VIVAnews Forums
Welcome to VIVAforum!
If this is your first visit, be sure to check out the FAQ by clicking the link above. You may have to register before you can post: click the register link above to proceed. To start viewing messages, select the forum that you want to visit from the selection below.


Reply
 
LinkBack Thread Tools Display Modes
  #1  
Old 1 January 2013, 00:49
dp163's Avatar
New Member
 
Join Date: Sep 2012
Location: 20
Posts: 22
Thanks: 0
Thanked 4 Times in 2 Posts
dp163 is an unknown quantity at this point
Cool Peristiwa Astronomi tahun 2013

Januari

3 dan 4 Januari - Hujan Meteor Quadrantids. Quadrantid adalah hujan meteor di atas rata-rata, dengan sampai 40 meteor per jam pada puncaknya. Biasanya puncaknya terjadi pada tanggal 3 dan 4 Januari, tetapi beberapa meteor bisa terlihat dari tanggal 1 sampai 5 Januari. Bulan kuartal terakhir dekat akan menyembunyikan banyak meteor redup dengan silaunya. Tampilan terbaik akan berasal dari lokasi yang gelap setelah tengah malam. Carilah meteor memancar dari konstelasi Bootes.

11 Januari - Bulan Baru.

21 Januari - Konjungsi Jupiter Oleh Bulan

Konjungsi merupakan peristiwa yang terjadi saat jarak sudut suatu benda langit berada pada jarak sangat dekat dengan benda langit lainnya. Inilah yang akan terjadi dengan Jupiter oleh Bulan.
Kedua benda langit ini akan membuat pendekatan terdekat mereka di langit malam untuk dilihat dengan mata telanjang.

27 Januari - Bulan Purnama.

Februari

02-23 Februari - Saat Terbaik Mengamati Merkurius di Sore Hari
Merkurius memang sangat sulit diamati dengan mata telanjang. Namun pada tanggal tersebut,Merkurius akan melakukan perjalanan yang cukup jauh dari silau matahari dan tentu akan mudah terlihat di langit barat,segera setelah matahari terbenam.
Merkurius akan terlihat cukup cerah dengan magnitudo sekitar -1.2 sampai -0.6 sebelum tanggal 16 Februari 2013 dan akan memudar dengan cepat ke magnitudo +1.2 besarnya sesudahnya.

10 Februari - Bulan Baru.

25 Februari - Bulan Purnama.

Maret

11 Maret - Bulan Baru.

10-24 Maret - Komet PANSTARRS Melintas!Komet ini ditemukan pada bulan Juni 2011 dengan menggunakan Pan-STARRS 1 Telescope di Haleakala,Hawaii. Komet PANSTARRS adalah objek yang sangat redup dan jauh pada saat penemuannya. Pada malam tanggal 12 Maret 2013,komet akan terletak 4 derajat ke kanan dari sebuah bulan sabit tipis. Komet PANSTARRS akan menempati titik terdekatnya dengan Bumi pada tanggal 11 Maret 2013 dengan jarak sekitar 45 juta kilometer.

20 Maret - Equinox Maret. Equinox Maret terjadi jam 11:02 UTC. Matahari akan bersinar langsung pada khatulistiwa dan akan ada jumlah wktu yang hampir sama siang dan malam di seluruh dunia. Ini juga merupakan hari pertama musim semi (vernal equinox) di belahan bumi utara dan hari pertama musim gugur (equinox musim gugur) di belahan bumi selatan.

27 Maret - Bulan Purnama.

April

10 April - Bulan Baru.

April 20 - Astronomy Day Pertama. Hari Astronomi adalah acara tahunan yang dimaksudkan untuk memberikan sarana interaksi antara masyarakat umum dan penggemar astronomi berbagai kelompok dan profesional. Tema Hari Astronomi adalah "Membawa Astronomi untuk Rakyat," dan pada hari ini astronomi dan klub ramalan dan organisasi lain di seluruh dunia akan merencanakan acara khusus. Anda dapat mencari tahu tentang acara lokal khusus dengan menghubungi astronomi setempat klub atau planetarium.

21 dan 22 April - Hujan Meteor Lyrid. Hujan meteor Lyrids adalah hujan meteor rata-rata, biasanya memproduksi sekitar 20 meteor per jam pada puncak mereka. Meteor ini dapat menghasilkan jejak debu terang yang berlangsung selama beberapa detik. Biasanya puncak pada tanggal 21 April & 22, meskipun beberapa meteor dapat terlihat dari 16 April - 25 April. Bulan bungkuk bisa menjadi masalah tahun ini, menyembunyikan banyak meteor redup dalam silaunya. Ini akan menetapkan sebelum matahari terbit, menyediakan jendela singkat langit gelap. Carilah meteor memancar dari konstelasi Lyra setelah tengah malam.

25 April - Bulan Purnama.

25 April - Gerhana Bulan Persial. Gerhana akan terlihat di sebagian besar Afrika, Eropa, Asia, dan Australia.

28 April - Oposisi Saturnus. Saturnus akan berada pada jarak terdekatnya dari Bumi. Inilah saat yang cocok untuk mengamati Saturnus dan satelit alamnya.

Mei

5 dan 6 Mei - Hujan Meteor Eta Aquarid. Akan ada 5 - 10 meteor tiap jamnya. Bulan sabit akan 'menggantung' di sekitar untuk pertunjukan, tetapi tidak menyebabkan masalah terlalu banyak. Titik cerah untuk hujan meteor ini akan berada di konstelasi Aquarius. Tampilan terbaik biasanya ke timur setelah tengah malam, jauh dari lampu-lampu kota.

10 Mei - Bulan Baru.

10 Mei - Gerhana Matahari Cincin. Gerhana akan dimulai di Australia Barat dan bergerak ke timur melintasi tengah Samudera Pasifik. (NASA Map and Eclipse Information)

25 Mei - Bulan Purnama.

24-30 Mei - Planet-Planet Menari
Merkurius,Venus,dan Jupiter akan memberikan pertunjukan menarik yang rendah di barat-barat laut senja segera setelah matahari terbenam. Mereka akan terus mengubah posisinya setiap malam berikutnya seakan mereka menari-nari di langit. Kedua planet terang,Venus dan Jupiter,akan dipisahkan oleh lebih dari 1 derajat pada tanggal 28 Mei 2013. Dan Venus akan bersinar 6 kali lebih terang dari pada Jupiter

28 Mei - Konjungsi Venus dan Jupiter. Kedua planet terang akan berada dalam 1 derajat satu sama lain di langit malam. Planet Merkurius juga akan akan juga terlihat di dekatnya. Melihat ke barat dekat matahari terbenam.

25 Mei - Gerhana Bulan Penumbra. Gerhana akan terlihat di sebagian besar Amerika Utara, Amerika Selatan, Eropa Barat, dan Afrika Barat. (NASA Map and Eclipse Information)

Juni

8 Juni - Bulan Baru.

21 Juni - Titik Balik Matahari. Titik balik matahari terjadi Juni jam 05:04 UTC. Kutub Utara bumi akan miring ke arah Matahari, yang akan telah mencapai posisi paling utara di langit dan akan langsung di atas Tropic of Cancer pada 23,44 derajat lintang utara. Ini adalah hari pertama musim panas (summer solstice) di belahan bumi utara dan hari pertama musim dingin (winter solstice) di belahan bumi selatan.

8 Juni - Bulan Baru.

23 Juni - Bulan Purnama.

23 Juni - Bulan Purnama Terbesar 2013

Pada tanggal tersebut,bulan ternyata mengalami fase purnama pada 11.32 GMT,dan hanya 32 menit sebelumnya itu akan tiba pada titik terdekatnya dengan Bumi dengan jarak sekitar 356.991 km. Bulan purnama besar ini biasa disebut Supermoon.

Juli

8 Juli - Bulan Baru.

22 Juli - Bulan Purnama.

28 dan 29 Juli - Hujan Meteor Delta Aquarid Selatan.Delta Aquarids akan menghasilkan 20 meteor per jam saat puncaknya. Titik radiant ada di konstelasi Aquarius. Akan dimulai tengah malam.

6 Agustus - Bulan Baru.

Agustus

12 dan 13 Agustus - Hujan Meteor Perseid. Perseids adalah salah satu hujan meteor terbaik untuk diamati, memproduksi hingga 60 meteor per jam pada puncak mereka. Puncaknya biasanya terjadi pada tanggal 13 dan 14 Agustus, tetapi Anda mungkin dapat melihat beberapa meteor setiap saat dari 23 Juli-22 Agustus. Titik cerah untuk mandi ini akan berada di rasi Perseus. Bulan kuartal pertama dekat akan menetapkan sebelum tengah malam, meninggalkan kondisi optimal dan langit gelap untuk apa yang harus menjadi pertunjukan yang mengagumkan. Cari lokasi yang jauh dari lampu-lampu kota dan melihat ke laut setelah tengah malam.

21 Agustus - Bulan Purnama.

August 27 - Oposisi Neptunus. Neptunus berada pada jarak terdekatnya dengan Bumi. Walau jarak terdekatnya, tetap saja dibutuhkan teleskop canggih untuk mengamatinya.

September

5 September - Bulan Baru.

19 September - Bulan Purnama.

22 September - Equinox September. Equinox terjadi di September jam 20:44 UTC. Matahari akan bersinar langsung pada khatulistiwa dan akan ada jumlah waktu yang hampir sama siang dan malam di seluruh dunia. Ini juga merupakan hari pertama musim gugur (equinox musim gugur) di belahan bumi utara dan hari pertama musim semi (vernal equinox) di belahan bumi selatan.

Oktober

3 Oktober - Oposisi Uranus. Uranus berada pada jarak terdekatnya dengan Bumi. Walau jarak terdekatnya, tetap saja dibutuhkan teleskop canggih untuk mengamatinya.

12 Oktober - Astronomy Day Kedua. Hari Astronomi adalah acara tahunan yang dimaksudkan untuk memberikan sarana interaksi antara masyarakat umum dan penggemar astronomi berbagai kelompok dan profesional. Tema Hari Astronomi adalah "Membawa Astronomi untuk Rakyat," dan pada hari ini astronomi dan klub ramalan dan organisasi lain di seluruh dunia akan merencanakan acara khusus. Anda dapat mencari tahu tentang acara lokal khusus dengan menghubungi astronomi setempat klub atau planetarium.

5 Oktober - Bulan Baru.

18 Oktober - Bulan Purnama.

18 Oktober - Gerhana Bulan Penumbra. Gerhana akan terlihat di sebagian besar dunia kecuali Australia dan ekstrim timur Siberia. (NASA Map and Eclipse Information)

21 dan 22 Oktober - Hujan Meteor Orionid. Orionids adalah hujan meteor yang rata-rata memproduksi sekitar 20 meteor per jam pada puncak mereka. Biasanya puncak terjadi pada tanggal 21, tetapi sangat tidak teratur. Sebuah acara yang baik dapat dialami pada setiap pagi sejak tanggal 20 - 24, dan beberapa meteor dapat dilihat setiap saat sejak tanggal 17 - 25. Bulan bungkuk akan menjadi masalah tahun ini, menyembunyikan semua tetapi meteor terang dengan silaunya. Tampilan terbaik akan ke timur setelah tengah malam. Pastikan untuk menemukan lokasi yang gelap jauh dari lampu-lampu kota.
maaf sisanya "too long" klik sumber dibawa aja ya, trims sudah baca.

sumber
Reply With Quote
  #2  
Old 1 January 2013, 13:42
ri4nx's Avatar
Platinum Member
 
Join Date: Mar 2011
Location: solo
Posts: 25,310
Thanks: 0
Thanked 242 Times in 188 Posts
ri4nx super top memberri4nx super top memberri4nx super top memberri4nx super top memberri4nx super top memberri4nx super top memberri4nx super top memberri4nx super top memberri4nx super top memberri4nx super top memberri4nx super top member
Default

banyak jugaya [eristiwanya .........
Reply With Quote
  #3  
Old 1 January 2013, 17:02
satellit's Avatar
Moderator
 
Join Date: Oct 2012
Location: Bandar Lampung
Posts: 4,975
Thanks: 155
Thanked 2 Times in 2 Posts
satellit super top membersatellit super top membersatellit super top membersatellit super top membersatellit super top membersatellit super top membersatellit super top membersatellit super top membersatellit super top membersatellit super top membersatellit super top member
Default

Quote:
Originally Posted by dp163 View Post
maaf sisanya "too long" klik sumber dibawa aja ya, trims sudah baca.
hehehe... yang ini bisa dilanjutkan di post reply ndan.... klo mw lanjut...
Reply With Quote
  #4  
Old 16 January 2013, 12:37
anaa's Avatar
Platinum Member
 
Join Date: Apr 2011
Location: Prince-News.blogspot
Posts: 21,888
Thanks: 25
Thanked 292 Times in 270 Posts
anaa super top memberanaa super top memberanaa super top memberanaa super top memberanaa super top memberanaa super top memberanaa super top memberanaa super top memberanaa super top memberanaa super top memberanaa super top member
Default

loooh kenapa sisanya gaa dimasukin ajaaah di marii ??
__________________
No Siggy Kakaak
Reply With Quote
  #5  
Old 20 January 2013, 21:03
satellit's Avatar
Moderator
 
Join Date: Oct 2012
Location: Bandar Lampung
Posts: 4,975
Thanks: 155
Thanked 2 Times in 2 Posts
satellit super top membersatellit super top membersatellit super top membersatellit super top membersatellit super top membersatellit super top membersatellit super top membersatellit super top membersatellit super top membersatellit super top membersatellit super top member
Default

lanjutannya mana yak???
Reply With Quote
  #6  
Old 21 January 2013, 02:33
nindi's Avatar
Platinum Member
 
Join Date: Jun 2011
Posts: 16,030
Thanks: 2
Thanked 123 Times in 111 Posts
nindi super top membernindi super top membernindi super top membernindi super top membernindi super top membernindi super top membernindi super top membernindi super top membernindi super top membernindi super top membernindi super top member
Default

kayaknya TS dah capek nulis ya..... mana kelanjutannya gan bikin ane penasaran nih
Reply With Quote
  #7  
Old 24 January 2013, 00:24
hktoyshop's Avatar
Super Member
 
Join Date: Feb 2009
Location: http://hk-toys.com
Posts: 35,479
Thanks: 13
Thanked 568 Times in 359 Posts
hktoyshop super top memberhktoyshop super top memberhktoyshop super top memberhktoyshop super top memberhktoyshop super top memberhktoyshop super top memberhktoyshop super top memberhktoyshop super top memberhktoyshop super top memberhktoyshop super top memberhktoyshop super top member
Default

ooo jadi prediksi itu bisa di liat ya gan '
__________________
mampir gan di mari blog ane yang pingin ketawa
http://gambar.humor-jorok.com
Reply With Quote
  #8  
Old 24 January 2013, 02:39
k1n9's Avatar
Senior Member
 
Join Date: Jan 2013
Location: indonesia
Posts: 690
Thanks: 2
Thanked 0 Times in 0 Posts
k1n9 super top memberk1n9 super top memberk1n9 super top memberk1n9 super top memberk1n9 super top memberk1n9 super top memberk1n9 super top memberk1n9 super top memberk1n9 super top memberk1n9 super top memberk1n9 super top member
Default

ternyata komplit juga indexnya gan
Reply With Quote
  #9  
Old 25 January 2013, 02:11
duniaunik's Avatar
Platinum Member
 
Join Date: Feb 2011
Posts: 11,397
Thanks: 19
Thanked 176 Times in 148 Posts
duniaunik super top memberduniaunik super top memberduniaunik super top memberduniaunik super top memberduniaunik super top memberduniaunik super top memberduniaunik super top memberduniaunik super top memberduniaunik super top memberduniaunik super top memberduniaunik super top member
Default

waduwhh,...banyak jg yahh gann??
__________________
metode mudah mendapatkan wanita kaya dan cantik di facebook klik www.infotante.com trust me its work !
Reply With Quote
  #10  
Old 26 January 2013, 10:58
satellit's Avatar
Moderator
 
Join Date: Oct 2012
Location: Bandar Lampung
Posts: 4,975
Thanks: 155
Thanked 2 Times in 2 Posts
satellit super top membersatellit super top membersatellit super top membersatellit super top membersatellit super top membersatellit super top membersatellit super top membersatellit super top membersatellit super top membersatellit super top membersatellit super top member
Default

masih nunggu lanjutannya nih....
Reply With Quote
Reply

Bookmarks

Tags
2013, astronomi 2013, peristiwa astronomi, peristiwa tahun 2013

Thread Tools
Display Modes

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off
Trackbacks are On
Pingbacks are On
Refbacks are On



All times are GMT +7. The time now is 07:38.