yang saat ini sudah sangat berkurang akibat dari permintaan yang sangat besar dari industri, oleh karena itu perhatian terhadap produksi bambu mulai meningkat di semua benua baik Asia, Afrika, maupun Amerika.

    Bagaimanapun juga permintaan bambu secara global tumbuh lebih cepat dari tingkat ketersediaannya. Sehingga peluang bisnis perkebunan bambu masih sangat besar dan terbuka.

    Dari waktu ke waktu bambu selalu dapat membuktikan sebagai bahan baku yang dapat diandalkan dalam berbagai aplikasi praktis. Di abad 21 ini bambu akan terus menjadi komoditas industri yang semakin berharga. Kita berharap akan semakin sering menemukan lebih banyak produk berbahan baku bambu di pasaran dan juga furniture dari bambu di rumah kita.
     
  20. rolyshs

    rolyshs Member

    Bambu, rumput yang yang memiliki sifat kayu

    Meskipun bambu adalah tanaman kayu, secara teknis bambu merupakan bagian dari keluarga Gramineae yang meliputi 75 genus dan 1.250 spesies bambu. Dari bambu varietas herbaceous yang memiliki ketinggian kurang lebih 20 cm sampai dengan bambu tropical giant yang memiliki ketinggian hingga 30 meter dan dengan diameter 30 cm pada bagian tengah hingga pangkal batang. Di daerah tropis maupun sub tropis tanaman bambu mampu menyesuaikan diri dengan lingkungannya dengan baik.

    Pertumbuhan bambu sangat berbeda, dengan pohon biasa yang memiliki poros sebagai pusat pertumbuhan dan pertumbuhan sekunder. Sedangkan bambu tangkainya tumbuh dari bawah tanah dan tidak memiliki poros sebagai pusat pertumbuhan serta tidak ada pertumbuhan sekunder. Sehingga pertambahan umur tidak dapat diukur dengan pertambahan diameter. Pertumbuhan tanaman dari masa muda ke dewasa menunjukan pola tunas baru tumbuh dengan meningkatkan garis tengah dan makin tinggi. Tunas yang baru muncul umumnya akan mencapai tinggi maksimal pada usia 3 sampai 4 bulan.
     

Share This Page