VIVAnews Forums
Welcome to VIVAforum!
If this is your first visit, be sure to check out the FAQ by clicking the link above. You may have to register before you can post: click the register link above to proceed. To start viewing messages, select the forum that you want to visit from the selection below.


Reply
 
LinkBack Thread Tools Display Modes
  #1  
Old 11 June 2011, 12:53
Linzoba's Avatar
Senior Member
 
Join Date: May 2011
Posts: 635
Thanks: 3
Thanked 6 Times in 6 Posts
Linzoba super top memberLinzoba super top memberLinzoba super top memberLinzoba super top memberLinzoba super top memberLinzoba super top memberLinzoba super top memberLinzoba super top memberLinzoba super top memberLinzoba super top memberLinzoba super top member
:peluk: 6 teori yang menceritakan terjadinya alam semesta?



Bumi dengan isi dan bentuknya merupakan salah satu planet anggota tata surya yang beredar mengelilingi matahari. Karna bumi merupakan anggota dari tata surya , sejarah terbentuk dan perkembangan berhubung dengan sejarah terbentuknya tata surya. ada 5 teori yang menceritakan terjadinya alam semeseta ini Please Chekc


Ada banyak hipotesis tentang asal usul tata surya telah dikemukakan para ahli, diantaranya adalah sebagai berikut ini :


1. Hipotesis Nebula

Quote:
Hipotesis nebula pertama kali dikemukakan oleh Immanuel Kant(1724-1804) pada tahun 1775. Kemudian hipotesis ini disempurnakan oleh Pierre Marquis de Laplace pada tahun 1796. Oleh karena itu, hipotesis ini lebih dikenal dengan Hipotesis nebula Kant-Laplace. Pada tahap awal tata surya masih berupa kabut raksasa. Kabut ini terbentuk dari debu, es, dan gas yang disebut nebula.

Unsur gas sebagian besar berupa hidrogen. Karena gaya gravitasi yang dimilikinya, kabut itu menyusut dan berputar dengan arah tertentu. Akibatnya, suhu kabut memanas dan akhirnya menjadi bintang raksasa yang disebut matahari. Matahari raksasa terus menyusut dan perputarannya semakin cepat. Selanjutnya cincin-cincin gas dan es terlontar ke sekeliling matahari. Akibat gaya gravitasi, gas-gas tersebut memadat seiring dengan penurunan suhunya dan membentuk planet dalam. Dengan cara yang sama, planet luar juga terbentuk.


2. Hipotesis Planetisimal

Quote:
Hipotesis planetisimal pertama kali dikemukakan oleh Thomas C. Chamberlain dan Forest R. Moulton pada tahun 1900. Hipotesis planetisimal mengatakan bahwa tata surya kita terbentuk akibat adanya bintang lain yang hampir menabrak matahari.
3. Hipotesis Pasang Surut Bintang

Quote:
Hipotesis pasang surut bintang pertama kali dikemukakan oleh James Jean dan Herold Jaffries pada tahun 1917. Hipotesis pasang surut bintang sangat mirip dengan hipotesis planetisimal. Namun perbedaannya terletak pada jumlah awalnya matahari.
4. Hipotesis Kondensasi

Quote:
Hipotesis kondensasi mulanya dikemukakan oleh astronom Belanda yang bernama G.P. Kuiper (1905-1973) pada tahun 1950. Hipotesis kondensasi menjelaskan bahwa tata surya terbentuk dari bola kabut raksasa yang berputar membentuk cakram raksasa.
5. Hipotesis Bintang
Quote:
Kembar Hipotesis bintang kembar awalnya dikemukakan oleh Fred Hoyle (1915-2001) pada tahun 1956. Hipotesis mengemukakan bahwa dahulunya tata surya kita berupa dua bintang yang hampir sama ukurannya dan berdekatan yang salah satunya meledak meninggalkan serpihan-serpihan kecil.
6. Hipotesis Big Bang

Quote:
Big Bang merupakan salah satu teori tentang awal pembentukan jagat raya. Teori ini menyatakan bahwa jagat raya dimulai dari satu ledakan besar dari materi yang densitasnya luar biasa besar. Impilikasinya jagat raya punya awal dan akhir. Teori ini terus-menerus dibuktikan kebenarannya melalui sejumlah penemuan, dan diterima oleh sebagian besar astrofisikawan masa kini.

Last edited by Linzoba; 21 June 2011 at 16:01.
Reply With Quote
  #2  
Old 11 June 2011, 19:38
Happy Banget's Avatar
Platinum Member
 
Join Date: Feb 2011
Location: mokuu.com
Posts: 17,187
Thanks: 2
Thanked 90 Times in 81 Posts
Happy Banget super top memberHappy Banget super top memberHappy Banget super top memberHappy Banget super top memberHappy Banget super top memberHappy Banget super top memberHappy Banget super top memberHappy Banget super top memberHappy Banget super top memberHappy Banget super top memberHappy Banget super top member
:getokk:

Linknya Gede2 dan Banyak ya mas eh ini apa ga salah kamar ya mas brow
Reply With Quote
  #3  
Old 13 June 2011, 02:16
Banned
 
Join Date: Jun 2011
Posts: 172
Thanks: 0
Thanked 9 Times in 5 Posts
omtatox is an unknown quantity at this point
Default

kok disini masang post tentang alam semesta gan
Reply With Quote
Reply

Bookmarks

Thread Tools
Display Modes

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off
Trackbacks are On
Pingbacks are On
Refbacks are On



All times are GMT +7. The time now is 22:46.