VIVAforum

VIVAforum (http://forum.viva.co.id/index2.php)
-   Lain - lain (http://forum.viva.co.id/lain-lain/)
-   -   Emping Jagung Produsen | jual emping jagung 9rb (http://forum.viva.co.id/lain-lain/555007-emping-jagung-produsen-%7C-jual-emping-jagung-9rb.html)

masdibyo 12 October 2012 21:45

Emping Jagung Produsen | jual emping jagung 9rb
 
Emping Jagung Produsen | jual emping jagung | mesin emping | harga emping jagung
Emping Jagung rasanya renyah garing dan gurih. Dibuat dari butiran biji jagung sehingga ada aksen manis yang enak.

Kami Supplier & Distributor Emping Jagung siap memenuhi Pesanan dimanapun Anda. Hubungi: Bpk.Dibyo 081318716914. Lebih MURAH!

Kami membuka kesempatan bagi anda untuk menjadi agen diseluruh indonesia atau membeli Emping Jagung curah untuk di kemas ulang dan dijual kembali dengan keuntungan sampai 100% . Stock Melimpah !

UD.Elfat Alamat: Barat Pasar Legok RT.04 RW.01 No.9 Kec.Pekuncen-Banyumas Jawa Tengah

53164 Bpk.Dibyo 081318716914

Terpercaya Sejak Tahun 2005
PRODUSEN :Emping Jagung Mentah ataupun Goreng Aneka Rasa: Sambal balado,Ayam bakar

Pedas, Sapi Panggang Mantap,Sehat dan Bergizi,Emping Melinjo Super Kuwalitas
Exspor,Krupuk Rambak,Lanting Telo Stik,Bumbu Tabur,Makaroni, Krupuk Sari Kedelai.
Peluang Emas Cari Agen Tiap Kota Seindonesia Hub: Bpk.Dibyo 081318716914

Daftar Harga Nego:
Emping Jagung Mentah Rp.9000-Rp 12.500
Emping Jagung matang :Rp.20.000 - Rp.25.000
Emping Melinjo mentah : Rp.27.000-Rp.30.000
Rambak Rp.11.000-Rp.14.000
Bumbu Tabur Rp.30.000- 35.000
Disesuaikan dengan Kota Tujuan


Cara membuat emping jagung
proses pembuatan emping jagung, mula-mula dipilih jagung yang bersih dan kondisinya baik, terutama bebas dari serangan jamur. Setelah dibersihkan dari kotoran dan dicuci, jagung direbus dengan ditambahkan kapur 2-4 % dari berat jagung selama sekitar 1 jam. Proses Niktamalisasi atau perebusan dengan kapur tersebut dimaksudkan untuk menghancurkan kulit ari (kulit tipis terbuat dari bahan sellulosa yang menyelimuti biji jagung), sehingga memudahkan penetrasi air dan panas kedalam biji jagung. Proses Niktamalisasi tersebut dianggap cukup apabila biji jagung ketika dipegang jari tangan terasa licin dan kulit ari hancur atau rusak.

Setelah dicuci bersih, biji jagung direndam air bersih semalam. Perendaman ini dimaksudkan untuk memberikan kesempatan penetrasi air kedalam biji jagung, sehingga memudahkan proses pengukusan. Selanjutnya dilakukan pengukusan sekitar 1 jam. Indikator bahwa pengukusan dianggap cukup apabila pati dalam aleuron (kantung pati) telah tepat tergelatinisasi seluruhnya.

Usahakan tingkat gelatinisasinya tidak berlebihan, sebab gelatinisasi yang berlebihan atau jagung terlalu matang menyebabkan biji jagung hancur ketika dipipihkan. Setelah matang, jagung kukus yang masih dalam keadaan panas langsung dipipihkan atau digencet dengan mesin roll pemipih. Agar jagung tidak lengket, paling baik roll pemipih terbuat dari jenis plastik (misal pralon PVC dengan diameter cukup besar sekitar 6-8 inchi yang didalamnya diisi cor semen sehingga berat dan mampu menggencet jagung). Dengan roll pemipih ini yang jumlahnya 2 buah dan berputar berlawanan arah , maka biji jagung akan tergencet berbentuk pipih dengan ketebalan sekitar 1 mm (ketebalan ini dapat diatur sesuai kebutuhan).

Biji jagung yang tergencet ini akan berjatuhan ke bawah dan ditampung dalam rigen bambu atau wadah penampung lainnya. Agar tidak rusak atau hancur, sebaiknya tidak dilakukan pemindahan jagung yang sudah dipipihkan ini. Oleh karena itu, supaya jagung pipih dapat tertampung dalam wadah secara merata, maka perlu didesain sedemikian rupa, misalnya wadah penampungnya diusahakan bisa bergerak mengikuti jatuhnya biji jagung yang tergencet.

Setelah rigen atau wadah cukup penuh, selanjutnya jagung gencet dijemur dibawah terik matahari sampai kering. Dalam keadan cuaca baik, biasanya pengeringan emping jagung hanya membutuhkan 1 -2 hari saja. Sebelum disimpan atau digoreng, emping jagung kering perlu disortasi ukurannya, yaitu untuk memisahkan ukuran emping jagung yang besar dengan yang berukuran kecil atau ”remukan” dan lembaga. Cara sortasi ini dilakukan dengan diayak.


All times are GMT +7. The time now is 12:24.

Powered by vBulletin® Version 3.8.0
Copyright ©2000 - 2014, Jelsoft Enterprises Ltd.