VIVAnews Forums
Welcome to VIVAforum!
If this is your first visit, be sure to check out the FAQ by clicking the link above. You may have to register before you can post: click the register link above to proceed. To start viewing messages, select the forum that you want to visit from the selection below.


Reply
 
LinkBack Thread Tools Display Modes
  #1  
Old 31 January 2013, 14:53
nindi's Avatar
Platinum Member
 
Join Date: Jun 2011
Posts: 15,512
Thanks: 2
Thanked 120 Times in 108 Posts
nindi super top membernindi super top membernindi super top membernindi super top membernindi super top membernindi super top membernindi super top membernindi super top membernindi super top membernindi super top membernindi super top member
Default Misteri "Pabrik Gula Sokaraja" Sejarah Yang Di Lupakan

Pabrik gula Kalibagor atau dalam bahasa Belanda adalah Suikerfabriek Kalibagor, ini merupakan Perusahaan Belanda terbesar di daerah banyumas tepatnya di Kalibagor. Pabrik Gula Kalibagor berdiri tahun 1839, pabrik gula yang konon masa operasinya paling lama dibanding pabrik gula lain di ex-karsidenan banyumas.
Area pabrik gula yang lengkap dengan pabrik utama, rumah jabatan pegawai belanda, rumah bagi pegawai pribumi dan jalur sepur tebu yang membentang dari kalibagor. sampai kalimanah (purbalingga) dan kecamaan baturaden (kaki gunung slamet). dan juga di lintasi oleh jalur ex Serajoedal Stoomtram Maatschappij atau sering di sebut dengan (SDS), untuk mengangkut Gula dari pabrik.
Mengenang tempo dulu merupakan perusahaan terbesar pada masanya. kini keadaannya sangat mengenaskan setelah sekian lama tidak beroprerasi. bangunan yang terlihat besar dan luas kini mulai rapuh akibat termakan usia, yang di kelilingi rerumputan, yang membuat hawa mistis setiap orang yang meliwati area itu, ironis memang.
Suikerfabriek Kalibagor atau sering di sebut dengan Pabrik Gula kalibagor mulai tidak beroperasi sekitar tahun 1996-1997 setahun sebelum era Reformasi.
Dan pada era awal reformasi perusahaan ini dijarah habis-habisan oleh warga sekitar dan bahkan dari daerah lain, entah apa pemicunya. Rumah-rumah dinas dan isi pabrik juga rangkaian rel habis dan hanya menyisakan bekas tanah kosong yang memanjang dan menikung.

Awal revormasi pabrik ini mengalami penjarahan besar-besaran. yang konon para penjarah mengalami musibah yang menimbulkan kerugian lebih besar dari nilai barang jarahannya (dari mulai sakit, kecelakaan, sampe usahanya bangkrut).

menurut penuturan cerita warga setempat tempat kalibagor dan sokaraja dulu merupakan kota industri yang sangat ramai, melebihi purwokerto. di daerah tersebut juga terdapat pabrik-pabrik lain seperti pabrik keramik, pabrik kuningan dan pabrik tepung tapioka yang berada di utara Suikerfabriek Kalibagor.

Pabrik gula ini di sokong oleh perkebunan tebu seluas 400 bau atau 280 hektar lokasinya di dearah sokaraja sampai purbalingga, yang membuat kota kalibagor-sokaraja menjadi kota industri yang sangat ramai di massa nya.
Itulah sedikit kisah tentang Pabrik Gula Kalibagor yang kini hanya sebuah gedung tua besar yang seram berhias semak belukar di kecamatan Kalibagor, Kabupaten Banyumas Jawa Tengah.

Foto Lainnya

Spoiler:

Spoiler:


SUMBER
Reply With Quote
  #2  
Old 31 January 2013, 14:55
grobakz's Avatar
Platinum Member
 
Join Date: Mar 2011
Location: purwokerto
Posts: 12,454
Thanks: 5
Thanked 168 Times in 145 Posts
grobakz super top membergrobakz super top membergrobakz super top membergrobakz super top membergrobakz super top membergrobakz super top membergrobakz super top membergrobakz super top membergrobakz super top membergrobakz super top membergrobakz super top member
Default

sekarng udh terlantar ni pabrik gann
Reply With Quote
  #3  
Old 31 January 2013, 14:55
anaa's Avatar
Platinum Member
 
Join Date: Apr 2011
Location: Prince-News.blogspot
Posts: 20,474
Thanks: 24
Thanked 283 Times in 261 Posts
anaa super top memberanaa super top memberanaa super top memberanaa super top memberanaa super top memberanaa super top memberanaa super top memberanaa super top memberanaa super top memberanaa super top memberanaa super top member
Default

ini niih gudangnya dedemit di daerah banyumas yaaah.....
sereem banget dan penuh mistis.
konon katanya,kalo ada yg msuk kedalem,itu susah buat keluar.
banyak besi besi berserakan didalem,,,,,,ngeri
__________________
No Siggy Kakaak
Reply With Quote
  #4  
Old 31 January 2013, 14:57
nindi's Avatar
Platinum Member
 
Join Date: Jun 2011
Posts: 15,512
Thanks: 2
Thanked 120 Times in 108 Posts
nindi super top membernindi super top membernindi super top membernindi super top membernindi super top membernindi super top membernindi super top membernindi super top membernindi super top membernindi super top membernindi super top member
Default

Quote:
Originally Posted by anaa View Post
ini niih gudangnya dedemit di daerah banyumas yaaah.....
sereem banget dan penuh mistis.
konon katanya,kalo ada yg msuk kedalem,itu susah buat keluar.
banyak besi besi berserakan didalem,,,,,,ngeri
iya bener banget gan malah pernah buat syuting Dunia Lain,...
Reply With Quote
  #5  
Old 31 January 2013, 14:59
anaa's Avatar
Platinum Member
 
Join Date: Apr 2011
Location: Prince-News.blogspot
Posts: 20,474
Thanks: 24
Thanked 283 Times in 261 Posts
anaa super top memberanaa super top memberanaa super top memberanaa super top memberanaa super top memberanaa super top memberanaa super top memberanaa super top memberanaa super top memberanaa super top memberanaa super top member
Default

Quote:
Originally Posted by nindi View Post
iya bener banget gan malah pernah buat syuting Dunia Lain,...
apaa iyaaa ??bukanya yg dijadiin syuting itu eks pabrik kramik yg lokasinya di depan pabrik trsbut yah ?..
katanya siih karena aura magis yg terlalu kuat dan meminta tumbal katanya,,tapi gaa tau siih.hehehe..
__________________
No Siggy Kakaak
Reply With Quote
  #6  
Old 31 January 2013, 15:10
grobakz's Avatar
Platinum Member
 
Join Date: Mar 2011
Location: purwokerto
Posts: 12,454
Thanks: 5
Thanked 168 Times in 145 Posts
grobakz super top membergrobakz super top membergrobakz super top membergrobakz super top membergrobakz super top membergrobakz super top membergrobakz super top membergrobakz super top membergrobakz super top membergrobakz super top membergrobakz super top member
Default

Quote:
Originally Posted by anaa View Post
ini niih gudangnya dedemit di daerah banyumas yaaah.....
sereem banget dan penuh mistis.
konon katanya,kalo ada yg msuk kedalem,itu susah buat keluar.
banyak besi besi berserakan didalem,,,,,,ngeri
iya gan bener bangettt
Reply With Quote
  #7  
Old 31 January 2013, 15:22
anjritsapi's Avatar
Junior Member
 
Join Date: Jan 2013
Location: disanalah aku berada
Posts: 341
Thanks: 7
Thanked 0 Times in 0 Posts
anjritsapi super top memberanjritsapi super top memberanjritsapi super top memberanjritsapi super top memberanjritsapi super top memberanjritsapi super top memberanjritsapi super top memberanjritsapi super top memberanjritsapi super top memberanjritsapi super top memberanjritsapi super top member
Default

Quote:
Originally Posted by anaa View Post
ini niih gudangnya dedemit di daerah banyumas yaaah.....
sereem banget dan penuh mistis.
konon katanya,kalo ada yg msuk kedalem,itu susah buat keluar.
banyak besi besi berserakan didalem,,,,,,ngeri
kayaknya udh pernah buat acara uji nyali nih....
Reply With Quote
  #8  
Old 31 January 2013, 15:24
nindi's Avatar
Platinum Member
 
Join Date: Jun 2011
Posts: 15,512
Thanks: 2
Thanked 120 Times in 108 Posts
nindi super top membernindi super top membernindi super top membernindi super top membernindi super top membernindi super top membernindi super top membernindi super top membernindi super top membernindi super top membernindi super top member
Default

Quote:
Originally Posted by anjritsapi View Post
kayaknya udh pernah buat acara uji nyali nih....
iya bener gan emang pernah dulu,....
Reply With Quote
  #9  
Old 31 January 2013, 15:38
hktoyshop's Avatar
Super Member
 
Join Date: Feb 2009
Location: http://hk-toys.com
Posts: 33,566
Thanks: 13
Thanked 528 Times in 339 Posts
hktoyshop super top memberhktoyshop super top memberhktoyshop super top memberhktoyshop super top memberhktoyshop super top memberhktoyshop super top memberhktoyshop super top memberhktoyshop super top memberhktoyshop super top memberhktoyshop super top memberhktoyshop super top member
Default

wah tapi kayaknya sekaranag jadi serem banget
__________________
mampir gan di mari blog ane yang pingin ketawa
http://gambar.humor-jorok.com
Reply With Quote
  #10  
Old 31 January 2013, 15:38
evanbastian's Avatar
Platinum Member
 
Join Date: Apr 2011
Posts: 18,210
Thanks: 0
Thanked 203 Times in 180 Posts
evanbastian super top memberevanbastian super top memberevanbastian super top memberevanbastian super top memberevanbastian super top memberevanbastian super top memberevanbastian super top memberevanbastian super top memberevanbastian super top memberevanbastian super top memberevanbastian super top member
Default

waduh serem bgt tu gan
__________________
NO SIGGY
Reply With Quote
Reply

Bookmarks

Thread Tools
Display Modes

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off
Trackbacks are On
Pingbacks are On
Refbacks are On



All times are GMT +7. The time now is 18:23.