VIVAnews Forums
Welcome to VIVAforum!
If this is your first visit, be sure to check out the FAQ by clicking the link above. You may have to register before you can post: click the register link above to proceed. To start viewing messages, select the forum that you want to visit from the selection below.


Reply
 
LinkBack Thread Tools Display Modes
  #1  
Old 2 July 2009, 08:20
judiyuk's Avatar
New Member
 
Join Date: Jul 2009
Location: jakartajeep.blogspot.com
Posts: 11
Thanks: 0
Thanked 1 Time in 1 Post
judiyuk is an unknown quantity at this point
Default Diesel Engine

SEJARAH MESIN DIESEL

Mesin diesel adalah sejenis mesin pembakaran dalam; lebih spesifik lagi, sebuah mesin pemicu kompresi, dimana bahan bakar dinyalakan oleh suhu tinggi gas yang dikompresi, dan bukan oleh alat berenergi lain (seperti busi).
Mesin ini ditemukan pada tahun 1892 oleh Rudolf Diesel, yang menerima paten pada 23 Februari 1893. Diesel menginginkan sebuah mesin untuk dapat digunakan dengan berbagai macam bahan bakar termasuk debu batu bara. Dia mempertunjukkannya pada Exposition Universelle (Pameran Dunia) tahun 1900 dengan menggunakan minyak kacang (lihat biodiesel). Kemudian diperbaiki dan disempurnakan oleh Charles F. Kettering.

PRINSIP KERJA MESIN DIESEL

Ketika gas dikompresi, suhunya meningkat (seperti dinyatakan oleh Hukum Charles; mesin diesel menggunakan sifat ini untuk menyalakan bahan bakar. Udara disedot ke dalam silinder mesin diesel dan dikompresi oleh piston yang merapat, jauh lebih tinggi dari rasio kompresi dari mesin menggunakan busi. Pada saat piston memukul bagian paling atas, bahan bakar diesel dipompa ke ruang pembakaran dalam tekanan tinggi, melalui nozzle atomising, dicampur dengan udara panas yang bertekanan tinggi. Hasil pencampuran ini menyala dan membakar dengan cepat.

Ledakan tertutup ini menyebabkan gas dalam ruang pembakaran di atas mengembang, mendorong piston ke bawah dengan tenaga yang kuat dan menghasilkan tenaga dalam arah vertikal. Rod penghubung menyalurkan gerakan ini ke crankshaft yang dipaksa untuk berputar, menghantar tenaga berputar di ujung pengeluaran crankshaft.

Scavenging (mendorong muatan-gas yang habis terbakar keluar dari silinder, dan menarik udara segara kedalam) mesin dilaksanakan oleh ports atau valves. (Lihat direct injection vs indirect injection untuk tipe injeksi bahan bakar). Untuk menyadari kemampuan mesin diesel, penggunaan turbocharger untuk mengkompres udara yang disedot masuk sangat dibutuhkan; intercooler untuk mendinginkan udara yang disedot masuk setelah kompresi oleh turbocharger meningkatkan efisiensi.

Komponen penting dari mesin diesel adalah governor, yang membatasi kecepatan mesin mengontrol pengantaran bahan bakar. Mesin yang menggunakan pengontrolan elektronik canggih mencapai ini melalui elektronik kontrol modul (ECM) atau elektronik kontrol unit (ECU) - yang merupakan "komputer" dalam mesin. ECM/ECU menerima kecepatan signal mesin melalui sensor dan menggunakan algoritma dan mencari tabel kalibrasi yang disimpan dalam ECM/ECU, dia mengontrol jumlah bahan bakar dan waktu melalui aktuator elektronik atau hidrolik untuk mengatur kecepatan mesin.

Mesin diesel tidak dapat beroperasi pada saat silinder dingin. Beberapa mesin menggunakan pemanas elektronik kecil yang disebut busi menyala di dalam silinder untuk memanaskan silinder sebelum penyalaan mesin. Lainnya menggunakan pemanas "resistive grid" dalam "intake manifold" untuk menghangatkan udara masuk sampai mesin mencapai suhu operasi. Setelah mesin beroperasi pembakaran bahan bakar dalam silinder dengan efektif memanaskan mesin.

Dalam cuaca yang sangat dingin, bahan bakar diesel mengental dan meningkatkan viscositas dan membentuk kristal lilin atau gel. Ini dapat mempersulit pemompa bahan bakar untuk menyalurkan bahan bakar tersebut ke dalam silinder dalam waktu yang efektif, membuat penyalaan mesin dalam cuaca dingin menjadi sulit, meskipun peningkatan dalam bahn bakar diesel telah membuat kesulitan ini menjadi sangat jarang. Cara umum yang dipakai adalah untuk memanaskan penyaring bahan bakar dan jalur bahan bakar secara elektronik.

KONFIGURASI MESIN DIESEL

Ada dua kelas mesin diesel: dua-stroke dan empat-stroke. banyak mesin diesel besar beroperasi dalam dua-stroke cycle. Mesin yang lebih kecil biasanya menggunakan empat-stroke cycle.
Biasanya kumpulan silinder digunakan dalam kelipatan dua, meskipun berapapun jumlah silinder dapat digunakan selama muatan di crankshaft di tolak-seimbangkan untuk mencegah getaran yang berlebihan. Inline-6 paling banyak diproduksi dalam mesin tugas-medium ke tugas-berat, meskipun V8 dan straight-4 juga banyak diproduksi.
Reply With Quote
The Following User Says Thank You to judiyuk For This Useful Post:
OceanRed (2 July 2009)
  #2  
Old 2 July 2009, 08:20
judiyuk's Avatar
New Member
 
Join Date: Jul 2009
Location: jakartajeep.blogspot.com
Posts: 11
Thanks: 0
Thanked 1 Time in 1 Post
judiyuk is an unknown quantity at this point
Default

KELEBIHAN & KEKURANGAN MESIN DIESEL
Mesin diesel lebih besar dari mesin bensin dengan tenaga yang sama karena konstruksi berat diperlukan untuk bertahan dalam pembakaran tekanan tinggi untuk penyalaan. Dan juga dibuat dengan kualitas sama yang membuat penggemar mendapatkan peninkatan tenaga yang besar dengan menggunakan mesin turbocharger melalui modifikasi yang relatif mudah dan murah. Mesin bensin dengan ukuran sama tidak dapat mengeluarkan tenaga yang sebanding karena komponen di dalamnya tidak mampu menahan tekanan tinggi, dan menjadikan mesin diesel kandidat untuk modifikasi mesin dengan biaya murah.

Kekurangannya hanya terletak suara yang berisik juga pada bobot dan dimensi yang 2x lebih berat & besar dr mesin bensin, dikarenakan komponen mesin diesel yang di design kuat utk menahan kompresi tinggi, begitu juga akselerasi yang lemot namun bisa di perbaiki melalui penambahan Turbo ato Supercharger

Penambahan turbocharger atau supercharger ke mesin meningkatkan ekonomi bahan bakar dan tenaga. Rasio kompresi yang tinggi membuat mesin diesel lebih efisien dari mesin menggunakan bensin. Peningkatan ekonomi bahan bakar juga berarti mesin diesel memproduksi karbon dioksida yang lebih sedikit.

TEKNOLOGI DIESEL COMMON RAIL ( DIESEL MODERN )

Teknologi “Common Rail” bak dewa bagi mesin diesel modern. Dengan common rail, mesin diesel masuk ke mobil-mobil kelas eksklusif atau mobil-mobil premium seperti Jaguar dan BMW Seri 7. City car juga tidak luput dari godaan mesin diesel dengan teknologi terbaru tersebut.

Sebagai contoh, Fiat sudah berhasil membuat mesin diesel 1.300 cc bertenaga 70 hp dengan konsumsi bahan bakar 3-4 liter/100 km atau rata 25 km/liter. Jadi mesin diesel bukan lagi hanya milik komunitas truk dan bus berukuran besar atau alat-alat berat dan kapal.

Di Indonesia juga sudah ada beberapa ATPM menjajakan kendaraannya dengan mesin diesel common rail. Mulai dari double cab sampai minivan menengah, seperti Kijang Innova. Sayangnya, konsumen kendaraan bermesin diesel common rail kesulitan mendapatkan bahan bakar sesuai dengan standar yang telah ditentukan produsennya.

Pasalnya, Pertadex yang saat ini cuma dipasarkan oleh Pertamina, makin sulit diperoleh. Di samping itu, harganya paling mahal dibandingkan dengan bahan bakar minyak lain. Padahal di Jerman, bahan bakar diesel moderen di bawah harga bensin terbaik.

Karena itulah, konsumen rela merogoh kocek lebih banyak untuk mendapat kendaraan bermesin diesel. Sebab, setelah dua tahun, mereka akan kembali mendapatkan nilai ekonomisnya dibandingkan mobil bermesin bensin.

DIESEL VS BENSIN

Sebelum mendalami common rail, kita bahas dulu tentang mesin yang digunakan secara umum sekarang ini berdasarkan bahan bakar minyak. Untuk ini, hanya ada dua jenis, yaitu bensin dan diesel atau kita menyebutnya solar.

Di kalangan orang teknik, mesin diesel dikenal dengan CI (compression ignition) atau mesin dengan penyalaan kompresi. Sedangkan mesin bensin disebut SI (spark ignition), mesin dengan penyalaan bunga api (busi).

Pada mesin diesel, pembakaran dipicu oleh udara yang dimampatkan atau dikompresi di dalam silinder. Akibat pemampatan itu, tekanan udara menjadi sangat tinggi. Begitu juga suhunya, mencapai titik bakar solar. Karena itu, begitu solar disemprotkan ke udara itu, langsung terbakar. Dengan cara ini, mesin diesel tidak memerlukan sistem penyalaan atau percikan bunga api.

Untuk mendapatkan tekanan tingi itu, perbandingan kompresi harus tinggi. Untuk mesin diesel, berkisar 16 – 25: 1. Sedangkan mesin bensin 6 - 12 : 1. Perbandingan kompresi menentukan efisiensi kerja mesin. Makin tinggi perbandingan kompresi, lebih efisien sebuah mesin. Meski begitu, perbandingan kompresi tidak bisa ditentukan begitu saja. Harus juga mempertimbangkan sifat dan kualitas bahan bakar yang akan digunakan

DIESEL COMMON RAIL VS DIESEL KONVENSIONAL

Perbedaan antara mesin diesel modern, common rail dengan konvensional adalah cara memasok bahan bakarnya. Terutama, komponen yang berada antara pompa injeksi dan injektor. Ada dua komponen utama di sini, yaitu pompa injeksi atau mekanik awam menyebutnya Bosch pump dan injektor.



Skema sistem bahan bakar Diesel Konvensional



Skema bahan bakar Diesel Common Rail

Cara kerja common rail layaknya seperti konsep hidup bersama. Dalam hal ini, semua injektor yang bertugas memasok solar langsung ke dalam mesin, menggunakan satu wadah atau rel yang sama dari Pompa Injector. Caranya sama dengan yang digunakan pada sistem injeksi bensin. Sedangkan mesin diesel konvensional, setiap injektor memiliki pasokan solar sendiri-sendiri langsung dari pompa injeksi. (perhatikan skema)

Tekanan bahan bakar dalam rel sangat tinggi. Sekarang, yaitu common rail generasi ke-3, tekananya sudah mencapai 1800 bar. Kalau dikonversi ke PSI yang masih digunakan sekarang menjadi 26.100 PSI. Bandingkan dengan tekanan ban 30 PSI. Atau tabung elpiji 25 bar dan CNG 200 bar. Dengan tekanan setinggi tersebut, pengabutan yang dihasilkan tentu saja semakin bagus. Pembakaran yang dihasil menjadi lebih dan kerja mesin makin efisien. That's Why mesin Diesel Common Rail Direct Injection macem Ford Ranger/Nissan Navara/Chevrolet Captiva VCDI lebih terlihat minim asap hitam ketimbang mesin Diesel Jadul

Sesuai dengan perkembangan mesin Diesel, Para ahli mngembangkan sistem yang paling mutakhir pada mesin Diesel yakni yang dikenal dengan CRDI (Common Rail Direct Injection) teknologi ini telah digunakan oleh Chevrolet Captiva Diesel CRDI/VCDI dengan kapasitas mesin 2000cc 16 katup segaris memuntahkan tenaga 150 Daya Kuda pada kitiran 4000 Rpm dengan torsi max 320 Nm pada kitiran 2000 Rpm Wow! fantastis! tenaga besar namun efisien.


Bandingkan dengan versi mesin bensinnya 2400cc segaris 16 katup yg memuntahkan tenaga 142 Daya Kuda pada kitiran 5,200rpm and a torsi maksimum 220Nm pada putaran 4,000rpm.

Sumber
http://otomotif.kompas..com-wikipedi...Pub.com-Diesel World-www.hangtuah.com
Reply With Quote
  #3  
Old 2 July 2009, 08:32
judiyuk's Avatar
New Member
 
Join Date: Jul 2009
Location: jakartajeep.blogspot.com
Posts: 11
Thanks: 0
Thanked 1 Time in 1 Post
judiyuk is an unknown quantity at this point
Default

DAFTAR BENGKEL REKOMENDASI KHUSUS DIESEL :

Spesialist Pemasangan dan Rekondisi Turbo Diesel

HPSI Performance : Tlp (021)08569926233

BERKAH MOTOR
JL Raya Ps Minggu Km 40 sebelum Volvo 021-7996732-7993259-08161699411

JAKARTA JEEP JL Bangka 1/5 jaksel 02199888333 http://www.jakartajeep.blogspot.com/

Diesel Engine Swap Spe******t

POTENSI JL Pesanggrahan no 27 (021)5841408-5841409

ALAM INDOMESIN UTAMA
Jl Pekapuran Raya No.64 Cimanggis, Depok, Jawa Barat Indonesia, 16953
Telepon: +62 21 87743487
Fax : +62 21 87744914
www.indomesin.com

BERKAH MOTOR
JL Raya Ps Minggu Km 40 sebelum Volvo 021-7996732-7993259-08161699411



Diesel Engine Service & Performance

BERKAH MOTOR
JL Raya Ps Minggu Km 40 sebelum Volvo (021)7996732-7993259-08161699411

CIPTA ABADI DIESEL (GIOK CAN)
Jl. Daan Mogot Raya, Jakarta (samping rel kereta Pesing, dr arah Grogol stlh studio Indosiar) 021-9204862

CIPUTAT DIESEL
Jl. Ciputat Raya 021-7420869

ABADI DIESEL
Jl. Pemuda no.9, Rawamangun, Jakarta Timur 021-4890911 .
Jl. Gatot Subroto Km 2.2 no.10 - Cimone, Tangerang, Jawa Barat 021-5524380, 5525392

BETAWI DIESEL
Jl. Cilincing no 25 depan pintu 1 - 2 Bogasari samping Honda
Tanjung Priok Jaktim 021-4351854, 70768117, 08129209146

NEO DIESEL
Jl. Cipinang Muara I no 37B Cipinang Jaktim 021-8501434

Nb : semua bengkel diatas memiliki peralatan pendukung yang lengkap & menerima Mesin Diesel yang Canggih

PERANGKAT PENDUKUNG PENINGKAT TENAGA DIESEL

RIZOR DIESEL MAXIMIZER
Jl. Tegal Rotan 45 CBD Bintaro JayaTangerang 15413, Indonesia
Telepon: (021)30312673-32308005, 0815 8692 0628-0812 131 4818
www.rizormaximizer.com


Tips menghemat solar paling ampuh

1. klw bener-bener ingin mengurangin global warming jgn pke mobil klw kemana-mana.....

2. kaki kanannya mesti di sekolahin, trik ini umum bagi setiap mobil baik bensin dan diesel. jadi jangan suka betot2x pedal gas

3. lihat karakter diesel, untuk berakselerasi diesel tdk bisa kya bensn yang tinggal d gas pol. klw ini di lakukan, mobil akan kebul yang artinya bnyk solar yg kebuang,boros dan justru tdk bisa lari. jadi driver harus menekan gas secara berurut atw d ayun, dgn patokan asap d blkng, klw sudah biasa sya jamin bisa lebih irit dan kencang dan tdk kebul.

4. diesel umumnya punya powerband d RPM rendah sehingga jgn membuang-buang solar dgn menggeber d RPM tinggi, karena percuma...

5. untuk diesel turbo sebisa mungkin gunakan jgn sampai turbonya nyala, karena itu memicu injektor menyemprotkan solar lebih bnyk.

6. diesel memang unggul karena bisa lebih irit saat idle/diam d tempat macet d banding bensin, namun ada biknya saat menunggu d matikan sja mesinnya...

7. manfaatkan engine brake, saat jalan menurun atw hendak berhenti.

8. lakukan perawatan berkala, purging dll....


Oia rajin2x deh yang namanya ganti filter solar, setiap 5000Km soalnya kalo gak kotoran lumpur bisa masuk ke injektor, kalo udh gitu bisa berabe Boss!! nih kalo mau liat kotoran yang ngendap di Solar


Nah kalo tanya bagaimana sebenarnya solar yang bagus? mari kita takar Solarnya untuk masing2x merek nya

makin bening, bisa jadi indikasi kandungan sulphur lebih rendah
selain biosolar, klw di kocok tidak menimbulkan busa(foaming)

shell diesel


petronas


biosolar kiri dan DEX kanan


Total performance diesel


shell dan petronas bnyk yg bilang kualiatasnya mirip dgn solar biasa tapi di beri bnyk adiktif untuk ningkatin kualitasnya.. akibatnya saat di beri adiktif aftermarket lagi hampir tidak ada perbedaan..
Reply With Quote
  #4  
Old 2 July 2009, 08:34
judiyuk's Avatar
New Member
 
Join Date: Jul 2009
Location: jakartajeep.blogspot.com
Posts: 11
Thanks: 0
Thanked 1 Time in 1 Post
judiyuk is an unknown quantity at this point
Default

selamat pagi! salam kenal utk semua!
Reply With Quote
  #5  
Old 2 July 2009, 08:51
AndreA's Avatar
Banned
 
Join Date: Dec 2008
Location: ◄Di sisi beb► Vivanews Forum
Posts: 0
Thanks: 7
Thanked 181 Times in 104 Posts
AndreA super top memberAndreA super top memberAndreA super top memberAndreA super top memberAndreA super top memberAndreA super top memberAndreA super top memberAndreA super top memberAndreA super top memberAndreA super top memberAndreA super top member
Default

Quote:
Originally Posted by judiyuk View Post
selamat pagi! salam kenal utk semua!
salam kenal juga judi
__________________
Xperteleven (Game Bola Managerial)
My Blog


Masih Kucoba
[IMG] [/IMG]
Reply With Quote
  #6  
Old 2 July 2009, 09:39
judiyuk's Avatar
New Member
 
Join Date: Jul 2009
Location: jakartajeep.blogspot.com
Posts: 11
Thanks: 0
Thanked 1 Time in 1 Post
judiyuk is an unknown quantity at this point
Default

halo juga moderator...salam kenal
Reply With Quote
  #7  
Old 2 July 2009, 09:45
OceanRed's Avatar
Platinum Member
 
Join Date: Dec 2008
Location: J-City
Posts: 8,734
Thanks: 48
Thanked 108 Times in 60 Posts
OceanRed super top memberOceanRed super top memberOceanRed super top memberOceanRed super top memberOceanRed super top memberOceanRed super top memberOceanRed super top memberOceanRed super top memberOceanRed super top memberOceanRed super top memberOceanRed super top member
Default

Quote:
Originally Posted by judiyuk View Post
halo juga moderator...salam kenal
mantap bro infonya
__________________
"It's true that we don't know what we have until we've lost it, but its also true that we don't know what we're missing until we FIND it"
Reply With Quote
  #8  
Old 4 July 2009, 20:52
judiyuk's Avatar
New Member
 
Join Date: Jul 2009
Location: jakartajeep.blogspot.com
Posts: 11
Thanks: 0
Thanked 1 Time in 1 Post
judiyuk is an unknown quantity at this point
Default

Quote:
Originally Posted by OceanRed View Post
mantap bro infonya
Sama2x Bro, mudah2xan bisa nambah pengetahuan kita tentang positifnya menggunakan mesin diesel sebagai langkah untuk program GO GREEN
Reply With Quote
  #9  
Old 11 July 2009, 21:38
sulis's Avatar
New Member
 
Join Date: Jul 2009
Posts: 2
Thanks: 0
Thanked 0 Times in 0 Posts
sulis is an unknown quantity at this point
:naikkuda:

minta info terbaru perkembangan mesin hybrid dong.
Reply With Quote
  #10  
Old 15 July 2009, 19:00
judiyuk's Avatar
New Member
 
Join Date: Jul 2009
Location: jakartajeep.blogspot.com
Posts: 11
Thanks: 0
Thanked 1 Time in 1 Post
judiyuk is an unknown quantity at this point
Default

Quote:
Originally Posted by sulis View Post
minta info terbaru perkembangan mesin hybrid dong.
Oke Bro gw tampung idenya! nanti gw buat tret baru yah
Reply With Quote
Reply

Bookmarks

Thread Tools
Display Modes

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off
Trackbacks are On
Pingbacks are On
Refbacks are On



All times are GMT +7. The time now is 04:16.