Suka Nimbun Barang? Baca Ini Dulu!

Discussion in 'Hobi Lainnya' started by Technoviper, Apr 11, 2017.

  1. Technoviper

    Technoviper Member

    [​IMG]

    Ngaku aja nih, banyak kan dari kalian yang demen banget nyimpen barang sampai numpuk dan berdebu saking lamanya nggak digubris? Kesannya mungkin remeh, tapi kalau ini diterusin barangnya pasti bakal makin numpuk dan makan tempat. Bahkan barang-barang kecil kayak tiket nonton dan acara juga bisa menuh-menuhin dompet kalau dikumpulin terus. Sebenarnya kebiasaan yang suka disebut ‘hoarding’ ini bisa dikategorikan ke dalam gangguan mental loh di taraf tertentu, sampai udah dikategorikan di DSM, salah satu buku panduan psikolog.

    Kemungkinan besar kebanyakan dari kalian masih belum mencapai hoarding taraf segitunya, tapi tetep aja nimbun barang di rumah lama kelamaan bisa bikin tumpukan yang nggak enak dilihat dan bisa jadi sarang penyakit. Untuk itu, ada beberapa tips yang mungkin bisa ngebantu kalian ngurang-ngurangin kebiasaan nimbun barang.

    Pertama-tama, mulai pelan-pelan aja dulu. Jangan langsung ngambil semua barang yang dirasa menuh-menuhin dan dibuang. Ini biasanya bakal bikin nyesel. Sebaiknya coba siapin waktu beberapa jam untuk membersihkan satu ‘spot’ tempat barang numpuk dan nggak usah buru-buru. Pilah-pilah dulu mana yang mau disimpan, dan mana yang mau dibuang.

    Kalau kalian suka ngumpulin barang yang sejenis kayak tiket-tiket atau buku, coba dilihat lagi ‘koleksi’ kalian yang udah banyak banget dan cobalah pilih beberapa yang emang bener-bener spesial untuk disimpan, dan singkirkan sisanya. Nah, barang yang memang spesial ini disimpan di tempat khusus biar kalian bisa liat ketika lagi pengen.

    Masih ragu barang-barang tertentu mau dibuang atau disimpan? Coba masukkan semuanya ke satu kotak dan buka lagi kotaknya beberapa bulan kemudian, mungkin kalian isa memutuskan buat buang atau nggak pas itu. Asal jangan lupa dan malah keterusan numpuk kotak, nanti bisa jadi masalah baru.

    Kalau kalian nyobain tips-tips ini, tumpukan barang di rumah pasti bakal ngurang. Atau daripada kalo dibuang sayang, kalian bisa bagiin barangnya di Babacucu. Siapa tau barang-barang kalian bisa mendapatkan pemilik baru yang juga bakal sayang barang kalian. Lebih mending kan daripada dibuang?

    Yuk klik banner di bawah!

    [​IMG]
     

Share This Page