VIVAnews Forums
Welcome to VIVAforum!
If this is your first visit, be sure to check out the FAQ by clicking the link above. You may have to register before you can post: click the register link above to proceed. To start viewing messages, select the forum that you want to visit from the selection below.


Reply
 
LinkBack Thread Tools Display Modes
  #1  
Old 25 May 2011, 17:02
vivila's Avatar
Silver Member
 
Join Date: Apr 2011
Location: Terminall
Posts: 948
Thanks: 1
Thanked 73 Times in 59 Posts
vivila super top membervivila super top membervivila super top membervivila super top membervivila super top membervivila super top membervivila super top membervivila super top membervivila super top membervivila super top membervivila super top member
Default Ngaben Tanpa Prosesi Pembakaran Jenazah

BANGLI- Ngaben biasanya dikenal sebagai prosesi pembakaran jenazah di Bali. Tapi, berbeda halnya dengan tradisi Ngaben di Desa Trunyan, Kintamani, Bangli, Bali. Di tempat ini Ngaben diadakan tanpa prosesi pembakaran.
Yang ada, Ngaben di desa ini hanya mengarak jenazah menggunakan perahu. Setibanya di kuburan jenazah diletakkan begitu saja di atas tanah hingga menjadi tengkorak. Uniknya, tidak ada bau busuk sama sekali.

Prosesi Ngaben massal ini dilakukan untuk mengupacarai sembilan sawo atau jenazah warga setempat. Meski demikian, sarana bede yang dipergunakan hanya satu, dengan tujuan untuk menghemat biaya. Prosesi awalnya telah mulai dilakukan dari desa setempat, dengan menggelar upacara pemlaspasan atau penyucian seluruh sarana pengabenan.

Dengan diiringi gamelan angklung, selanjutnya prosesi arak-arakan pun mulai dilaksanakan. Uniknya, bade yang akan dibawa ke kuburan diangkut dengan menggunakan perahu penyebrangan yang telah dirakit sedemikian rupa. Sama halnya dengan prosesi Ngaben di darat, saat di tengah perjalanan bade yang diusung dengan menggunakan perahu ini juga melakukan ritual, melingkar sebanyak tiga kali.

Sementara saat sampai dikuburan, jenazah yang disimboliskan dengan benda-benda suci yang dibungkus dengan kain layaknya jenazah manusia, diturunkan untuk diletakkan di areal kuburan. Sementara, bade yang digunakan ditenggelamkan ke danau. Sebab di desa ini, prosesi pengabanen sama sekali tidak diperkenankan dilakukan dengan cara membakar.

Keunikan prosesi pengabanen di Desa Trunyan ini cukup menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke lokasi. Jenazah warga Desa Terunyan cukup diletakkan di atas tanah tanpa dikubur. Anehnya, meski telah bertahun-tahun, jenazah sama sekali tidak mengeluarkan bau busuk.

Berdasarkan historis keberadaan Desa Terunyan sebagai salah satu desa bali age (bali kuno) berasal dari kata taru yang berarti pohon dan menyan yang berarti cendana. Sehingga kalau digabung menjadi tarumenyan atau terunyan dari pohon taru menyan atau juga disebut pohon cendana yang tumbuh diareal kuburan inilah yang dipercaya mengeluarkan bau harum sehingga menyebabkan mayat-mayat tersebut tidak berbau.


Sumber
__________________
STRIPTISGAYA CIUMAN
Reply With Quote
  #2  
Old 25 May 2011, 17:11
Kampret 505's Avatar
Banned
 
Join Date: Mar 2011
Posts: 12,347
Thanks: 1
Thanked 149 Times in 124 Posts
Kampret 505 super top memberKampret 505 super top memberKampret 505 super top memberKampret 505 super top memberKampret 505 super top memberKampret 505 super top memberKampret 505 super top memberKampret 505 super top memberKampret 505 super top memberKampret 505 super top memberKampret 505 super top member
Default

wow .... nice info gan
Reply With Quote
  #3  
Old 25 May 2011, 17:21
TAMAM1's Avatar
Banned
 
Join Date: May 2011
Posts: 46
Thanks: 0
Thanked 0 Times in 0 Posts
TAMAM1 member hancur leburTAMAM1 member hancur leburTAMAM1 member hancur leburTAMAM1 member hancur leburTAMAM1 member hancur leburTAMAM1 member hancur leburTAMAM1 member hancur leburTAMAM1 member hancur leburTAMAM1 member hancur leburTAMAM1 member hancur leburTAMAM1 member hancur lebur
Default

wah maksudnya apa nih gan.
Reply With Quote
  #4  
Old 25 May 2011, 17:45
mamasipenk's Avatar
Junior Member
 
Join Date: Mar 2011
Posts: 144
Thanks: 0
Thanked 12 Times in 6 Posts
mamasipenk is an unknown quantity at this point
Default

yang gini penuh mistis
Reply With Quote
  #5  
Old 25 May 2011, 18:13
ikhwannurdin's Avatar
Junior Member
 
Join Date: Apr 2011
Location: twitter @ikhwannurdin
Posts: 221
Thanks: 0
Thanked 9 Times in 6 Posts
ikhwannurdin super top memberikhwannurdin super top memberikhwannurdin super top memberikhwannurdin super top memberikhwannurdin super top memberikhwannurdin super top memberikhwannurdin super top memberikhwannurdin super top memberikhwannurdin super top memberikhwannurdin super top memberikhwannurdin super top member
Default

Quote:
Originally Posted by mamasipenk View Post
yang gini penuh mistis
maksudnya gmn gan?? penuh mistis gimana... cuma nguburin begitu aja terus tinggalin gak pake acara ritual mistik begitu deh, kecuali acara ritual ibadah mereka kali
Reply With Quote
  #6  
Old 25 May 2011, 18:28
blogger's Avatar
Platinum Member
 
Join Date: Mar 2011
Posts: 13,863
Thanks: 6
Thanked 73 Times in 57 Posts
blogger super top memberblogger super top memberblogger super top memberblogger super top memberblogger super top memberblogger super top memberblogger super top memberblogger super top memberblogger super top memberblogger super top memberblogger super top member
Default

uda aja disempen doang ?? tapi ko ga bau ya??
Reply With Quote
  #7  
Old 25 May 2011, 21:38
vivila's Avatar
Silver Member
 
Join Date: Apr 2011
Location: Terminall
Posts: 948
Thanks: 1
Thanked 73 Times in 59 Posts
vivila super top membervivila super top membervivila super top membervivila super top membervivila super top membervivila super top membervivila super top membervivila super top membervivila super top membervivila super top membervivila super top member
Default

Quote:
Originally Posted by mamasipenk View Post
yang gini penuh mistis
Sebenarnya ini bukan mistis gan...hanya kebudayaan dalam penguburan mayat. Bedanya...kalo pada umumnya mayat di bakar (ngaben) maka yang ini tidak di bakar seperti halnya pada prosesi ngaben..

Kalo ada info lain...commen ya tentang ngaben ini...
__________________
STRIPTISGAYA CIUMAN
Reply With Quote
  #8  
Old 25 May 2011, 22:17
orangbaek's Avatar
Silver Member
 
Join Date: May 2011
Location: indonesia
Posts: 2,573
Thanks: 5
Thanked 60 Times in 51 Posts
orangbaek super top memberorangbaek super top memberorangbaek super top memberorangbaek super top memberorangbaek super top memberorangbaek super top memberorangbaek super top memberorangbaek super top memberorangbaek super top memberorangbaek super top memberorangbaek super top member
Default

yaya
Reply With Quote
  #9  
Old 26 May 2011, 16:29
sace's Avatar
Gold Member
 
Join Date: Jan 2011
Posts: 5,667
Thanks: 8
Thanked 12 Times in 8 Posts
sace super top membersace super top membersace super top membersace super top membersace super top membersace super top membersace super top membersace super top membersace super top membersace super top membersace super top member
Default

Quote:
Originally Posted by vivila View Post
Sebenarnya ini bukan mistis gan...hanya kebudayaan dalam penguburan mayat. Bedanya...kalo pada umumnya mayat di bakar (ngaben) maka yang ini tidak di bakar seperti halnya pada prosesi ngaben..

Kalo ada info lain...commen ya tentang ngaben ini...
yach...ada2 aja ya budayanya
nice share gan
Reply With Quote
  #10  
Old 26 May 2011, 21:26
awanadie's Avatar
Silver Member
 
Join Date: Dec 2010
Location: Javanesse
Posts: 1,319
Thanks: 10
Thanked 5 Times in 4 Posts
awanadie super top memberawanadie super top memberawanadie super top memberawanadie super top memberawanadie super top memberawanadie super top memberawanadie super top memberawanadie super top memberawanadie super top memberawanadie super top memberawanadie super top member
Default

nice thread,,,
__________________
Reply With Quote
Reply

Bookmarks

Thread Tools
Display Modes

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off
Trackbacks are On
Pingbacks are On
Refbacks are On



All times are GMT +7. The time now is 18:12.