VIVAnews Forums
Welcome to VIVAforum!
If this is your first visit, be sure to check out the FAQ by clicking the link above. You may have to register before you can post: click the register link above to proceed. To start viewing messages, select the forum that you want to visit from the selection below.


Reply
 
LinkBack Thread Tools Display Modes
  #1  
Old 31 July 2013, 10:04
nathansurya's Avatar
Banned
 
Join Date: Apr 2013
Location: 20
Posts: 301
Thanks: 2
Thanked 3 Times in 3 Posts
nathansurya is an unknown quantity at this point
Default 3 Hutan Terbesar Di Dunia

Ada beberapa jenis hutan di dunia ini, mulai dari hutan tropis yang ditemukan antara Tropic of Cancer dan Tropic of Capricorn, hutan gugur beriklim ditemukan terutama di belahan bumi Utara dan hutan pegunungan konifer ditemukan di daerah beriklim sedang. Dalam 50 tahun terakhir, sekitar setengah dari hutan asli di dunia telah hancur, menyebabkan banyak spesies didalamnya menjadi terancam. Hutan sangat penting bagi kita untuk bertahan hidup karena hutan dapat menyerap karbondioksida selama fotosintesis dan melepaskan oksigen ke atmosfer jadi sudah sepatutnya kita jaga kelestarian hutan di bumi ini. Berikut ini adalah 3 hutan terbesar di dunia.

1. Hutan Amazon


Hutan Amazon

Hutan Amazon adalah hutan hujan terbesar di dunia. Hutan ini tersebar di delapan negara yaitu Brazil, Bolivia, Columbia, Guyana Perancis, Suriname, Peru, Ekuador dan Venezuela, yang mencakup sekitar 5,5 juta kilometer persegi. Hutan Amazon adalah rumah bagi beragam jenis vegetasi dan hewan yang paling banyak dengan berbagai macam ekosistem termasuk jaguar, tapir, dan monyet howler. Sekitar 20 persen dari kandungan oksigen bumi diproduksi oleh Amazon sendiri. Hutan ini mendapat namanya dari sungai terbesar di dunia yang mengalir di dalamnya, yaitu Sungai Amazon. Sebagian besar dataran rendah Amazon selalu banjir dan alam hutan terutama dibentuk oleh dataran tinggi.

Kekeringan Amazon baru-baru ini telah menarik perhatian pada kerentanan hutan tropis terhadap perubahan iklim. Data satelit dan tanah telah menunjukkan peningkatan kebakaran hutan selama tahun-tahun kekeringan dan pohon-pohon yang mati menyusul masalah kekeringan yang lebih parah. Sampai saat ini, belum ada penilaian berbasis satelit atas dampak multi-tahun kekeringan ini di seluruh Amazonia. Kekeringan skala besar dapat menyebabkan rilis berkelanjutan karbondioksida dari kayu membusuk, ekosistem dan mempengaruhi siklus karbon bumi. Para peneliti menyebutkan kekeringan Amazon 2005 berkaitan dengan pemanasan jangka panjang Atlantik dan suhu permukaan laut tropis. “Akibatnya, fenomena iklim yang sama membantu membentuk badai Katrina dan Rita di sepanjang pantai selatan AS pada tahun 2005 juga cenderung menyebabkan kekeringan yang parah di barat daya Amazonia,” kata Saatchi. “Suatu kejadian iklim yang ekstrim menyebabkan kekeringan, yang kemudian merusak pohon Amazon.”

2. Hutan Taiga


Hutan Taiga

Taiga, juga disebut Hutan Boreal dianggap bioma darat terbesar di dunia yang terdiri dari hutan konifer. Hutan Taiga terdiri dari hampir sepertiga dari semua pohon di dunia. Hutan ini memiliki dampak terbesar pada tingkat karbon dioksida dan letaknya tepat di bawah garis tundra dan menerima sinar matahari hanya selama satu bulan dalam setahun sehingga dibutuhkan hampir lebih dari 50 tahun untuk benih tumbuh menjadi pohon muda. Ini membentuk 29 persen dari hutan tertutup di dunia. Taiga adalah ekosistem hutan yang sangat besar. Ini berisi sekitar 25 persen dari semua pohon di dunia dan mencakup 17 persen dari permukaan bumi. Ekosistem Taiga terletak di belahan bumi utara dekat wilayah Arktik. Hutan ini sangat dingin membentang di bagian utara Amerika Utara, Eropa, dan Asia. Kota-kota besar, seperti Moskow dan Toronto, berada di bagian selatan dari ekosistem ini, tapi daerah yang lebih jauh ke utara relatif tidak berpenghuni.

Tanah di hutan Taiga miskin nutrisi dan asam. Hutan ini didominasi oleh larch, cemara-cemara, dan pohon-pohon pinus besar bersama dengan beberapa pohon berdaun lebar seperti birch, willow, aspen, dan lain-lain. Hutan ini juga merupakan rumah bagi berbagai macam hewan termasuk Alaska Blackfish, rusa, Kanada lynx, harimau Siberia, dan lain-lain. Beberapa hewan yang hidup di Taiga tidak pernah melihat manusia. Hutan Taiga rentan terhadap kebakaran hutan. Banyak pohon telah beradaptasi dengan ini melalui pertumbuhan kulit tebal, yang dapat melindungi pohon dari api liar. Iklim Taiga yang sangat dingin mencegah banyak hewan tinggal di sana sepanjang tahun. Selain itu, jelas bahwa penebangan pohon dan kebakaran hutan akhir-akhir ini telah menjadi ancaman terhadap eksistensi dan kelangsungan hidup hutan ini.

3. Hutan Kongo


Hutan Kongo

Hutan Kongo mendapat namanya dari sungai yang mengalir di dalamnya yaitu Sungai Kongo yang merupakan salah satu sungai terpanjang di dunia dan kedua adalah subyek Joseph Conrad penulis buku terkenal The Heart of Darkness. Hampir 70 persen dari tanaman di hutan Kongo ini menutupi benua Afrika. Hal ini meliputi daerah yang luas di Afrika Tengah melalui Kamerun, Equatorial Guinea, Gabon, Republik Afrika Tengah, Republik Demokratik Kongo dan Republik Kongo. Hal ini juga menjadi sebuah ekosistem yang semakin rapuh dari hari ke hari karena penebangan hutan, penebangan komersial, dan membersihkan sebagian ladang dari hutan untuk keperluan pertanian. Berburu atau perburuan hewan untuk mengambil daging mereka (bush meat) telah memberikan dampak negatif yaitu banyak spesies terancam punah. Hutan Kongo adalah hutan hujan yang dikenal sebagai habitat simpanse kerdil. Binatang lain yang tinggal di Kongo Basin adalah kuda nil, Okapi, gorila, gajah Afrika, dan lain-lain. Sebagian penduduk Republik Demokratik Kongo bergantung pada hutan ini untuk mencukupi kebutuhan makanan, obat-obatan dan tempat tinggal.

Penduduk atau orang paling terkenal yang menempati hutan hujan Kongo adalah suku Pygmy. Ketinggian rata-rata pria Pygmy hanya 4 kaki 10 inci (1,45 meter). Tinggi rata-rata wanita Pygmy hanya 4 kaki 1 inci (1,33 meter). Iklim Kongo adalah hangat dan basah dengan suhu rata-rata 77 derajat Fahrenheit. Hutan hujan Kongo adalah satu-satunya tempat di dunia di mana semua tiga subspesies gorila dapat ditemukan. Mereka adalah gorila gunung, gorila dataran rendah, dan gorila dataran rendah timur. Bonobo hanya ditemukan di hutan hujan Kongo, mereka adalah kerabat paling dekat dengan manusia. Hutan hujan Kongo adalah rumah bagi lebih dari 11.000 spesies tanaman yang berbeda. Lebih dari seribu spesies ini unik dan hanya terdapat di hutan hujan Kongo. Vegetasi hutan hujan Kongo begitu padat dan banyak bagian dari hutan ini tidak pernah dilihat ataupun dijamah oleh manusia.
3 Hutan Terbesar Di Dunia | PuncakDunia.com


Reference:
Top 10 Largest Forests in the World | Spot On Lists
Top 10 Largest Natural Forests in the World - List Dose
Study Finds Severe Climate Jeopardizing Amazon Forest - NASA Jet Propulsion Laboratory
CONGO RAINFOREST FACTS
The Congo Rainforest
Weekend Diversion: The Top 10 Forests in the World – Starts With A Bang
Largest Forest in the World - Taiga in Russia
Global Forest & Trade Network | Initiatives | WWF
Amazon forest fire risk to increase in 2013
Top 10 facts about the Amazon Rainforest | The Inside Track | Travel Blog from On The Go Tours
Reply With Quote
  #2  
Old 31 July 2013, 12:46
hktoyshop's Avatar
Super Member
 
Join Date: Feb 2009
Location: http://hk-toys.com
Posts: 35,485
Thanks: 13
Thanked 567 Times in 358 Posts
hktoyshop super top memberhktoyshop super top memberhktoyshop super top memberhktoyshop super top memberhktoyshop super top memberhktoyshop super top memberhktoyshop super top memberhktoyshop super top memberhktoyshop super top memberhktoyshop super top memberhktoyshop super top member
Default

wao bisa luas banget gan itu isinya hutan semua gan
__________________
mampir gan di mari blog ane yang pingin ketawa
http://gambar.humor-jorok.com
Reply With Quote
  #3  
Old 31 July 2013, 13:00
dewi0406's Avatar
Silver Member
 
Join Date: Dec 2012
Location: 20
Posts: 1,239
Thanks: 0
Thanked 0 Times in 0 Posts
dewi0406 super top memberdewi0406 super top memberdewi0406 super top memberdewi0406 super top memberdewi0406 super top memberdewi0406 super top memberdewi0406 super top memberdewi0406 super top memberdewi0406 super top memberdewi0406 super top memberdewi0406 super top member
Default

Hutan indonesia ga termasuk ya
Reply With Quote
Reply

Bookmarks

Tags
dunia, hutan, terbesar

Thread Tools
Display Modes

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off
Trackbacks are On
Pingbacks are On
Refbacks are On



All times are GMT +7. The time now is 22:53.