Tips Masak ala Anak Kost: Cara Memasak Bubur Nasi dengan Rice Cooker

Discussion in 'Kampus' started by Mamikos, Apr 13, 2017.

  1. Mamikos

    Mamikos Cari tempat kost gampang dan akurat

    Memasak bubur nasi dengan rice cooker adalah sesuatu yang pasti suatu saat harus dilakukan oleh anak kost. Rice cooker atau alat penanak nasi adalah alat yang memang sangat membantu anak kost untuk bertahan hidup. Dengan memiliki rice cooker di dalam kamar kost, anak kost bisa menanak nasi dan tinggal membeli lauk saja. Hal ini bisa menghemat pengeluaran anak kost. Fungsi rice cooker bukan hanya untuk menanak nasi saja. Alat serbaguna ini bisa digunakan untuk membuat sup, bubur, dan bahkan kue. Kalau persediaan beras di kost sudah menipis tapi kamu tetap harus berhemat, tak ada salahnya membuat bubur nasi di kost. Bubur nasi juga bisa kamu makan saat gak enak badan dan tidak bisa keluar dari rumah kost. Berikut adalah cara memasak bubur nasi dengan rice cooker.




      • Bahan yang Dibutuhkan
    Stok beras yang sudah tipis tak masalah saat kamu ingin membuat bubur. Untuk membuat beberapa porsi bubur nasi, yang kamu perlu siapkan hanyalah sekitar 2 cup beras. Cup yang digunakan di sini adalah cup takaran beras yang biasanya diberikan saat kamu membeli rice cooker. Selain beras, kamu juga butuh 2-3 cup air matang. Agar bubur nya tidak terlalu hambar, kamu butuh garam secukupnya. Atau, kamu bisa ganti dengan kaldu ayam bubuk yang bisa dibeli di warung atau minimarket. Nantinya, bubur nasi ini lebih enak dimakan dengan topping seperti suwiran ayam dan daun bawang. Tapi, kalau kamu dalam keadaan ngirit, topping ini bisa dikondisikan dan disesuaikan. Kamu bisa ganti dengan kecap, kerupuk, atau abon yang tersedia di kamar kost kamu.




      • Cara Membuat Bubur Nasi
    Langkah pertama dalam memasak bubur nasi ini adalah mencuci beras. Cuci beras hingga benar-benar bersih. Setelah itu, masukkan beras ke dalam wadah rice cooker. Tambahkan air dan masukkan masukan garam atau kaldu ayam bubuk secukupnya. Tekan tombol “cook” pada rice cooker dan tunggu hingga tombol mati. Jika sudah, buka tutup rice cooker lihat apakah beras menjadi lembut(bubur). Jika belum, tambahkan air bertahap sedikit demi sedikit sambil diaduk dan kembali tekan tombol “cook” selama 30 menit. Setelah 30 menit, beras seharusnya sudah menjadi bubur yang lembut. Matikan rice cooker atau biarkan tombol “warm” menyala. Jika sudah, buka rice cooker dan bubur siap disajikan.




      • Tips Penyajian Bubur Nasi
    Jika kamu tinggal di kosan daerah Tebet yang dekat dengan pasar tradisional, kamu bisa menambahkan bubur dengan sayur-sayuran. Belanja sayuran di pasar tidak begitu mahal kok dan tentunya bubur nasi jadi makin sehat jika ditambah sayuran. Kamu juga bisa menambahkan aneka topping seperti yang sudah disebutkan di atas tadi. Jika harus disajikan tanpa topping, gunakan kecap manis atau kecap asin sebagai tambahan rasa pada bubur nasi. Kalian juga bisa menambahkan bawang goreng atau camilan gurih yang kalian punya di kost sebagai topping bubur.

    Memasak bubur nasi dengan rice cooker memang mudah. Kalian tak perlu terlalu sering mengaduk bubur dan dalam waktu yang tak lama, bubur sudah siap disajikan. Inilah mengapa setiap anak kost sebenarnya wajib punya rice cooker. Meski tak tiap hari memasak, di saat-saat kalian harus berhemat seperti ini, rice cooker akan sangat membantu kalian menghemat uang yang tinggal sedikit. So, jangan lupa ya bawa rice cooker saat kalian nanti mulai merantau dan jauh dari orang tua.

    source: mamikos
     

Share This Page