VIVAnews Forums
Welcome to VIVAforum!
If this is your first visit, be sure to check out the FAQ by clicking the link above. You may have to register before you can post: click the register link above to proceed. To start viewing messages, select the forum that you want to visit from the selection below.


Reply
 
LinkBack Thread Tools Display Modes
  #1  
Old 9 September 2012, 02:26
0takberit4's Avatar
Junior Member
 
Join Date: Aug 2012
Location: 20
Posts: 450
Thanks: 0
Thanked 24 Times in 20 Posts
0takberit4 super top member0takberit4 super top member0takberit4 super top member0takberit4 super top member0takberit4 super top member0takberit4 super top member0takberit4 super top member0takberit4 super top member0takberit4 super top member0takberit4 super top member0takberit4 super top member
Default Misteri Fosil Penyu dan Batu Karang di Gua Batu Cermin NTT



Sebuah gua di Kampung Wae Kesambi, Flores Barat memiliki keanehan menarik, Masalahnya, di dalam gua yang notabene berada di darat, ada fosil penyu dan juga batu karang. Kenapa begitu ya?

Gua Batu Cermin berada di Kampung Wae Kesambi, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Flores Barat, NTT. Letaknya 2,5 km dari Labuan Bajo. Di dalam gua yang pertama kali ditemukan tahun 1951 ini tersimpan sebuah misteri.

Bayangkan saja, ada fosil penyu menempel di dinding gua. Yang tak kalah aneh adalah, ada juga batu karang di salah satu gugusan batu yang ada di sana. Apakah mungkin kawasan ini berada di bawah air pada zaman dahulu?

Ternyata, pertanyaan ini juga sama-sama diutarakan oleh ranger setempat yang bernama Evan. Ia juga berasumsi bahwa mungkin, beratus bahkan beribu tahun yang lalu, kawasan ini masih terendam air dan masih jadi bagian dari lautan.

Memang tidak ada bukti atau data yang kuat untuk membuktikan asumsi dari keanehan ini. Namun jika Anda penasaran, bisa langsung lihat sendiri fosil dan batu karang di sini. Ranger yang jadi pemandu akan menunjukkan di mana Anda bisa melihat batu karang dan fosil tersebut.




Di luar itu, Gua Batu Cermin juga memiliki anomali yang cukup unik. Batu yang ada di sini masih mengandung garam. Jika Anda cukup tertantang dan memiliki rasa penasaran yang berlebih, bisa mencoba merasakan batu-batu di sini.

Tapi, tidak semua batu akan terasa asin. Hanya batu yang berkilau saja yang asin. Karena kilau itu berasal dari garam yang dikandung batu tersebut.

Ada yang harus diperhatikan saat mengeksplorasi batu-batu berkilau. Karena sebenarnya, batu ini memiliki sifat seperti makhluk hidup yaitu bertumbuh. Kala air mengalir melalui batu-batu itu, mereka semakin menebal dan berkilau. Kilau ini akan menghilang jika bersentuhan dengan tangan manusia terlalu lama atau sering.

Jadi demi menjaga objek wisata ini, ada baiknya Anda menjaga tangan agar tidak terlalu jahil. Perhatikan juga langkah Anda. Berhati-hatilah, agar tidak tertubruk batu. Selain berbahaya, tidak hati-hati saat berada di sini juga bisa merusak ekosistem yang sudah tercipta baik di sini.







berita misteri lainnya "Klik Disini"
Reply With Quote
  #2  
Old 9 September 2012, 07:32
bayu ninja's Avatar
Super Member
 
Join Date: Feb 2011
Posts: 43,693
Thanks: 32
Thanked 48 Times in 40 Posts
bayu ninja super top memberbayu ninja super top memberbayu ninja super top memberbayu ninja super top memberbayu ninja super top memberbayu ninja super top memberbayu ninja super top memberbayu ninja super top memberbayu ninja super top memberbayu ninja super top memberbayu ninja super top member
Default

kayaknya mungkin tempat itu dulu emang di bawah air deh ,,, kalo engga mana mungkin bisa
Reply With Quote
  #3  
Old 9 September 2012, 08:38
MYSTERIOUS's Avatar
Moderator
 
Join Date: Aug 2012
Location: www.misteri.us
Posts: 2,188
Thanks: 8
Thanked 22 Times in 18 Posts
MYSTERIOUS super top memberMYSTERIOUS super top memberMYSTERIOUS super top memberMYSTERIOUS super top memberMYSTERIOUS super top memberMYSTERIOUS super top memberMYSTERIOUS super top memberMYSTERIOUS super top memberMYSTERIOUS super top memberMYSTERIOUS super top memberMYSTERIOUS super top member
Default

gw pernah liat begituan. waktu ane jalan jalan ke makassar, yang tepatnya di gua mimpi di bantimurung makassar. keren pokoknya.
Reply With Quote
  #4  
Old 9 September 2012, 09:32
Kartanom's Avatar
Junior Member
 
Join Date: Jan 2012
Location: UnikOke.com
Posts: 378
Thanks: 5
Thanked 14 Times in 10 Posts
Kartanom super top memberKartanom super top memberKartanom super top memberKartanom super top memberKartanom super top memberKartanom super top memberKartanom super top memberKartanom super top memberKartanom super top memberKartanom super top memberKartanom super top member
Default

Gambar batu yang kayak fosil penyu, gambar yang mana ya gan?
Reply With Quote
  #5  
Old 9 September 2012, 10:10
nindi's Avatar
Platinum Member
 
Join Date: Jun 2011
Posts: 16,030
Thanks: 2
Thanked 122 Times in 110 Posts
nindi super top membernindi super top membernindi super top membernindi super top membernindi super top membernindi super top membernindi super top membernindi super top membernindi super top membernindi super top membernindi super top member
Default

fosilnya yang mana gan
yang ada cuma batu" doank
Reply With Quote
  #6  
Old 9 September 2012, 10:15
Kartanom's Avatar
Junior Member
 
Join Date: Jan 2012
Location: UnikOke.com
Posts: 378
Thanks: 5
Thanked 14 Times in 10 Posts
Kartanom super top memberKartanom super top memberKartanom super top memberKartanom super top memberKartanom super top memberKartanom super top memberKartanom super top memberKartanom super top memberKartanom super top memberKartanom super top memberKartanom super top member
Default

Quote:
Originally Posted by nindi View Post
fosilnya yang mana gan
yang ada cuma batu" doank
Iyaaa bener Sis perasaan jg batu-batu doang itu
Reply With Quote
  #7  
Old 9 September 2012, 10:52
hktoyshop's Avatar
Super Member
 
Join Date: Feb 2009
Location: http://hk-toys.com
Posts: 35,484
Thanks: 13
Thanked 567 Times in 358 Posts
hktoyshop super top memberhktoyshop super top memberhktoyshop super top memberhktoyshop super top memberhktoyshop super top memberhktoyshop super top memberhktoyshop super top memberhktoyshop super top memberhktoyshop super top memberhktoyshop super top memberhktoyshop super top member
Default

tempat nya kayak nya serem ya gan gelap gitu isi nya batu-batuan lagi
__________________
mampir gan di mari blog ane yang pingin ketawa
http://gambar.humor-jorok.com
Reply With Quote
  #8  
Old 9 September 2012, 10:59
Minhan's Avatar
Silver Member
 
Join Date: Aug 2011
Posts: 1,789
Thanks: 12
Thanked 24 Times in 17 Posts
Minhan super top memberMinhan super top memberMinhan super top memberMinhan super top memberMinhan super top memberMinhan super top memberMinhan super top memberMinhan super top memberMinhan super top memberMinhan super top memberMinhan super top member
Default

Quote:
Originally Posted by hktoyshop View Post
tempat nya kayak nya serem ya gan gelap gitu isi nya batu-batuan lagi
bener tuh gan ... tempatnya nyeremin banget
Reply With Quote
  #9  
Old 9 September 2012, 21:13
0takberit4's Avatar
Junior Member
 
Join Date: Aug 2012
Location: 20
Posts: 450
Thanks: 0
Thanked 24 Times in 20 Posts
0takberit4 super top member0takberit4 super top member0takberit4 super top member0takberit4 super top member0takberit4 super top member0takberit4 super top member0takberit4 super top member0takberit4 super top member0takberit4 super top member0takberit4 super top member0takberit4 super top member
Default

Quote:
Originally Posted by bayu ninja View Post
kayaknya mungkin tempat itu dulu emang di bawah air deh ,,, kalo engga mana mungkin bisa
iya.... ane juga sependapat gan.... atau mungkin ada tetesan air garam disana, jadi bisa terbentuk kya gtu...
Reply With Quote
  #10  
Old 9 September 2012, 21:50
Koplingblong's Avatar
Senior Member
 
Join Date: Jan 2012
Location: indonesia
Posts: 697
Thanks: 13
Thanked 4 Times in 4 Posts
Koplingblong super top memberKoplingblong super top memberKoplingblong super top memberKoplingblong super top memberKoplingblong super top memberKoplingblong super top memberKoplingblong super top memberKoplingblong super top memberKoplingblong super top memberKoplingblong super top memberKoplingblong super top member
Default

gua yang sangat menarik,.
Reply With Quote
Reply

Bookmarks

Thread Tools
Display Modes

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off
Trackbacks are On
Pingbacks are On
Refbacks are On



All times are GMT +7. The time now is 05:18.