VIVAnews Forums
Welcome to VIVAforum!
If this is your first visit, be sure to check out the FAQ by clicking the link above. You may have to register before you can post: click the register link above to proceed. To start viewing messages, select the forum that you want to visit from the selection below.


Reply
 
LinkBack Thread Tools Display Modes
  #1  
Old 10 January 2011, 22:09
POHON ASAM's Avatar
Silver Member
 
Join Date: Dec 2010
Location: Pamekasan Madura
Posts: 2,413
Thanks: 16
Thanked 1 Time in 1 Post
POHON ASAM super top memberPOHON ASAM super top memberPOHON ASAM super top memberPOHON ASAM super top memberPOHON ASAM super top memberPOHON ASAM super top memberPOHON ASAM super top memberPOHON ASAM super top memberPOHON ASAM super top memberPOHON ASAM super top memberPOHON ASAM super top member
Arrow Cara efektif mengurangi korupsi

Cara efektif megurangi korupsi.

(Saya adalah seorang petani, saya tidak mengerti hukum, namun saya yakin bahwa saya adalah salah seorang yang paling dirugikan dengan adanya korupsi)

Menurut saya, korupsi di negri ini sudah seperti lingkaran setan yang sukar diputus. Sudah menjadi budaya yang sukar dihilangkan. Namun saya masih optimis bahwa korupsi dinegri ini masih dapat dikurangi secara signifikan. Caranya dengan memciptakan perangkat hukum khusus korupsi yang meliputi:
1. Dasar hukum yang dipahami masyarakat
2. Penegak hukum khusus korupsi
3. Hukuman khusus bagi koruptor




1. Dasar hukum yang dipahami masyarakat
Dasar hukum ini harus diperbanyak, kemudian dibagikan ke sebanyak mungkin orang. Tujuannnya agar diketahui dan dipahami oleh masyarakat luas. Menurut saya, selama ini sebagian masyarakat hanya tau “jika bersalah akan dihukum”

2. Penegak hukum khusus korupsi.
Memang saat ini sudah ada KPK yang konon kabarnya adalah sebuah lembaga superbody. Namun menurut saya keberadaan KPK kurang efektif. Penegak hukum khusus korupsi yang akan efektif menurut saya harus memenuhi syarat sebagai berikut:
• Dilaksanakan oleh orang baru
• Memiliki kemampuan memadai
• Menyeluruh





Dilaksanakan orang baru

Penegak hukum harus orang yang benar-benar baru dengan misi dan visi yang jelas. Tujuannya agar lingkaran korupsi dilingkungan pelaksana terputus.

Kemampuan memadai
Penegak hukum harus memiliki pegetahuan dari banyak disiplin ilmu, menguasai teknologi dan terlatih dalam menangani korupsi. Untuk mencapai hal tersebut maka diperlukan pendidikan khusus, mungkin tepatnya Sekolah khusus penanganan korupsi.

Menyeluruh

Penegak hukum harus memiliki struktur lengkap, dari proses pencegahan, penyidikan, hingga penghukuman. Hal ini mutlak diperlukan untuk menpercepat penanganan masalah dan mencegah birokrasi yang berbelit.






. Hukuman khusus bagi koruptor
Menurut saya, hukuman yand ada saat ini kurang memberi efek jera, dan kurang kreatif. Agar efektif maka diperlukan :
• Langkah pra efektif
• Sangsi proporsional
• Penjara khusus

Langkah pra efektif
Sebelum hukuman baru diterapkan, beri kesempatan dengan batas waktu kepada para pelaku korupsi untuk proaktif melaporkan kejahatan yang telah dia lakukan sekaligus mengembalikan kerugian negara yang terjadi. Tentunya dengan tetap dilakukan pemeriksaan atas orang yang melapor.

Sangsi proporsional
Dalam kasus korupsi sangsi/hukuman yang diterapkan harus proporsional sesuai kerugian yang ditimbulkan. Selain kerugian harus dikembalikan, juga diperlukan satuan khusus yang jelas. Misal 1 hari kurungan untuk korupsi senilai Rp. 1.000, jadi jika seseorang korupsi senilai Rp. 1.000.000.000 maka hukumannya adalah 1.000.000 hari hukuman.

Penjara khusus

Orang yang melakukan korupsi identik dengan memiliki uang yang banyak. Jika tidak dipenjara dengan penjara khusus maka dia dapat melakukan hal tidak semestinya sebagai tahanan. Penjara yang tepat adalah penjara dengan model rumah kaca dan berada ditempat umum, dengan demikian semua orang dapat mengawasi keberadaanya.

( Apakah menurut anda saya kurang waras sehingga menghayal yang bukan-bukan ? saya tidak keberatan dianggap demikian )

__________________
Spoiler:
Quote:
[SIGPIC][/SIGPIC]
Reply With Quote
Reply

Bookmarks

Thread Tools
Display Modes

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off
Trackbacks are On
Pingbacks are On
Refbacks are On



All times are GMT +7. The time now is 14:25.