VIVAnews Forums
Welcome to VIVAforum!
If this is your first visit, be sure to check out the FAQ by clicking the link above. You may have to register before you can post: click the register link above to proceed. To start viewing messages, select the forum that you want to visit from the selection below.


Reply
 
LinkBack Thread Tools Display Modes
  #1  
Old 11 June 2010, 09:35
semar samiaji's Avatar
New Member
 
Join Date: Jun 2010
Posts: 6
Thanks: 0
Thanked 5 Times in 3 Posts
semar samiaji is an unknown quantity at this point
Default Percakapan Kecil dengan Penjual Gorengan

Percakapan kecil dengan penjual gorengan ini ditulis dalam tahun 2008.

Semoga ada manfaatnya….

-----------

Kemarin, saya (ss) terlibat pembicaraan dengan seorang penjual gorengan (tahu, tempe, singkong, dan ubi) - pt…Punten, tulisan ini sharing untuk rekan-rekan sekalian. Semoga manfaat….

Awalnya rasa lapar menyelimuti perut ini, sudah tidak tahan lagi, akhirnya saya pun menepi di tengah-tengah berkendaraan untuk sekedar mencari pengganjal perut. Di tempat di mana saya parkir, ternyata ada bapak penjual goreng-gorengan – tahu, tempe, singkong, dan ubi. Bergegaslah ke sana dan ternyata bapak penjual sedang termenung….Lalu percakapan pun di mulai…

ss: “siang bapak…”

pt: “mau beli gorengan apa pak?”

ss: “boleh saya duduk di sini, sambil makan”

pt: “oooh, silahkan pak…ini bangkunya”

ss: (sambil ngunyah)..”pak, koq bengong sich tadi? ada yang lagi dilamunin”

pt: “nggak koq pak…nggak ada apa2”…

ss: “he..he…bapak ngelamunin tentang hidup yach”

pt: tiba-tiba penjual tahu pun berubah raut wajahnya sambil menjawab: ”iya pak..iya”…

ss: “kalau bapak mau cerita, nanti agak enteng deh…cerita aja dulu..itu juga kalo bapak mau lho…”

pt: (eh, ternyata bapak itu “nyrocos”)..”saya sedih pak, sampai sore ini, dagangan saya hanya laku sedikit…kemarin-kemarin sudah buang barang dagangan banyak..hari ini kayaknya seperti kemarin lagi pak…mana istri sedang sakit di kampung”…”jadi saya tadi ngelamun..koq hidup ini kejam sekali, sampai2 dalam hati ini bilang katanya Tuhan adil, Maha segalanya...apa Tuhan adilnya cuma buat orang2 yang punya mobil, uang, rumah…aduh pak…tobat saya ini jalani hidup”

ss: “punten bapak…boleh tahu kenapa bapak berpikir seperti itu?”

pt: “aduh pak…saya mah orang bodoh…sekolah ndak pernah..baca aja ngeja pelan2...Cuma untung aja, saya masih bisa bedakan macam uang..kalo nggak dagang ini juga nggak bisa pak”…”jadi kalo bapak tanya begitu..yach buat saya mah itu yang saya bisa rasa”

ss: “punten pak, kalo saya ikut campur pikiran bapak”..

pt: “nggak apa2 pak…saya justru senang, bapak mau dengerin unek2 saya”

ss: “he..he..ini namanya takdir dan jodoh pak…hari ini bapak dan saya bertemu…boleh nggak saya tanya sama bapak lagi?”

pt: “boleh pak…silahkan…silahkan”

ss: “punten ya pak..punten…bapak yakin ndak sama Tuhan?”

pt: “wah pak…mau dibilang yakin…koq hidup seperti ini..nggak dibilang yakin nanti dibilang orang gimana gitu….hhhhhh…” “itu tadi pak…denger dari orang-orang…Tuhan Maha Adil…tapi kenyataan hidup Tuhan koq adilnya hanya sama orang2 kaya yach…hhhhh”

ss: “pak….apa yang bapak bilang tadi benar…karena bapak lihatnya jalan hidup bapak dengan orang2 yang bapak bilang kaya tadi..iya nggak?”

pt: “iya pak…”

ss: ”mau nggak kita sambung obrolan ini?”

pt: “iya pak…itung2 nunggu ada pembeli lainnya datang”

ss: “pak…setiap yang hidup pasti akan mati..betul nggak pak?”

pt: “betul pak…itu juga kadang ada di pikiran saya pak, cepet2 mati aja…”

ss: “kalo orang sudah mati, menurut bapak….kira2 apa pak?”

pt: “wah pak…baru kepikir sama saya sekarang pak…apa mungkin jalan hidup saya ini begini..sampai2, mati mah gimana nanti aja…”

ss: “he..he..he…jangan khawatir pak…kayaknya bapak nggak sendirian…he..he.”..”begini pak…saya cepetin sedikit tanyanya yach…kalau kita mati nggak ditanya sama Tuhan, artinya terus mati..khan enak…tapi kalau kita mati ditanya sama Tuhan..ngapain aja kita di dunia, gimana pak?”

pt: “kalo yang pertama mah enak pak…udah nggak mikirin jualan lagi..he..he..he…kalo yang kedua…wah, saya mesti jawab apa pak..apa lapor juga kalo hidup saya susah di dunia ini pak?”

ss: “he..he..he…jadi kita terusin obrolan ini hanya untuk terusin kemungkinan yang ditanya sama Tuhan ya pak?”

pt: “boleh..boleh pak…menurut bapak gimana?”

ss: “kalo yang kedua terjadi…maka semua manusia akan begitu kan pak?”

pt: “iya..iya pak..terus..”

ss: “menurut bapak adil nggak Tuhan kalau begitu?”

pt: “wah nggak nangkep maksud bapak nih”

ss: “begini pak…kalo yang pertama yang terjadi..bapak bisa bilang kalo Tuhan nggak adil..kenapa?...karena bapak dilahirkan hanya untuk suruh susah..dan manusia lainnya yang seperti bapak bilang kaya tadi suruh sama Tuhan hidup enak….nah, kalo yang kedua yang terjadi, bisa adil..bisa nggak…tergantung bapak”

pt: “koq begitu pak..tergantung saya?”

ss: “bapak tadi sampaikan ke saya..punten pak..tobat jalani hidup ini…coba kira2 kalo kalimat ini di dengar sama Tuhan dan bapak tanyakan ke hati bapak – yang beri bapak hidup siapa?...yang kasih bapak bisa dorong gerobak ini siapa?...yang kasih kemampuan bapak bisa ngobrol sama saya sekarang siapa?..kira2 menurut bapak apa?

pt: (tanpa disangka-sangka, bapak tadi langsung menangis, sambil berujar) “ampun ya Gusti..ampun…ampun…ampun..Gusti…”..”ngerti pak..ngerti pak”…

ss: “syukurlah….begini bapak…hidup ini adalah anugerah…tidak mungkin Tuhan tidak berbuat adil..dan memang benturan hidup akan selalu terjadi buat siapa aja yang dikasih kesempatan hidup oleh Kanjeng Gusti di alam saat ini...” “belum tentu bapak yang penjual gorengan nggak bisa bicara di hadapan Tuhan nantinya karena bapak sekarang adalah penjual gorengan, begitu pun orang2 kaya seperti yang bapak sebutkan tadi…” “ini adalah pintu keadilan dari Tuhan”…jadi ini benar-benar tergantung keyakinan bapak sendiri…”

pt: “pak..jadi rupanya saya ini tidak bersyukur dengan apa yang ada di badan saya ini…” “jadi maksud bapak, kalo saya bertemu Tuhan nantinya..sebenarnya jawabnya hanya ini ya pak..” (saya tidak jawab..hanya tersenyum saja)….

ss: “pak, ini kata sering kita dengar..sering didengarkan oleh orang lain…yakinlah pak..belum tentu semua orang mau atau akan mengerti dengan kata ini...” “walau pun bapak tidak berpunya…kalau bapak bisa bersyukur sebaik-baiknya, maka itu jauh-jauh lebih berharga kehidupan bapak…yakinlah pak…tidak mungkin Tuhan akan berbuat tidak adil..” “memang selain yakin…sabar dan pasrah menjalankan hidup juga sangat diperlukan”

pt: “maaf pak..kalo saya tadi menangis….rasanya hati saya jadi tenang ya pak…”

ss: “ ndak apa2..saya juga bisa nangis koq…syukurlah kalo begitu…saya pamit yach..”

pt: “jangan dulu pak…bisa tambah sedikit nggak obrolannya?”

ss: “apa yang masih bapak mau omongin?”

pt: “pak..kalo saya jawab seperti tadi artinya saya bisa masuk surga ya pak?”

ss: “bapak yakin nggak kalo Tuhan Maha Mengetahui?”

pt: “setelah omong ini saya tambah yakin pak…”

ss: “nah, kalo yakin..bapak ucap atau tidak khan Tuhan sudah tahu…nah, yang terpenting jujur ndak kita jalani hidup kita ini”..”kalo kita ndak jujur Tuhan juga tahu, walau pun mulut kita beda dengan hati..iya khan?..nah, kalau sudah ini yang kita jalani…terus terserah Tuhan, mau surga atau neraka…khan yang putusin Tuhan, yang punya surga atau neraka juga Tuhan…koq kita jadi ngaku2 masuk surga atau neraka, gimana pak?”

pt: “aah bapak bisa aja…saya ngerti deh maksud bapak”…

ss: “he..he…kalo begitu, nyesel nggak… nggak sekolah?”

pt: “nyesel juga lah pak…tapi syukur juga..karena supaya jujur saya jadi lebih gampang”

ss: “lhaa koq bisa begitu?”

pt: “aaah bapak ini…..khan saya ndak sekolah, jualan gorengan, jadi jujur saya khan hanya di sekitar ini aja khan pak.....jadi saya baru kebayang kalo orang2 kaya itu jujurnya lebih sulit kali ya pak?” (saya tidak jawab hanya mesam-mesem)…

ss: “udah ah pak..saya makan semuanya ada 6 gorengan, harganya sama khan setiap gorengannya?”

pt: “sama pak…ambil aja pak…nggak usah bayar…”

ss: “eeh..bapak khan dagang”

pt: “pak saya minta bapak ambil aja…saya ikhlas pak…mohon diterima ya pak…”

ss: “iya deh kalo begitu…terima kasih banget lho…”

pt: “sama-sama pak…” (baru saja saya mau melangkah..tiba-tiba datang anak2 ABG kira2 sebanyak 7 orang…eeh…gorengannya langsung diborong….)
Reply With Quote
  #2  
Old 11 June 2010, 13:23
paswa's Avatar
Junior Member
 
Join Date: Dec 2009
Posts: 200
Thanks: 1
Thanked 0 Times in 0 Posts
paswa is an unknown quantity at this point
Default

wah anda udah jadi malaikat...untuk pedagang gorengan dong
Reply With Quote
  #3  
Old 11 June 2010, 13:28
semar samiaji's Avatar
New Member
 
Join Date: Jun 2010
Posts: 6
Thanks: 0
Thanked 5 Times in 3 Posts
semar samiaji is an unknown quantity at this point
Smile

apa Mas pernah tahu kalau malaikat bisa lapar dan buktikan malaikat makan pisang goreng?..
Reply With Quote
  #4  
Old 11 June 2010, 13:49
paswa's Avatar
Junior Member
 
Join Date: Dec 2009
Posts: 200
Thanks: 1
Thanked 0 Times in 0 Posts
paswa is an unknown quantity at this point
Default

Quote:
Originally Posted by semar samiaji View Post
apa Mas pernah tahu kalau malaikat bisa lapar dan buktikan malaikat makan pisang goreng?..
lho iya toh...andakan sudah lakukan hal yang benar, membangkitkan kembali orang yang sedang putus asa..dan pada cerita akhirnya sebelum anda pergi gorengannya ada yang borong...berarti obrolan anda bermanfaatkan dan di amini...malaikat penolong adalah analoginya dari sifat yang baik...kalau yang asli mungkin engga kenal pisang goreng kali
Reply With Quote
  #5  
Old 11 June 2010, 14:00
fnugros's Avatar
Silver Member
 
Join Date: May 2009
Posts: 2,848
Thanks: 51
Thanked 135 Times in 116 Posts
fnugros super top memberfnugros super top memberfnugros super top memberfnugros super top memberfnugros super top memberfnugros super top memberfnugros super top memberfnugros super top memberfnugros super top memberfnugros super top memberfnugros super top member
Default

Nice post sob......
Reply With Quote
  #6  
Old 11 June 2010, 14:17
ree_cute's Avatar
Silver Member
 
Join Date: Apr 2010
Posts: 1,155
Thanks: 10
Thanked 5 Times in 3 Posts
ree_cute super top memberree_cute super top memberree_cute super top memberree_cute super top memberree_cute super top memberree_cute super top memberree_cute super top memberree_cute super top memberree_cute super top memberree_cute super top memberree_cute super top member
Default

Reply With Quote
  #7  
Old 11 June 2010, 14:22
navotgodin's Avatar
Senior Member
 
Join Date: May 2010
Posts: 546
Thanks: 0
Thanked 4 Times in 2 Posts
navotgodin super top membernavotgodin super top membernavotgodin super top membernavotgodin super top membernavotgodin super top membernavotgodin super top membernavotgodin super top membernavotgodin super top membernavotgodin super top membernavotgodin super top membernavotgodin super top member
:naikkuda:

Quote:
Originally Posted by paswa View Post
lho iya toh...andakan sudah lakukan hal yang benar, membangkitkan kembali orang yang sedang putus asa..dan pada cerita akhirnya sebelum anda pergi gorengannya ada yang borong...berarti obrolan anda bermanfaatkan dan di amini...malaikat penolong adalah analoginya dari sifat yang baik...kalau yang asli mungkin engga kenal pisang goreng kali
idem
Reply With Quote
  #8  
Old 14 June 2010, 10:50
ladykingdom's Avatar
New Member
 
Join Date: Jun 2010
Location: http://www.arines.org
Posts: 26
Thanks: 0
Thanked 0 Times in 0 Posts
ladykingdom is an unknown quantity at this point
Default

bagus nih postingannya ....

mantap sob ...
Reply With Quote
  #9  
Old 28 October 2011, 11:17
den_alif's Avatar
New Member
 
Join Date: Feb 2011
Posts: 2
Thanks: 0
Thanked 0 Times in 0 Posts
den_alif is an unknown quantity at this point
Default hHHhhmmMM..

ceritanya bagus..tp ini si ss orang sunda ap orang jawa yah..kadang2 'punten' ehhh kadang ngomong 'ndak'..hehehe..
Reply With Quote
  #10  
Old 28 October 2011, 14:02
cimohai's Avatar
Senior Member
 
Join Date: Aug 2010
Location: Bandung
Posts: 884
Thanks: 2
Thanked 1 Time in 1 Post
cimohai super top membercimohai super top membercimohai super top membercimohai super top membercimohai super top membercimohai super top membercimohai super top membercimohai super top membercimohai super top membercimohai super top membercimohai super top member
Default

pengalaman pribadi pak?

Sepertinya anda pribadi yang menyenangkan...
Reply With Quote
Reply

Bookmarks

Thread Tools
Display Modes

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off
Trackbacks are On
Pingbacks are On
Refbacks are On



All times are GMT +7. The time now is 23:18.