Lukisan Purba Misterius di Gua Mesir Ini Ternyata Bukan Buatan Manusia!

Discussion in 'Sejarah' started by indraone, Mar 9, 2017.

  1. indraone

    indraone Well-Known Member

    [​IMG]
    Pada 2002 sekelompok penjelajah amatir secara tak sengaja menemukan lukisan purba di sebuah gua di tengah Gurun Sahara yang berbatasan dengan Lybia. Sejak saat itu penemuan itu kerap disebut sebagai Cave of Beasts.

    Penemuan itu berupa lukisan berbentuk tangan manusia. Selama beberapa tahun masyarakat percaya bahwa itu adalah karya seni purba yang pernah dibuat manusia pada zamannya.

    [​IMG]

    Namun penelitian terbaru menyatakan sebaliknya. Lukisan tangan berusia 8.000 tahun itu ternyata bukan buatan manusia. Menurut Emmanuelle Honore dari McDonald Institute for Archeological Research, bisa jadi gambar-gambar tangan dibuat oleh kaki-kaki kadal yang berusia sama. Sementara manusia hanya melengkapi dengan ornamen-ornamen lainnya.

    [​IMG]

    Sama seperti ilmuwan lainnya, Honore awalnya juga mengira bahwa lukisan tangan itu dibuat oleh manusia—tepatnya tangan anak-anak. Tapi, dalam sebuah wawancara terbaru dengan National Geographic, ia mengatakan, “(Lukisan) tangan itu jauh lebih kecil dibanding tangan-tangan bayi manusia, jari-jarinya juga terlalu panjang.”

    [​IMG]

    Oleh sebab itu ia kini percaya bahwa orang-orang kuno di situs ini mungkin telah menggambar menggunakan kaki-kaki biawak. Bisa juga kaki-kaki buaya. “Ini sangat menantang bagi kami sebagai peneliti untuk menafsirkan lukisan-lukisan ini, lebih-lebih kami memiliki budaya yang sama sekali berbeda,” terangnya.
     
  2. sibota

    sibota New Member

Share This Page