VIVAnews Forums
Welcome to VIVAforum!
If this is your first visit, be sure to check out the FAQ by clicking the link above. You may have to register before you can post: click the register link above to proceed. To start viewing messages, select the forum that you want to visit from the selection below.


Like Tree2Likes

Reply
 
LinkBack Thread Tools Display Modes
  #1  
Old 13 September 2011, 18:03
masiroel47's Avatar
Silver Member
 
Join Date: Feb 2011
Location: yogyakarta
Posts: 2,912
Thanks: 25
Thanked 39 Times in 34 Posts
masiroel47 super top membermasiroel47 super top membermasiroel47 super top membermasiroel47 super top membermasiroel47 super top membermasiroel47 super top membermasiroel47 super top membermasiroel47 super top membermasiroel47 super top membermasiroel47 super top membermasiroel47 super top member
Default [cerita horor] CERITA MISTIS DI BUS "BALAP" LEGENDARIS SUMBER KENCONO



Bus ini memang cukup terkenal di kalangan masyarakat Jawa Timur dan Jawa Tengah bagian Timur. Armada bus ini terkenal karena kebiasaan ugal-ugalannya. Selain itu, angka kecelakaannya juga termasuk tinggi. Tak heran nama Sumber Kencono ini sering dipelesetkan oleh masyarakat menjadi “Sumber Bencono” alias “sumber bencana”. Bahkan, suatu ketika bus ini pernah dibakar di Ngawi oleh massa karena menabrak pengendara sepeda motor hingga tewas. Mungkin karena ingin mengubah image, nama armada ini akhirnya diganti menjadi seperti itu (Sumber Selamat).
ini ada salah satu kisah nyata cerita mistis teman TS >boleh percaya boleh gak<

Dingin, aku merapatkan jaketku. Entah sudah berapa batang rokok yang kuhabiskan menunggu bis sialan ini. Kulihat jam di tanganku sudah menunjukkan pukul 12 malam. Mataku sampai bosan melihat ke arah jembatan layang Janti. Sudah hampir dua jam aku menunggu di sini, bener-bener brengsek, tak satupun bis yang mau berhenti. Mana sendirian pula, jadi agak-agak merinding, campuran antara takut ada preman kesasar sama aroma mistis malem Jumat Kliwon yang dikenal orang Jawa sebagai malam keramat.

Dari arah barat kulihat sepeda motor melambat, nampaknya dia mau nunggu bis juga. Yang dibonceng seorang pemuda gondrong dengan jaket bergambar lambang salah satu perguruan tinggi di ringroad utara, dia turun sambil melepaskan helmnya.

"Ati-ati dab!" Si pengendara motor muter balik sambil melambaikan tangannya.

Lumayan, ada barengan di sini, minimal kalo sampe ada yang mau malak bisa kabur ke arah berlainan biar premannya bingung mau ngejar yang mana.

Ndak usah ketawa, aku males berantem sama orang ndak mikir masa depan macem preman jalanan, sedikit trauma juga gara-gara dulu waktu ribut sama preman mereka seenaknya ngeluarin pisau. Lha siapapun yang kena kan pasti berurusan sama polisi, dia mungkin mikirnya masuk tahanan ndak masalah, bisa makan gratis. Kalo aku? Bisa digebuki bapakku!

"Mau pulang ke mana Mas?" Sapaku mencoba beramah tamah.

Blah! Sombong sekali mas satu ini, berapa kali aku menyapa tak sekalipun dia menjawab, pura-pura gak denger, sok-sok sibuk ngliat arah datangnya bis di arah jembatan layang. Ini mungkin yang pernah dibilang Simbah di kampung, wong Jowo ilang Jowone, sudah ndak tau tata krama.

Untunglah tak berapa lama kemudian bisnya datang, Sumber Kencono, bis legendaris jurusan Jogja-Surabaya, dan kali ini bisnya mau berhenti. Si Mas gondrong naik duluan, eh lha kok aku baru naik satu kaki si bisnya udah jalan lagi, bener-bener gak sopan! Tapi mungkin memang sudah jadi kebiasaan, karena jadwal keberangkatan antar bis yang kadang cuma selisih 5 menit membuat mereka ndak bisa berhenti lama-lama, kuatir mepet sama yang belakang.

Tumben baru sampe Janti saja bisnya sudah penuh, ada satu dua kursi yang kapasitasnya tiga orang baru ditempati dua orang tapi penumpang yang di situ gak ada yang menawarkan tempat duduk padaku. Lebih tepatnya mereka gak bereaksi apapun saat aku permisi mau duduk. Blah! Makin lama makin keterlaluan orang-orang ini, terbiasa hidup sendiri-sendiri mungkin, sudah hilang segala macam ramah tamah yang konon dulu pernah jadi salah satu ciri orang sini.

Untung ada tiga kursi kosong di bangku paling belakang, tak perlu permisi, lega juga, bisa naikin kaki, mungkin sambil klebas-klebus ngrokok untuk mengusir bosan nanti. Peduli setan sama orang-orang bakal terganggu atau tidak, wong mereka disapa gak menyahut, harusnya diganggu juga gak protes! Sekarang yang penting merem dulu, kompensasi dari berdiri hampir dua jam waktu nunggu bis tadi.

Bis sudah melaju sampai daerah Kalasan, biasanya di sini kondektur sudah narik bayaran dari semua penumpang, tapi heran, kok dari tadi gak ada yang njawil padahal duit sudah aku siapkan. Terserah lah, kalo nanti gak mbayar ya malah bersukur tho.

Tunggu dulu, sunyi waktu naik bis di malam hari sudah biasa, tapi sepertinya yang sekarang ini terlalu sunyi. Mungkin ada satu dua celoteh pelan terdengar, tapi kenapa dari tadi ekspresi orang-orang ini terlalu datar? Lebih tepatnya gak ada ekspresi yang tergambar di wajah. Bahkan orang di sebelahku pun seperti gak merasakan kehadiranku.

Aku jadi sedikit merinding, dulu mbakyuku pernah bilang, kalo malem jangan nunggu bis dari janti, lebih baik dari terminal saja karena konon ada bis hantu yang suka ngambil penumpang di situ.

Bis hantu?

Iya, bis hantu. Selentingan kabar mengatakan bis ini mengalami kecelakaan parah dan semua penumpangnya tewas, waktu kita naik itu semua penumpangnya berwajah pucat dan tidak menghiraukan kehadiran kita. Konon kalo naik bis itu dari Jogja bisa sampai ke Surabaya dalam waktu gak sampai tiga jam, tapi kalo lagi gak beruntung bisa juga gak sampai Surabaya, kita malah dibawa ke alam antah-berantah. Lebih celaka lagi katanya bis hantu itu Sumber Kencono yang memang terkenal suka kebut-kebutan.

"Mas, Sampeyan mau turun mana?" Aku mencoba menyapa penumpang di sebelah, sekaligus mengusir rasa penasaran, masa iya ada bis hantu.

Dia gak menjawab, lebih tepatnya bereaksi seperti semua orang yang dari tadi kusapa, gak ada ekspresi. Ini mulai menakutkan. Kucoba menepuk bahunya agar dia menanggapi sapaanku. Sial! Tanganku menembus bahunya! Dia tidak nyata, dia bukan manusia!

"Pak! Kiri pak! Saya turun sini!" Teriakku panik, tapi mereka tetap dingin tanpa ekspresi.

Sialan! Mungkinkah aku akan terbawa ke alam gaib seperti yang orang-orang pernah ceritakan? Bulu kudukku merinding, badanku terasa dingin. Tapi percuma panik sekarang, aku mencoba mengingat doa-doa yang diajarkan Simbah dulu, sial, lupa semua!

Hampir tanpa sadar, aku meraih sebatang rokok, kunyalakan perlahan dan kuhisap dalam-dalam untuk mengusir tegang.

"Cak, kok bisnya bau kemenyan?" Penumpang di sebelahku mendadak menutup hidung, menatap lurus seakan menembusku dan bertanya pada kenek yang berdiri di pintu belakang.

"Gak papa Mas, kadang memang suka tercium bau kemenyan. Katanya dulu di Janti situ pernah ada penumpang lagi nunggu bis meninggal ditusuk waktu ribut sama preman, kalo malem Jumat Kliwon kayak sekarang ini katanya dia suka ikut naik bis. Kasian, mungkin matinya gak tenang."

Aku termangu, dan bis terus melaju...
d3dy_01 and juliusbathosay like this.
Reply With Quote
The Following User Says Thank You to masiroel47 For This Useful Post:
d3dy_01 (22 February 2013)
  #2  
Old 13 September 2011, 18:05
jejo's Avatar
Banned
 
Join Date: Sep 2011
Posts: 61
Thanks: 0
Thanked 0 Times in 0 Posts
jejo is an unknown quantity at this point
Default

hiiiii..... atuuuuuuutttttt
Reply With Quote
  #3  
Old 13 September 2011, 18:07
OSDnews's Avatar
Silver Member
 
Join Date: Mar 2011
Location: Sukabumi
Posts: 1,601
Thanks: 0
Thanked 10 Times in 6 Posts
OSDnews super top memberOSDnews super top memberOSDnews super top memberOSDnews super top memberOSDnews super top memberOSDnews super top memberOSDnews super top memberOSDnews super top memberOSDnews super top memberOSDnews super top memberOSDnews super top member
Default

nyimak dulu gan
Reply With Quote
  #4  
Old 13 September 2011, 18:08
Banned
 
Join Date: Aug 2011
Posts: 420
Thanks: 0
Thanked 0 Times in 0 Posts
fajar97 is an unknown quantity at this point
Default

bau kemenyan?
wewew
ngeri kali
Reply With Quote
  #5  
Old 13 September 2011, 18:10
masiroel47's Avatar
Silver Member
 
Join Date: Feb 2011
Location: yogyakarta
Posts: 2,912
Thanks: 25
Thanked 39 Times in 34 Posts
masiroel47 super top membermasiroel47 super top membermasiroel47 super top membermasiroel47 super top membermasiroel47 super top membermasiroel47 super top membermasiroel47 super top membermasiroel47 super top membermasiroel47 super top membermasiroel47 super top membermasiroel47 super top member
Default

Quote:
Originally Posted by fajar97 View Post
bau kemenyan?
wewew
ngeri kali
daripda bau kentut penumpang sebelah pilih mn gan ? heheh
Reply With Quote
  #6  
Old 13 September 2011, 18:18
rumahbaru's Avatar
Silver Member
 
Join Date: May 2011
Posts: 1,093
Thanks: 0
Thanked 4 Times in 1 Post
rumahbaru is an unknown quantity at this point
Default

ane naik bis biasa aja ah jangan bis hantu
Reply With Quote
  #7  
Old 13 September 2011, 18:22
bayu ninja's Avatar
Super Member
 
Join Date: Feb 2011
Posts: 43,676
Thanks: 32
Thanked 48 Times in 40 Posts
bayu ninja super top memberbayu ninja super top memberbayu ninja super top memberbayu ninja super top memberbayu ninja super top memberbayu ninja super top memberbayu ninja super top memberbayu ninja super top memberbayu ninja super top memberbayu ninja super top memberbayu ninja super top member
Default

Hiiiiihhh menakutkan banget ahhh gan
Reply With Quote
  #8  
Old 13 September 2011, 18:58
allinfo's Avatar
Senior Member
 
Join Date: May 2011
Location: Cirebon
Posts: 609
Thanks: 11
Thanked 13 Times in 12 Posts
allinfo super top memberallinfo super top memberallinfo super top memberallinfo super top memberallinfo super top memberallinfo super top memberallinfo super top memberallinfo super top memberallinfo super top memberallinfo super top memberallinfo super top member
:cintabgt:

wow, nice info sob............
Reply With Quote
  #9  
Old 13 September 2011, 19:03
ceweksukasuka's Avatar
Silver Member
 
Join Date: Aug 2011
Location: INdonesia negeri tericnta
Posts: 2,149
Thanks: 1
Thanked 1 Time in 1 Post
ceweksukasuka super top memberceweksukasuka super top memberceweksukasuka super top memberceweksukasuka super top memberceweksukasuka super top memberceweksukasuka super top memberceweksukasuka super top memberceweksukasuka super top memberceweksukasuka super top memberceweksukasuka super top memberceweksukasuka super top member
Default

nice infooo
Reply With Quote
  #10  
Old 13 September 2011, 19:46
panjianom's Avatar
New Member
 
Join Date: Jan 2011
Location: www.fienzo.com
Posts: 94
Thanks: 1
Thanked 0 Times in 0 Posts
panjianom is an unknown quantity at this point
Default

ahh biasa aja kali
Reply With Quote
Reply

Bookmarks

Thread Tools
Display Modes

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off
Trackbacks are On
Pingbacks are On
Refbacks are On



All times are GMT +7. The time now is 17:29.