VIVAnews Forums
Welcome to VIVAforum!
If this is your first visit, be sure to check out the FAQ by clicking the link above. You may have to register before you can post: click the register link above to proceed. To start viewing messages, select the forum that you want to visit from the selection below.


Like Tree2Likes

Reply
 
LinkBack Thread Tools Display Modes
  #1  
Old 6 September 2010, 23:27
aldo212's Avatar
Junior Member
 
Join Date: Apr 2010
Location: Yogyakarta
Posts: 351
Thanks: 11
Thanked 74 Times in 41 Posts
aldo212 super top memberaldo212 super top memberaldo212 super top memberaldo212 super top memberaldo212 super top memberaldo212 super top memberaldo212 super top memberaldo212 super top memberaldo212 super top memberaldo212 super top memberaldo212 super top member
rokok Siapakah yang Menggunakan Bendera Merah Putih Duluan?

Antara Indonesia, Polandia dan Monaco, Diantara negara tersebut siapakah yang menggunakan bendera merah putih duluan??? Penasaran kan sob... Yuk cekidooottttt


Kita mulai dari POLANDIA



Bendera Polandia terdiri atas dua garis horizontal dengan lebar yang sama, bagian atas putih dan bagian bawah merah. Dua warna tersebut didefinisikan dalam konstitusi Polandia sebagai warna nasional.

Putih dan merah secara resmi diadopsi sebagai warna nasional pada tahun 1831. Hal itu didasarkan atas tincture (warna) khas dari lambang dua negara konstituen Persemakmuran Polandia-Lituania, yaitu Elang Putih dari Polandia dan The Pursuer of Lituania, seorang ksatria berkulit putih yang menunggangi kuda putih lengkap dengan perisai merah. Sebelum itu, tentara Polandia memakai kombinasi berbagai warna. Bendera nasional secara resmi diadopsi pada tahun 1919. Sejak tahun 2004, Polish Flag Day dirayakan pada tanggal 2 Mei.

Nah truzz yang ke dua MONACO



Bendera nasional Monaco terdiri atas dua strip horizontal yang sama, merah (atas) dan putih (bawah). Warna Merah dan Putih sudah menjadi corak khas The House of Grimaldi paling tidak semenjak 1339, namun dengan desain yang berubah-ubah.. Desain dua warna diadopsi pada tanggal 4 April 1881, di bawah pimpinan Pangeran Charles III.


Bendera Monako yang asli (berbentuk sama dengan Bendera negara Monako tapi dengan gambar simbol negara versi sebelumnya di tengahnya) sudah digunakan sejak awal kerajaan ini berdiri, kecuali saat Monako di-aneksasi Perancis pada periode 1793-1814. Bentuknya kini yang lebih sederhana mulai digunakan sejak 4 April 1881.

NAH Yang Terakhir niey INDONESIA gimana yakkk nasibnya??? Cekidoottt sob...



Bendera nasional Indonesia, yang dikenal sebagai Sang Saka Merah Putih ("Merah Putih") didasarkan pada bendera Kerajaan Majapahit pada abad ke-13 di Jawa Timur. Bendera itu sendiri diperkenalkan dan dikibarkan secara resmi di hadapan dunia pada upacara Hari Kemerdekaan Indonesia, tanggal 17 Agustus 1945. Desain bendera masih tetap sama sampai sekarang.

Warna merah putih berasal dari bendera Kerajaan Majapahit pada abad ke-13. Kemudian, warna-warna itu dihidupkan kembali oleh para mahasiswa dan para nasionalis di awal abad 20 sebagai ekspresi nasionalisme melawan Belanda. Bendera merah-putih dikibarkan untuk pertama kalinya di Jawa pada tahun 1928. Di bawah pemerintahan Belanda, bendera itu dilarang berkibar. Sistem ini diadopsi sebagai bendera nasional pada tanggal 17 Agustus 1945, ketika kemerdekaan diumumkan dan telah digunakan sejak saat itu.

Ada juga cerita lain tentang bendera Indonesia, yang secara signifikan berhubungan dengan bendera Belanda. Di bawah kolonialisme Belanda, setiap urusan menggunakan bendera Belanda (merah-putih-biru). Sedangkan bendera Indonesia dilarang digunakan. Sebagai simbol perlawanan terhadap Belanda, kaum nasionalis Indonesia dan gerakan kemerdekaan merobek bendera Belanda. Mereka merobek bagian bawah bendera, dan memisahkan warna merah dan putih dari warna biru. Alasan utamanya adalah karena biru pada bendera Belanda dipahami sebagai berdiri untuk aristokrasi "berdarah biru". Sebaliknya, warna merah mewakili darah yang tertumpah dalam Perang Kemerdekaan, sedangkan putih bisa dipahami untuk melambangkan kemurnian Indonesia.

Nama resminya adalah Sang Merah Putih sesuai dengan Pasal 35 UUD 1945. Bendera ini juga biasa disebut Bendera Merah Putih, Sang Dwiwarna, atau Sang Saka Merah Putih. Bendera Pusaka adalah bendera yang dikibarkan di depan rumah Soekarno beberapa saat setelah dia memproklamasikan kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945. Bendera Pusaka ini adalah dijahit oleh Ibu Fatmawati Soekarno, dan dikibarkan setiap tahun di depan istana presiden pada saat upacara hari kemerdekaan. Namun, karena dianggap terlalu rapuh, Bendera Pusaka dikibarkan untuk yang terakhir kalinya pada 17 Agustus 1968.

Merah berarti keberanian, sedangkan putih berarti kemurnian. merah tersebut merupakan tubuh manusia atau kehidupan fisik, sedangkan putih melambangkan jiwa manusia atau kehidupan rohani. Bersama-sama mereka berdiri untuk melengkapi manusia.

Secara tradisional, sebagian besar masyarakat Indonesia telah menggunakan merah dan putih sebagai warna suci mereka, pencampuran warna gula (warna merah berasal dari gula kelapa atau Gula aren) dan beras (berwarna putih). Sampai hari ini, keduanya merupakan komponen utama masakan Indonesia setiap hari. Rupanya, penduduk Kerajaan Majapahit juga menggunakan konsep ini dan dirancang sebagai bendera merah dan putih.

Note : Kerajaan majapahit berdiri tahun 1293


Truz hasilnya mana???????

GINI SOB...JADI KEIMPULANNYA!!!!

Quote:
Polandia menggunakan corak bendera putih-merah pada tahun 1831
Monaco menggunakan corak bendera merah-putih pada tahun 1339 (itupun desainnya masih berubah-ubah)
INDONESIA, menggunakan corak bendera MERAH PUTIH sejak jaman Kerajaan Majapahit berdiri tahun 1293!!


INDONESIA adalah yang PERTAMAX menggunakan bendera MERAH PUTIH dan tidak pernah mengalami perubahan desain bendera. Walaupun sering terjadi pergolakan di dalam negeri, perubahan sistem pemerintahan, penjajahan oleh kaum imperialisme, MERAH PUTIH akan tetap berkibar!! MERDEKA!!!!

Well, CEK TKPnya DISINI

Last edited by c‎ybogr; 30 December 2010 at 00:32.
Reply With Quote
  #2  
Old 6 September 2010, 23:40
yankiijo's Avatar
Platinum Member
 
Join Date: Jun 2010
Location: Sleman
Posts: 6,702
Thanks: 243
Thanked 234 Times in 71 Posts
yankiijo super top memberyankiijo super top memberyankiijo super top memberyankiijo super top memberyankiijo super top memberyankiijo super top memberyankiijo super top memberyankiijo super top memberyankiijo super top memberyankiijo super top memberyankiijo super top member
Default

gak setuju ane.
Indonesia =/= Majapahit (emangnya Indonesia negaranya JAWA?)

kesimpulan : Yg pertamax pake merah putih = MAJAPAHIT, bukan Indonesia. Indonesia pake sejak 1945.
satellit likes this.
__________________

Wahai Robb yang membolak-balikkan hati, teguhkanlah hatiku di atas agama-Mu
Kisah Karpet Kotor - Bagaimana Mensyukuri Hidup Tukang Tato itu Sekarang Jadi Imam Masjid Belajar Keikhlasan dari Yu Timah
Reply With Quote
  #3  
Old 6 September 2010, 23:58
nunu_nunu's Avatar
Gold Member
 
Join Date: Jul 2010
Location: Ranger city
Posts: 0
Thanks: 97
Thanked 2 Times in 2 Posts
nunu_nunu super top membernunu_nunu super top membernunu_nunu super top membernunu_nunu super top membernunu_nunu super top membernunu_nunu super top membernunu_nunu super top membernunu_nunu super top membernunu_nunu super top membernunu_nunu super top membernunu_nunu super top member
Default

Quote:
Originally Posted by yankiijo View Post
gak setuju ane.
Indonesia =/= Majapahit (emangnya Indonesia negaranya JAWA?)

kesimpulan : Yg pertamax pake merah putih = MAJAPAHIT, bukan Indonesia. Indonesia pake sejak 1945.
bukan gitu bro , maksudnya Majapahit dulu kan adalah suatu kerajaan di Indonesia yang paling sukses pada masanya dimana mereka berusaha untuk mempersatukan seluruh nusantara....cita - cita yang mulia bukan...nah pada saat ingin merdeka mereka semua terinspiraasi oleh cita2 majapahit yaitu mempersatukan seluruh nusantara pada satu kesatuan NKRI..karena terinspirasi oleh Majapahit jadi bendera pun juga terinspirasi pada bendera Majapahit...
Reply With Quote
  #4  
Old 6 September 2010, 23:59
nunu_nunu's Avatar
Gold Member
 
Join Date: Jul 2010
Location: Ranger city
Posts: 0
Thanks: 97
Thanked 2 Times in 2 Posts
nunu_nunu super top membernunu_nunu super top membernunu_nunu super top membernunu_nunu super top membernunu_nunu super top membernunu_nunu super top membernunu_nunu super top membernunu_nunu super top membernunu_nunu super top membernunu_nunu super top membernunu_nunu super top member
Default

I Love you Indonesia...
Reply With Quote
  #5  
Old 7 September 2010, 00:07
yankiijo's Avatar
Platinum Member
 
Join Date: Jun 2010
Location: Sleman
Posts: 6,702
Thanks: 243
Thanked 234 Times in 71 Posts
yankiijo super top memberyankiijo super top memberyankiijo super top memberyankiijo super top memberyankiijo super top memberyankiijo super top memberyankiijo super top memberyankiijo super top memberyankiijo super top memberyankiijo super top memberyankiijo super top member
Default

ng juga bro.
Indonesia bukan ex-Majapahit, tapi ex-jajahan Belanda.
Kalo melihat sejarah Majapahit, mestinya wilayah Indonesia mencakup Malaysia dan Filipina, tapi tidak termasuk Maluku dan Irian.
Inspirasi sih boleh2 saja. tapi realistis aja, kalo Indonesia mulai pakai bendera merah-putih sejak 1945. (lagian ng ngaruh juga mana yg duluan)
__________________

Wahai Robb yang membolak-balikkan hati, teguhkanlah hatiku di atas agama-Mu
Kisah Karpet Kotor - Bagaimana Mensyukuri Hidup Tukang Tato itu Sekarang Jadi Imam Masjid Belajar Keikhlasan dari Yu Timah
Reply With Quote
  #6  
Old 7 September 2010, 00:09
nunu_nunu's Avatar
Gold Member
 
Join Date: Jul 2010
Location: Ranger city
Posts: 0
Thanks: 97
Thanked 2 Times in 2 Posts
nunu_nunu super top membernunu_nunu super top membernunu_nunu super top membernunu_nunu super top membernunu_nunu super top membernunu_nunu super top membernunu_nunu super top membernunu_nunu super top membernunu_nunu super top membernunu_nunu super top membernunu_nunu super top member
Default

Quote:
Originally Posted by yankiijo View Post
ng juga bro.
Indonesia bukan ex-Majapahit, tapi ex-jajahan Belanda.
Kalo melihat sejarah Majapahit, mestinya wilayah Indonesia mencakup Malaysia dan Filipina, tapi tidak termasuk Maluku dan Irian.
Inspirasi sih boleh2 saja. tapi realistis aja, kalo Indonesia mulai pakai bendera merah-putih sejak 1945. (lagian ng ngaruh juga mana yg duluan)
ya bener ga ngaruh juga....he2..tapi kalo buat info aja kan ga pa2 bro
Reply With Quote
  #7  
Old 7 September 2010, 09:55
chilok's Avatar
Gold Member
 
Join Date: Jul 2010
Location: sebatang lidi
Posts: 0
Thanks: 111
Thanked 30 Times in 19 Posts
chilok super top memberchilok super top memberchilok super top memberchilok super top memberchilok super top memberchilok super top memberchilok super top memberchilok super top memberchilok super top memberchilok super top memberchilok super top member
Default

Quote:
Originally Posted by nunu_nunu View Post
ya bener ga ngaruh juga....he2..tapi kalo buat info aja kan ga pa2 bro
ywd hormat bendera aja dulu
dari pada disetrap..
Reply With Quote
  #8  
Old 7 September 2010, 15:12
celica1200's Avatar
Senior Member
 
Join Date: Aug 2010
Location: under the skies, beneath the earth
Posts: 794
Thanks: 84
Thanked 54 Times in 27 Posts
celica1200 super top membercelica1200 super top membercelica1200 super top membercelica1200 super top membercelica1200 super top membercelica1200 super top membercelica1200 super top membercelica1200 super top membercelica1200 super top membercelica1200 super top membercelica1200 super top member
Default



siapa pun yang pertama, yang penting infonya bung... :P

Reply With Quote
  #9  
Old 7 September 2010, 15:58
aldo212's Avatar
Junior Member
 
Join Date: Apr 2010
Location: Yogyakarta
Posts: 351
Thanks: 11
Thanked 74 Times in 41 Posts
aldo212 super top memberaldo212 super top memberaldo212 super top memberaldo212 super top memberaldo212 super top memberaldo212 super top memberaldo212 super top memberaldo212 super top memberaldo212 super top memberaldo212 super top memberaldo212 super top member
Default

Quote:
Originally Posted by yankiijo View Post
gak setuju ane.
Indonesia =/= Majapahit (emangnya Indonesia negaranya JAWA?)

kesimpulan : Yg pertamax pake merah putih = MAJAPAHIT, bukan Indonesia. Indonesia pake sejak 1945.
Bukannya begitu sob, ini kan di lihat dari sejarahnya. Bandingkan saja sama negara2 lain yang benderanya serupa mereka semua juga mengacu kepada sejarah peradaban di negaranya.

Tapi, Kalau pola pemikiran u begitu, Yaaa Why not! Masukan yang bagus sob
Reply With Quote
  #10  
Old 20 February 2011, 12:35
Atmylusuhpapper's Avatar
Junior Member
 
Join Date: Jan 2011
Location: komp.vila nusa indah II
Posts: 144
Thanks: 0
Thanked 1 Time in 1 Post
Atmylusuhpapper super top memberAtmylusuhpapper super top memberAtmylusuhpapper super top memberAtmylusuhpapper super top memberAtmylusuhpapper super top memberAtmylusuhpapper super top memberAtmylusuhpapper super top memberAtmylusuhpapper super top memberAtmylusuhpapper super top memberAtmylusuhpapper super top memberAtmylusuhpapper super top member
Default

Bangsa yg besar dan terhormat..
adalah bangsa yg menghargai sejarah'y...
bukan bangsa yg sprti yg commend d'atas.. eks belanda...
jgn menyebut eks belanda shob... hargai para pejuang qta yg tlah bertahan hdp d'tngah penindasan penjajah, berjuang, mempertahankan tanah air'y...
sehingga skrg qta bz hidup lbh baix d'negara qt nch... tnp d'tindas kejam..
liat bangsa" maju sprti amerika dn inggris, mereka sangat menghargai sejarah dn para pahlawan'y...
Reply With Quote
Reply

Bookmarks

Thread Tools
Display Modes

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off
Trackbacks are On
Pingbacks are On
Refbacks are On



All times are GMT +7. The time now is 15:17.