Keunggulan Simpan Data Cadangan di Cloud Computing

Discussion in 'Iptek' started by raihankhalidah, Apr 17, 2017.

  1. raihankhalidah

    raihankhalidah New Member

    VIBICLOUD – Cloud computing memang meningkatkan produktivitas perusahaan tetapi juga meningkatkan keamanan data. Seluruh data yang tersimpan di cloud computing, terutama private cloud seperti yang ditawarkan oleh Vibicloud, akan tersimpan dan terjaga kerahasiaannya karena hanya dapat dilihat oleh mereka yang memiliki akses hal ini untuk menjamin agar data perusahaan Anda tidak disalahgunakan atau digunakan oleh pihak lain. Tetapi ternyata keuntungan menyimpan data atau mem-back up data di cloud hosting Indonesia tidak terbatas pada hal ini saja. Setidaknya ada lima keuntungan lain yang akan Anda dapatkan jika menyimpan atau mem-back up data perusahaan di cloud computing:

    Terjangkau. Tidak semua perusahaan memiliki dana besar untuk departemen IT dan cloud computing menjadi solusi terbaik untuk menyimpan data cadangan perusahaan karena terjangkau jika dibandingkan dengan memiliki ruang penyimpanan sendiri. Selain itu dengan menggunakan cloud computing berarti Anda tidak perlu pusing memikirkan di mana akan meletakkan ruang penyimpanan data perusahaan Anda.

    [​IMG]

    Akses dari mana dan kapan saja. Seperti yang kita ketahui kelebihan dari cloud computing adalah dapat diakses dari mana saja. Nah, ketika Anda menyimpan data cadangan di cloud computing maka kelebihan ini akan membantu Anda. Tidak hanya ini berarti Anda dapat mengakses dari mana saja dengan menggunakan perangkat apa saja tetapi juga berarti Anda tidak akan kehilangan data perusahaan bahkan seandainya ada perangkat yang hilang, rusak atau saat terjadi kecelakaan yang menghancurkan infrastruktur perusahaan Anda. Baca juga Cloud Computing Solusi Terbaik bagi Perusahaan Start Up.

    Penyimpanan tidak berada di perusahaan. Seperti yang sudah disebutkan di atas, Anda tidak pernah tahu apa yang akan terjadi di masa yang akan datang. Termasuk tidak ada yang bisa meramalkan datangnya bencana seperti banjir, kebakaran atau pencurian. Dengan menyimpan data cadangan di cloud computing itu berarti ruang penyimpanan berada di lokasi yang berbeda dengan perusahaan Anda sehingga jika sesuatu yang buruk terjadi seluruh data yang tersimpan di cloud computing masih terselamatkan dan bisa diakses dengan segera begitu Anda terhubung dengan internet.

    Sederhana. Cloud coumputing dapat diatur dan di restorasi dengan mudah. Kapan saja Anda membutuhkan data cadangan yang tersimpan di cloud computing yang perlu Anda lakukan hanyalah beberapa klikan pada mouse untuk menemukan dan mengundah data yang Anda cari ke perangkat yang sedang Anda gunakan.

    Otomatis. Permasalahan yang paling sering terjadi adalah lupa untuk menyimpan cadangan data atau tidak memiliki waktu untuk melakukannya. Jika Anda memanfaatkan cloud computing maka hal ini tidak akan terjadi. Secara otomatis data terbaru akan disimpan di cloud computing selama perangkat tersambung dengan internet. Hemat waktu dan tidak akan terjadi lagi kejadian lupa menyimpan data cadangan.

    Sumber
     

Share This Page