VIVAnews Forums
Welcome to VIVAforum!
If this is your first visit, be sure to check out the FAQ by clicking the link above. You may have to register before you can post: click the register link above to proceed. To start viewing messages, select the forum that you want to visit from the selection below.


Reply
 
LinkBack Thread Tools Display Modes
  #1  
Old 31 October 2010, 21:56
Mr.Josh.Ganteng's Avatar
Banned
 
Join Date: Oct 2010
Posts: 1,566
Thanks: 0
Thanked 76 Times in 65 Posts
Mr.Josh.Ganteng member hancur leburMr.Josh.Ganteng member hancur leburMr.Josh.Ganteng member hancur leburMr.Josh.Ganteng member hancur leburMr.Josh.Ganteng member hancur leburMr.Josh.Ganteng member hancur leburMr.Josh.Ganteng member hancur leburMr.Josh.Ganteng member hancur leburMr.Josh.Ganteng member hancur leburMr.Josh.Ganteng member hancur leburMr.Josh.Ganteng member hancur lebur
Default 6 Kelalaian yang Mencelakakan Bayi


MENGASUH anak memang harus cermat dan teliti. Tapi kadang-kadang, tindakan sepele yang sehari-hari dilakukan bisa loh membahayakan bayi tanpa disadari. Misalnya, saat Moms menyemprot minyak wangi di dekat si kecil, atau menggendongnya dengan gendongan kanguru (baby carrier) selagi berjalan-jalan di mal, hingga menggendong si kecil sambil membuat kopi panas. Apa bahayanya?

Coba amati situasi kejadian di bawah ini! Semoga Moms tidak pernah melakukan kecerobohan yang berakibat fatal, ya.

Kondisi: Anda menyemprot minyak wangi dekat si bayi


Kelalalaian: Langsung menyemprotkan minyak wangi tanpa lihat sekitar. Uap minyak wangi tanpa disadari bisa mengenai mata si kecil. Akibatnya, mata si kecil akan pedih dan bisa mengalami iritasi atau trauma kimia.

Penanganan: Bilas secepat mungkin dengan air bersih yang mengalir dan bawa ke dokter mata.

Antisipasi: jangan menyemprotkan minyak wangi dekat dengan bayi. Menjauh dulu dari si kecil bila ingin menyemprotkan minyak wangi. Bila telah selesai, barulah boleh mendekati bayi.

Kondisi: Anda terburu-buru ke kamar mandi sebab tak tahan menahan pipis

Kelalaian: Bergegas ke kamar mandi dan meletakkan bayi begitu saja di tempat tidur. Bila bayi Anda sudah mulai bisa tengkurap dan aktif bergerak, ia bisa saja terjatuh dari tempat tidur.

Penanganan: Tak perlu panik berlebihan, segera atasi dan pantau kondisinya. Lakukan pertolongan pertama bila bayi terjatuh:

- Bila kepalanya tidak terbentur lantai, segera peluk dan usap-usap punggungnya untuk mengatasi rasa terkejut.

- Amati kondisi bayi selama beberapa waktu hingga ia benar-benar tenang kembali dan tangisnya berhenti.

- Jika kepalanya terbentur lantai, waspadalah. Segera bawa ke dokter bila kondisi bayi:

Bayi langsung tidak sadarkan diri

Dalam waktu 24 jam, bayi menunjukkan gejala gegar otak, seperti muntah, terlihat mengantuk atau menjadi sangat rewel.

Ada bagian tubuhnya yang lebam cukup parah

Antisipasi: Minta tolong orang terdekat untuk mengawasi bayi sebelum pergi ke kamar mandi atau letakkan bayi pada tempat tidur yang ada pengamannya di bagian pinggir sehingga jika bayi bergerak atau berguling tidak terjatuh.

Kondisi: Menggendong bayi menggunakan gendongan kanguru (baby carrier) lalu berjalan-jalan di mal dan tergiur dengan tawaran diskon besar-besaran

Kelalalaian: Langsung bergabung dengan banyak pengunjung memilih barang-barang yang menarik walaupun berhimpitan dan lupa untuk mengecek keadaan si kecil. Bila bayi terhimpit atau tertindih, bisa saja ia terkena SIDS (Sudden Infant Death Syndrom), mengalami gangguan napas akibat kepalanya tertekuk atau wajah dan kepala bayi tertutupi.

Antisipasi: Seringlah memeriksa posisi leher, kepala dan wajah bayi, jangan sampai menghalangi jalan napas atau udara yang masuk. Pastikan wajah dan kepala bayi tidak tertutup apapun selama tidur, posisi leher tidak tertekuk. Hindari tempat-tempat yang mengundang keramaian (crowd), berbelanjalah saat pengunjung kounter sudah mulai sepi.

Kondisi: Anda sedang membuat teh atau kopi panas sambil menggendong bayi

kelalaian: Meneruskan membuat teh atau kopi panas, ini sangat bahaya. Gerakan bayi sangat cepat dan kerap tak terduga. Bila ia menyenggol gelas yang Anda pegang, ia bisa mengalami luka bakar.

Penanganan: Penanganan luka bakar dilakukan sesuai dengan kedalaman atau derajat luka bakar. Semakin kuat sumber panasnya maka semakin dalam pula luka bakar yang akan dialami.

Pertolongan pertama yang bisa dilakukan:

- Hentikan kontak dengan sumber panas.

- Hindari menyentuh luka atau melepaskan pakaian yang menempel pada luka karena dapat menyebabkan kulit terkelupas dan membuat luka terbuka.

- Lepaskan pakaian yang menempel pada luka dengan mengguntingnya secara hati-hati. Namun, jangan menarik pakaian yang melekat pada luka dengan paksa.

- Tanggalkan semua benda logam dari tubuh anak (khususnya yang dekat dengan lokasi luka bakar) yang merupakan penghantar panas seperti kalung, anting, cincin, sabuk dan sebagainya.

- Dinginkan luka bakar yang ada dengan air bersih mengalir ataupun kain basah selama 10 menit. Selain dapat mengurangi rasa sakit, cara ini pun bisa menghindarkan korban dari luka bakar yang terlalu dalam. Jangan menggunakan air kulkas atau es karena justru akan menyebabkan luka bakar menjadi lebih dalam. Jangan pula mengoleskan mentega maupun pasta gigi karena dapat memicu infeksi.

- Oleskan salep khusus atau krim pendingin yang bertujuan mengurangi rasa sakit dan panas.

- Gunakan pakaian yang bertekstur lembut semacam katun atau sutra agar terhindar dari rasa sakit akibat gesekan pakaian pada kulit.

- Bawa segera ke dokter setelah dilakukan pertolongan pertama.

Antisipasi: Memasak ataupun membuat teh dan kopi panas sambil menggendong bayi tak bisa dilakukan secara bersamaan. Anda harus memilih salah satu! Lakukan satu persatu tanpa menyambinya demi alasan apapun.

Kondisi: Anda tidur satu ranjang bersama bayi

Kelalaian: Tertidur nyenyak dan tidak bangun untuk mengecek keadaan bayi tanpa menyadari bahwa bagian tubuh Moms or Dads menindih bayi. Bayi bisa mengalami gangguan napas atau ada bagian tubuhnya yang terkilir. Yang paling membahayakan adalah bisa menimbulkan SIDS (Suddent Infant Death Syndrome) yaitu kematian mendadak yang sering dialami bayi di bawah usia satu tahun.

Penanganan: Jika bayi mengalami gangguan napas, posisikan bayi ke posisi telentang, kepala agak tengadah, ganjal bahu bayi dengan selimut (jangan terlalu tengadah, karena saluran nafas bayi makin menyempit). Jika kondisi bayi tidak aktif atau kulit bayi masih biru, cepat bawa ke dokter.

Antisipasi: Tempatkan bayi pada box bayi alias tidak satu tempat tidur dengan orangtua agar bagian tubuh orangtua tidak menindih bayi. Jika terpaksa tidur bersama, beri batasan dengan meletakkan guling atau bantal di samping bayi. Rajinlah mengecek keadaan bayi, apakah posisi tidurnya sudah benar atau sebaliknya.

Kondisi: Anda sedang membuka tutup rice cooker hendak mengambil nasi, bayi merengek minta digendong

Kelalaian: Langsung memenuhi rengekannya dan menggendong bayi lalu meneruskan mengambil nasi. Walau kelihatannya sepele, ini berbahaya. Uap panas yang keluar dari rice cooker bisa membuat kulit bayi melepuh.

Penanganan: Cepat tutup rice cooker, kalau ada luka bakar lakukan penanganan seperti kasus nomor 4.

Antisipasi: Jangan langsung memenuhi rengekannya. Tutup dulu rice cooker, baru menggendong anak.


Sumber Info !!! Klik Disini
Reply With Quote
  #2  
Old 20 March 2011, 10:21
bayu ninja's Avatar
Super Member
 
Join Date: Feb 2011
Posts: 44,179
Thanks: 32
Thanked 48 Times in 40 Posts
bayu ninja super top memberbayu ninja super top memberbayu ninja super top memberbayu ninja super top memberbayu ninja super top memberbayu ninja super top memberbayu ninja super top memberbayu ninja super top memberbayu ninja super top memberbayu ninja super top memberbayu ninja super top member
Default

Quote:
Kondisi: Anda terburu-buru ke kamar mandi sebab tak tahan menahan pipis
untk yg ini pzt smua dah pnah ngalamin... abiz kebelet cih
Reply With Quote
Reply

Bookmarks

Thread Tools
Display Modes

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off
Trackbacks are On
Pingbacks are On
Refbacks are On



All times are GMT +7. The time now is 17:39.