Mahasiswa UMS Ciptakan Alat Sterilisasi untuk Dokter Gigi Daerah Terpencil Tanpa Listrik dan Praktis

Discussion in 'Iptek' started by Dekiler_Box_, Jul 11, 2017.

  1. Dekiler_Box_

    Dekiler_Box_ New Member

    Tim PKM-KC. Dari kiri ke kanan: Tifani Nazarudin, Ardhita Rosiana Putri, Wimmy Safaati Utsani, Bachuroh Fasda dan Muhammad Abu Chaira, lokasi di Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Muhammadiyah Surakarta. (Foto: Dokumentasi pribadi)

    Minimnya fasilitas untuk strerilisasi didaerah terpencil merupakan permasalahan yang cukup serius dibidang kesehatan. Selain minimnya fasilitas sterilisasi, persebaran pasokan listrik yang tidak merata di Indonesia juga menjadi kendala dalam persebaran fasilitas kesehatan di Indonesia. Mengingat hal-hal tersebut mahasiswa UMS ( Universitas Muhammdiyah Surakarta) Fakultas Kedokteran Gigi dan Fakultas Teknik mempunyai gagasan untuk mencipatakan alat sterilisator dalam bidang kesehatan khususnya untuk para dokter gigi dengan produk bernama “Dekiler-Box”.

    Dekiler Box merupakan alat sterilisator praktis pratek dokter gigi di daerah terpencil. Dimana alat tersebut sangat praktis, mudah dibawa, tidak memerlukan energi listrik, dan ekonomis. Desain dari alat ini terdiri dari 4 bagian yaitu :

    1. Pre-clining , disini dilakukan perendaman alat dengan detergen ramah lingkungan yaitu kombinasi bio anti balterial agen laktonat alkaloid.

    2. Pembersihan instrument , perawatan pembersihan instrument dengan sikat dan air sabun.

    3. Desinfektan tingkat tinggi , penyimpanan instrumen dengan cara pengepakan agar terhindar dari instrumen yang tidak steril.

    4. Sterilisasi ,proses membunuh mikroorganisme dengan cara perebusan bersuhu 100°C selama 20 menit.


    Dengan satu alat yang mudah dibawa kemana-mana dan harga yang ekonomis , proses sterilisasi alat kedokteran gigi sudah bisa dilakukan.
     
  2. Indah75

    Indah75 Well-Known Member

    Mahasiswa mahasiswa yang kreatif .
     

Share This Page