VIVAnews Forums
Welcome to VIVAforum!
If this is your first visit, be sure to check out the FAQ by clicking the link above. You may have to register before you can post: click the register link above to proceed. To start viewing messages, select the forum that you want to visit from the selection below.


Reply
 
LinkBack Thread Tools Display Modes
  #1  
Old 25 June 2012, 08:18
samudra27's Avatar
Gold Member
 
Join Date: Dec 2010
Location: samudrabirucinta
Posts: 7,638
Thanks: 18
Thanked 141 Times in 121 Posts
samudra27 super top membersamudra27 super top membersamudra27 super top membersamudra27 super top membersamudra27 super top membersamudra27 super top membersamudra27 super top membersamudra27 super top membersamudra27 super top membersamudra27 super top membersamudra27 super top member
Arrow Parapsikologi: Fenomena Bis dan Truk Beton Masuk Hutan Jati

Quote:
Samudra Biru_ Acapkali kita ketika melihat fenomena atau sebuah peristiwa yang dianggap aneh atau ganjil kemudian dengan cepat sekali memberikan kesimpulan yang dikaitkan dengan dunia mistis.


Seperti yang telah terjadi dengan salah satu perusahaan otobis dan truk tronton baru-baru ini yang masuk di hutan jati kawasan Blora.

Terlepas apakah kejadian yang dianggap aneh bin ajaib yang menimpa Bis PO. Pahala Kencana dan Truk Tronton Jaya Mix itu benar-benar ada kekuatan dunia lain yang menyebabkan mereka akhirnya tersesat kedalam hutan jati. Alangkah bijaknya jika kita juga mengedepankan logika menilai kejadian itu secara ilmiah terlebih dahulu sebagai bahan perbandingan sebelum terjebak kepada cerita-cerita yang berkembang ditengah masyarakat.

Seperti diketahui sebelumnya dikutip dari berbagai berita baik media elektronik maupun surat kabar. Kejadian aneh bin ajaib menimpa PO. Pahala Kencana tujuan Jakarta - Madura dan Truk Beton Jaya Mix. Seperti masuk sebuah mesin waktu, kedua kendaraan berbadan besar tersebut tiba-tiba berada di sebuah hutan jati gelap gulita di kawasan Blora, Jawa Tengah dalam sekejap.


Dengan dalih ingin mencari jalur alternatif karena terjebak macet di jalan pantura tepatnya jalur Juwana - Rembang, kamis (22/6/12) dini hari. Maka sang pengemudi mengubah peta jalur. Akan tetapi sampai di daerah Jaken masuk wilayah Pati paling selatan, si pengemudi merasa sudah masuk jalur Pantura.

Namun ternyata mereka justru mengarah ke kabupaten Blora. Dan diketahui tiba-tiba mereka sudah masuk hutan Gadongan Desa Kedungbacin, Kecamatan Todanan, Kabupaten Blora, Jawa Tengah. Mereka berhenti setelah mesin kendaraan mati. Dan mulai tersadar jika waktu sudah menunjukan pukul 2.30 WIB dini hari.

Lantas apa kata ahli Parapsikologi tentang fenomena yang menimpa kedua kendaraan berbadan besar tersebut? Sebelumnya kita cari tahu dulu apa itu Parapsikologi. Parapsikologi adalah kajian ilmiah tentang fenomena psi. Dalam Parapsikologi, fenomena psi betul-betul dipelajari dalam prosedur secara ilmiah yang ketat dan terukur. Istilah ini diadopsi oleh JB Rhine pada tahun 1930 sebagai pengganti istilah psychical research.

Parapsikologi hanya mempelajari fenomena paranormal yang nyata, yang berkaitan langsung dengan fisiologis, maupun kognitif manusia, yang termasuk diteliti seperti telepati, prekognisi, kewaskitaan, psikokinesis, dan pengalaman apparitional.

Menilik kejadian diatas, menurut Masrukhan seorang Parapsikologis. Masrukhan menjelaskan masuknya Bis Pahala Kencana kedalam hutan jati, disebabkan karena faktor kelelahan yang mendera dan beban dalam pikiran sang sopir, sehingga sering menghayal dan bathinya tidak tenang. Selain itu kata Masrukhan sugesti juga sangat berperan di dalam mempengaruhi sang sopir, katakanlah dari cerita teman-teman lain sesama pengemudi mengenai tempat-tempat angker yang dilalui.

"Peristiwa serupa seperti yang dialami oleh Bis PO. Pahala Kencana kerap terjadi di lokasi pantai utara jawa". Kata Masrukhan.

Fenomena tersebut dinamakan halusinasi negatif, dimana ketika seorang sopir bus memikirkan jalan terbentang dihadapannya, tetapi nihil. Penyebab dari halusinasi tersebut bisa karena obat-obatan atau sang sopir kelelahan setelah sekian lamanya mengemudikan kendaraan berbadan besar.

Hikmah yang dapat diambil dari peristiwa ini, adalah alangkah lebih baiknya sebelum kita melakukan perjalanan jauh lebih dahulu mempelajari medan melalui peta dan sebagainya. Dan tidak ketinggalan yang paling penting lagi berdoa sebelum jalan.
Reply With Quote
  #2  
Old 25 June 2012, 11:03
nazeem's Avatar
New Member
 
Join Date: Jun 2012
Location: 20
Posts: 1
Thanks: 0
Thanked 0 Times in 0 Posts
nazeem is an unknown quantity at this point
gak tahu Analisa yang terlalu dangkal

Justru terlihat aneh jika para psikologi menyimpulkan hanya karena supir lelah. Seharusnya dianalisa lebih jauh lagi berdasarkan data, dan fakta dari berita maupun dari TKP.

Setau saya, yang namanya kernet itu selalu mendampingi sopir, dan membantu sopir, biasanya tidak tidur dalam perjalanan. Menurut berita dalam kasus ini, kernet terkejut setelah disuruh mengecek bis yang mengalami selip. Pertanyaannya, Apakah kernet mengalami "halusinasi negatif" yang sama dengan sopir? Atau kernet bisa masuk dan memahami "halusinasi negatif" yang dialami supir? Sehingga kernet tidak tau bahwa bisnya dibawa masuk hutan.

Setau saya, bis yang paling nyaman-pun tidak akan nyaman dikendarai masuk hutan, dan tidak ada hutan yang mempunyai permukaan "sehalus" jalan raya. Apakah diantara 33 penumpang tertidur semua? tidak ada yang tersadar jika mereka sedang masuk hutan karena terbawa "halusinasi negatif" dari supir?

Menurut berita, tidak ada jejak ban yang ada di hutan tersebut. Jadi menurut saya, terlalu "memaksa" jika hal ini hanya disebabkan karena "Supir yang kelelahan". Wallahu Alam.
Reply With Quote
  #3  
Old 25 June 2012, 12:14
samudra27's Avatar
Gold Member
 
Join Date: Dec 2010
Location: samudrabirucinta
Posts: 7,638
Thanks: 18
Thanked 141 Times in 121 Posts
samudra27 super top membersamudra27 super top membersamudra27 super top membersamudra27 super top membersamudra27 super top membersamudra27 super top membersamudra27 super top membersamudra27 super top membersamudra27 super top membersamudra27 super top membersamudra27 super top member
Default

Quote:
Originally Posted by nazeem View Post
Justru terlihat aneh jika para psikologi menyimpulkan hanya karena supir lelah. Seharusnya dianalisa lebih jauh lagi berdasarkan data, dan fakta dari berita maupun dari TKP.

Setau saya, yang namanya kernet itu selalu mendampingi sopir, dan membantu sopir, biasanya tidak tidur dalam perjalanan. Menurut berita dalam kasus ini, kernet terkejut setelah disuruh mengecek bis yang mengalami selip. Pertanyaannya, Apakah kernet mengalami "halusinasi negatif" yang sama dengan sopir? Atau kernet bisa masuk dan memahami "halusinasi negatif" yang dialami supir? Sehingga kernet tidak tau bahwa bisnya dibawa masuk hutan.

Setau saya, bis yang paling nyaman-pun tidak akan nyaman dikendarai masuk hutan, dan tidak ada hutan yang mempunyai permukaan "sehalus" jalan raya. Apakah diantara 33 penumpang tertidur semua? tidak ada yang tersadar jika mereka sedang masuk hutan karena terbawa "halusinasi negatif" dari supir?

Menurut berita, tidak ada jejak ban yang ada di hutan tersebut. Jadi menurut saya, terlalu "memaksa" jika hal ini hanya disebabkan karena "Supir yang kelelahan". Wallahu Alam.
Semua masih misteri gan. Parapsikologi hanya memaparkan sesuai kaidah keilmuan gan.
Reply With Quote
  #4  
Old 26 June 2012, 14:39
mnajibali's Avatar
New Member
 
Join Date: Jun 2012
Location: 20
Posts: 1
Thanks: 0
Thanked 0 Times in 0 Posts
mnajibali is an unknown quantity at this point
:ngumpul:

kalo hanya bicara Faktor " Kelelahan " gak perlu pake pakar Parapsikologi...tukang becak juga bisa bicara seperti itu..

kalo levelnya parapsikologi jawabannya harus nya tidak ada kata2 " Kemungkinan " tapi ilmiah berdasarkan riset dan fakta2 yang pernah di alami saat riset sebelumnya mengenai kasus yang sama...

lagian ada tiga supir yang kesasar bersama - sama

fakta tidak akan menyisakan keraguan.
Reply With Quote
  #5  
Old 26 June 2012, 20:33
samudra27's Avatar
Gold Member
 
Join Date: Dec 2010
Location: samudrabirucinta
Posts: 7,638
Thanks: 18
Thanked 141 Times in 121 Posts
samudra27 super top membersamudra27 super top membersamudra27 super top membersamudra27 super top membersamudra27 super top membersamudra27 super top membersamudra27 super top membersamudra27 super top membersamudra27 super top membersamudra27 super top membersamudra27 super top member
Default

Quote:
Originally Posted by mnajibali View Post
kalo hanya bicara Faktor " Kelelahan " gak perlu pake pakar Parapsikologi...tukang becak juga bisa bicara seperti itu..

kalo levelnya parapsikologi jawabannya harus nya tidak ada kata2 " Kemungkinan " tapi ilmiah berdasarkan riset dan fakta2 yang pernah di alami saat riset sebelumnya mengenai kasus yang sama...

lagian ada tiga supir yang kesasar bersama - sama

fakta tidak akan menyisakan keraguan.
jangan "tukang becak" dong mereka itu pahlawan lho gan? mulia pekerjaanya. yang lain kek seperti adik gue yang balita juga tahu gitu

terlepas dari semua itu memang hak setiap orang mensikapinya mereka parapsikologis hanya memaparkan berdasarkan keilmuan yang dipelajari.

Reply With Quote
  #6  
Old 5 July 2012, 13:27
sutantantina's Avatar
Junior Member
 
Join Date: May 2012
Location: 20
Posts: 134
Thanks: 0
Thanked 0 Times in 0 Posts
sutantantina is an unknown quantity at this point
Default

Mulailah segala sesuatu pekerjaan dengan menyebut Asma Allah, maka hal-hal yang aneh seperti di atas yakinlah tidak akan terjadi.
Reply With Quote
  #7  
Old 6 July 2012, 09:57
samudra27's Avatar
Gold Member
 
Join Date: Dec 2010
Location: samudrabirucinta
Posts: 7,638
Thanks: 18
Thanked 141 Times in 121 Posts
samudra27 super top membersamudra27 super top membersamudra27 super top membersamudra27 super top membersamudra27 super top membersamudra27 super top membersamudra27 super top membersamudra27 super top membersamudra27 super top membersamudra27 super top membersamudra27 super top member
Default

Quote:
Originally Posted by sutantantina View Post
Mulailah segala sesuatu pekerjaan dengan menyebut Asma Allah, maka hal-hal yang aneh seperti di atas yakinlah tidak akan terjadi.
Insyaallah
Reply With Quote
  #8  
Old 8 July 2012, 08:22
bayu ninja's Avatar
Super Member
 
Join Date: Feb 2011
Posts: 44,173
Thanks: 32
Thanked 48 Times in 40 Posts
bayu ninja super top memberbayu ninja super top memberbayu ninja super top memberbayu ninja super top memberbayu ninja super top memberbayu ninja super top memberbayu ninja super top memberbayu ninja super top memberbayu ninja super top memberbayu ninja super top memberbayu ninja super top member
Default

Quote:
Originally Posted by mnajibali View Post
kalo hanya bicara Faktor " Kelelahan " gak perlu pake pakar Parapsikologi...tukang becak juga bisa bicara seperti itu..

kalo levelnya parapsikologi jawabannya harus nya tidak ada kata2 " Kemungkinan " tapi ilmiah berdasarkan riset dan fakta2 yang pernah di alami saat riset sebelumnya mengenai kasus yang sama...

lagian ada tiga supir yang kesasar bersama - sama

fakta tidak akan menyisakan keraguan.
kalo aku sih pcy kalo di situ emang angker .. coz dekat rumahku ,,,
mitos berkembang emang demikian ,,, ini pendapatku ,,,
Reply With Quote
  #9  
Old 9 July 2012, 21:19
samudra27's Avatar
Gold Member
 
Join Date: Dec 2010
Location: samudrabirucinta
Posts: 7,638
Thanks: 18
Thanked 141 Times in 121 Posts
samudra27 super top membersamudra27 super top membersamudra27 super top membersamudra27 super top membersamudra27 super top membersamudra27 super top membersamudra27 super top membersamudra27 super top membersamudra27 super top membersamudra27 super top membersamudra27 super top member
Default

Quote:
Originally Posted by bayu ninja View Post
kalo aku sih pcy kalo di situ emang angker .. coz dekat rumahku ,,,
mitos berkembang emang demikian ,,, ini pendapatku ,,,
hiiii ternyata begitu ya gan? seyem juga jadinya. wah itu coba kalau fotonya dari berbagai sudut pasti keren ya gan bis dan truknya.
Reply With Quote
Reply

Bookmarks

Thread Tools
Display Modes

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off
Trackbacks are On
Pingbacks are On
Refbacks are On



All times are GMT +7. The time now is 07:28.