Plus Minus Gadget bagi Pendidikan Anak SD

Discussion in 'Psikologi' started by kharisaayu, Apr 11, 2017.

  1. kharisaayu

    kharisaayu New Member

    [​IMG]

    Sudah menjadi barang pasti, bahwa anak masa kini gandrung akan gadget. Hal ini tentunya tidak terlepas dari kecenderungan Anda, sebagai orangtua, yang tidak bisa jauh pula dari gadget Anda. Perkembangan teknologi masa kini memang telah membuat segalanya berbeda dari masa yang lampau. Bahkan, gadget layar sentuh berbasis android kini sangat populer dan digemari, mulai dari orang dewasa hingga anak-anak. Fitur serta aplikasi games yang lengkap membuatnya begitu digemari kalangan anak-anak. Padahal, dampak negatif yang ditimbulkan bagi anak-anak yang gandrung akan gadget sangat berpengaruh terhadap pendidikan anak SD, di mana pada masa ini adalah masa pertumbuhan otak anak. Apalagi negara ini masih tergolong belum mampu meminimalisir berbagai dampak yang timbul akibat kecenderungan anak usia SD bermain gadget. Alhasil, semakin lama pendidikan pada usia SD semakin menunjukkan kualitas yang buruk. Semakin banyak bullying dan kenakalan lainnya yang mereka tiru lewat gadget yang dengan mudahnya terhubung ke internet.

    Penting bagi orangtua dan guru mengawasi perkembangan anak yang gandrung akan gadget, serta mengetahui dampak-dampak yang diakibatkan oleh gadget terhadap pendidikan anak SD.

    Keempat, minim interaksi dan memudarkan permainan tradisional. Aplikasi pada gadget sangat lengkap. Mulai dari memanggil ojek hingga bermain dapat dilakukan hanya dengan menggerakan jari. Karenanya, anak jadi lebih sering bermain game dalam gadget, ketimbang bermain di dunia nyata bersama teman-temannya. Hal ini tentu tidak baik untuk pola interaksi pada anak. Kelima, membunuh moral. Hal ini sungguh tidak baik dalam pendidikan anak SD. Maksudnya, anak-anak tidak lagi memiliki rasa hormat terhadap orangtua maupun gurunya. Kecenderungan anak untuk melawan dan tidak mau dinasehati cukup besar. Kejadian semacam ini kerapkali disebabkan karena gadget. Sebab, anak usia SD memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Untuk mengatasi rasa keingintahuannya mereka bisa saja membuka situs-situs yang tidak semestinya dilihat. Apalagi telepon pintar kini hampir semuanya selalu terkoneksi dengan internet.

    Namun, ada juga dampak positifnya, seperti menambah wawasan pada anak, melek akan teknologi, dapat belajar melalui gadget, dan lain sebagainya. Untuk itu, penting bagi orangtua mengawasi perkembangan pendidikan anak SD dan tentunya mengikuti parenting club dari Wyeth agar terhindar dari dampak negatif gadget.
    Semoga bermanfaat ya kawan....2-J 2-J
     

Share This Page