VIVAnews Forums
Welcome to VIVAforum!
If this is your first visit, be sure to check out the FAQ by clicking the link above. You may have to register before you can post: click the register link above to proceed. To start viewing messages, select the forum that you want to visit from the selection below.


Like Tree4Likes

Reply
 
LinkBack Thread Tools Display Modes
  #1  
Old 29 August 2012, 15:59
anakgeong's Avatar
New Member
 
Join Date: May 2010
Posts: 42
Thanks: 1
Thanked 12 Times in 8 Posts
anakgeong super top memberanakgeong super top memberanakgeong super top memberanakgeong super top memberanakgeong super top memberanakgeong super top memberanakgeong super top memberanakgeong super top memberanakgeong super top memberanakgeong super top memberanakgeong super top member
Exclamation Etika Ketika Mendahului Mobil

Ini salah satu cara berkendara yang sering tidak diperhatikan pengendara, sehingga penting untuk kita bahas kembali. Yaitu nyalip, atau mendahului mobil saat nyetir di jalan raya.

Secara lengkap, berikut ini sepuluh poin yang perlu kita perhatikan saat hendak mendahului mobil di depan kita:

1. Pastikan lajur kanan untuk mendahului dalam keadaan lengang dan aman.

2. Perhatikan lampu sign kanan mobil yang hendak kita dahului. Bila lampu sign-nya juga berkedap-kedip, tunda dulu niat mendahului. Bisa jadi sign itu tanda bahwa ada kendaraan dari arah berlawanan, atau mobil di depan hendak membelok ke kanan atau bahkan menyalip kendaraan di depannya.

3. Tengok spion untuk memonitor kondisi mobil di belakang kita.

4. Kami sarankan untuk menggunakan gigi rendah saat menyalip (menurunkan transmisi 1 level lebih rendah). Tujuannya agar torsi maksimum kendaraan lebih tercapai sehingga akselerasi kendaraan lebih cepat.

5. Pilih medan untuk menyalip. Jangan menyalip di medan yang menanjak atau ketika mobil akan memasuki tikungan. Perhatikan pula marka jalan bila ingin mendahului (pindah jalur): pengendara dilarang pindah jalur bila ada tanda garis panjang (tidak putus-putus).

6. Berhati-hatilah jika ada kendaraan lain di belakang yang mengikuti langkah Anda mendahului mobil. Atur jarak dan jangan buru-buru menurunkan kecepatan karena kendaraan yang ikut mendahului butuh ruang untuk masuk lajur kiri.

7. Hindari menyalip melalui lajur kiri karena pada lajur kiri kadang terdapat pejalan kaki, pedagang atau kendaraan lain yang berhenti.

8. Jangan membunyikan klakson secara berlebihan atau menyalakan lampu jauh yang dapat memancing emosi pengendara di depan kita.

9. Waspada terhadap kendaraan lain terutama kendaraan roda dua.

10. Yang tidak boleh kita lupakan, kita juga harus mempunyai toleransi yang tinggi bila ada kendaraan lain yang minta diberi kesempatan buat mendahului. Berilah mereka kesempatan terutama bila kendaraan tersebut adalah kendaraan pemadam kebakaran yang sedang melaksanakan tugas, ambulans yang sedang mengangkut orang sakit, kendaraan untuk memberi pertolongan pada kecelakaan lalu lintas, kendaraan kepala negara atau pemerintah asing yang menjadi tamu negara, maupun iring-iringan pengantar jenazah.

Sumber: www.gardaakses.com
dest, yankiijo, abdzaini and 1 others like this.
Reply With Quote
The Following User Says Thank You to anakgeong For This Useful Post:
mrklin (25 October 2012)
  #2  
Old 31 August 2012, 11:01
::Banned::'s Avatar
Platinum Member
 
Join Date: Jan 2011
Posts: 14,914
Thanks: 0
Thanked 181 Times in 154 Posts
::Banned:: super top member::Banned:: super top member::Banned:: super top member::Banned:: super top member::Banned:: super top member::Banned:: super top member::Banned:: super top member::Banned:: super top member::Banned:: super top member::Banned:: super top member::Banned:: super top member
Default

wah .... bener banget tuh gan ...

harus semakin belajar etika di jalan raya nih

Reply With Quote
  #3  
Old 31 August 2012, 11:06
anaa's Avatar
Platinum Member
 
Join Date: Apr 2011
Location: Prince-News.blogspot
Posts: 21,888
Thanks: 25
Thanked 292 Times in 270 Posts
anaa super top memberanaa super top memberanaa super top memberanaa super top memberanaa super top memberanaa super top memberanaa super top memberanaa super top memberanaa super top memberanaa super top memberanaa super top member
Default

banyak anak muda sekarang yang sudah ga belajar etika,,,
__________________
No Siggy Kakaak
Reply With Quote
  #4  
Old 31 August 2012, 11:07
anaa's Avatar
Platinum Member
 
Join Date: Apr 2011
Location: Prince-News.blogspot
Posts: 21,888
Thanks: 25
Thanked 292 Times in 270 Posts
anaa super top memberanaa super top memberanaa super top memberanaa super top memberanaa super top memberanaa super top memberanaa super top memberanaa super top memberanaa super top memberanaa super top memberanaa super top member
Default

Quote:
Originally Posted by ::Banned:: View Post
wah .... bener banget tuh gan ...

harus semakin belajar etika di jalan raya nih

kalo gw seringnya sebel sama bis bis gedhe gan yg suka makan jalan,,
__________________
No Siggy Kakaak
Reply With Quote
  #5  
Old 31 August 2012, 11:12
::Banned::'s Avatar
Platinum Member
 
Join Date: Jan 2011
Posts: 14,914
Thanks: 0
Thanked 181 Times in 154 Posts
::Banned:: super top member::Banned:: super top member::Banned:: super top member::Banned:: super top member::Banned:: super top member::Banned:: super top member::Banned:: super top member::Banned:: super top member::Banned:: super top member::Banned:: super top member::Banned:: super top member
Default

Quote:
Originally Posted by anaa View Post
kalo gw seringnya sebel sama bis bis gedhe gan yg suka makan jalan,,
kalo gak suka di tabrak aja bis nya gan ....

Reply With Quote
  #6  
Old 31 August 2012, 11:13
anaa's Avatar
Platinum Member
 
Join Date: Apr 2011
Location: Prince-News.blogspot
Posts: 21,888
Thanks: 25
Thanked 292 Times in 270 Posts
anaa super top memberanaa super top memberanaa super top memberanaa super top memberanaa super top memberanaa super top memberanaa super top memberanaa super top memberanaa super top memberanaa super top memberanaa super top member
Default

Quote:
Originally Posted by ::Banned:: View Post
kalo gak suka di tabrak aja bis nya gan ....

sama ajaa nyarii mati gaaan,kecuali gw bwa slender..
__________________
No Siggy Kakaak
Reply With Quote
  #7  
Old 1 September 2012, 05:47
ikada's Avatar
Platinum Member
 
Join Date: Apr 2011
Location: pati
Posts: 26,179
Thanks: 85
Thanked 423 Times in 308 Posts
ikada super top memberikada super top memberikada super top memberikada super top memberikada super top memberikada super top memberikada super top memberikada super top memberikada super top memberikada super top memberikada super top member
Default

thanks infonya gan
Reply With Quote
  #8  
Old 3 September 2012, 09:15
vickysik Male
Guest
 
Location: Mutiara Gading Blok I3 No. 6, Mustika Jaya
Posts: n/a
Default

klo menurut gw, memberikan lampu jauh ketika mendahului, nggak terlalu masalah, biar kendaraan di hadapan kita mengurangi lajunya. Soalnya ini masalah nyawa, jadi lebih penting menjaga nyawa daripada tdk memberikan lampu jauh.
Reply With Quote
  #9  
Old 3 September 2012, 09:22
grobakz's Avatar
Platinum Member
 
Join Date: Mar 2011
Location: purwokerto
Posts: 14,130
Thanks: 5
Thanked 170 Times in 147 Posts
grobakz super top membergrobakz super top membergrobakz super top membergrobakz super top membergrobakz super top membergrobakz super top membergrobakz super top membergrobakz super top membergrobakz super top membergrobakz super top membergrobakz super top member
Default

Quote:
Originally Posted by anaa View Post
banyak anak muda sekarang yang sudah ga belajar etika,,,
IYAA gann benerr bangettt tuu gann,. parahh abisss
Reply With Quote
  #10  
Old 3 September 2012, 09:24
nindi's Avatar
Platinum Member
 
Join Date: Jun 2011
Posts: 16,030
Thanks: 2
Thanked 123 Times in 111 Posts
nindi super top membernindi super top membernindi super top membernindi super top membernindi super top membernindi super top membernindi super top membernindi super top membernindi super top membernindi super top membernindi super top member
Default

pelajaran bagus nih .. ....
Reply With Quote
Reply

Bookmarks

Thread Tools
Display Modes

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off
Trackbacks are On
Pingbacks are On
Refbacks are On



All times are GMT +7. The time now is 15:42.