Tips Memilih Kamera DSLR untuk Pemula

Discussion in 'Fotografi' started by Ajeng Fransiska, Jun 29, 2017.

  1. Ajeng Fransiska

    Ajeng Fransiska New Member

    Seiring perkembangan zaman yang semakin modern, kamera sangat diperlukan untuk memenuhi kebutuhan akan gaya yang sudah mulai menjadi kebutuhan utama. Akun sosial media seperti bbm, whatsapp, instagram, facebook, path, twitter dan lain sebagainya itu wajib dimiliki oleh semua orang, tanpa terkecuali anda sediri bukan? Untuk itu dalam memenuhi kebutuhan dalam bergaya di sosial media, maka perlu kamera yang bagus dan berkualitas agar foto yang anda upload bisa terlihat bagus dan menarik. Oleh karena itu, pada saat pembelian sebuah kamera diperlukan sekali perhatian dan penanganan khusus agar nantinya tidak kecewa di kemudian hari.


    [​IMG]

    Dalam pemilihan kamera DSLR untuk pemula itu dibilang mudah ya tidak, dibilang sulit juga tidak. Istilahnya itu biasa disebut susah-susah gampang kalau di lingkungan masyarakat kita. Cermat, teliti dan mempunyai pengamatan / respon yang baik adalah salah satu kunci dalam proses pemilihan ini. Tapi jangan khawatir, disini saya akan memberikan sedikit tips dalam memilih kamera DSLR yang mudah bagi anda. Selain itu juga akan ada pembahasan mengenai harga kamera DSLR untuk pemula, perbandingan antara lebih bagus SLR atau DSLR, bedanya SLR dan DSLR kemudian berikut ada beberapa contoh kamera-kamera yang akan dibahas. Yuk kita simak bersama-sama!
    Selain sebagai alat penyalur dalam mendukung postingan anda di sosial media, pembelian sebuah kamera DSLR mempunyai tujuan lain yang lebih spesifik bagi anda, misalnya sebagai berikut :

    1. Membantu Anda Dalam Proses Dokumentasi

    Pada momen-momen penting anda seperti contohnya pesta ulang tahun, pesta pertunangan, pesta pernikahan dan lain sebagianya, kamera sangat anda perlukan sebagai alat dokumentasi, sehingga momen anda dapat terabadikan dengan baik dan sempurna yang nantinya dapat anda gunakan sebagai album kenangan di masa yang akan datang. Travelingpun biasanya juga tidak lepas dari kamera. Pada saat anda melakukan traveling ataupun liburan sebaiknya anda juga mengabadikannya. Karena, momen traveling itu biasanya selalu berganti-ganti lokasi dan selalu mengexplore tempat yang berbeda-beda sehingga sangat diperlukan pengabadian momen sebagai tanda jika anda sudah pernah mengunjungi tempat tersebut.

    2. Membantu Anda Yang Mempunyai Hobi Fotografi

    Dalam berbagai kalangan, hobi fotografi dianggap hobi yang tergolong cukup mahal. Banyak orang yang menganggap bahwa hobi fotografi itu harus memiliki set kamera yang harganya mahal dengan berbagai aksesoris canggih agar mengahasilkan karya yang indah dan berkualitas. Jika anda adalah salah satu dari sekian banyak orang yang mempunyai hobi fotografi, maka jangan khawatir karena menurut saya pribadi untuk bisa memotret tidak harus menggunakan kamera yang mahal, melainkan kamera yang harganya terjangkaupun masih bisa digunakan untuk menciptakan karya yang hebat. Tinggal kitanya saja yang harus pandai-pandai memposisikan kamera kita saat mengambil gambar agar hasil potretannya tampak keren.

    3. Membantu Dalam Mendukung Bisnis Anda
    Bisnis yang sedang tren pada saat ini adalah jual-beli online. Untuk membantu dalam proses pemasaran produk anda di dunia maya (online) dengan jangkauan yang cukup luas, maka diperlukan sebuah kamera yang bisa mendukung bisnis anda tersebut. Hasil jepretan yang anda ambil pun akan menentukan tertarik atau tidaknya customer untuk membeli produk anda yang sudah anda upload. Jadi untuk membuat customer tertarik, maka buatlah jepretan gambar yang menarik dan jangan asal-asalan.

    Hal-hal yang perlu anda perhatikan sebelum membeli kamera agar tidak salah pilih adalah :

    • Kamera Sebaiknya Merupakan Investasi Longterm
    Saat anda memutuskan untuk membeli sebuah kamera yang berkualitas baik, sebaiknya anda pikirkan matang-matang terlebih dahulu dan jangan asal membeli. Apalagi jika kamera yang ingin anda beli adalah jenis kamera DSLR yang tergolong dalam kategori harga yang lumayan mahal. Tanamkan dalam pikiran anda bahwa dengan membeli kamera tersebut sama saja anda melakukan investasi jangka panjang yang nantinya bisa lebih bermanfaat bagi anda. Dan yang perlu anda perhatikan adalah saat pembelian aksesoris kamera seperti halnya lensa, sebaiknya anda membeli yang satu merk dengan kamera yang akan anda beli sehingga jika suatu saat ingin menjualnya lebih mudah. Anda bisa menjualnya dalam bentuk paketan. Apabila aksesoris dengan kamera anda beda merk pasti akan mengalami sedikit kesulitan saat anda ingin menjualnya.

    • Lingkungan Sekitar (Memilih Merk Yang Banyak Digunakan Teman)
    Hal ini juga perlu anda perhatikan sebelum membeli sebuah kamera DSLR. Baiknya, pilihlah kamera yang mempunyai merk yang umum dibeli pada lingkungan seperti tempat tinggal, kampus ataupun tempat kerja anda. Dengan membeli merk yang umum, maka secara tidak langsung akan membantu penghematan, karena lensa yang anda punya bisa digunakan untuk saling meminjam dan tidak perlu mengoleksi berbagai jenis lensa yang tentunya membutuhkan budget yang tidak sedikit. Anda bisa saja berkompromi dengan teman-teman ataupun anda, untuk membeli lensa yang mempunyai berbeda-beda fungsi, sehingga nantinya akan terkumpul lensa yang beraneka ragam dan dapat digunakan secara bersama-sama.

    • Pahami Spesifikasi dan Fungsi Detailnya
    Memahami spesifikasi dan fungsi detail dari kamera juga cukup penting. Menurut pengalaman pribadi saya, banyak teman yang terburu-buru membeli karena sangat bernafsu ingin segera memilikinya tanpa memahami spesifikasi dan fungsi detail dari kamera yang akan dibeli. Pada akhirnya, dalam kurun waktu yang relatif tidak lama, teman saya kecewa karena pada kenyataannya tidak sesuai dengan apa yang diharapkan dan ujung-ujungnya teman saya berkeinginan untuk menjualnya kembali. Tentu saja saat proses penjualannya pun tidak semudah yang dibayangkan dan belum lagi dihadapkan pada harga jual yang relatif lebih murah. Oleh karena itu, sangat diperlukan pemahaman tentang jati diri dari kamera yang akan anda beli tersebut. Cobalah berlatih menjadi pembeli yang kritis, cermat dan teliti agar tidak timbul rasa penyesalan yang amat mendalam dalam diri anda karena membeli tanpa melakukan pertimbangan dan pengamatan yang baik sehingga kekecewaan tak dapat dihindari lagi.

    • Bertanya Pada Teman Yang Sudah Berpengalaman dan Coba Pinjam Beberapa Kamera Punya Teman Anda Untuk Membandingkan
    Ingatlah pada sebuah pepatah yang mengatakan bahwa “Malu Bertanya Sesat Di Jalan”. Anda tidak mau bukan tersesat seperti kata pepatah tersebut? Makanya sebelum membeli hendaknya anda bertanya-tanya dulu kepada teman ataupun kerabat yang lebih memahami tentang kamera, syukur-syukur anda bisa meminjam untuk mengetahui fungsi dari kamera yang anda pinjam, sehingga anda bisa membandingkan mana yang lebih bagus dan tentu juga harganya terjangkau.


    :toast::kedip:
     
    Last edited: Jun 29, 2017

Share This Page