VIVAnews Forums
Welcome to VIVAforum!
If this is your first visit, be sure to check out the FAQ by clicking the link above. You may have to register before you can post: click the register link above to proceed. To start viewing messages, select the forum that you want to visit from the selection below.


Reply
 
LinkBack Thread Tools Display Modes
  #1  
Old 28 November 2010, 08:58
gustu290990's Avatar
Silver Member
 
Join Date: Aug 2010
Location: Lovely Island
Posts: 2,511
Thanks: 23
Thanked 122 Times in 82 Posts
gustu290990 super top membergustu290990 super top membergustu290990 super top membergustu290990 super top membergustu290990 super top membergustu290990 super top membergustu290990 super top membergustu290990 super top membergustu290990 super top membergustu290990 super top membergustu290990 super top member
:pengumuman: 10 Bencana Alam Terdahsyat Sepanjang Sejarah Amerika Serikat

Dalam catatan sejarah, kegagalan manusia untuk berusaha menguasai alam telah mengakibatkan berbagai konsekuensi mengerikan, mulai dari hancurnya perekonomian hingga hilangnya ribuan nyawa. Walaupun teknologi pada zaman modern seperti sekarang sudah sangat maju, kekuatan alam tetap berada di atas kuasa manusia dari waktu ke waktu. Berdasarkan pertimbangan sisi kemanusiaan dan perekonomian, berikut adalah sepuluh bencana alam terburuk yang pernah melanda Amerika Serikat.

1. Tri-State Tornado - 18 Maret 1925
Quote:
Selama lebih dari tiga setengah jam, Tri-State Tornado menjadi tornado paling mematikan yang merobek-robek daratan utama AS. Tornado ini membunuh 700 orang dan menghancurkan lebih dari 15.000 ribu rumah di wilayah Illinois, Indiana, dan Missouri. Setelah bencana ini, pemerintah setempat mulai mengembangkan sistem peringatan tornado yang diharapkan dapat menekan angka kematian jika bencana kembali datang.



2. Kebakaran Peshtigo - 8 Oktober 1871
Quote:
Kebakaran yang tidak terlalu menyorot perhatian publik di wilayah Wisconsin dan terjadi bersamaan dengan Kebakaran Hebat Chicago ternyata menjadi kebakaran paling mematikan pada tahun itu. Kota Peshtigo, kota yang dilanda kekeringan itu dilalap si jago merah ketika angin kencang membawa api-api kecil dari padang yang terbakar. Api yang semakin tak terkendali terus merembet dan mencapai sisi lain dari sungai Peshtigo, membuat kota tersebut terperangkap dari dua sisi. Saat api berhasil dijinakkan, 1200 orang tewas dan dua belas kota hangus terbakar.


3. Banjir Johnstown - 31 Mei 1889
Quote:
Pada akhir abad 19, komunitas industri kecil di Johnstown, Pennsylvania memperoleh reputasi sebagai produsen besi baja berkualitas tinggi. Semua ketenaran itu tersapu bersih saat bendungan South Fork yang kurang terawat di atas gunung, sekitar 14 mil dari kota, bobol akibat hujan yang terus menerus turun. Air sebanyak 20 juta ton menghancurkan kota Johnstown dengan kekuatan setara dengan air terjun Niagara. Banjir ini membunuh 2209 orang dan menenggelamkan 1600 rumah.


4. Gelombang Panas 1988 - Musim Panas 1988
Quote:
Kekeringan yang melanda dan menghancurkan perekonomian agrikultur AS semakin diperburuk oleh serangan gelombang panas pada 1988. Kerugian pada sektor agrikultur akibat bencana ini melebihi US$ 61 miliar. Kondisi kekeringan ini memicu kebakaran yang melanda Taman Nasional Yellowstone dan Gunung Rushmore pada musim panas 1988. Sekitar 5000 hingga 10000 orang terkena berbagai komplikasi kesehatan akibat panas yang sangat menyengat ini.


5. Gelombang Panas 1980 - Musim Panas 1980
Quote:
Serangan gelombang panas di tahun 1980 terbukti menjadi salah satu kondisi cuaca terburuk dalam sejarah AS. Temperatur bertekanan tinggi melanda pusat AS dan AS bagian selatan, menekan suhu hingga mencapai 90 derajat Fahrenheit (32,2 derajat Celsius). Sebanyak 10000 orang meninggal dunia akibat hawa panas dan berbagai penyakit dari stres berkepanjangan. Kerusakan agrikultur diestimasi sebesar US$ 48 miliar.


6. Angin Topan Okeechobee - 16 September 1928
Quote:
Saat para penghuni Lake Okeechobbee yang tengah mengungsi mengetahui angin topan yang diprediksi tidak datang sesuai jadwal, mereka pun kembali pulang. Namun sial melanda pada sore hari menjelang malam pada tanggal 16 September. Badai tersebut ternyata datang. Angin topan berkecepatan 140 mph (225 kph) itu menghancurkan kota kecil di pinggir danau dan menyebabkan banjir hebat selama berminggu-minggu. Sekitar 2500 nyawa melayang akibat musibah ini.


7. Kebakaran dan Gempa Bumi Dahsyat San Francisco
Quote:
Penduduk San Francisco terbangun di pagi hari oleh gempa bumi berkekuatan 7,7 hingga 7,9 skala Richter yang berlangsung kurang dari satu menit. Walau hanya sebentar, gempa ini mengakibatkan kebakaran hebat di berbagai penjuru kota selama empat hari berturut-turut. Tak hanya merusak saluran gas kota, gempa juga merusak jaringan air bawah tanah.

Pemadam kebakaran pun kesulitan karena kekurangan air. Saat api berhasil dipadamkan, 3000 nyawa melayang dan lebih dari 500 blok terbakar. 225.000 orang yang berhasil selamat, harus menerima kenyataan pahit menjadi tunawisma.


8. Debu Dust Bowl - Awal 1930
Quote:
Pada awal 1930, padang Great Plains adalah surga para petani. Permintaan akan gandum yang terus meningkat memaksa para petani untuk lebih menggarap lahan gembur di wilayah selatan padang tersebut. Tanah yang terus menerus digarap menyebabkan erosi, karena akar rumput dan pohon yang ada di Great Plains digantikan oleh bibit gandum.

Bencana yang sebenarnya terjadi pada saat kekeringan melanda. Lapisan luar tanah ternyata berubah menjadi debu dalam jumlah masif dan tersapu oleh angin kencang ke arah timur, menyebabkan langit sekitar hingga kawasan pantai Atlantik menjadi gelap. Hampir sebagian besar hasil cocok tanam hancur oleh musibah ini. Sementara para petani yang berjumlah sekitar setengah juta orang, kehilangan pekerjaannya.


9. Badai Katrina - 29 Agustus 2005
Quote:
Badai Atlantik yang semua dikategorikan sebagai badai kategori 1 ini ternyata menjadi musibah pantai terburuk dalam sejarah AS. Badai Katrina menyapu bersih kawasan pantai Louisiana dengan kecepatan 125 mph (201,1 kph), merusak tanggul pelindung New Orleans, dan menenggalamkan 80 persen kota sekitar. Katrina membunuh sekitar 1836 orang dan menyebabkan kerusakan senilai US$ 125 miliar.


10. Badai Galveston - 8 September 1900
Quote:
Galveston dikenal pada akhir abad ke-19 sebagai "Mutiara Texas" hingga akhirnya dilanda bencana alam terdahsyat sepanjang sejarah AS. Badai kategori 4 dengan kecepatan 135 mph (217,26 kph) menghantam kota terbesar Texas penghasil kapas ini pada pagi hari, menghancurkan hampir semua bangunan dengan gelombang air setinggi 15 kaki.

Pada petang hari setelah musibah tragis itu, seluruh pulau tenggelam, bak Atlantis. Sekitar 8000 orang dinyatakan hilang. Walaupun kota ini berhasil dibangun kembali, kesejahteraan kota yang memiliki reputasi sebagai "New York kawasan Selatan" ini tidak pernah datang lagi.

Spoiler:
sumber:
Code:
http://www.uniktapifakta.com/2010/07/bencana-alam-terdahsyat-sepanjang.html
Reply With Quote
  #2  
Old 28 November 2010, 09:05
giulie's Avatar
Moderator In Training
 
Join Date: Jul 2010
Location: Somewhere I belong
Posts: 0
Thanks: 137
Thanked 130 Times in 47 Posts
giulie super top membergiulie super top membergiulie super top membergiulie super top membergiulie super top membergiulie super top membergiulie super top membergiulie super top membergiulie super top membergiulie super top membergiulie super top member
Default

huwaaaaaaa...
10.000 nyawa??


stunami Aceh g masuk yah?

Gempa bumi Samudra Hindia 2004
"Gempa yang mengakibatkan tsunami menyebabkan sekitar 230.000 orang tewas di 8 negara. Ombak tsunami setinggi 9 meter. Bencana ini merupakan kematian terbesar sepanjang sejarah. Indonesia, Sri Langka, Inda, dan Thailand merupakan negara dengan jumlah kematian terbesar"
Reply With Quote
  #3  
Old 28 November 2010, 09:08
gustu290990's Avatar
Silver Member
 
Join Date: Aug 2010
Location: Lovely Island
Posts: 2,511
Thanks: 23
Thanked 122 Times in 82 Posts
gustu290990 super top membergustu290990 super top membergustu290990 super top membergustu290990 super top membergustu290990 super top membergustu290990 super top membergustu290990 super top membergustu290990 super top membergustu290990 super top membergustu290990 super top membergustu290990 super top member
Default

Quote:
Originally Posted by giulie View Post
huwaaaaaaa...
10.000 nyawa??


stunami Aceh g masuk yah?

Gempa bumi Samudra Hindia 2004
"Gempa yang mengakibatkan tsunami menyebabkan sekitar 230.000 orang tewas di 8 negara. Ombak tsunami setinggi 9 meter. Bencana ini merupakan kematian terbesar sepanjang sejarah. Indonesia, Sri Langka, Inda, dan Thailand merupakan negara dengan jumlah kematian terbesar"
judulnya liat donks neng...

emang Indonesia, Sri Langka, Inda, dan Thailand bagian USA ya???

tapi klo listnya dunia pasti masuk nih.... gila aja 230 rb yg mati....
Reply With Quote
  #4  
Old 28 November 2010, 09:10
giulie's Avatar
Moderator In Training
 
Join Date: Jul 2010
Location: Somewhere I belong
Posts: 0
Thanks: 137
Thanked 130 Times in 47 Posts
giulie super top membergiulie super top membergiulie super top membergiulie super top membergiulie super top membergiulie super top membergiulie super top membergiulie super top membergiulie super top membergiulie super top membergiulie super top member
Default

Quote:
Originally Posted by gustu290990 View Post
judulnya liat donks neng...

emang Indonesia, Sri Langka, Inda, dan Thailand bagian USA ya???

tapi klo listnya dunia pasti masuk nih.... gila aja 230 rb yg mati....
hahah..
iya iya..
maaf...

Giu kirain di dunia..
hahhahahh
Reply With Quote
  #5  
Old 28 November 2010, 09:16
gustu290990's Avatar
Silver Member
 
Join Date: Aug 2010
Location: Lovely Island
Posts: 2,511
Thanks: 23
Thanked 122 Times in 82 Posts
gustu290990 super top membergustu290990 super top membergustu290990 super top membergustu290990 super top membergustu290990 super top membergustu290990 super top membergustu290990 super top membergustu290990 super top membergustu290990 super top membergustu290990 super top membergustu290990 super top member
Default

Quote:
Originally Posted by giulie View Post
hahah..
iya iya..
maaf...

Giu kirain di dunia..
hahhahahh
iya.... klo di indonesia paling makan banyak korban yang tsunami aceh khan??
Reply With Quote
  #6  
Old 28 November 2010, 09:17
giulie's Avatar
Moderator In Training
 
Join Date: Jul 2010
Location: Somewhere I belong
Posts: 0
Thanks: 137
Thanked 130 Times in 47 Posts
giulie super top membergiulie super top membergiulie super top membergiulie super top membergiulie super top membergiulie super top membergiulie super top membergiulie super top membergiulie super top membergiulie super top membergiulie super top member
Default

Quote:
Originally Posted by gustu290990 View Post
iya.... klo di indonesia paling makan banyak korban yang tsunami aceh khan??
coba tambahin..10 bencana paling besar di dunia
Reply With Quote
  #7  
Old 28 November 2010, 09:23
gustu290990's Avatar
Silver Member
 
Join Date: Aug 2010
Location: Lovely Island
Posts: 2,511
Thanks: 23
Thanked 122 Times in 82 Posts
gustu290990 super top membergustu290990 super top membergustu290990 super top membergustu290990 super top membergustu290990 super top membergustu290990 super top membergustu290990 super top membergustu290990 super top membergustu290990 super top membergustu290990 super top membergustu290990 super top member
Default

Quote:
Originally Posted by giulie View Post
coba tambahin..10 bencana paling besar di dunia
based on death stats nya ya.... nie dari om wiki.......

1. 1,000,0002,500,000*[1] 1931 China floods China 01931 !July, November, 1931

2. 900,0002,000,000[2] 1887 Yellow River flood China 01887 !September, October, 1887

3. 830,000 1556 Shaanxi earthquake Shaanxi Province, China 01556 !January 23, 1556

4. 500,000[1] 1970 Bhola cyclone East Pakistan (now Bangladesh) 01970-11-13November 13, 1970

5. 300,000[citation needed] 1839 India Cyclone India 01839 !November 25, 1839

6. 250,000300,000 526 Antioch earthquake Antioch, Turkey 00526-05 May 526

7. 242,419 (the death toll has been estimated to be as high as 665,000)[1] 1976 Tangshan earthquake Tangshan, Hebei, China 01976-07-28July 28, 1976

8. 234,117[1] 1920 Haiyuan earthquake Haiyuan, Ningxia-Gansu, China 01920-12-16December 16, 1920

9. 230,210 2004 Indian Ocean Tsunami Sumatra, Indonesia 02004-12-26December 26, 2004

10. 222,000[4] 2010 Haiti earthquake
Reply With Quote
  #8  
Old 28 November 2010, 09:49
giulie's Avatar
Moderator In Training
 
Join Date: Jul 2010
Location: Somewhere I belong
Posts: 0
Thanks: 137
Thanked 130 Times in 47 Posts
giulie super top membergiulie super top membergiulie super top membergiulie super top membergiulie super top membergiulie super top membergiulie super top membergiulie super top membergiulie super top membergiulie super top membergiulie super top member
Default

Quote:
Originally Posted by gustu290990 View Post
based on death stats nya ya.... nie dari om wiki.......

1. 1,000,0002,500,000*[1] 1931 China floods China 01931 !July, November, 1931

2. 900,0002,000,000[2] 1887 Yellow River flood China 01887 !September, October, 1887

3. 830,000 1556 Shaanxi earthquake Shaanxi Province, China 01556 !January 23, 1556

4. 500,000[1] 1970 Bhola cyclone East Pakistan (now Bangladesh) 01970-11-13November 13, 1970

5. 300,000[citation needed] 1839 India Cyclone India 01839 !November 25, 1839

6. 250,000300,000 526 Antioch earthquake Antioch, Turkey 00526-05 May 526

7. 242,419 (the death toll has been estimated to be as high as 665,000)[1] 1976 Tangshan earthquake Tangshan, Hebei, China 01976-07-28July 28, 1976

8. 234,117[1] 1920 Haiyuan earthquake Haiyuan, Ningxia-Gansu, China 01920-12-16December 16, 1920

9. 230,210 2004 Indian Ocean Tsunami Sumatra, Indonesia 02004-12-26December 26, 2004

10. 222,000[4] 2010 Haiti earthquake
hueeeeeeeeeeeee

2.5juta orang meninggal...
kek apa tuh..
Reply With Quote
  #9  
Old 28 November 2010, 09:55
J-Rock's Avatar
Junior Member
 
Join Date: Nov 2010
Location: Surabaya
Posts: 0
Thanks: 0
Thanked 0 Times in 0 Posts
J-Rock super top memberJ-Rock super top memberJ-Rock super top memberJ-Rock super top memberJ-Rock super top memberJ-Rock super top memberJ-Rock super top memberJ-Rock super top memberJ-Rock super top memberJ-Rock super top memberJ-Rock super top member
Default

Quote:
Originally Posted by giulie View Post
hueeeeeeeeeeeee

2.5juta orang meninggal...
kek apa tuh..

cup" giu.. hehehe.. aku ga ikut" comment deh..
cuman nulis aja nih hahaha..
Reply With Quote
  #10  
Old 28 November 2010, 09:57
giulie's Avatar
Moderator In Training
 
Join Date: Jul 2010
Location: Somewhere I belong
Posts: 0
Thanks: 137
Thanked 130 Times in 47 Posts
giulie super top membergiulie super top membergiulie super top membergiulie super top membergiulie super top membergiulie super top membergiulie super top membergiulie super top membergiulie super top membergiulie super top membergiulie super top member
Default

Quote:
Originally Posted by J-Rock View Post
cup" giu.. hehehe.. aku ga ikut" comment deh..
cuman nulis aja nih hahaha..
bayangin deh..
yang tsunami aceh aja kek gitu..

itu cuma masuk nomor 9..

huweeeeeeeeeee...
yang nomor 1...
hawiiiiiiiiiiikkk

g bisa bayangin
Reply With Quote
Reply

Bookmarks

Tags
amerika, bencana, sejarah

Thread Tools
Display Modes

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off
Trackbacks are On
Pingbacks are On
Refbacks are On



All times are GMT +7. The time now is 11:04.