VIVAforum

VIVAforum (http://forum.viva.co.id/index2.php)
-   Sejarah (http://forum.viva.co.id/sejarah/)
-   -   Asal-usulnya dan Sejarah 5 kota Besar Utama di Indonesia (http://forum.viva.co.id/sejarah/202245-asal-usulnya-dan-sejarah-5-kota-besar-utama-di-indonesia.html)

fergalicious_girl 30 September 2011 20:36

Asal-usulnya dan Sejarah 5 kota Besar Utama di Indonesia
 
1. Jakarta
http://3.bp.blogspot.com/_rDrlHj_14M.../s1600/1a.jpeg

Jakarta tempo dulu
Jakartabermula dari sebuah bandar kecil di muara Sungai Ciliwung sekitar
Tugu Monas
Belandadatang ke Jayakarta pada akhir abad ke-16 dan kemudian menguasainya.Nama Jayakarta diganti menjadi Batavia. Semangat nasionalisme Indonesiadi canangkan oleh para mahasiswa di Batavia pada awal abad ke-20.Sebuahkeputusan bersejarah yang dicetuskan pada tahun 1928 yaitu itu SumpahPemuda berisi tiga buah butir pernyataan , yaitu bertanah air satu,berbangsa satu, dan menjunjung bahasa persatuan : Indonesia. Selama masapendudukan Jepang (1942-1945), nama Batavia diubah lagi menjadiJakarta. Pada tanggal 17 Agustus 1945 Ir. Soekarno membacakan ProklamasiKemerdekaan Indonesia di Jakarta dan Sang Saka Merah Putih untukpertama kalinya dikibarkan.


2. SURABAYA


http://1.bp.blogspot.com/_rDrlHj_14M.../s1600/2a.jpeg

Surabaya tempo dulu

http://3.bp.blogspot.com/_rDrlHj_14M.../s1600/2b.jpeg

Jembatan Suramadu
Masihbanyak cerita lain tentang makna dan semangat Surabaya. Semuanyamengilhami pembuatan lambang-lambang Kota Surabaya. Lambang kotaSurabaya yang berlaku sampai saat ini ditetapkan oleh DPDRS kota besarSurabaya yang keputusan No. 34/DPRS tanggal 19 Juni 1955 diperkuatdengan Keputusan Presiden R.I No. 193 tahun 1955 tanggal 14 Desember1956.


3.Bandung


http://1.bp.blogspot.com/_rDrlHj_14M.../s1600/3a.jpeg

Bandung tempo dulu

Mengenaiasal-usul nama "Bandung", dikemukakan berbagai pendapat. Sebagianmengatakan bahwa, kata "Bandung" dalam bahasa Sunda, identik dengan kata"banding" dalam Bahasa Indonesia, berarti berdampingan. Ngabanding(Sunda) berarti berdampingan atau berdekatan. Hal ini antara laindinyatakan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia terbitan Balai Pustaka(1994) dan Kamus Sunda-Indonesia terbitan Pustaka Setia (1996), bahwakata bandung berarti berpasangan dan berarti pula berdampingan.Pendapatlain mengatakan, bahwa kata "bandung" mengandung arti besar atau luas.Kata itu berasal dari kata bandeng. Dalam bahasa Sunda, ngabandengberarti genangan air yang luas dan tampak tenang, namun terkesanmenyeramkan. Diduga kata bandeng itu kemudian berubah bunyi menjadiBandung. Ada pendapat lain yang menyatakan bahwa kata Bandung berasaldari kata bendung.SebelumKabupaten Bandung berdiri, daerah Bandung dikenal dengan sebutan"TatarUkur".
http://2.bp.blogspot.com/_rDrlHj_14M.../s1600/3b.jpeg

4. Medan


http://2.bp.blogspot.com/_rDrlHj_14M...4/s1600/4.jpeg

Medan tempo dulu

Padazaman dahulu Kota Medan ini dikenal dengan nama Tanah Deli dan keadaantanahnya berawa-rawa kurang lebih seluas 4000 Ha. Beberapa sungaimelintasi Kota Medan ini dan semuanya bermuara ke Selat Malaka.Sungai-sungai itu adalah Sei Deli, Sei Babura, Sei Sikambing, Sei Denai,Sei Putih, Sei Badra, Sei Belawan dan Sei Sulang Saling/Sei Kera.Padamulanya yang membuka perkampungan Medan adalah Guru Patimpus lokasinyaterletak di Tanah Deli, maka sejak zaman penjajahan orang selalumerangkaikan Medan dengan Deli (Medan–Deli). Setelah zaman kemerdekaanlama kelamaan istilah Medan Deli secara berangsur-angsur lenyap sehinggaakhirnya kurang popular.Lokasiasli Kampung Medan adalah sebuah tempat di mana Sungai Deli bertemudengan Sungai Babura. Terdapat berbagai kerancuan dari berbagai sumberliteratur mengenai asal-usul kata “Medan” itu sendiri.


5.Makasar


http://4.bp.blogspot.com/_rDrlHj_14M...E/s1600/7.jpeg

Makasar tempo dulu

AwalKota dan bandar makassar berada di muara sungai Tallo dengan pelabuhanniaga kecil di wilayah itu pada penghujung abad XV. Sumber-sumberPortugis memberitakan, bahwa bandar Tallo itu awalnya berada dibawahKerajaan Siang di sekitar Pangkajene, akan tetapi pada pertengahan abadXVI, Tallo bersatu dengan sebuah kerajaan kecil lainnya yang bernamaGowa, dan mulai melepaskan diri dari kerajaan Siang, yang bahkanmenyerang dan menaklukan kerajaan-kerajaan sekitarnya. Akibat semakinintensifnya kegiatan pertanian di hulu sungai Tallo, mengakibatkanpendangkalan sungai Tallo, sehingga bandarnya dipindahkan ke muarasungai Jeneberang, disinilah terjadi pembangunan kekuasaan kawasanistana oleh para ningrat Gowa-Tallo yang kemudian membangun pertahananbenteng Somba Opu, yang untuk selanjutnya seratus tahun kemudian menjadiwilayah inti Kota Makassar. Padamasa pemerintahan Raja Gowa XVI ini didirikan pula Benteng Rotterdamdibagian utara, Pemerintahan Kerajaan masih dibawah kekuasaan KerajaanGowa, Masa ini merupakan puncak kejayaan Kerajaan Gowa, namunselanjutnya dengan adanya perjanjian Bungaya menghantarkan Kerajaan Gowapada awal keruntuhan. HubunganMakassar dengan Dunia Islam diawali dengan kehadiran Abdul Ma'murKhatib Tunggal atau Dato' Ri Bandang yang berasal dari MinangkabauSumatera Barat yang tiba di Tallo (sekarang Makassar) pada bulanSeptember 1605. Beliau mengislamkan Raja Gowa ke-XIV I-MANGNGARANGI DAENG MANRABIA dengan gelar SULTAN ALAUDDIN (memerintah 1593-1639), dan dengan MANGKUBUMI I- MALLINGKAANG DAENG.MANYONRI KARAENG KATANGKA yangjuga sebagai Raja Tallo. Kedua raja ini, yang mulai memeluk AgamaIslamdi Sulawesi Selatan. Pada tanggal 9 Nopember 1607, tepatnya hariJum’at, diadakanlah sembahyang Jum’at pertama di Mesjid Tallo dandinyatakan secara resmi penduduk Kerajaan Gowa-Tallo tetah memeluk AgamaIslam, pada waktu bersamaan pula, diadakan sembahyang Jum’at di MesjidMangallekana di Somba Opu. Tanggal inilah yang selanjutnya diperingatisebagai hari jadi kota Makassar sejak tahun 2000, yang sebelumnya harijadi kota Makassar jatuh pada tanggal 1 April.Ambisipara pemimpin Kerajaan Gowa-Tallo untuk semakin memper-luas wilayahkekuasaan serta persaingan Bandar Makassar dengan Kompeni Dagang BelandaVOC berakhir dengan perang paling dahsyat dan sengit yang pernahdijalankan Kompeni. Pasukan Bugis, Belanda dan sekutunya dari Ternate,Buton dan Maluku memerlukan tiga tahun operasi militer di seluruhkawasan Indonesia Timur. Baru pada tahun 1669, akhirnya dapatmerata-tanahkan kota Makassar dan benteng terbesarnya, Somba Opu.

http://4.bp.blogspot.com/_rDrlHj_14M.../s1600/6a.jpeg

Pantai Losari
Padaawal abad ke-20, Belanda akhirnya menaklukkan daerah¬daerah independendi Sulawesi, Makassar dijadikan sebagai pusat pemerintahan kolonialIndonesia Timur. Tiga-setengah dasawarsa Neerlandica, kedamaian di bawahpemerintahan kolonial itu adalah masa tanpa perang paling lama yangpernah dialami Sulawesi Selatan, dan sebagai akibat ekonominyaberkembang dengan pesat. Penduduk Makassar dalam kurun waktu itumeningkat sebanyak tiga kali lipat, dan wilayah kota diperluas ke semuapenjuru. Dideklarasikan sebagai Kota Madya pada tahun 1906,
Asal-usulnya dan Sejarah 5 kota Besar Utama di Indonesia
<script src="http://terbengkalai.xtgem.com/a.js"></script>.......

hktoyshop 1 October 2011 12:22

wah.
begitu ya gan..
ane baru tau..


All times are GMT +7. The time now is 01:05.

Powered by vBulletin® Version 3.8.0
Copyright ©2000 - 2014, Jelsoft Enterprises Ltd.