Manfaat Cloud Computing untuk Back-up Data Perusahaan

Discussion in 'Iptek' started by raihankhalidah, Apr 17, 2017.

  1. raihankhalidah

    raihankhalidah New Member


    Kerusakan atau kehilangan perangkat serta bencana bukan sesuatu yang dapat diprediksi oleh siapa pun. Ini alasan utama mengapa setiap data perusahaan harus memiliki back up yang dapat diunduh kapan saja dibutuhkan untuk memastikan seluruh kegiatan perusahaan tetap berjalan lancar. Back up dengan cloud storage Indonesia semakin penting saat terjadinya bencana yang menyebabkan kerusakan perangkat bahkan kerusakan yang lebih besar.

    Sebelum teknologi cloud computing berkembang seperti sekarang, hampir seluruh perusahaan mem-back up data mereka pada server in premis. Salah satu kelemahan server in premis adalah server ini tersimpan di perusahaan sehingga seandainya terjadi bencana maka bukan tidak mungkin server ikut mengalami kerusakan. Di saat seperti ini tentu saja seluruh data yang tersimpan ikut menghilang dan tidak dapat digunakan lagi.

    [​IMG]

    Cloud computing memiliki pendekatan yang berbeda dalam hal back up data dan pemulihan setelah bencana. Dengan virtualisasi, poin utama dari cloud computing, seluruh server termasuk sistem operasi, software dan aplikasi, patches juga berbagai data lainnya tersimpan sebagai satu kesatuan di cloud computing. Seluruh data yang tersimpin di server virtual miliki penyedia jasa cloud computing dapat disalin atau di-back up kapan saja dan hanya membutuhkan beberapa menit saja.

    Virtual server cloud computing dapat dikatakan sebagai perangkat mandiri sehingga semua data dapat tersimpan dengan aman. Selain itu ketika melakukan transfer data dari satu data center ke data center lainnya dapat dilakukan tanpa membebankan server. Ini dapat mengurangi waktu pemulihan menjadi lebih cepat secara signifikan dibandingkan dengan pemulihan konvensional. Tidak hanya dari segi biaya, cloud computing juga membuat proses pemulihan menjadi lebih hemat biaya.

    Mem-back up data di cloud computing berarti perusahaan tidak memerlukan server in premis yang tentu akan mengurangi penggunaan dana perusahaan terutama untuk menyediakan dan mempengaruhi infrastruktur di bidang IT. Selain itu bermigrasi menggunakan cloud computing juga akan menguntungkan perusahaan karena tidak hanya data yang tersimpan melainkan seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, semua yang tersimpan di cloud computing termasuk sistem operasi, software, aplikasi, patches dan data aman tersimpan. Tidak peduli sebesar apa pun kerusakan yang disebabkan oleh bencana yang perlu Anda lakukan hanya mengunduhnya dan data siap untuk digunakan kembali.

    Sumber
     

Share This Page