VIVAnews Forums
Welcome to VIVAforum!
If this is your first visit, be sure to check out the FAQ by clicking the link above. You may have to register before you can post: click the register link above to proceed. To start viewing messages, select the forum that you want to visit from the selection below.


Reply
 
LinkBack Thread Tools Display Modes
  #1  
Old 21 October 2013, 10:38
nathansurya's Avatar
Banned
 
Join Date: Apr 2013
Location: 20
Posts: 301
Thanks: 2
Thanked 3 Times in 3 Posts
nathansurya is an unknown quantity at this point
Default 3 Perpustakaan Tertua di Dunia

Perpustakaan adalah salah satu tempat yang sangat menarik untuk dikunjungi saat akhir pekan, terlebih lagi untuk para pecinta buku, tentu saja perpustakaan adalah tempat yang tak mungkin terlewatkan. Berikut ini adalah 3 perpustakaan tertua di dunia yang masih beroperasi hingga saat ini.

1. Perpustakaan The Royal Ashurbanipal (sebelum abad ke 7)

Nama lengkapnya adalah The Royal Library of Ashurbanipal yang didirikan oleh Raja Ashurbanipal, raja terakhir dari Kekaisaran Asiria Baru. Di perpustakaan ini tersimpan ribuan tablet tanah liat dan juga fragmen-fragmen yang berisi teks berbagai macam jenis dari abad ke-7 sebelum masehi. Saat pertama kali ditemukan, ada banyak potongan-potongan teks yang berserakan yang membuat para ahli kesusahan dalam merekonstruksi ulang teks-teks aslinya. Fragmen-fragmen ini ditemukan di daerah arkeologis di Kouyunjik yang diperkirakan merupakan kota Niniwe dalam Perjanjian Lama, di utara Mesopotamia. Situs ini dapat ditemui di Irak saat ini.

Situs ini pertama kali ditemukan oleh Austen Henry Layard. Sebagian besar teks yang ada di sini sudah dipindahkan ke Inggris dan sekarang dapat dilihat di British Museum. Situs ini sudah dikenal sejak tahun 1849 yang bernama South-West Palace yang merupakan Royal Palace dari Raja Sennacherib. Raja Ashurbanipal suka dengan literatur, dan merupakan seorang kolektor tablet dan text yang sabar. Dia mengirimkan orang-orangnya untuk pergi ke seluruh Kerajaan Asiria Baru untuk mengumpulkan teks-teks kuno. Dia mempekerjakan ilmuan untuk mengkopi teks-teks yang ada, terutama dari sumber Babylonia. Fragmen dari Royal Library ini meliputi royal inscription, ramalan, mitos, religius teks, kontrak, pemberian anugerah, surat pemerintahan, dan berbagai macam administrasi negara lainnya. Beberapa dari teks menyangkut masalah kesucian, omen, inkanasi, dan himne untuk berbagai Tuhan, yang lainnya berkaitan dengan pengobatan, astronomi, dan literatur. The Epic of Gilgamesh, yang merupakan puisi terbesar dari Babilonia Kuno ditemukan dalam perpustakaan ini. Dokumen-dokumen asli yang ada di perpustakaan ini sebenarnya mungkin punya nilai yang lebih besar dibandingkan dengan papirus, tablet tanah liat ataupun tablet yang telah beku yang ada di British Library.

2. Perpustakaan di Biara St Catherine, Gunung Sinai Mesir (Antara 548-565)

Biara ini terletak di lereng yang lebih rendah dari Gunung Sinai. Letak perpustakaan yang ada dalam biara ini benar-benar jauh dari deskripsi peradaban kota. Apalagi jika dibandingkan dengan perpustakaan lainnya yang ditemukan pada abad setelahnya, lokasinya cukup jauh dari keramaian kota. Jika Anda datang dari Kairo, Anda dapat mencapai Biara Catherine melalui jalan darat dengan waktu tempuh selama 6 jam.

Perpustakaan yang ditemukan di Biara St Catherine ini menjadi perpustakaan tertua kedua di dunia. Biara itu sendiri merupakan peninggalan atau warisan dari peradaban sebelumnya, dan Anda tidak bisa menemukan biara serupa Biara St Catherine ini yang masih ada hingga sekarang. Di perpustakaan ini, Anda bisa menemukan beberapa naskah Bizantium, yang merupakan salah satu koleksi yang paling diawetkan dan unik di Athenaeum. Naskah Bizantium ini juga termasuk naskah kuno awal dibanding naskah kuno lainnya. Naskah Bizantium juga sering dikenal sebagai Sinaiticus Siria.

3. Perpustakaan Nasional Republik Czek, Praha (1.366)

Perpustakaan Nasional Republik Czek ini bukan hanya salah satu perpustakaan tertua di bumi, tetapi juga salah satu perpustakaan terbesar yang melayani lebih dari 1 juta pembaca setiap tahun. Bahkan, melayani setiap orang yang lebih dari 18 tahun, apakah Anda seorang mahasiswa, sarjana, guru, dan bahkan seorang ilmuwan. Anda bebas untuk mengunjungi tempat ini dan meminjam buku karena ada sekitar 1 juta buku yang sedang dipinjamkan dari Bibliotheca ini.

Perpustakaan ini memiliki gaya arsitektur yang unik. Dibangun berawal dari sumbangan buku oleh Raja Charles ke IV. Maka dari itu, sejarah perpustakaan ini erat hubungannya dengan berdirinya Charles University pada tahun 1348. Perpustakaan ini telah menerima dukungan besar dari dunia internasional dan bahkan dari UNESCO karena menjunjung tinggi misi asli dari perpustakaan nasional untuk melayani masyarakat dan sebagai arsip dokumen, yang juga termasuk file digital. Pemandangan yang paling mempesona adalah arsitektur baroque dari kompleks Klementium di dalam perpustakaan tersebut.
3 Perpustakaan Tertua di Dunia | PuncakDunia.com


References:
http://bibliophilescorner.com/2011/0...-in-world.html
Top 5 Oldest National Libraries in the World
Library of Ashurbanipal - Wikipedia, the free encyclopedia
JSTOR: An Error Occurred Setting Your User Cookie
Ever wondered what the oldest library in the world is? | Off the Shelf
What Is The Oldest Library In The World? - Blurtit
Susan Lugo - LIS 450LTL Timeline Past
Library of Ashurbanipal - encyclopedia article about Library of Ashurbanipal.
St Catharine's College Cambridge - Library
http://www.theeuropeanlibrary.org/te...ributor/P01186
Reply With Quote
  #2  
Old 21 October 2013, 12:55
bolabet12's Avatar
Senior Member
 
Join Date: Jun 2013
Location: 20
Posts: 715
Thanks: 0
Thanked 1 Time in 1 Post
bolabet12 is an unknown quantity at this point
Default

yang ke 3. Perpustakaan Nasional Republik Czek, Praha (1.366) bagus banget itu dalamnya
Reply With Quote
  #3  
Old 21 October 2013, 14:53
samasamasuka's Avatar
Platinum Member
 
Join Date: Oct 2011
Location: Bandung
Posts: 9,245
Thanks: 22
Thanked 7 Times in 7 Posts
samasamasuka super top membersamasamasuka super top membersamasamasuka super top membersamasamasuka super top membersamasamasuka super top membersamasamasuka super top membersamasamasuka super top membersamasamasuka super top membersamasamasuka super top membersamasamasuka super top membersamasamasuka super top member
Default

waw keren, adanya perpustakaan itu membuktikan bahwa sejak jaman dahulu kala sudah banyak orang yang gemar baca
Reply With Quote
  #4  
Old 22 October 2013, 11:57
hktoyshop's Avatar
Super Member
 
Join Date: Feb 2009
Location: http://hk-toys.com
Posts: 35,479
Thanks: 13
Thanked 568 Times in 359 Posts
hktoyshop super top memberhktoyshop super top memberhktoyshop super top memberhktoyshop super top memberhktoyshop super top memberhktoyshop super top memberhktoyshop super top memberhktoyshop super top memberhktoyshop super top memberhktoyshop super top memberhktoyshop super top member
Default

wah itu bukunya umurnya besara lama gan gila selama itu ya
__________________
mampir gan di mari blog ane yang pingin ketawa
http://gambar.humor-jorok.com
Reply With Quote
Reply

Bookmarks

Thread Tools
Display Modes

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off
Trackbacks are On
Pingbacks are On
Refbacks are On



All times are GMT +7. The time now is 10:39.