Seperti inilah Kenali Kesempurnaan Fisik dan Ketampanan Rasulullah menurut Para Sahabatnya

Discussion in 'Sejarah' started by muktiplaza, Apr 14, 2017.

  1. muktiplaza

    muktiplaza Blogger And Developer Android

    Ketika Anda ngefans berat sama artis terkenal, pasti Anda akan mudah banget membayangkan sosok idola Anda tersebut, bukan? Jelas banget, apalagi di zaman yang serba canggih ini, dimana kita bisa dengan mudah mencari foto maupun video dari artis yang menjadi idola Anda. Tapi bagaimana dengan ummat Islam yang menjadikan Rasulullah Muhammad Saw sebagai idolanya, sementara itu mereka tidak pernah tahu bentuk fisiknya? Sangatlah wajar jika kita berusaha membayangkan sosok idola kita, Rasulullah Muhammad SAW.

    Baca juga Berikut Merupakan Pohon Tertua Berumur 1400 Tahun Saksi Kebesaran Nabi Muhammad S.A.W

    Untungnya, walaupun tidak ada referensi foto atau gambar beliau (karena memang tidak diperkenankan), namun dalam banyak hadits, para sahabat Rasulullah SAW yang telah menyampaikan ciri fisik Nabi Muhammad Saw. Hem, daripada penasaran, yuk kita bahas satu persatu bentuk fisik idola kita Nabi Besar Muhamad SAW menurut para sahabatnya.

    [​IMG]
    Muhammad Rasulullah
    Postur tubuh

    • Tulang kepala besar dan bahunya lebar. Tubuhnya tidak terlalu tinggi dan tidak pula terlalu pendek, berpostur kekar sangat indah dan pas dikalangan kaumnya. Bulu badannya halus memanjang dari pusar hingga dada.
    • Telapak tangan dan kaki beliau padat berisi. Ia memiliki kepala yang agak besar dan kuat.
    • Persendian tulang yang kuat dada, tangan dan kakinya kekar.
    • Lengan dan dada bagian atas berbulu. Pergelangan tangannya cukup panjang, telapak tangannya agak lebar serta tangan dan kakinya berisi, jari-jari tangan dan kaki cukup langsing
    Rambut
    Rambut ikal berwarna sedikit kemerahan, terurai hingga bahu (Aisyah dan Ali bin abi thalib)

    Wajah

    • Wajahnya cenderung bulat dengan sepasang matanya hitam dan bulu mata yang panjang. Tidak berkumis dan berjenggot hitam dengan uban sepanjang sekepalan telapak tangannya.
    • Alis matanya melengkung hitam dan tebal, di antara alisnya nampak urat darah halus yang berdenyut bila sedang emosi.
    • Hidungnya agak melengkung dan mengkilap jika terkena cahaya serta tampak agak menonjol jika pertama kali melihatnya padahal sebenarnya tidak
    • Mulutnya sedang, giginya putih cemerlang dan agak renggang bagian depan jika berbicara nampak putih berkilau. (ibnu Abbas)
    • Rona Muhammad lebih mirip purnama yang cerah.
    Kulit
    kulitnya berwarna cerah tidak terlalu putih dan tidak pula hitam
    Cara Berjalan
    Jika berjalan agak condong kedepan melangkah dengan anggun, berjalan dengan cepat dan gesit serta sering melihat kebawah dari pada keatas. Sebagaimana diriwayatkan oleh Abu Hurairah Ra. Dan Ali bin abi Thalib Kw
    “Tiada satupun kulihat lebih indah daripada Rasulullah Saw., seolah-olah mentari beredar di wajahnya. Juga tiada seorangpun yang kulihat lebih cepat jalannya daripada Rasulullah saw., seolah-olah bumi ini dilipat-lipat untuknya. Sungguh, kami harus bersusah payah melakukan hal itu, sedangkan Rasulullah Saw. tidak memperdulikan.” (Diriwayatkan oleh Qutaibah bin Sa’id, dari Ibnu Luhai’fah, dari Abi Yunus, yang bersumber dari Abu Hurairah Ra.).
    “Bila Nabi Saw. berjalan, maka ia berjalan dengan merunduk seakan-akan jalanan menurun.” (Diriwayatkan oleh Shufyan bin Waki’, dari ayahnya, dari al-Masudi, bersumber dari Ali bin Abi Thalib Kw.).
    Gaya Bicara
    Jika berhadapan dengan orang maka ia memandang orang itu dengan penuh perhatian dan tidak pernah melototi seseorang dan pandangannya menyejukkan.
    Aisyah r.a. berkata, “Rasulullah tidak pernah berbicara penuh sebagaimana bicaramu ini (cerewet) tetapi beliah berbicara dengan perkataan yang pas, jelas, padat sehingga bisa dihafal oleh orang yang ada di sekitarnya.” (HR. Abu Dawud)
    “Rasulullah selalu berbicara dengan perkataan yang jelas yang bisa dipahami orang yang mendengar,” ujar Aisyah r.a.
    Rasul yang agung itu begitu lembut dan bersahabat, lapang dada serta terbuka, sehingga rela mengulang-ulang kata-katanya supaya orang lain mengerti. Seperti hadits yang diriwayatkan melalui Anas bin Malik r.a.,
    “Rasulullah sering mengulang perkataannya sampai tiga kali supaya dimengerti dan dipahami.” (HR. Bukhari).
    Begitulah ciri ciri fisik Rasulullah manusia pilihan yang dipilih Allah sendiri untuk seluruh Ummat manusia ini agar bertauhid kepadaNya, dari beberapa ciri fisik tersebut, menurut beberapa riwayat Ketampanan rasulullah melebihi Ketampanan Nabi Yusuf Alaihis Salaam. Wallahu A’lam bis Shawab
     

Share This Page