Konon Jendral Sudirman Menyempatkan Sholat Di Masjid Ini Sebelum T

Discussion in 'Sejarah' started by Cendole, Jun 22, 2016.

  1. Cendole

    Cendole Member

    MASJID AGUNG PAYAMAN DI MAGELANG: Konon Jendral Sudirman Menyempatkan Sholat Di Masjid Ini Sebelum Terjun Perang dalam Pertempuran Ambarawa



    [​IMG]



    MASJID Agung Payaman terletak di pinggir jalan raya dari Magelang ke Secang, Kabupaten Magelang. Masjid ini tak bernama. Namun orang sudah terlanjur menyebutnya demikian. Masjid ini tidak pernah sepi, terbuka siang malam 24 jam siap menunggu siapa saja.

    Tujuhpuluh tahun lalu di sana terdapat dua orang kiai yang tersohor. Yakni Kiai Haji Syirod dan Kiai Haji Dalhar. Akan halnya KH Dalhar, berasal dari Pesantren Watucongol, Magelang, yang juga sudah cukup terkenal sejak dulu. Tetapi memang sudah sejak zaman Belanda dulu kegiatan keagamaan yang tidak jarang jemaatnya menumpahi jalan raya ini, tak pernah diusik oleh Belanda.

    Kabar burung mengatakan, semuanya ini bisa berlangsung berkat hubungan antara para umaroh dan ulama sangat baiknya. Ketika itu Magelang di bawah pemerintahan Bupati R. Danuningrat. Sementara ulamanya dibawah KH Syirod. Nah sejak itulah semuanya berjalan dengan tertib dan lancar. Itulah pula sebabnya Jendral Sudirman ketika mau menyerbu kota Ambarawa menyempatkan mampir bersembahyang di masjid ini.
    CONTINUE READ
     
  2. Cendole

    Cendole Member

  3. Cendole

    Cendole Member

  4. dastenesen

    dastenesen New Member

Share This Page