VIVAforum

VIVAforum (http://forum.viva.co.id/index2.php)
-   Kesehatan (http://forum.viva.co.id/kesehatan/)
-   -   Segala hal tentang Anak Kembar (http://forum.viva.co.id/kesehatan/19062-segala-hal-tentang-anak-kembar.html)

anakgeong 27 May 2010 10:46

Segala hal tentang Anak Kembar
 
http://4.bp.blogspot.com/_tQf3Civ3lM...win-babies.jpg

Kembar? Wah, luar biasa! Seperti apa, sih, tanda-tandanya jika kita mengandung anak kembar?

1. Biasanya akan terasa sejak awal bahwa Anda mengandung lebih dari satu bayi. Jangan mengabaikan perasaan hati atau intuisi tersebut. Banyak ibu dari si kembar mengatakan, mereka telah mengetahui sejak awal bahwa mereka mengandung bayi lebih dari satu.

2. Umumnya bila seorang wanita mengandung mempunyai tanda-tanda seperti kepala pusing, perut sebah/tidak enak nyaman, bahkan hingga muntah-muntah di pagi hari. Tapi jika mengandung lebih dari satu bayi, umumnya Anda akan lebih menderita, yaitu di pagi hari sampai malam. Bahkan sepanjang hari.

3.Gejala kehamilan lebih terasa dan dianggap terlalu dibesar-besarkan.
Banyak di antara calon ibu bayi kembar yang mengatakan, mereka merasa lebih tak nyaman, muntah-mual berlebihan, dan amat cepat lelah. Pokoknya, gejala kehamilannya "dahsyat" sehingga kerap dianggap terlalu mengada-ada oleh orang sekitar.

Padahal, semua itu disebabkan sirkulasi ekstra dari hormon dalam tubuh. Payudara menjadi sangat sensitif, lebih sering buang air kecil, merasa lapar sepanjang hari, dan merasa sangat lelah. Ketika usia kandungan mulai 6 bulan, mungkin akan mengalami sulit bernapas, perut terasa sangat berat, bengkak di tangan juga di kaki, berat badan naik sangat banyak (tidak normal), perut sangat besar, dan janin bergerak berlebihan. Umumya, ibu bayi kembar ini menderita anemia atau kadar zat besinya rendah.

4. Berat badan naik pesat di tiga bulan pertama kehamilan. Kenaikannya lebih tinggi dari rata-rata berat ibu hamil satu bayi. Gejala ini dapat disebut sebagai tanda pertama mengandung lebih dari satu bayi. Jika napsu makan baik, berarti tidak ada masalah, karena gizi yang baik sangat diperlukan janin dalam usia tiga bulan pertama kehamilan.

5. Ukuran kandungan besar untuk umurnya. Pada pemeriksaan pertama, dapat dikatakan bahwa perut lebih besar dibanding usia kandungan. Dokter mengatakan Anda hamil 8 minggu (dihitung dari saat terakhir mendapat haid) tapi jika dilihat dengan kasat mata, besar perut/kandungan seperti kehamilan berumur 10-12 minggu.

Jika keadaan seperti ini, biasanya dianjurkan untuk mengecek dengan alat USG untuk melihat ada berapa janin di dalam kandungan. Jika ternyata mengandung lebih dari satu bayi, ukuran kandungan akan terus berkembang lebih besar. Ibu yang mengandung satu bayi bisa mencapai 38-40 cm besar ketinggiannya, dimulai dari tulang pinggang, sedangkan untuk bayi kembar bisa mencapai 48 cm.

6. Kata dokter, AFP Anda tinggi. AFP adalah alpha fetoprotein protein yang dikeluarkan bayi pada waktu pertumbuhannya dan juga terdapat di dalam darah ibu. Protein ini dapat menjadi tinggi karena bayi lebih dari satu. Normal tes darah AFP dilakukan 16-18 minggu sesudah masa terakhir menstruasi . Tes ini kerap dipakai untuk mengetahui kehamilan kembar atau bukan.

7. Kata dokter, tingkat HCG (Human Chorionic Gonadotrophin) naik dengan sangat cepat. HCG adalah hormon yang menghasilkan telur yang dibuahi. Hormon ini dibutuhkan untuk menjaga kehamilan sampai plasenta berkembang. Hormon dapat dideteksi di dalam darah atau air seni walaupun sebelum Anda berhenti menstruasi.

Dalam kehamilan normal ( satu bayi), pemusatan darah HCG naik dengan cepat dalam 1 minggu kehamilan, berlipat ganda setiap 2 atau 3 hari. Tingkat HCG dapat menjadi lebih tinggi dengan adanya si bayi kembar.

8.Dari alat "pendengar", terdeteksi dua denyutan jantung . Dua denyut jantung dapat dibedakan dengan alat khusus yang dipakai dokter setelah kira-kira 12 minggu masa kehamilan. Sekitar kehamilan 28 minggu, sudah dapat dibedakan bila memang terdapat dua janin.

9.Dengan menggunakan USG, kehamilan kembar dapat lebih dipastikan. Alat ini akan menunjukkan/memperlihatkan adanya dua kantung kehamilan, dua janin, dan dua denyut jantung yang dapat dilihat 6 minggu sesudah hari pertama masa haid berakhir. Bahkan banyak bayi kembar bisa didiagnosa lebih cepat, sekitar 1-5 minggu setelah berhenti mendapat haid.

Sumber : www.tabloidnova.com

dest 27 May 2010 10:54

wahh.. ane pengen banget nih dapet anak kembar.. :o

tapi denger mitos sih... klo pengen anak kembar tuh mesti turunan yah!!!

kalo ga turunan kemungkinannya kecil yah??

anakgeong 27 May 2010 10:58

Quote:

Originally Posted by xdest (Post 657330)
wahh.. ane pengen banget nih dapet anak kembar.. :o

tapi denger mitos sih... klo pengen anak kembar tuh mesti turunan yah!!!

kalo ga turunan kemungkinannya kecil yah??

iya biasanya tergantung faktor genetik tuh.. siapa tau itu bisa "dibikin", ada yg nemu artikelnya? terima kasih :ampun:

dest 27 May 2010 11:08

Ane dapet artikelnya bro..
dibawah ni..

Spoiler:
Berikut beberapa cara yang mungkin dapat dilakukan untuk memperoleh anak kembar dua, tiga atau lebih:

1. Sejarah keluarga
Apakah dalam keluarga anda terdapat sejarah kelahiran kembar? Ibu anda, saudara kandung, paman, sepupu dengan kelahiran kembar? Jika ia anda bisa berharap anda dapat melahirkan pasangan kembar tanpa perlu usaha lebih keras. Terkadang pasangan kembar dapat terjadi secara turun-temurun. Jika ibu anda atau garis ibu ke atas memiliki sejarah kelahiran kembar, maka anda akan memiliki gen dengan kecenderungan hiperovulasi yaitu pelepasan sel telur secara berlebihan yang akan meningkatkan kemungkinan mengandung anak kembar.

2. Gemuk dan tambah berat badan
Penelitian terakhir yang dimuat dalam American College of Obstetrics and Gynecology menunjukkan hubungan yang erat antara kecenderungan kelahiran kembar dengan naiknya kasus obesitas. Selanjutnya penelitian tersebut menunjukkan bahwa ibu dengan BMI (Body Mass Index) lebih dari 30 akan mempunya peluang lebih mengandung anak kembar. Sekali lagi statistik ini hanya terjadi pada pasangan dengan sejarah kelahiran kembar. Peneliti juga mengungkapkan bahwa wanita dengan berat di atas rata-rata akan memiliki kecenderungan mengandung anak kembar.

3. Tunggu sampai usia lebih tua
Maksudnya adalah bahwa wanita yang berusia lebih tua akan memiliki kemungkinan lebih besar memiliki anak kembar dibanding wanita yang lebih muda. Diperkirakan ini sebagai akibat ovulasi yang makin cepat sesuai umur biologis yang bergerak makin cepat. 17 persen ibu dengan usia di atas 45 tahun memiliki peluang mengandung anak kembar. Tungu lima tahun lagi maka peluangnya akan menjadi 1 banding 9. Tetapi bagaimanapun juga mengandung pada usia tua akan meningkatkan resiko termasuk resiko keguguran dan meningkatnya kadar gula selama kehamilan. Sebagai tambahan bayi akan lebih banyak kemungkinan mengalami kelainan kromosom.

4. Makin banyak kembar
Sekali anda mengandung kembar, maka pada kehamilan berikut anda akan memiliki kemungkinan mengandung bayi kembar lebih besar. Sebagai perkiraan ibu bayi kembar akan memiliki kemungkinan empat kali lipat mengandung kembar pada kehamilan berikutnya dibanding yang belum pernah mengandung.

5. Diet: ubi dan susu
Memang belum terbukti secara medis, tetapi pada etnis Yoruba di Afrika Barat terbukti dengan kelahiran kembar tertinggi di seluruh dunia. Diketahui bahwa pada jenis ubi-ubian seperti ubi dan kentang mengandung zat kimia yang mampu memicu terjadinya hiperovulasi. Sebagai tambahan bahwa penelitian tahun 2006 pada wanita ang mengkonsumsi susu lebih banyak akan memiliki kemungkinan mengandung anak kembar.

6. Ke Dokter Spesialis Fertilitas
Teknologi reproduksi berkembang sangat pesat yang memungkinkan kelahiran kembar lebih tinggi. Obat tertentu dapat menstimulasi ovulasi, tetapi kehamilan kembar juga dapat dilakukan dengan cara sistim bayi tabung. Sistim ini tidak hanya mencangkokkan embrio pada ibu tetapi juga mempertinggi hal yang tidak bisa dijelaskan seperti jumlah calon bayi nantinya. Tak satupun dokter yang dapat memberi kepastian keberhasilannya, tetapi membantu memberi solusi yang mungkin.

7. Keluarga besar
Makin banyak anak yang anda miliki makin mungkin anda mengalami kehamilan kembar. Tak seorangpun mengetahui dibutuhkan berapa kali hamil sehingga ibu dapat mengandung kembar. Coba terus sampai berhasil, meungkin itu kata yang lebih tepat.

8. Mengandung saat menyusui
Banyak yang beranggapan bahwa wanita tidak bisa hamil ketika masih dalam masa menyusui, tetapi proses laktasi menjaga ibu tetap berovulasi dan mengalami menstruasi. Beberapa peneliti mendukung teori ini yang memeungkinkan kehamilan kembar meningkat saat masa menyusui.

9. Mengandung saat menggunakan kontrasepsi pil
Mengatur kehamilan dengan konsumsi pil sangat efektif sampai 99,9 persen. Tetapi 0,01 persennya adalah kemungkinan kehamilan kembar. Beberapa kehamilan masa konsumsi pil kontrasepsi terjadi karena kurang konsisten dalam mengkonsumsi pil tersebut, sehingga ketidakteraturan tersebut akan memicu perilaku hormon yang berubah-ubah yang dapat mengakibatkan hiperovulasi.

10. Mujur saja
Banyak ibu bayi kembar yang tidak cocok dengan kriteria klasik di atas, maka berdoa saja. Kembar identik (monozigot twin) adalah sesuatu yang misterius; tak seorangpun mampu meramalkan bahwa sel telur akan memecahkan diri menjadi janin kembar.

sumber :DISINI

anakgeong 27 May 2010 11:39

Quote:

Originally Posted by xdest (Post 657354)
Ane dapet artikelnya bro..
dibawah ni..

Spoiler:
Berikut beberapa cara yang mungkin dapat dilakukan untuk memperoleh anak kembar dua, tiga atau lebih:

1. Sejarah keluarga
Apakah dalam keluarga anda terdapat sejarah kelahiran kembar? Ibu anda, saudara kandung, paman, sepupu dengan kelahiran kembar? Jika ia anda bisa berharap anda dapat melahirkan pasangan kembar tanpa perlu usaha lebih keras. Terkadang pasangan kembar dapat terjadi secara turun-temurun. Jika ibu anda atau garis ibu ke atas memiliki sejarah kelahiran kembar, maka anda akan memiliki gen dengan kecenderungan hiperovulasi yaitu pelepasan sel telur secara berlebihan yang akan meningkatkan kemungkinan mengandung anak kembar.

2. Gemuk dan tambah berat badan
Penelitian terakhir yang dimuat dalam American College of Obstetrics and Gynecology menunjukkan hubungan yang erat antara kecenderungan kelahiran kembar dengan naiknya kasus obesitas. Selanjutnya penelitian tersebut menunjukkan bahwa ibu dengan BMI (Body Mass Index) lebih dari 30 akan mempunya peluang lebih mengandung anak kembar. Sekali lagi statistik ini hanya terjadi pada pasangan dengan sejarah kelahiran kembar. Peneliti juga mengungkapkan bahwa wanita dengan berat di atas rata-rata akan memiliki kecenderungan mengandung anak kembar.

3. Tunggu sampai usia lebih tua
Maksudnya adalah bahwa wanita yang berusia lebih tua akan memiliki kemungkinan lebih besar memiliki anak kembar dibanding wanita yang lebih muda. Diperkirakan ini sebagai akibat ovulasi yang makin cepat sesuai umur biologis yang bergerak makin cepat. 17 persen ibu dengan usia di atas 45 tahun memiliki peluang mengandung anak kembar. Tungu lima tahun lagi maka peluangnya akan menjadi 1 banding 9. Tetapi bagaimanapun juga mengandung pada usia tua akan meningkatkan resiko termasuk resiko keguguran dan meningkatnya kadar gula selama kehamilan. Sebagai tambahan bayi akan lebih banyak kemungkinan mengalami kelainan kromosom.

4. Makin banyak kembar
Sekali anda mengandung kembar, maka pada kehamilan berikut anda akan memiliki kemungkinan mengandung bayi kembar lebih besar. Sebagai perkiraan ibu bayi kembar akan memiliki kemungkinan empat kali lipat mengandung kembar pada kehamilan berikutnya dibanding yang belum pernah mengandung.

5. Diet: ubi dan susu
Memang belum terbukti secara medis, tetapi pada etnis Yoruba di Afrika Barat terbukti dengan kelahiran kembar tertinggi di seluruh dunia. Diketahui bahwa pada jenis ubi-ubian seperti ubi dan kentang mengandung zat kimia yang mampu memicu terjadinya hiperovulasi. Sebagai tambahan bahwa penelitian tahun 2006 pada wanita ang mengkonsumsi susu lebih banyak akan memiliki kemungkinan mengandung anak kembar.

6. Ke Dokter Spesialis Fertilitas
Teknologi reproduksi berkembang sangat pesat yang memungkinkan kelahiran kembar lebih tinggi. Obat tertentu dapat menstimulasi ovulasi, tetapi kehamilan kembar juga dapat dilakukan dengan cara sistim bayi tabung. Sistim ini tidak hanya mencangkokkan embrio pada ibu tetapi juga mempertinggi hal yang tidak bisa dijelaskan seperti jumlah calon bayi nantinya. Tak satupun dokter yang dapat memberi kepastian keberhasilannya, tetapi membantu memberi solusi yang mungkin.

7. Keluarga besar
Makin banyak anak yang anda miliki makin mungkin anda mengalami kehamilan kembar. Tak seorangpun mengetahui dibutuhkan berapa kali hamil sehingga ibu dapat mengandung kembar. Coba terus sampai berhasil, meungkin itu kata yang lebih tepat.

8. Mengandung saat menyusui
Banyak yang beranggapan bahwa wanita tidak bisa hamil ketika masih dalam masa menyusui, tetapi proses laktasi menjaga ibu tetap berovulasi dan mengalami menstruasi. Beberapa peneliti mendukung teori ini yang memeungkinkan kehamilan kembar meningkat saat masa menyusui.

9. Mengandung saat menggunakan kontrasepsi pil
Mengatur kehamilan dengan konsumsi pil sangat efektif sampai 99,9 persen. Tetapi 0,01 persennya adalah kemungkinan kehamilan kembar. Beberapa kehamilan masa konsumsi pil kontrasepsi terjadi karena kurang konsisten dalam mengkonsumsi pil tersebut, sehingga ketidakteraturan tersebut akan memicu perilaku hormon yang berubah-ubah yang dapat mengakibatkan hiperovulasi.

10. Mujur saja
Banyak ibu bayi kembar yang tidak cocok dengan kriteria klasik di atas, maka berdoa saja. Kembar identik (monozigot twin) adalah sesuatu yang misterius; tak seorangpun mampu meramalkan bahwa sel telur akan memecahkan diri menjadi janin kembar.

sumber :DISINI

wah menarik nih bisa buat referensi :joget: thanks ya bro

dest 27 May 2010 11:48

sama-sama brad... :D

ga faktor medis yang bisa menentukan dapat atau tidaknya untuk bisa melahirkan anak kembar, kesemuanya faktor yang paling berpengaruh adalah gen.

padahal ane pengen banget punya anak kembar :cry:
mudah-mudahan deh, bisa dapet anak kembar..
nomor 10.. faktor keberuntungan

anakgeong 31 May 2010 10:39

Quote:

Originally Posted by xdest (Post 657400)
sama-sama brad... :D

ga faktor medis yang bisa menentukan dapat atau tidaknya untuk bisa melahirkan anak kembar, kesemuanya faktor yang paling berpengaruh adalah gen.

padahal ane pengen banget punya anak kembar :cry:
mudah-mudahan deh, bisa dapet anak kembar..
nomor 10.. faktor keberuntungan

nah itu dia bro.. ujung2nya smua kehendak Tuhan, tapi ga ada salahnya cara2 yg di atas dicoba, namanya juga usaha hehe.. smg dapet anak kembar ya bro :ampun:

dest 31 May 2010 10:52

Quote:

Originally Posted by anakgeong (Post 660702)
nah itu dia bro.. ujung2nya smua kehendak Tuhan, tapi ga ada salahnya cara2 yg di atas dicoba, namanya juga usaha hehe.. smg dapet anak kembar ya bro :ampun:

thanks bro :beer:
mudah-mudahan aja deh, :D
asal jangan kembar siam aja..
iihh amit-amit :pedang:

:D

dest 16 September 2010 14:07

tambahan artikel neh..

Quote:

VIVAnews - Banyak pasangan suami istri yang mengharapkan memiliki anak kembar. Kelahiran kembar yang terjadi saat ini memang semakin banyak dan tidak selalu ditentukan oleh faktor keturunan. Jika Anda dan pasangan ingin mempunyai anak kembar, ketahuilah faktor-faktor yang memungkinkan Anda bisa memilikinya.

Faktor usia sangat mempengaruhi kehamilan kembar. Beberapa kasus kehamilan kembar dua atau lebih di Amerika, seperti vivanews kutip dari shine.yahoo.com, banyak terjadi pada wanita yang berusia 35 tahun ke atas. Bisa dikatakan, jika seorang wanita hamil di bawah usia 25 tahun kesempatan memiliki anak kembar lebih rendah dibandingkan dengan wanita yang hamil di usia 35 tahun ke atas.


Perkembangan teknologi kesehatan saat ini juga mempermudah pasangan untuk membuat program bayi kembar. Bisa dengan diberikan obat-obatan tertentu atau fertilisasi in-vitro. Antara tahun 1973 dan 1990, kelahiran kembar meningkat dan jumlahnya sama dengan kelahiran tunggal, kelahiran triplet pun juga meningkat (Obstetrics and Gynecology 1994; 84:101-6).

Jika keluarga Anda memiliki keturunan kembar, maka kemungkinan Anda memiliki anak kembar cukup besar, terutama kehamilan kembar fraternal (dizygotic). Hamil kembar memang biasanya diwariskan dari garis keturunan ibu.

Jika ibu atau nenek Anda memiliki garis keturunan kembar, maka kemungkinan memiliki anak kembar lebih besar. Garis keturunan ayah juga bisa memungkinkan kehamilan kembar, tetapi kemungkinannya lebih kecil jika dibandingan dengan garis keturunan ibu.
VIVAnews


sumber ---> disini

dest 16 September 2010 14:10

Tambahan lagi neh..

Quote:


Tanya:
Saya (28) sedang menjalani program punya momongan. Keinginan terbesar saya adalah memiliki anak kembar. Apakah ada metodenya agar saya dapat mengandung anak kembar? Saya memiliki saudara kembar. Seberapa besar kemungkinan saya juga mempunyai anak kembar?

Dewasa ini memang banyak kemudahan (yang ditunjang oleh teknologi) untuk dapat memenuhi keinginan pasangan untuk mendapatkan kehamilan kembar. Namun demikian, pada akhirnya tentu hanya Yang Maha Kuasa yang menentukan segalanya.

Jawab :
Mengingat Anda mempunyai keturunan kembar, maka kemungkinan terjadi kehamilan kembar lebih besar dibandingkan dengan pasangan lain yang tidak mempunyai keturunan kembar. Kehamilan kembar dapat pula terjadi pada ibu yang diberi obat pemicu tumbuh-kembang sel telur, karena adanya masalah pada fungsi indung telur (ovarium).

Pada kasus seperti ini, biasanya terjadi pematangan dan pelepasan sel telur lebih dari satu, yang kemudian dibuahi oleh lebih dari satu sel mani pula, hingga terjadi kehamilan kembar. Pembuahan dapat terjadi secara alami di dalam saluran telur, atau di laboratorium pada kasus bayi tabung.

Di Amerika, angka kehamilan kembar meningkat tajam (52%) dalam 20 tahun terakhir ini. Hal tersebut diduga akibat tingginya masalah infertilitas dan pemakaian obat pemicu ovulasi. Sembilan puluh empat persen dari kehamilan kembar tersebut merupakan kembar 2, dan 2/3 darinya adalah kembar non- identik (dizygote).

Kembar identik (monozygote) terjadi bila sebuah sel telur dibuahi oleh 1 sel mani dan kemudian tumbuh menjadi 2 embrio yang kelak akan serupa jenis kelamin dan golongan darahnya. Bayi hasil kembar identik ini mendapat ‘makanan’ dari satu plasenta (ari-ari) di dalam rahim.

Yang perlu Anda ketahui, dalam dunia kedokteran, kehamilan kembar merupakan salah satu kehamilan yang berisiko tinggi, sehingga memerlukan pengawasan ketat untuk menjamin kesehatan ibu dan janin-janinnya. Penelitian membuktikan bahwa seorang ibu yang mengalami kehamilan kembar mempunyai risiko lebih besar untuk menderita beberapa kelainan atau penyakit, dibanding ibu dengan kehamilan tunggal.

Penyakit atau kelainan tersebut antara lain adalah pre-eklampsi/eklampsi (penyakit dalam kehamilan yang ditandai dengan adanya hipertensi, pembengkakan, dan protein dalam urine), kekurangan darah (anemia) dengan segala komplikasinya, melahirkan bayi preterm (sebelum waktunya), adanya kelainan bawaan pada janin, dan perdarahan saat melahirkan.

Dalam batas tertentu, kelainan yang tidak diinginkan tersebut dapat dicegah dan didiagnosis sedini mungkin, asalkan si ibu teratur memeriksakan diri dan menjaga kesehatan selama hamil semaksimal mungkin.
• VIVAnews


Sumber -----> anak Kembar


All times are GMT +7. The time now is 06:44.

Powered by vBulletin® Version 3.8.0
Copyright ©2000 - 2014, Jelsoft Enterprises Ltd.